Sabtu, 08 April 2017

TERAS CIKAPUNDUNG : REKREASI MURAH DI BANDUNG

          Jalan-jalan atau rekreasi tak harus selalu ke luar kota atau ke luar negeri. Juga, tak harus mahal. Ada beberapa tempat rekreasi yang asyek di Bandung dengan budget yang ringan. Ingin tahu : Inilah dua diantaranya.
Relief Teras Cikapundung
    1.  TERAS CIKAPUNDUNG ( TeCi )
        Ah, betapa nikmat udara pagi. Seger. Bersih. Melapangkan paru-paru. Sesuatu yang teramat mahal di era penuh polusi ini. Mudah-mudahan udara pagi yang bersih dan menyegarkan ini takkan tenggelam dan punah seperti dinosaurus.
                                     Baca juga : Kemah Di Manglayang

        Sudah lama, sejak Manglayang, Tak pernah lagi kuhirup udara segar seperti ini. Namun, pagi ini, kami berkumpul di Teras Cikapundung atau biasa disebut juga TeCi. Tepat pukul 07.00, kami sudah di lokasi. Teras Cikapundung masih sepi. Baru beberapa anggota Degeboys yang datang. Asyik berfoto-foto ria. Aku pun bergabung.
Berburu foto Sunflare dan ROL
        Suasana pagi di Teras Cikapundung sangat menyenangkan. Kita bisa cuci mata dan cuci paru-paru. Pepohonan hijau menyejukkan mata. Aliran air sungai  membelah kawasan. Relief kece. Ikan. Ah, sungguh memesona dan bikin betah. Ada juga air mancur ( sayang, pagi itu belum dinyalakan. Ssst… ini untuk rekreasi malam. Kalo ingin menikmatinya, harus datang sore, sekitar pukul 17.00 – 20.00).
Wisata Perahu Karet
      Walaupun tempatnya tidak terlalu luas, tapi suasananya nyaman dan bersih. Asri. Tertata apik. Cocok untuk rekreasi keluarga. Murah meriah. Bagus untuk spot foto.
Genk Degeboy

Jembatan Merah

Seperti wisata taman yang sedang marak di kota Bandung, Teras Cikapundung bisa masuk dalam salah satu agenda kalian. Bagus untuk selfie dan welfie. Bagi Degeboys dan para fotografer atau yang suka pada motret, ini lokasi yang asyik untuk jeprat-jepret. Banyak obyek foto yang menarik. Tinggal cari angle yang pas. OK, kan ?
Bola Dunia

Kolam Kura-kura

Sungai Cikapundung
Oh, ya lokasi Teras Cikapundung ini ada di jalan Siliwangi, Cipaganti, Coblong, Hegarmanah, Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat. Lokasinya mudah dijangkau. Terletak di pinggir jalan. Transportasi umum yang melewati lokasi ini adalah angkot jurusan Ledeng- Cicaheum dan Ciroyom-Cicaheum. Kendaraan pribadi yang bisa masuk ke lokasi hanya motor, sedangkan mobil harus parkir di Babakan Siliwangi.

      2. TERAS CIHAMPELAS
Ujung Utara Teras Cihampelas
          Setelah puas menikmati indahnya Teras Cikapundung dan makan siang di D’Kios Setiabudhi, saya melanjutkan perjalanan ke arah Cihampelas. Ups, sudah lama gak ke Bandung naik angkot, nyasar ternyata hehehe…. (Nyesel gak ikut Bicik xixixi….).
 Seharusnya dari Setiabudi menuju Cihampelas itu, naik mobil jurusan Kelapa-Ledeng, Stasiun-Lembang atau Ciroyom-Lembang. Sayah malah naik Cicaheum-Ledeng. Mobilnya mirip dengan angkot Kalapa-Ledeng sih. Alhasil, saya kembali melewati TeCi dan akhirnya turun di Simpang Dago, lalu lanjut dengan angkot Cicaheum-Ciroyom. Turun di Ciwalk.
Ups, petualangan nyasar saya hari itu ternyata belum berakhir. Kali ini,saya nyasar di Ciwalk. Berputar-putar di Skywalk Ciwalk. Saya bermaksud mencari jalan ke Teras Cihampelas. Ternyata Ciwalk dan Teras Cihampelas merupakan dua dunia yang berbeda. Terpisah oleh bangunan.
Setelah tertarik dengan beberapa pernak-pernik, akhirnya saya keluar Ciwalk dan kembali ke jalan yang lurus eh jalan Cihampelas. Saya ingin tahu tentang Teras Cihampelas yang baru dibangun itu.
Tangga Teras Cikapundung
Hujan besar mengguyur Bandung siang sampai sore. Untung saya berada di dalam Ciwalk. Setelah reda, menjelang sore, saya menuju Teras Cihampelas. Tak jauh dari Ciwalk, ada tangga untuk menuju Teras Cihampelas.
Ah, akhirnya kaki ini bisa menginjakkan kaki di jembatan panjang yang menutupi jalan Cihampelas. Beberapa orang sedang menyorong air yang tergenang. Dari tangga Ciwalk ini, ternyata, saya berada di tengah-tengah. Hmmm… pilih kiri atau kanan ?
Jalan ke kiri lebih menarik. Karena ke kanan banyak makanan dan terlihat lebih sempit. Saya menyusuri jembatan ini dengan santai. Banyak kios yang tutup. Yup, Teras Cikapundung memang digunakan untuk menampung para pedagang kaki lima. Belanja gaya baru. Belanja di awang-awang. Belanja di langit. Skywalk. Keren, gak ?
Dengan santai, saya cuci mata lagi di sini. Menikmati suasana sambil larak-lirik ke kios-kios yang buka. Ada makanan, baso, kopi, ada tas, sandal, jaket dan masih banyak lagi barang-barang menarik di sini. Harganya standarlah.
Kalau kakimu pegal, kita bisa duduk-duduk santai di kursi beton yang ada di sana. Menikmati lantai warna-warni atau kembali berfoto-foto lagi. Pokoknya selama ada di Bandung, puas-puasin deh swafoto dan foto rame-ramenya yah.
Warna-warni Teras Cihampelas
Ok, cukup sampai di sini jalan-jalan kali ini ya. Sampai jumpa di tempat rekreasi berikutnya.

4 komentar:

  1. Asikknyaa jjs mbaak. . Apalagi ndak jauh juga dan banyak spot menarik buat foto. Hehehe tfs mbak, salam kenal 😊

    BalasHapus
  2. Yup mbak Lucky Caesar. Yuk ah lets goh

    BalasHapus
  3. weeeh seru neh, rekreasi memang menyenangkan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul teh Liswanti Pertiwi. Yuk ke Bandung hehehe....

      Hapus