Sabtu, 20 Januari 2018

WISATA EDUKASI KE BAPUSIPDA JABAR



Sebelum masuk, mejeng dulu ah di depan gedung
            Di Sabtu yang diguyur hujan sejak pagi, kami melakukan perjalanan di dalam kota. Perjalanan ini sudah kami programkan sejak semester lalu. Tujuan utamanya adalah mengajak para siswa yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler WJLRC untuk mengenal salah satu perpustakaan di Bandung yang sudah berstandar internasional. Kalian sudah mengenalnya ? Yup. Bapusipda Jabar. Dinas (Badan) Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa barat. Lokasinya berada di jalan Kawaluyaan Indah II no 4 Soekarno Hatta Bandung. Telpon : 022-7320048. Sekarang jadinya, Dispusipda yah.

Gedung Dispusipda Jabar

                Pada awalnya, kami hanya akan mencari dan membaca buku di sana. Namun, setelah saya ngobrol dengan petugas di sana, Pak Muhammad Ihsan, beliau bersedia menjadi pemandu kami untuk mengenal perpustakaan tersebut. Ternyata perpustakaan ini sering menjadi tujuan wisata dari berbagai rombongan. Juga dari berbagai daerah di luar Bandung. Jika berminat, bisa mengajukan surat permohonan terlebih dahulu.
                Pak Ihsan memberikan berbagai macam informasi yang kami butuhkan. Mulai dari pengenalan ruang perpustakaan, cara peminjaman buku yang sudah menggunakan system digital atau komputerisasi, cara mencari literature, pendaftaran anggota baru dan sebagainya. Kamipun diajak berkeliling mengenal berbagai macam ruang baca yang ada di sana, mulai lantai I sampai III.  Asyek dan seru.

                Kalian mau membaca dimana ? Ada lima ruang baca yang bisa menjadi pilihan. Pertama, ruang para inohong. Kedua, ruang baca keluarga dan anak. Ketiga, ruang baca dewasa ( dua ruangan ), Keempat, ruang Referensi. Kelima, ruang baca remaja. Semua ruang sangat menarik. Tertata apik dengan pencahayaan yang baik. Selain itu, bisa juga lho, menikmati view Bandung yang aduhai cantiknya. Mau bermain game ? Bisa juga ternyata.
                Perpustakaan ini ternyata telah bertransformasi dari perpustakaan tradisional yang serba tulis menjadi perpustakaan digital yang sudah serba komputerisasi. Selain itu, perpustakaan ini juga memiliki unsur rekreasinya. Oleh karena itu, tak salah jika kita melakukan wisata edukasi ke perpustakaan ini. Anak-anak pasti senang. Penasaran ? Ayo,  kita segera berkunjung ke perpustakaan ini.  

Salam literasi,

Yayu Arundina

16 komentar:

  1. ini masuknya harus pk card ga bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak, kemarin sih bebas aza. Kalau mau jadi anggota bisa. Bawa fotokopi KTP dan foto ukuran 2x3

      Hapus
  2. Asik bisa jalan jalan sekalian baca di tempat nyaman tapi ngga ngebosenin nih

    BalasHapus
  3. Pengen ajakin anak-anak ke sana deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk. Pasti betah geura di ruang baca keluarga. Bisa nonton film juga lho

      Hapus
  4. Ini salah satu tempat nongkrong favorit keluarga kamii...
    Hihii...selain wifinya juga cepet, anak-anak selalu suka main di perpus anak.
    Kereen banget Bapusipda Jawa Barat.

    BalasHapus
  5. Ini padahal deket dr rumah, atau kalo lagi nyari jalan pintas/alternatif lewat, cuma belom pernah masuk teeh.
    Hayu lah janjian kitah kesanah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah tahu gitu mampir deh kemaren. Sugan disuguhan 😅😂 asyeek tempatnya. Yuk ah kita sambangin lg. Lebar kartu anggota nih 😅

      Hapus
  6. Wuih asyik nih jalan-jalannya ke perpustakaan, ada bagian bacaan untuk anak-anaknya khan ya, teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup seruuu. Ada. Di lantai bawah, ruang baca keluarga dan anak. Bisa sambil perosotan 😀

      Hapus
  7. Kapan ya terakhir kali maen ke perpustakaan Jabar? Lebih deh dari ratusan purnama hahaha. Asik ya tempatnya.

    BalasHapus
  8. 😅idem. Aku ge setelah tujuh purnama baru datang lagi. Perpustakaan lama sudah pada alm. Kumpul di Kawaluyaan ayena mah

    BalasHapus
  9. Huaaa perpustakaan Jabar yang memorable. Kayaknya udah lamaaa banget nggak ke sana hehe

    BalasHapus