Selasa, 22 Desember 2015

TIPS MENULIS DI BLOG



Menulis di blog, sekarang ini mengalami perkembangan yang baik. Semakin beragam dan semakin banyak orang yang tertarik padanya. Anda salah satunya ? Konon kabarnya, perusahaan juga sudah mulai melirik dan menggunakan jasa blogger untuk mengembangkan bisnis mereka. Usaha ini lebih efektif dan lebih efisien daripada iklan di media lain.
Salah satu perusahaan itu adalah Kudo yang bergerak di bisnis jual beli online. Kios untuk Dagang Online. Tepatnya, Kudo itu merupakan sebuah aplikasi yang memudahkan jutaan orang untuk berbelanja online secara mudah, walaupun tak punya kartu kredit atau tak melek teknologi. Now Everyone Can Shop Online.
 Beberapa waktu lalu, Kudo sengaja mengadakan Kelas Blogger di Bandung. Asyik deh ! Apalagi Kudo mampu mendatangkan blogger kawakan sekaligus juga jurnalis (eks) untuk berbagi pengalaman.  Blogger yang saya maksudkan adalah Kang Syaifudin dan Kang Arul. Hapal, kan ? 
Kang Syaifudin

            Yup, mereka berdua ini, Minggu kemarin sengaja datang ke Bandung untuk memberikan kelas Blogger 3 di kantor perwakilan Kudo Bandung. Tepatnya jalan Cihampelas no 112 Bandung ( sebrangnya Chef Table ).
Apa yang mereka sampaikan ? Ini dia, simak ya ! Tips-tips berikut ini pastinya bisa membantumu untuk lebih bergairah lagi dalam menulis di blog.
A.    Menulis Reportase Ala Blogger
1.      Reportase itu sebuah tulisan berupa laporan.
2.      Wajib aktual.
 Jangan sampai deh kamu menulis hal yang sudah basi di blogmu ! Masih menyelamatkan gojek ? Yah, telat atuh. Kan menhub-nya juga sudah menarik kembali larangannya.
3.      Sertai fakta. No lie. No imagination. Masa laporan sama dengan fiksi ? Hindari itu, yah!  Reportase kudu nulis hal-hal yang sesuai dengan kenyataan.
4.      Usahakan akurat. Harusnya 100 % deh. Kamu wajib nulis informasinya secara benar. Juga nama orang, misalnya. Kang Udin jadi Kang Amin. Wah fatal banget tuh dosamu ! Ini mah wajib sungkem atuh. Begitu pan, Kang ?
5.      Reportase itu juga harus nyata, unik, baru, dan kamu wajib ada di tkp (tempat kejadian.
Nah ini juga penting. Dari sekian tema yang sama, kamu harus pandai-pandai memeras otak. Apa yang belum ditulis oleh orang lain ? Apa yang lebih menarik daripada tulisan yang lain ? Carilah hal-hal yang unik dan baru !
6.      Terakhir, jangan lupa gunakan rumus andalan 5W + 1H
·         What = apa yang terjadi
·         When = kapan terjadinya
·         Where = dimana terjadinya
·         Who = siapa yang ada di dalamnya
·         Why = mengapa hal itu terjadi
·         How = ceritakan kronologis peristiwanya
B.     Menulis Review di Blog
Wah udah panjang juga nih tulisannya. Supaya kamu tidak pusing, tulisannya bersambung deh.  Sampai jumpa di tips berikutnya, ya !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar