Selasa, 01 Maret 2016

ANTARA JOHN KIM DAN KANKER

Wah gawat nih, aku sudah ketularan virusnya Erri Andriyati ! Untungnya hanya virus untuk bersenang-senang hehehe…. Tahu kan TehErry Andriyati ? Kalau di dunia blogger, beliau sangat identik dengan korea. Tokoh korea eh artis korea, jalan-jalan korea, makanan korea. Semuanya serba korea deh ! Setelah beberapa teman ketularan masak masakan korea beberapa waktu lalu, kini giliranku. Nah, hari ini usaha teh Erri untuk menyebarkan virusnya padaku berhasil dengan sukses. Aku nonton film korea, mengagumi bahkan kesengsem sama artis koreanya dan ngisi blog ini juga tentang korea.
            Lha, apa hubungan antara kanker dengan film dan artis korea, yah ? Bukankah film tentang kanker itu berjudul I am Hope  yang dikerjakan oleh Wulan Guritno ? Betul sih. Tapi, di film korea yang ini juga disinggung masalah kanker dan sangat erat hubungannya dengan kanker.
http://www.wowkeren.com/seleb/so_ji_sub/

            Beneran deh. Filmnya berjudul My Venus, diperankan oleh So Ji Sub dan She Min A. Adakah yang pernah menonton filmnya juga ? Asyik nggak ? Pasti baper juga, kan ? So Ji Sub merupakan pria baik hati tetapi selalu hidup sendiri karena sejak kecil menderita Osteosarkoma, kanker tulang. Karena penyakitnya itu, ia harus berobat jauh dan panjang. Saat dia dirawat, ibunya meninggal dunia. Dia menjadi pria yang kesepian. Kemudian, dia menjadi pelatih olah raga yang sukses. Namun, terkena skandal. Akhirnya, kembali ke Korea dan bertemu dengan pengacara yang ingin menguruskan badannya akibat sakit hati. Pacarnya selingkuh. Namun, latihan-latihan dan masalah yang dihadapi oleh sang pengacara membuat mereka dekat dan jatuh hati. Sang pengacara mampu menghangatkan hati So Ji Sub alias John Kim alias Kim Hyung Young Ho.
            Dalam perjalanan kisah cinta itu, sang pengacara harus mengubah gaya hidup dan makannya. Olah raga secara teratur dan mengatur pola makan. Dia harus menghentikan makanan yang sangat disukainya: berlemak, berminyak dan berbumbu. Semua makanan yang lezat di lidah tapi tak sehat untuk tubuh. Ugghh… berat pastinya ! Makan bukan sekedar kenyang dan enak tapi harus baik untuk tubuh. Rawfood dan foodcombining menjadi nyata. John Kim sangat ketat mengatur dan menerapkan pola makannya. Kekasihnya harus sehat selalu. Semua itu berawal dari makanan yang sehat pula.
            Prinsip makan seperti itulah yang sangat terkait erat dengan penyakit kanker, khususnya kanker colon atau usus besar. Makanan yang tidak sehat, khususnya yang bersifat karsiogenik sangat berpotensi menyebabkan kanker usus.
            Setelah mamahku divonis kanker, otomatis masalah makanan menjadi prioritas perbaikan pertama dan utama. Sejak saat itu, masakan selalu tanpa penyedap rasa. Selalu mengandalkan penyedap alami. Gula putih atau gula merah dan garam. Lebih sehat gula merah, ya. Minyak goreng berganti jadi zaitun. Lebih banyak mengkonsumsi daging putih (ikan dan ayam kampung) daripada daging merah. Bahkan, daging merah lebih cenderung dihilangkan dari daftar menu ! No… no … no. Daging merah lebih mudah memicu kanker apalagi jika dibakar. Halah !

 Seperti John Kim ( So Ji Sub ), kita harus lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan buah. Makanan berserat harus lebih diutamakan demi kesehatan usus.  Sama seperti menu makanan tokoh-tokoh dalam film My Venus. Ah, John Kim walaupun aturanmu sangat menyebalkan tapi demi efek yang positif bagi tubuh, kita harus ikhlas menerimanya. Setujukah teman-teman ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar