Jumat, 04 Januari 2013

PUZZLE HURUF MEMBANTU ANAK KONSENTRASI MEMBACA




            Membaca  merupakan sebuah kemampuan yang harus dimiliki oleh manusia. Kemampuan membaca sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Bagaimanakah kita akan hidup di era informasi ini, jika tidak bisa membaca ? Kemampuan membaca ini tidak akan datang dengan sendirinya, tapi harus diajarkan dan dibiasakan sejak dini.
            Banyak hal yang bisa dilakukan oleh para orang tua. Bunda dan ayah harus memulainya  sejak janin dalam kandungan sampai waktu yang tak terbatas. Ingatlah pada prinsip pendidikan sepanjang hayat ! Sejak dalam kandungan, orang tua harus memberikan rangsangan-rangsangan positif pada janin yang dikandungnya. Mendengarkan lantunan ayat suci, musik, bercerita dan lain sebagainya. Tak kalah penting pula, bunda wajib memberikan makanan sehat dan bergizi untuk dirinya dan janin yang dikandungnya. Makanan yang bergizi tersebut sangat  bermanfaat dalam membentuk kecerdasan anak. Bagaimana anak akan belajar dengan baik, jika ia memiliki kendala dalam hal kecerdasan ? Oleh karena itu, ibu-ibu harus mempersiapkan kecerdasan anak sedini mungkin .
Salah satu usaha terpenting yang harus dilakukan oleh ibu-ibu adalah minum susu. Susu memiliki kandungan gizi yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan kecerdasan bayi. Wajib diperhatikan, ibu-ibu jangan pernah menggunakan susu yang mengandung gula tambahan. Dalam situs okehealth, ada lima bahaya gula bagi tubuh. Pertama, gula tambahan dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi, jantung dan stroke. Kedua, makanan yang mengandung gula tinggi berarti mengandung kalori yang tinggi. Kalori tersebut bisa menyebabkan kegemukan (obesitas). Ketiga, rentan terhadap resiko diabetes. Keempat, kandungan gula yang tinggi akan menghilangkan energi secara drastis. Kelima, gula merupakan makanan bagi bakteri yang memproduksi asam, sehingga akan menyebabkan karang dan lubang di gigi. Dalam situs belajarpsikologi.com, gula juga dianggap dapat mengganggu konsentrasi belajar. Kasihan kan jika anak-anak kita menderita hal itu ? Kesehatan sangat berpengaruh terhadap kemampuan  konsentrasi belajar anak.
Sebaiknya, gunakanlah Anmum Essential 3 dan 4. Produk susu pertumbuhan anak tanpa tambahan gula pertama di Indonesia. Menurut ahli, susu sudah mengandung gula atau laktosa. Jadi, untuk apa ada gula tambahan ? Anmum Essential, produk susu untuk pertumbuhan anak ini tidak menggunakan gula tambahan, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak di seluruh Indonesia bahkan di dunia.
            Setelah mengkonsumsi susu tanpa tambahan gula, maka ibu-ibu bisa dengan mudah mengajarkan kemampuan membaca pada anak. Anak-anak dijamin akan berkonsentrasi dan belajar membaca dengan cepat. Manfaatkanlah masa keemasan mereka ! Agar mereka bisa membaca dengan konsentrasi tinggi dan dalam jangka waktu yang lama, ibu-ibupun bisa menggunakan puzzle sebagai alat bantu. Puzzle huruf kini sudah banyak tersedia di pasaran. Ada yang ukuran besar, sedang maupun kecil. Ibu-ibu tinggal memilihnya saja.
 Ibu-ibu bisa memberikan pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab oleh anak dengan merangkai puzzle huruf menjadi kata. Selain itu, kita pun bisa mengadakan lomba menyusun kata dengan puzzle-puzzle huruf tersebut. Cara lainnya adalah bersama-sama menyusun kata. Mulai dari kata-kata yang sudah umum diketahui oleh anak, lalu bertahap pada kata-kata yang sulit. Setelah kata terbentuk, kita (Ibu dan anak) bisa membacanya dengan suara keras beberapa kali. Pengulangan merupakan salah satu kunci keberhasilan belajar membaca.
Kegiatan belajar membaca ini akan terasa menyenangkan karena dilakukan dalam suasana bermain. Belajar yang serius tapi santai. Dengan demikian, anak dapat memiliki kemampuan membaca dengan baik. Ayo, Ibu-ibu berikanlah pelatihan membaca yang menyenangkan ! Jangan lupa pula berikan asupan gizi, Anmum Essential kepada putra-putrinya ! Ibu-ibu modern selalu tahu yang terbaik untuk putra-putrinya. Ibu-ibu modern akan selalu menambah wawasannya demi masa depan anak-anak tercinta.
Agar ibu-ibu memiliki wawasan tentang dunia perempuan, bergabunglah bersama Anmum Club dan grup Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN). Banyak hal yang akan ibu dapatkan dari kedua grup tersebut. Pengetahuan tentang kehamilan, tumbuh kembang anak, juga penghasilan tambahan, tanpa harus mengganggu peran kita sebagai istri dan ibu. Kita masih tetap dapat berkarya dari dalam rumah. Ikuti perkembangan informasinya di  http://www.facebook.com/groups/ibuibudoyannulis/. Banyak kegiatan yang bisa ibu-ibu ikuti, salah satunya adalah kegiatan lomba menulis ini. Mari mengembangkan diri bersama Anmum Club dan Grup Ibu-ibu Doyan Nulis ( IIDN ) ! Anmum Club dan Grup IIDN selalu memberi inspirasi untuk bunda.

                                                                                                                 ARUNDINA

Tulisan ini diikutsertakan dalam Writing Competition Anmum Bunda Inspiratif bersama IIDN




Buku-buku hasil karya anggota komunitas IIDN

2 komentar:

  1. bagus, Mbak.. lebih detail membahas tentang puzzle huruf :)

    BalasHapus
  2. terima kasih masukannya ya, mbak Diah

    BalasHapus