Jumat, 01 Mei 2015

TEGALLEGA : DESTINASI WISATA KULINER DI BANDUNG



Bandung memang sudah identik dengan berbagai macam jenis wisata. Wisata alam, wisata belanja, wisata kuliner dan sebagainya. Jarak yang cukup dekat dengan ibukota negara seringkali menjadikan Bandung sebagai tujuan wisata.
            Salah satu tujuan wisata yang sangat digemari banyak orang adalah wisata kuliner. Konon, katanya makanan di Bandung itu terkenal mampu menggoyang lidah dan selalu membuat penasaran orang. Sampai-sampai orang rela berjubel untuk mendapatkannya, baik itu cemilan, oleh-oleh, makanan berat dan masih banyak lagi. Coba kita ingat satu per satu ya ! Molen Pisang Kebon Kawung, Brownis Amanda, Surabi, Batagor, Kue Cubit Green Tea, Nasi Timbel, Nasi Tutug Oncom, Liwet, Nasi Kalong, Bancakan dan masih banyak lagi makanan yang tersebar di berbagai sudut kota Bandung.
        
Taman Tegallega Bandung

ONDE KETAWA



Pertama kali melihat nama kue ini di sebuah toko oleh-oleh Cimahi, aku merasa tertarik. Onde Ketawa nama kuenya. Lho, kok gitu yaa ? Apakah sehabis makan kue ini langsung happy, ketawa-tawa gitu, ya ? Pas aku bilang sama mbaknya tuh, dia langsung senyum-senyum hehehe…. Karena penasaran, ya langsung deh kuboyong. Setelah di rumah, aku nikmati tuh Onde Ketawanya. Wah, rasanya beda banget dari onde yang biasa kita makan, baik ukuran maupun teksturnya.
Onde Ketawa yang Renyah
 Onde biasa ukurannya segede bola pingpong dan ada isi kacang hijau di dalamnya. Kulitnya kenyal-kenyal gitu, kan yah. Nah, kalo onde ketawa itu kecil, segede kelerenglah.  Merekah, kering, manis dan renyah. Bedanya lagi, gak ada isinya. Namun, wijen tetap melapisi kue enak ini. Pas dikunyah tuh maknyus bingiits. Gak cukup satu untuk dinikmati. Kayaknya sebungkus bisa buat sendiri, lho hehehe…. Happy kan, yah ? Gak ada yang nyoro atau ngaheroan istilah Sundanya mah ( Gak ada yang minta, bahasa Indonesianya mah ).
Penasaran dengan arti ketawa ? Ternyata, ONDE KETAWA itu sebuah Akronim, lho ! Usut punya usut. Onde ketawa ini merupakan produk umkm.  KETAWA 99 MERUPAKAN MERK DAGANG PRODUK CEMILAN INI. Diproduksi oleh seorang ibu rumah tangga. Ketawa itu artinya KEterampilan Tangan Wanita. Kalau mau ngakak, boleh lho ! Hehehe…. Sangat berbeda jauh dari pemikiran semula yah. Walaupun demikian, produknya sudah diakui oleh Transmart Cimahi. Pemasaran produknya sudah merambah di dua kota, yaitu Cimahi dan Bandung. Slogan produk yang diusungnya adalah Dirasa manis, Dijamin renyah. Dikemas seberat 250 gr dengan harga Rp  12.000,- sampai Rp 15.000,-. Kamu bisa memilih rasa yang berbeda sesuai dengan selera. Original. Coklat. Kacang. Keju. Ebi Pedas. Mana yang kalian suka ? Semuanya ? Boleh-boleh. Selain Transmart, Onde Ketawa juga bisa kamu temukan di Toko Peuyeum Ketan, jalan Raden Embang Artawidjaja. Letak tokonya berdekatan dengan gedung PLN. Selamat menikmati cemilan Onde Ketawa yah !