Sabtu, 07 Januari 2017

JALAN–JALAN KE KOTA SERANG

Kalau kita berlibur ke pantai Anyer pasti sudah biasa, betul kan ? Nah, destinasi wisata atau liburan ke Serang ini bisa menjadi alternatif lainnya. Setuju ? Yuk, ah kita mulai saja jjs-nya.
1.             Banten Lama
Pertama kali saya membaca ini, saat melintas di jalan tol dari Bandung menuju Serang. Untuk keluar, ada dua pintu. Serang Timur dan Serang Barat. Nah, kalau ingin jjs menyusuri cagar budaya ini, pilihlah pintu Serang Timur. Ada apa sajakah di sana ?
a.      Keraton Kaibon
Pesona Keraton Kaibon


   Pertama kali saya menginjakkan kaki di sini seperti di Keraton Cirebon. Area Keraton ini lumayan cukup luas, walaupun sudah tidak utuh lagi. Kalau perlu, untuk informasi, kita bisa menggunakan jasa pemandu wisata. Katanya sih bayar sekitar lima puluh ribu.
Papan Informasi Keraton Kaibon
b.     Mesjid Agung Banten
Interior Mesjid Agung Banten
Bangunan yang unik lainnya adalah mesjid Agung Banten. Selain bisa melaksanakan ibadah, jika mau kita bisa ziarah ke makam raja-raja Banten. Tapi harus antri apalagi kalau berbarengan dengan waktu ziarah.
Kompleks Mesjid Agung Banten
   Di samping itu, kita juga bisa mencoba naik ke atas menara dengan membayar tiket yang murah meriah. Ada satu hal yang unik di sinih. Mau tahu ? Ya, coba saja langsung yah hehehe…. Siapkan kaki dan nafas panjang, yah. Saat berada di atas, kita bisa menikmati indahnya panorama.
Menara Mesjid Agung Banten

Panorama

c.      Telaga Tasikardi
Telaga Tasikardi
  Menikmati udara sejuk. Tenangnya hamparan air. Di sinilah tempatnya. Adem. Asyek. Konon kabarnya, dahulu tempat ini adalah sumber air bagi keraton dan sekitarnya.

d.     Pelabuhan Karangantu
Dermaga Karangantu
      Nah, ini tempat kejutan bagi saya. Asli tak menyangka bakal ada dermaga di sinih. ( haduh,  kemana ngumpetnya pelajaran geografi sayah, yah hehehe… ). Duduk di sinih asyek banget. Memandang laut lepas. Burung-burung belibis. Kalau kalian berani bisa wisata naik perahu melintasi laut Jawa ke beberapa pulau sekitarnya. Hayooo, berani gak ?
Panorama Laut Jawa
2.                Wisata Kuliner
a.      Pecak Bandeng
Menu Komplit Pecak Bandeng
Sehabis menyusuri Banten lama kita bisa menuju Sawah Luhur. Sejalurlah dengan wisata Banten Lama. Di sini kita bisa menikmati maknyusnya Pecak Bandeng beserta teman-temannya. Banyak menu lainnya. Maknyus bangets.
b.     Sate Bandeng
Kreasi Sate Bandeng
Nah ini, oleh-oleh khas Banten ( Serang ) yang sudah dikenal dunia. Menurut sahabat saya, sate bandeng yang enak itu adalah sate bandeng Ibu Aliyah di Lopang Cilik dan rumah makan sate bandeng Sampurna di jalan Jendral Ahmad Yani.
c.      Nasi Sumsum
Nah, kuliner yang satu ini belom berjodoh. Pada saat jalan-jalan di sekitar pasar lama. Nemu sebuah tenda Nasi Sumsum. Penasaran dong, karena di Bandung mah belum nemu ini. Eh, pas disamperin masih beres-beres. Nasinya belom dibakar. Katanya siapnya sekitar magrib. Waduh kelamaan nunggu. Ya udah lain kali deh dijemput.
d.     Kelapa Muda
      Masih di sekitar jalan pasar lama, saya juga menemukan hal unik lainnya. Banyak gundukan-gundukan kelapa muda di jalanan. Di sekitarnya banyak bangku-bangku pendek. Menjelang sore, tempat ini ternyata ramai dikunjungi oleh para penggemar kelapa muda. Pilih. Kupas. Dan menikmati segarnya kelapa muda sambil duduk di pinggir jalan. Berani coba ?
e.      Es Dawet
Es Dawet Ayu
Saat berwisata di telaga Tasikardi, kita bisa menikmati  beberapa kuliner juga di sana. Ada jasuke, baso, makan lesehan dan es dawet.
Ah, baru di sinilah saya menemukan Es Dawet Asli Banjarnegara yang maknyus bingit. Beberapa kali mencoba es dawet di kota lain selalu berakhir dengan kecewa.  Di Tasikardi, es dawetnya asli. Tepungnya lembut. Gula merahnya asli dan pas manisnya. Ditambah es batu. Ah, seger banget. Maunya sih nambah lagi. Harganya pun terjangkau saku.
3.                Rumah Dunia
Panggung Rumah Dunia
     Rumah dunia juga bisa menjadi salah satu tujuan penting di Serang, khususnya bagi kamu yang senang dengan dunia literasi, menulis dan sejenisnya. Di sini, kita bisa bertukar pikiran dengan Mbak Tias Tatanka dan Kang Gol A Gong. Berbicara tentang sastra dan isu dunia pada umumnya.
Di sini juga kalian bisa menyaksikan banyak kegiatan menarik setiap harinya. Mulai dari pukul 13 siang, sepulang anak-anak bersekolah.
Atau yang ingin menimba ilmu, bisa mengikuti berbagai macam pelatihan menulis dan karyanya biasanya akan dibukukan. Komplet kan ?
Salah Satu Sudut Rumah Dunia
Satu lagi, saat malam tahun baru, kalian juga bisa menikmatinya secara unik dengan berbagai macam kegiatan sastra pada acara Detik Akhir, Detik Awal. Seru bangets kayaknya. Tertarik ?

Nah, itulah beberapa destinasi wisata di Serang. Selamat jjs, yah !
Tulisan ini diikutsertakan dalam postingan bersama-The Best Traveling Moment 2016 oleh Indonesian Corners. 


20 komentar:

  1. Belum pernah main ke Serang. Kayaknya seru ya buat kami cari destinasi yang berbeda. Thanks for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup. Betul mbak Arin. Sesuatu deh
      Makasih yah udah mampir dan meninggalkan jejak.

      Hapus
    2. Yup. Betul mbak Arin. Sesuatu deh
      Makasih yah udah mampir dan meninggalkan jejak.

      Hapus
  2. saya tinggal di tangsel, ngak jauh dari serang tapi belum pernah mampu menyambangi tempat menarik di sana..thanks reviewnya bisa jadi bahan refernsi kalau saya ke Serang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup. Selamat jjs mbak.
      Makasih udah mampir

      Hapus
    2. Yup. Selamat jjs mbak.
      Makasih udah mampir

      Hapus
  3. dari dulu pengen banget tau wisata sejarah di banten, akhirnya nemu juga, makasih ulasannya mba ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ada manfaatnya. Makasih mbak hikari

      Hapus
    2. Alhamdulillah ada manfaatnya. Makasih mbak hikari

      Hapus
  4. Suka bgt sm sate bandengnya. Enak. Btw slm kenal mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuh mas aji sukma. Salam kenal kembali

      Hapus
    2. Setujuh mas aji sukma. Salam kenal kembali

      Hapus
  5. Ahaha...iyaaa... itu nasi sumsum bener2 bikin penasaran karena adanya malem doang >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup mbak Triani. Kayaknyaaa eeenaaak πŸ˜„

      Hapus
    2. Yup mbak Triani. Kayaknyaaa eeenaaak πŸ˜„

      Hapus
  6. Waw tulisannya menarik mbak.. Nanti saya mau main ke destinasi diatas kalau main lagi k serang..
    Makasi ya mbak infonya salam kenal dari bandung hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat jjs mbak vika. Salaaam

      Hapus
    2. Selamat jjs mbak vika. Salaaam

      Hapus
  7. mantap tulisan dan isi artikelnya. Saya aja orang serang belom tentu tau semuanya. Cuma beberapa tempat seperti tasikardi dan banten lama aja yang pernah karena deket rumah.

    Salam kenal mbak.

    BalasHapus