Sabtu, 20 Februari 2016

KIAT MENJADI SEORANG INOVATOR


               
Pernahkah kalian membayangkan menjadi orang pertama yang menemukan sesuatu, menciptakan sesuatu atau orang pertama yang mengetahui sesuatu ? Bagaimanakah rasanya ? Wow, luar biasa bukan ? Bangga ? Pasti, terlebih jika hal itu diapresiasi oleh orang lain dengan sangat baik. Ingin menjadi seorang innovator ? Ini dia kiat-kiat yang wajib kalian lakukan dalam kehidupanmu !
            Carilah inspirasi untuk suatu ide inovatif ! Seperti seniman, sang innovator membutuhkan inspirasi. Temukan inspirasi dari berbagai tempat, sudut, orang, masalah dan sumber-sumber tak terduga !
Siap ? Meluncur …
            Oh, ya sebagai pengetahuan awal, ternyata jika diklasifikasikan, ada empat tipe sumber daya manusia berikut ini :
1.      10 % innovator. Merekalah yang mampu menciptakan karya inovatif.
2.      20 % mereka yang antusias, mendukung dan pertama kali mengadopsi karya inovatif.
3.      50 % penikmat karya inovatif.
4.      20 % ludites, yaitu mereka yang tidak peduli pada karya inovatif apapun.
Yang mana pilihanmu ? Setelah menentukan pilihan, inilah beberapa cara menjadi seorang innovator.

a.      Kekuatan Pengetahuan
Pengetahuan adalah kunci untuk memunculkan jiwa inovatif. Cara jitu untuk mendapatkannya adalah membaca berbagai macam sumber yang bervariasi. Buku, komik, novel, majalah, koran, website/ blog, bungkus gorengan, dan sebagainya. Carilah hal-hal menarik yang bisa membawamu pada ide-ide segar ! Hal yang berkaitan dengan bidangmu sendiri maupun yang di luar itu.
Yoris Sebastian merekomendasikan Smashing magazine, yaitu majalah daring (online) untuk para web designer atau web developer profesional. Majalah ini berisi tentang teknik, karya terbaik, dan sumber yang berguna untuk menjadi inovatif.

b.      Tonton Program Televisi
Carilah program yang bisa memunculkan kreatifitas dan jiwa inovatifmu !  Salah satunya adalah The  New Inventors di Australia. Acara ini bertujuan agar karya inovatif itu dikenal oleh publik dan dilirik pasar.
Dalam acara ini, karya inovatif dinilai oleh juri. Aspek yang dinilai adalah originality (keaslian), need (kebutuhan), safety (keamanan), design (desain), market dan marketability (pasar), manufacture dan pricing (harga).

c.       Manfaatkan Timelines Sosial Media
Banyak inspirasi dan ilmu bisa kita dapatkan dari timelines Facebook, Twitter, atau Path. Kumpulkanlah ! Setelah itu, jadilah seorang kreator, pencipta konten dari situs-situs di internet. Jangan sekedar browsing atau menjadi pengkritik saja !

d.      Pelajari Pengetahuan Dasar
Ilmu dasar ini bisa menciptakan karya yang bagus. Setelah itu, kita bisa mengembangkannya secara lebih baik dengan bantuan imajinasi sendiri.

e.       Observasi
Pekalah pada lingkungan dan situasi di sekitar kita ! Buka mata, telinga, hidung, kulit, dan lidah ! Carilah masalah-masalah yang dapat kita pecahkan ! Observasi bukan sekedar melihat, tetapi harus menemukan hal sedetail mungkin. Lalu, tuliskanlah setiap detail itu sebagai sumber inspirasi !

f.       Jalan-jalan
Jalan-jalan atau traveling bisa menjadi media sebagai penggali inspirasi. Dengan kegiatan tersebut kita akan mengetahui banyak sisi kehidupan dan bermacam-macam ekspresi orang.

g.      Mendengarkan musik
Musik menjadikan kita tetap sebagai orang-orang yang kreatif. Dengan musik dan suasana yang berbeda, maka ide-ide kreatif akan muncul dengan lancar. Seorang Yoris Sebastian menggunakan musik Baroque saat mengerjakan suatu proyek. Di samping itu, kitapun harus selalu membuka wawasan pikiran dan indera mata, telinga, hati, juga harus banyak bergaul dan berdiskusi.
“Jangan pernah merasa puas dengan hasil, tetaplah selalu tantang dirimu dengan sesuatu yang berbeda, baru dan segar  !” kata Diana Sari Mochdie, juri BIA.
Itulah tips dan pengalaman menarik dari Diana Sari Mochdie, juri BIA dan pengalaman Yoris Sebastian. Kedua saran itu sangat menarik dan ampuh untuk membangkitkan daya kreatifitas kita.
Setuju ? Lakukanlah !
h.      Ubah Sikap
Inilah modal utamanya. Ubahlah sikap, perilaku, dan kebiasaan yang tidak kreatif menjadi kreatif dan inovatif ! Jadilah orang-orang yang jeli dan terbuka terhadap segala perubahan !
Menurut Sigi Wimala, kreativitas adalah kemampuan berpikir secara berbeda. Jangan takut mencoba sesuatu yang baru dan keluarlah dari zona nyaman kita !
Tiga sikap yang harus dimiliki untuk menjadi kreatif dan inovatif ala Emir Hakim adalah :
1.      Jujur pada diri sendiri. Kita harus berani menggali ide-ide kita sendiri.
2.      Jangan menutup diri ! Untuk mendapatkan banyak inspirasi, kita harus seperti spons yang bisa menyerap beragam wawasan ! Jangan malas untuk banyak membaca, bergaul, bertanya, membuka diri ke dunia luar, belajar ilmu yang lain, dan berkolaborasi dengan orang lain !
3.      Kerja keras untuk mengolah inspirasi menjadi karya inovasi. Seperti kata pepatah, sukses berasal dari 1 % inspirasi dan 99 % perspirasi (keringat).
Sikap lain yang harus kita kembangkan adalah bersikap kritis, pantang menyerah dan lihatlah dunia ini dari berbagai sisi ! Berpikirlah secara bijak untuk menciptakan karya yang bermanfaat utuk kehidupan manusia !
i.        Bergabunglah dengan Komunitas Kreatif
“Kreativitas itu menular,” demikian kata Albert Einstein.  Jika kita bergaul dengan orang kreatif, maka kitapun akan termotivasi menjadi kreatif.
Inilah 7 komunitas daring (online) terbaik yang bisa kita ikuti :
1.      Behance Network : http://behance.net
2.      Carbonmade : http://carbonmade.com/
3.      Shown’d : http://shownd.com/
4.      Coroflot : http://www.coroflot.com/
5.      Profesional : http://www.professionalontheweb.com/
6.      Deviantart : http://www.deviantart.com
7.      Biang Inovasi : http://bianginovasi.com/
Itulah kiat-liat jitu menjadi seorang pencipta, orang-orang kreatif yang masih sangat sedikit jumlahnya. Untuk informasi lebih lengkap baca saja di bukunya Yoris Sebastian, berjudul  Biang Inovasi !
Ternyata membaca itu sangat mengasyikkan asal kita mendapatkan bacaan yang bagus dan  menarik. Singkirkan buku-bulu bacaan yang apek, lecek, membosankan seperti warisan sekolah, buku paket dari zaman dahulu kala. Di dunia ini, masih banyak buku-buku yang bisa menyegarkan otak, pikiran dan jiwa kita ! Ayo bersinergi melahap bacaan yang mencerahkan !
Siap ? Action ….


Informasi Buku :
Judul                      :   Biang Inovasi
Penulis                   :   Yoris Sebastian
Penerbit                 :   PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit        :   2014
Tebal buku            :   247





Tidak ada komentar:

Posting Komentar