Sabtu, 14 Januari 2012

MENGGUGAT INDONESIA


ULASAN PEMENTASAN TEATER W.S RENDRA : MASTODON DAN BURUNG KONDOR
MENGGUGAT INDONESIA
                        Setelah hampir 67 tahun Indonesia merdeka, ternyata masih banyak persoalan bangsa yang belum terselesaikan atau bahkan semakin parah. Kemiskinan, korupsi, konflik, provokator, kualitas pendidikan yang belum memuaskan dan lain sebagainya.
            Sungguh suatu ironi, Negara kita kaya tapi rakyatnya hidup miskin, semakin banyak yang hidup miskin. Banyak rakyat Indonesia yang bekerja tapi tidak memakmurkan. Kesejahteraan tampaknya hanyalah sebuah angan-angan. Bak burung kondor yang terbang ke langit, kesejahteraan itu semakin jauh bagi mereka yang tak punya pekerjaan. Semakin ironi saat kita memperhatikan, warga negara asinglah yang hidup makmur dengan kekayaan Indonesia. Ada apakah dengan Indonesia ?
            Pembangunan yang sudah berlangsung bertahun-tahun tidak membawa kemakmuran, tidak membawa perbaikan, tidak membawa perubahan apa-apa.  Korupsi semakin hebat, provokator yang tak berwujud semakin banyak, berbagai macam konflikpun semakin hebat. Banyak hal yang harus diperbaiki. Banyak hal yang harus dibenahi. Banyak hal juga yang harus diurus dengan penuh kesadaran dan kesungguhan agar Indonesia bisa lebih baik lagi di masa depan. Rakyatnya lebih makmur. Pemerintahannya semakin baik. Pengelolaan kekayaannya semakin professional.
            Pendidikan harus menciptakan manusia-manusia Indonesia yang berdaya. Berdaya memakmurkan diri, lingkungan,  bangsa dan negaranya. Pendidikan merupakan modal utama untuk Indonesia yang semakin maju. Negara membutuhkan sumber daya manusia yang baik, berkualitas, berilmu, cinta tanah air. Memang benar, Rakyat Indonesia harus dibangunkan. Dibangunkan dari kemiskinan. Dibangunkan dari kebodohan, Dibangunkan dari kemalasan. Dibangunkan dari ketidakberdayaan. Pendidikkanlah yang menjadi motor-motor penggeraknya. Pendidikan jangan sampai mematikan jiwa-jiwa manusia. Namun, sistemnya harus mampu menciptakan manusia-manusia Indonesia yang penuh daya. Berkualitas lahir dan batin.
            Pertunjukkan yang berlangsung selama tiga jam di Aula Sanusi Hardjadinata Universitas Padjajaran itu adalah sebuah hal yang menggugah kesadaran berbangsa dan bernegara. Menonton pementasan teater Mastodon dan Burung Kondor karya W.S Rendra adalah sebuah keberuntungan besar. Banyak inspirasi yang bermanfaat. Pementasan itu telah mampu membangunkan saya (mudah-mudahan juga banyak orang) untuk semakin teguh memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Indonesia doesn'n need the world but the world need Indonesia ! Itulah pr untuk kita bersama.
                                                                                                Bandung, Jumat, 13 Januari 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar