Kamis, 19 Oktober 2017

TETAP SEHAT DI MASA PENSIUN

“Masa Ibu akan pensiun sekarang ? Masih muda,” ujar petugas kepegawaian.
“Wah, Neng, Usia Ibu sudah 60 tahun di bulan Agustus lalu,” jawab bu Nina.
“Ah masa ? Ibu belum pantas untuk pensiun sekarang,” balasnya lagi.
Mendengar cerita itu, kami semua tertawa sekaligus bangga. Yah, teman, guru sekaligus seniorku di kantor ini akan menjalani masa pensiun. Yang kuingat dari diri beliau adalah penampilannya yang berbeda 180 derajat saat berada di rumah. Kesan pertama saat membuka pintu rumahnya untuk kami adalah abegeh. Ya, bu Nina ini termasuk temanku yang awet muda, baik penampilan ataupun gaya bicara. Tak pernah ada petuah-petuah seperti senior lainnya. Beliau selalu memposisikan diri sebagai teman sejati, walau dulu beliau adalah guru Bahasa Indonesiaku.



Sampai sekarang, setelah lima tahun tak bertemu, kondisi beliau masih tetap sama. Bahkan, sekarang beliau memiliki profesi baru sebagai penjahit, Yup, inilah hobi yang disukainya sejak masa muda dulu. Sebelum menjadi guru, beliau pernah ikut kursus menjahit. Hobi ini sempat terhenti karena profesi barunya. Cita-cita beliau beberapa tahun sebelum pensiun adalah membuka butik. Ternyata, cita-cita ini sudah mulai dirintisnya sejak memasuki usia pensiun. Promosi dilakukan pada rekan-rekan kerjanya, tetangga, saudara dan dari mulut ke mulut. Jahitannya memang rapi dan berkelas.
Ah, ternyata mereka yang sudah pensiunpun masih bisa tetap produktif, aktif dan sehat. Inilah hal yang menjadi perhatian dan keinginanku juga, bila nanti memasuki masa-masa pensiun. Tetap sehat, cantik, bugar, dan produktif. Selain bu Nina, ada juga beberapa rekan lain yang tetap sehat di masa pensiun. Menekuni hobi yang lama tak bisa dilakukannya di masa aktif bekerja sebagai guru. Sering saya melihat beliau berjalan bersama teman-temannya lebih dari sepuluh orang. Jalan-jalan. Juga bermain catur. Bahkan, ada juga yang tetap ingin bekerja sebagai guru. Beliau menjadi guru honorer di sekolah swasta. Alasannya ? Kesibukan mengajar ini membuat beliau tetap sehat dan bahagia, walau uang honor yang diterimanya tidak seberapa.
Melihat realita itu, saya mencoba untuk mengorek informasi penting dari beliau-beliau itu. Informasi atau rahasia hidup sehat ini ternyata sudah dirintis sejak jauh-jauh hari sebelumnya. Sejak masa muda atau remaja. Wow, hebat yah ! Inilah beberapa rahasia tetap sehat dan produktif di masa pensiun:
1.       Bangun Dini Hari
Rahasia pertama ini ternyata sudah dilakukan sejak lama. Semakin bertambah usia, kebutuhan batin ini juga semakin kuat. Beliau selalu ingin dekat dan curhat dengan Sang Maha Pencipta, apalagi jika sedang galau dan melow akibat beberapa masalah hidup yang dialaminya. Beliau selalu mengembalikan segalanya kepada Sang Maha Pencipta, Allah SWT. Rupanya inilah rahasia beliau bisa tetap ceria dan optimis. Terlihat seperti tidak pernah punya masalah berat.
Beliau-beliau ini akan mengawali hari dengan shalat Tahajud terlebih dahulu. Kadang dua rakaat atau sebelas rakaat. Namun, beliau bertekad untuk melakukan shalat Tahajaud itu sebanyak 11 rakaat.
Air dingin akan membasuh wajah dan tubuh mereka. Udara segar, fresh dan bersih tentu saja akan memasuki paru-paru manusia. Konon, jam-jam ini memang sangat baik pengaruhnya untuk manusia.


2.       Pola Makan Sehat
Rahasia kedua adalah mengatur pola makan. Kalau saya perhatikan, beliau ini termasuk orang yang tidak pernah sembarangan dalam hal makanan. Selalu memasak dan membawa bekal makanan. Oleh karena itu, dulu, saya sering kebagian jatah makan siang hahaha…. Asyek banget!
Beliau ini jarang jajan di luar. Kalaupun jajan, pasti akan memilih masakan yang sehat, terutama makanan Sunda. Oh, ya, sebelum makan makanan berat, beliau akan mengisi perutnya dengan segelas jus di pagi hari. Membuat jus ini menjadi rutinitasnya di pagi hari. Siang sekitar jam sepuluh, baru makan makanan berat. Belaiu juga sangat suka makan buah-buahan dan sayuran. Kedua menu ini biasanya mendapatkan porsi paling banyak.
3.       Berpikir Positif
Rahasia terakhir dari cara hidup tetap sehat di masa pensiun adalah berpikir positif. Yakin bahwa Sang Maha Pencipta akan membantu dan menyelamatkan kita. Tak ada beban atau masalah yang tak dapat diselesaikan. Walaupun sudah pensiun, kita tetap bisa berkarya dan tetap produktif. Tetap bisa menjalani hidup sehat dan bahagia.
Nah, dari pelajaran berharga itulah, akupun ingin tetap hidup sehat dan bahagia di masa pensiun nanti. Oleh karena itu, rahasia-rahasia tadi sudah mulai kurintis dari sekarang. Salah satunya adalah pola makan yang sehat. Jujur, aku termasuk omnivora, pemakan segala. Hahahaha…. Jarang sekali ada makanan yang kupantang. Aku termasuk suka makan, terutama menu-menu baru. Rasanya selalu penasaran ingin tahu dan ingin mencicipi. Rasanya berat menerapkan pola makan yang sehat, apalagi harus menghindari karbohidrat dan gula. Wah berat. Berat. Berat.
Namun, sekarang, aku mulai mengurangi porsi makan nasi dan memperbanyak makan sayur dan buah. Masalahnya adalah tidak setiap hari aku memiliki persediaan buah-buahan di rumah. Kalau membeli banyak, sayang kalau harus dibuang. Membeli tiap hari juga ribet. Padahal tubuh kita membutuhkan asupan vitamin C yang cukup. Pada tahap normal, kebutuhannya sekitar  90 – 100 mg. Dalam kondisi sakit kebutuhan vitamin C meningkat menjadi dua kali lipat. Lebih berlipat lagi pada kondisi udara yang berpolusi yaitu 3-4 kali. Wow, luar biasa ya!
Solusinya adalah mencukupi kebutuhan itu dengan K-Vit C plus Teavigo. Yup, aku melengkapi kebutuhan buah-buahan ini dengan asupan vitamin C produk dari K-link. Menurut referensi dari beberapa temanku, produk ini memiliki banyak khasiat dan keunggulan.
                Kandungan K-Vit C plus Teavigo
                                Berbeda dengan multivitamin yang lain, biasanya berisi vitamin C dan vitamin  D. K-Vit C olus teago mengandung vitamin C dan teago. Teago adalah ekstra teh hijau yang paling murni  dan mengandung Epigallotechin gallate sebesar 94%. Lebih besar dari teh hijau biasa dan matcha. Teavago ini bebas dari pestisida, herbisida (bahan kimia) dan kafein.


                Manfaat K-Vit C plus Teavago
                                Multivitamin K-Vit C plus Teavago ini berkhasiat untuk menjaga daya tahan tubuh dan stamina, menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, mengurangi resiko kanker, memperlambat proses penuaan dan menjaga kesehatan sel syaraf, melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas dan zat bebahaya, juga mencegah anemia. Selain itu, berkat kandungan antioksidan yang cukup tinggi dalam K-Vit C plus Teavago ini, tablet ini mampu mencegah penyakit degeneratif.
                Cara Mengkonsumsi K-Vit C plus Teavago
                                K-Vit C plus Teavago cukup dikonsumsi 1 tablet effervescent 1-2 kali sehari. Multivitamin ini juga sangat mudah dikonsumsi oleh mereka yang sulit menelan. Caranya cukup dilarutkan dalam segelas air. Sesuai dengan sifat vitamin C yang larut dalam air.
                                Rasanya segar dan seimbang, tidak terlalu asam dan juga tidak terlalu manis, seperti makan jeruk asam yang dinetralkan oleh teh hijau. Mmmm … enaaak.
                                K-Vit C plus Teavago ini aman juga untuk lambung, karena sudah direaksikan dengan kalsium, sehingga tidak menyebabkan asam lambung naik.  Jadi, bagi kalian yang memiliki riwayat maag, don’t worry be happy.
                                Namun, mereka-mereka yang memiliki gangguan fungsi ginjal wajib berhati-hati! Konsumsilah multivitamin ini serendah mungkin agar tidak memberatkan kerja ginjal. Sebaiknya, tablet itu dibagi dua atau tiga.
                                Bagi ibu hamil ( bumil ) pun wajib berkonsultasi dengan dokter, terutama bumil dengan riwayat ferilalarin tinggi.
                Siapakah yang boleh mengkonsumsi K-Vit C plus Teavago ?
                                Sebagai multivitamin, tablet K-Vit C plus Teavago ini bisa dikonsumsi oleh semuanya. Tua muda. Mulai dari anak usia 2 tahun sampai lansia.
                Harga K-Vit C plus Teavago
                                K-Vit C plus Teavago ini harganya masih ringan di kantong. Dijamin, sakumu takkan rata gara-gara membeli multivitamin ini hehehe…. K-Vit C plus Teavago ini dapat dibeli dengan harga yang berbeda untuk konsumen dan distributor. Harga distributor adalah Rp 72.000,-. Harga konsumen sekitar Rp 84.000,-. Perbedaan harganya lumayan besar yah. Nah, kalau ingin hemat lebih baik menjadi distributor saja. Kelebihan harga tadi lebih enak masuk kantong sendiri. Bisa buat ke salon atau jajan. Asyek, kan ? Tube K-Vit C itu berisi sepuluh tablet. Jadi, kalau dirata-rata harganya hanya Rp 7200,- saja. Murah kan ? Mau lebih murah ada cara khususnya nih.
                Cara Menjadi Member K-link
                                Kalau ingin harga yang lebih murah lagi, jadilah member K-link. Kita bisa mendapatkan diskon 20% dari harga konsumen. Bukan hanya untuk multivitamin saja, tetapi juga untuk seluruh produk K-link. Bagaimana caranya ? Yuk, mari meluncur saja ke sini dan langsung daftar aza.
                                Oh ya, produk K-link ini sangat beragam, ada produk kecantikan, sabun cuci dan sebagainya. Kalau tidak ingin ribet datang hujan-hujanan ke stockis, lebih enak belanja online dari rumah. Mau ? ini dia toko onlinenya.
                                Nah, sudah cukup banyak ilmu yang kita dapatkan dari para pensiunan ini. Saatnya, kita beraktivitas kembali, sambil mempersiapkan diri demi masa pensiun nanti yang tetap sehat, cantik, bugar dan produktif. Salam ceria !

        Sumber gambar :
1. pixabay
2. indoblog.net        

             

10 komentar:

  1. makasih tipsnay dan menambah asupan vitamin yang bsia meningkatkan daya tahan tubuh ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul mbak. Zaman now memang perlu tambahan multivitamin. Terlalu banyak polusi

      Hapus
  2. Aku baru sadar kalau kudu minum vitamin ketika badan sedang ngedrop.

    BalasHapus
  3. Wah jadi rahasianya itu ya? Oke. TFS, Teh

    BalasHapus
  4. multivitaminnya tampak segar n beda, teh. hijau2 seger. sehat n berkarya terus teh ^^

    BalasHapus
  5. Yup sangat membantu cepat pulih mbak. Sakitnya gak lama

    BalasHapus
  6. Suka sama K-Vit plus Teavigo. Rasanya juga enak 😄

    BalasHapus