Kamis, 18 April 2013

NUTRISI UNTUK ANAK



          Anak-anak sedang mengalami masa pertumbuhan, sehingga perlu asupan gizi yang baik. Karbohidrat, protein, sayuran dan buah-buahan sangat penting bagi mereka. Anak yang bergizi baik adalah anak cerdas dan sehat. Perlukah mereka mengkonsumsi susu ?
            Menurut dr Firman, susu juga penting bagi masa kembang anak-anak. Hanya para ibu perlu memperhatikan aturan bahwa susu bagi anak yang telah berusia dua tahun ke atas merupakan makanan selingan. Artinya anak-anak harus tetap makan sebanyak tiga kali sehari dan diantara waktu makan itu berikanlah susu sesuai dengan selera mereka. Jangan pernah menggantikan makan dengan susu ! Bagaimana jika anak-anak tidak mau ( sulit makan ) ? Mereka juga tidak mau minum susu, bagaimana menyiasatinya ?



            Dr Firman dan mama Vivi menyarankan agar para ibu harus pandai berstrategi dan mengolah makanan itu secara kreatif. Gizi tetap terpenuhi tapi makanan tersebut tetap disukai oleh anak-anak. Seperti pada acara Sustagen di Trans Mall pada Minggu, 31 Maret 2013, anak-anak tetap menikmati makanan hasil olahan para chef junior dari Australia. Ketika mereka ditanya, apakah suka dengan makanan tersebut ? Mereka mengangguk mantap dan menikmati makanan tersebut dengan lahap. Susu sustagen diolah sedemikian rupa dengan aneka bahan campuran, seperti es krim, coklat, stoberi, blueberi dan sebagainya. Hasilnya ? Olahan tersebut menjadi santapan yang tetap lezat dan bergizi. Tak kalah penting adalah para ibu harus menciptakan suasana yang nyaman untuk makan. Biasakanlah untuk selalu makan bersama !
            Bagi anak-anak yang kurang suka makan nasi, para ibu bisa memberikan alternative lain, seperti : pasta, roti, mie dan sejenisnya. Dr Firman mengatakan bahwa makan itu tidak berarti harus makan nasi. Makan buah, sayuran, mie dan makanan yang bergizi lainnya juga dapat dikategorikan makan. Orang Indonesia memandang makan itu secara sempit, hanya pada nasi. Perlu diingat  juga agar ibu-ibu jangan banyak memberikan makanan instan kepada putra-putrinya !
            Gizi memang penting bagi anak-anak kita. Oleh karena itu, para ibu harus berusaha untuk selalu memberikan asupan gizi yang seimbang demi masa depan anak-anaknya. Janganlah menghilangkan salah satu zat gizi yang dibutuhkan oleh anak-anak ! Termasuk juga bagi mereka yang menderita penyakit jantung bawaan. Lemak tetap menjadi kebutuhan bagi mereka. Jadi, anak yang berpenyakit jantung bawaan harus tetap mengkonsumsi lemak dan susu sesuai dengan kebutuhan mereka.
          

  Setelah diskusi tentang nutrisi selesai, anak-anak dapat mencoba berbagai macam permainan yang tersedia di sana. Menyusun balok, pinball, televisi dan lain-lain. Anak tetap sehat, gembira dan terpenuhi gizinya. Oh, ya bagi yang suka narsis, bisa ikut berfoto ria dan berkompetisi. Tak kalah seru, acara itu juga dimeriahkan oleh tari-tarian yang dipersembahkan oleh anak-anak Darul Hikam. Selain itu, ada juga lomba  main hulahup untuk anak dan para bunda. Kayla menjadi pemenang pertama dan mendapatkan hadiah berupa tas. Sedangkan juara kedua dan ketiga mendapatkan botol tempat minum.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar