Kamis, 18 April 2013

PILIHAN NUTRISI ANAK ALERGI SUSU SAPI



Majalah AYAHBUNDA mengadakan acara jumpa pakar di hotel Sheraton In, Jalan Ir H Djuanda 390 Bandung.  Majalah yang berfokus pada masalah kehamilan, kelahiran dan tumbuh kembang anak itu menghadirkan pakar, seorang dokter anak, yaitu dr. Meita Dhamayanti, Sp.A, M.Kes dan  Product Manager Isomil, Elok Satiti. Acara tersebut berlangsung pada Minggu, 29 April 2012, mulai dari pukul 10.00 sampai 12.30. Acara seperti ini merupakan acara tahunan berkaitan dengan ulang tahun majalah AYAHBUNDA. Di usianya yang ke-35 tahun, majalah ini mengangkat tema Pilihan Nutrisi Anak Alergi Susu Sapi.
            Acara berlangsung menarik dan sarat pengetahuan. Acara dibuka oleh pembawa acara Ari Tirtosudiro sekitar pukul 9.30. Kemudian, pemimpin redaksi majalah AYAHBUNDA, Tenik Hartono memberikan sambutan.  Codedress acara hari itu adalah pink yang melambangkan kelembutan. Sambutan kedua diberikan oleh Produk Manajer Isomil, Elok Satiti. Setelah itu, acara beranjak pada materi.
            Materi pertama disampaikan oleh dr Meita Dhamayanti, Sp.A, M.Kes. Dr Meita membahas masalah alergi. Alergi merupakan kumpulan gejala akibat reaksi kekebalan tubuh yang berlebihan disebabkan oleh beberapa pencetus. Alergi bisa dikatakan sebagai penyakit turunan. Jika satu orang tua (ayah saja atau ibu saja) memiliki alergi, maka anak akan tertular sebesar 25 – 30 %. Namun, jika kedua orang tua memiliki alergi maka anak akan memiliki alergi juga sebesar 60 – 70 %. Faktor pencetus alergi bermacam-macam, misalnya: udara, obat, binatang dan makanan. Salah satu pencetus alergi dari makanan adalah susu sapi.  Gejala-gejala alergi umumnya adalah :
a. kulit: kemerahan, ruam/ eksim, gatal-gatal
b. saluran pernafasan: batuk berulang, hidung tersumbat, sinitis dan asma
c. saluran cerna:muntah, diare, kolik, konstipasi
            Cara terbaik untuk menangani alergi adalah konsultasi dengan dokter. Selain itu, hindari pencetusnya, misalnya susu sapi serta produk turunannya, seperti: mentega, roti, yoghurt, es krim, puding, biskuit dan sebagainya. Air susu ibu merupakan pilihan terbaik bagi bayi yang memiliki alergi terhadap susu sapi. Alergi biasanya akan membaik sesuai perkembangan usia. 80 – 90 % terjadi pada usia 5 tahun.
            Materi kedua disampaikan oleh bunda Elok Nastiti. Bunda Elok ini merupakan senior manajer Isomil Plus Advance. Beliau memaparkan tentang salah satu alternatif nutrisi bagi anak yang alergi susu sapi. Bunda Elok menyarankan untuk mengonsumsi Isomil Plus Advance yang berbahan dasar  isolat protein kedelai. Susu ini memiliki beberapa keunggulan:
a. bebas laktosa : karena berbahan dasar isolat protein kedelai, maka aman bagi saluran  pencernaan.
b. mengandung nutrisi : susu ini diperkaya dengan protein dan kalsium yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Kalsium juga bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi.
c. mengandung LA dan ALA: asam linoleat dan asam linolenat merupakan asam lemak  tidak jenuh ganda.
d. mengandung 26 macam vitamin dan mineral
e. rasa yang enak dan disukai anak-anak.
            Acara ini dimeriahkan oleh berbagai macam doorprice dalam jumlah yang cukup banyak. Hadiah-hadiah itu diperoleh melalui menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Mas Ari, busana terbaik, permainan dan keberuntungan. Beberapa anggota Ibu-ibu Doyan Nulis mendapatkan hadiah-hadiah tersebut. Pertama, Mbak Ocha yang berhasil menjawab pertanyaan seputar majalah AYAHBUNDA. Kedua, Teh Iin dan Mbak Ocha yang mengikuti permainan Supermarket Sweap. Ketiga, Mbak Nurul yang mendapatkan hadiah menarik berupa alat perasan jeruk. Keempat, AKU yang beruntung mendapatkan voucher belanja dari Yogya. Lucky for me at this moment ! Belanjaaa yuuuuk !
            Acara terakhir yang paling ditunggu-tunggu adalah menikmati makan siang di hotel berbintang. Perut lapar diisi dengan aneka hidangan utama, desert dan penutup. Hidangan utama berupa nasi putih, ayam sambal bajak, daging sapi cah cabe hijau, kakap balut tepung, capcay yang sayurannya gede-gede, mi goreng dan kroket. Desert pun bermacam-macam. Ada puding, pisang goreng tabur keju,cake dan lain-lain. Dan menu yang menyegarkan adalah buah-buahan yang beraneka rupa dan warna yang menarik: anggur, stroberi, semangka, jeruk sunkis, dan melon.
            Pokoe, acara hari itu perut kenyang, pengetahuan dapat serta rejeki nomplok ! Tak lupa narsis dan eksis tetap menjadi sebuah keharusan ! Foto yuk foto !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar