Rabu, 19 April 2017

SEBLAK LIA, JAJANAN MURAH YANG BIKIN LIDAH BERGOYANG

       
       Bandung memang dikenal sebagai tempat wisata kuliner. Berbagai macam makanan ada di sini. Mulai dari makanan berat, makanan ringan, minuman, cemilan, oleh-oleh dan jajanan yang selalu menarik untuk dicoba. Banyak tempat juga yang bisa dikunjungi. Mulai dari restoran, rumah makan, warung sampai pedagang kaki lima. Bandung memang komplit. Mau harga yang mahal atau murah ? Semua ada di Bandung.
Batagor - dok.pribadi
            Banyak makanan Bandung yang dikangenin orang. Batagor Bandung. Surabi. Molen. Timbel. Nasi tutug Oncom. Keripik  tempe. Lotek. Bala-bala. Cilok. Makanan apa yang sedang kau cari ? Jika pilihanmu tahu, ini  informasi yang cocok untukmu batagor bandung ! Yes.
            Nah, kali ini, kita makan seblak, yuk ! Mau kan ? Makanan ini termasuk salah satu jenis jajanan yang ada di kota Bandung. Banyak tempat yang menjualnya. Kalau ingin yang ringan di kantong, cari yang dijual di roda-roda atau gerobak pinggir jalan yah. Tapi ingat, cari yang bersih, ok ?
            Jajan kali ini, kita melipir dikit dari kota Bandung yah, tepatnya ke Alun-alun Cimahi. Kalau kalian sudah menemukan Mesjid Agung, tinggal menyebrang jalan raya. Masuklah ke jalan Kebon Cau/ gang Asem. Tepat di belokan gang Gelatik, kalian akan menemukan sebuah tempat jajan sederhana. Namanya Warung Lia. Sekarang bernama Kedai Jul Jol. Di tempat itu ada jajanan bernama Seblak yang menggoyang lidah.
            Di warung ini, kalian bisa memilih Seblak yang paling disukai. Banyak pilihannya. Seblak makaroni. Seblak Mie. Seblak Siomay. Seblak kurupuk. Seblak tahu. Atau kalian bisa juga mencampurkan beberapa bahan. Kalau aku suka dengan kurupuk, tahu dan siomay. Endeeesss pisan. Raos pisan, Ngeunah euy ! Bisa ditambahkan telor atau sosis. Ah, pokoknya suka-suka kamu deh. Pas diicip, wiiiiwww bakal lupa pulang deh hehehe…. Bagi yang suka pedes, boleh tuh tantang tingkat kepedasannya.
            Jajan seblak ini termasuk murah, lho. Rata-rata kurang dari Rp 20.000,-. Jajanan campuran ala aku itu cuma dihargai sepuluh ribu aza. Asyeeek, kan ? Bisa bawa rombongan se-erte tanpa menguras kantong. Hahaha….
            Konon, kabarnya makanan gurih ini berasal dari Jawa Tengah. Begitulah menurut sahabat kita, Wikipedia. Makanan ini sudah lama dikenal di sana. Namun, sebagai jajanan memang ngetopnya di Bandung sekitar tahun 2000-an. Ah, darimanapun asal makanan ini, yang penting tetep makanan Indonesia. Tua muda. Remaja atau bukan pasti suka dengan seblak yang gurih dan memiliki aroma khas, terutama saat dimasak. Aroma itulah yang seringkali menerbitkan air liur menetes berember-ember. Hahaha… lebay, yah.
            Kelezatan seblak ini sangat tergantung pada perbandingan takaran bumbu-bumbunya. Jika takarannya pas, maka akan didapatkan seblak yang enak, gurih dan pedas. Sebaliknya, jika takaran bumbunya tidak seimbang, seblaknya menjadi kurang nendang. Selain itu, kematangan bahan, seperti kurupuk, siomay, tahu dan yang lainnya juga menjadi faktor penentu. Kematangan yang pas membuat kurupuk tidak hancur. Siomay dan tahu yang masih renyah.
            Nah, para pecinta kuliner, kini bertambah deh daftar makanan yang akan membuat kalian semakin kangen sama Bandung. Selain batagor bandung, sok atuh seblak juga diicip yah. Makanan sederhana yang memikat dengan bumbu yang sederhana pula.
         Oh ya, di sekitar warung Lia ini, ada juga mie ayam baso yang enak dan murah. Selain itu juga makanan padang, khususnya sate padang. Jadi, di sini bisa pilih-pilih menu.

Selamat berwisata kuliner !
Sampai jumpa di Bandung !

Info tambahan :
Alamat Warung Lia : Jalan Kebon Cau RT 2 RW 10 desa Setiamanah Cimahi.
            Untuk sampai ke warung Lia di Cimahi, dari Bandung bisa menggunakan beberapa alternatif transportasi. Kereta api. Bis. Angkot. Atau mobil online ( Gojeg, Crab, Uber ).
1  1.    Kereta api : naik KRD Cicalengka - Padalarang, turun di stasiun Cimahi. Lalu, cari angkot kuning jurusan Cibeber – Asem. Naiklah yang ke arah Asem dan turun persis di depan warung Lia.
2  2. Angkot : ada dua jurusan. Stasiun – Cimahi dan Leuwipanjang – Cimahi. Turun bisa di Cimall atau jalan Pojok. Lalu, lanjut dengan angkot jurusan Asem tadi.
3  3.   Bis kota : Alun-alun – Ciburuy. Turun di Alun-alun Cimahi. ( Sebrang mesjid Agung ). Lalu, jalan sedikit. Masuk ke gang Gelatik atau Gang baso Tegallega.
4  4.    Mobil online : Bandung – jalan Kebon Cau Cimahi.



12 komentar:

  1. Seblak sama batagor Bandung mah emang juara ya teh. Raos pisan, bikin ketagihan. Mau lagi dan lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul. Selalu bikin kangen ka bandung hehehe...

      Hapus
  2. Kalau seblak biasanya bikin sendiri, tapi lain kali mau coba di warung ini, ah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sok atuh jjslah. Deket pisan da ti sangkuriang mah hehehe...

      Hapus
  3. Aaah seblak tahu! Kayaknya asik, belum nyobain.

    BalasHapus
  4. haduh ini mah makanan paporit, jd pengen ih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayu atuh kita makan seblak bareng teh

      Hapus
  5. Apakah seblak yang asli bandung beda dengan yang di luar bandung ya? Jadi pengen nyobain yang di bandung langsung hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah ada dimana mbak ? Aku blm nyoba yg di luar bandung hehehe....

      Hapus
    2. Di Yogya banyak nih yang jualan seblak

      Hapus
    3. Waah asyik. Ntar kalo ke Yogya icip ah

      Hapus