Senin, 05 Mei 2014

WISATA KULINER : DI KOTA HIJAU


     Kota hijau merupakan julukan untuk kota Cimahi. Konon, julukan ini diberikan karena kota ini merupakan pusat pendidikan/ latihan militer.  Kota ini berjarak sekitar 10 kilometer dari kota Bandung. Jika jalanan lancar, kota inipun dapat dituju dari Jakarta sekitar 2-3 jam perjalanan dengan kendaraan melalui tol Cipularang, melalui pintu keluar Baros. Jika berkunjung kota ini, Anda dapat menikmati wisata kuliner yang tersebar di berbagai sudut kota.
SARAPAN PAGI
   Cimahi menyediakan berbagai macam menu yang beragam untuk sarapan pagi, seperti bubur ayam, nasi kuning, nasi uduk, kupat tahu. Makanan tersebut banyak ditemukan diberbagai tempat, baik di pinggir jalan,tukang jualan  keliling (biasanya berupa roda)  atau menetap di suatu tempat. Bubur ayam yang cukup enak adalah bubur ayam Pak Sunar yang berjualan di halaman toko Indomaret, sebelum belokan Cihanjuang. Selain itu ada juga di toko kue Merdeka, jalan Gatot Subroto. Harganya cukup bervariasi tergantung menu yang diinginkan, yaitu biasa, special, telor, ati ampela. Pada umumnya kurang dari Rp 20.000,-. Di tempat ini juga Anda bisa menikmati sop buah. Jika Anda penggemar bubur Hongkong, datanglah ke jalan utama ( Jalan Amir Mahmud ), tak jauh dari perempatan jalan Gatot Subroto. Tempatnya berada di sebrang PLN atau sebrang  jalan Rd Embang Artawidjaja. Tempatnya cukup nyaman walau berada di pinggir jalan.
            Nasi kuning bisa Anda temukan di berbagai tempat dengan mudah. Yang enak ada di jalan Kebon Cau, tepat di belokan sebelum ke jalan Asem. Di jalan inipun Anda akan menemukan penjual nasi uduk, kupat tahu, dan masakan padang.
MAKAN SIANG
                Pada siang hari, saat perut keroncongan, kota Cimahi memberikan banyak menu pilihan di berbagai tempat, seperti : pusat perbelanjaan, warung makan, tenda, atau tempat khusus.
            Jika ingin mencoba masakan Sunda, Anda bisa datang ke warung nasi Ampera atau Laksana yang berada di jalan utama. Berbagai menu ada di sana, seperti: aneka pepes (ikan, ayam, usus), ayam bakar, lotek, sayur asem, bacem tempe dan tahu,otak-otak,  juga sambal dan lalab. Alternatif lain, masih di jalan utama (Amir Mahmud ), Anda pun bisa datang ke tempat makan Neglasari. Di sini menunya cukup beragam. Ada masakan Indonesia, barat, cina, dan sebagainya. Harganyapun tidak akan terlalu menguras kantong.
Jika ingin santap siang di pusat perbelanjaan, Anda  bisa datang ke Cimall atau Yogya.  Di Cimall, banyak pilihan yang bisa anda tentukan sendiri. Di sana ada  KFC, Texas, Ichi Bento,atau menu kafe. Di Yogya, Anda bisa menemukan dan memilih menu makanan dan minuman, seperti : aneka soto, nasi goreng, masakan korea, gudeg, lotek, olahan ayam dan bebek, juice, teh.  Harganya cukup bervariasi mulai dari Rp 25.000,-.
Ada juga food court yang ada di jalan Gatot Subroto. Di sinipun, Anda bisa menemukan aneka masakan dengan harga yang masih tergolong ringan di kantong. Masakan sunda. Aneka pepes nasi, sate dan sebagainya. Selain itu, masih di jalan Gatot Subroto, Anda bisa menemukan lotek, gado-gado yang terkenal nikmat. Tempatnya bersebelahan dengan warung sate Lugina dan mie kocok.
Jika Anda penggemar sayuran, lotek bisa menjadi menu andalan. Selain di jalan Gatot Subroto dan Yogya, Anda juga bisa makan lotek Bi Euis di halaman depan Puskesmas Cimahi Tengah. Tempatnya dekat dengan gedung DPRD Cimahi.
Alternatif lainnya, Anda bisa datang ke jalan Sangkuriang. Di sana, ada menu Bali, seperti sate lilit yang dijual di sebuah halaman dengan tenda yang cukup bersih. Selain itu, ada juga pujasera dan lotek.
Jalan Cihanjuang juga bisa Anda telusuri untuk mencari makan siang. Anda bisa menemukan tempat makan mulai dari awal masuk jalan Cihanjuang sampai akan menuju Parongpong.
Tempat makan lainnya ada di jalan Kolonel Masturi. Di sinipun, Anda bisa menemukan banyak tempat dengan berbagai masakan. Tempat yang cukup favorit adalah Pak Kumis. Di sini, Anda bisa makan seafood, tongseng, sate dengan nasi atau lontong.
Anda penggemar seafood ? Selain di Pak Kumis, anda juga bisa makan di HDL Cimahi yang berada di Cimindi ( sebrang jalan Budi, tempat Radio Lita mengudara ).
Jika ingin masakan padang, Cimahi pun menyediakan beberapa tempat yang tersebar di berbagai sudut kota. Mini Baru merupakan tempat favorit untuk masakan padang. Tempat makan ini ada di depan rumah sakit Dustira.
Soto Mall Jogja

Bebek Goreng Slamet


MAKAN MALAM
                Tempat untuk makan malam bisa sama dengan tempat Anda makan siang. Ada pula tempat makan yang khusus mulai buka pada sore hari. Jika ingin merasakan sensasi Malioboro, Anda bisa makan malam di jalan Gatot Subroto, depan Pusdikbekang. Koperasi lembaga tersebut menampung banyak pedagang dengan menu yang bervariasi.
            Menu yang murah meriah dapat Anda temukan di roda-roda penjual masakan yang ada di sekitar jalan Kebon Kelapa ( masuk dari jalan Gandawijaya ). Anda bisa membeli sayur campur, pepes, tempe kering, capcay dan sebagainya sesuai selera. Sayangnya, di sini Anda tidak bisa makan di tempat tapi harus dibungkus untuk dibawa pulang.
Capcay kuah Street
Nasi Goreng Street
            Andapun bisa menikmati makan malam sambil berjalan-jalan di kota Cimahi. Biasanya, pada malam hari akan banyak tenda pedagang kaki lima yang tersebar di beberapa ruas jalan. D jalan Amir Mahmud ( depan hotel Tjimahi) ada sate, ayam goreng. Di jalan Gatot Subroto, ada seafood, rumah makan Cairo dengan olahan  kambing mudanya. Di jalan Warung Contong, Anda bisa menemukan nasi uduk. Di Alun-alun ( sekitar mesjid Agung Cimahi ) ada nasi goreng.


JAJANAN
                Selain menu makanan utama, Cimahi juga menyediakan berbagai macam jajanan. Aneka kue, baso, pempek, martabak, seblak, cimol, gorengan, lumpia basah,  tahu susu.
1.      Kue
Kue-kue ini bisa dijadikan sebagai camilan ataupun oleh-oleh. Anda bisa menikmati aneka kue basah, seperti lapis, bugis, pastel, kroket kentang, bolen, brownis, serabi.
 Aneka kue basah dan kue lainnya bisa Anda temukan di toko Cipta Rasa yang terletak di jalan Cihanjuang ( dekat pemkot Cimahi ) atau di Cibeber (jalan Kihapit). Selain itu, ada juga aneka kue, soes dan roti yang bisa Anda dapatkan di toko kue Merdeka jalan Gatot Subroto.
Aneka bolen dan kue lainnya bisa Anda temukan di Kartika Sari atau di toko Mayang Sari yang ada di jalan Amir Mahmud ( Jalan Raya Cimahi ).
Jika Anda penggemar Brownies, ada cabang Amanda Brownies di sini. Tepatnya di jalan Amir Mahmud sebrang Bank BNI ( setelah rumah sakit Mitra Kasih ).
Jika Anda menyukai kue tradsional, ada kue serabi dengan aneka toping, seperti oncom, gula merah dan santan (toping asli), keju, pisang, kismis dan sebagainya. Penjualnya ada di beberapa tempat, diantaranya ada di dekat rumah sakit Cibabat atau surabi Bantjiang di jalan Kebon Kelapa (pojok).
2.      Donat Madu
Jika Anda penggemar donat, di kota hijau ini ada donat yang tidak menggunakan gula, tapi menggantinya dengan madu sehingga namanya menjadi donat madu. Tokonya sekarang sudah mulai bercabang. Toko utama ada di jalan Cihanjuang. Cabangnya ada di dekat pintu masuk tol baros atau di kompleks perumahan Baros dan Padasuka.
3.      Baso
Orang suka jajanan ini karena segar dan menggugah selera juga mengenyangkan. Cukup banyak pedagang baso di Cimahi. Yang terkenal diantaranya adalah baso Trisno di baros dan cabangnya ada di jalan Raya Cimahi / Amir Mahmud,  depan bank BTN. Baso Mimo dekat pintu masuk tol Baros. Juga baso Tegallega di sebrang mesjid agung Cimahi.
Jika Anda ingin mie kocok tinggal datang ke tempatnya di jalan Gatot Subroto, dekat dengan kodim.
Ada juga baso Cuankie. Jenis baso ini biasanya tanpa mie atau bihun. Isinya adalah baso, tahu dan siomay dengan kuah yang ditaburi wortel kering. Pedagang baso cuankie biasanya akan berkeliling. Namun, yang menetap adalah cuankie ceker di dekat pertigaan jalan pasar antri ( dekat cimall ) dan jalan lurah.
Batagor merupakan baso tahu goreng khas bandung, jika ingin menikmatinya tinggal datang ke jalan lurah (masuk dari jalan Gatot Subroto/ sebrang SMAN 5 Cimahi).
Jika tidak ingin baso berkuah, Anda bisa memilih baso tahu. Yang terkenal adalah baso tahu Cimay sebrang bank BRI Cimahi atau sebrang RS Mitra Kasih. Jika sore hari, ada baso tahu  Intisari di depan SMP 6 Cimahi, jalan Gatot Subroto.
4.      Pempek
Menu Palembang ini  bisa Anda temukan di pinggir jalan atau bisa datang ke jalan Kebon kelapa/ Sisingamangaraja  ( setelah Cimall ).
5.      Martabak
Jajanan ini bisa kita temui di banyak tempat mulai sore hari. Ada martabak asin (telor) dan martabak manis. Yang terkenal adalah martabak mas Iwan di jalan Kebon Kelapa dan Adil di jalan lurah (mendekati jalan Gandawijaya).
6.      Seupan tales
Masih di jalan Lurah, Anda bisa menemukan cemilan sehat tanpa minyak, yaitu Seupan Tales. Talas bogor ini dikukus dan ditaburi dengan parutan kelapa yang gurih. Anda bisa membelinya mulai dari Rp 5.000,- per dus.
7.      Rujak
Jajanan yang terdiri dari aneka buah ini bisa Anda temui di berbagai tempat, biasanya akan dijual bersama lotek. Jajanan ini terdiri atas buah nanas, mangga, jambu air, kedondong, bengkuang, ubi jalar yang diberi larutan gula merah dan ditaburi kacang goreng. Anda bisa menikmati rujak di jalan Gatot Subroto (sebelah sate Lugina), di lotek Bi Euis ( Puskesmas Cimahi Tengah ) dan di roda khusus, sebrang pusat perbelanjaan Yogya.
8.      Tahu susu
Cemilan lainnya adalah tahu susu. Anda bisa menikmati tahu susu yang sudah digoreng dengan sambal kecap yang pedas atau tahu susu yang masih mentah untuk diolah kembali. Cemilan ini terasa lembut di lidah. Biasanya kita bisa membeli tahu susu ini mulai dari Rp 15.000,- per besek.
9.      Jajanan pinggir jalan
Jika Anda termasuk orang yang tidak tabu jajan pinggir jalan, Anda bisa mencoba jajan lumpia basah, cimol, seblak atau gorengan (gehu, pisang goreng, ubi, comro, cireng, bala-bala/bakwan). Jajanan yang murah meriah, kurang dari sepuluh ribu rupiah.
Jajanan seperti ini ada di alun-alun kota Cimahi ( depan Ramayana) atau di dekat sekolah ( misalnya: Jalan Gatot Subroto, Baros).
10.  Bandrek Hanjuang
Selain cemilan, Anda juga bisa membeli minuman hangat ini sebagai oleh-oleh atau dinikmati di tempat menginap. Variasi Bandrek dan sekoteng berbahan dasar jahe. Anda bisa datang langsung ke pabriknya di jalan Cihanjuang, dekat sekolah Asih Putera atau bisa mendapatkannya di toko kue dan toko lainnya ( misalnya: Alfamart). Bandrek Hanjuang  bersama donat madu menjadi  produk khas kota Cimahi.
11.  Pizza Hut
Untuk menikmati makanan dari Italia ini, Anda tinggal datang ke jalan Amir Mahmud ( setelah pusat perbelanjaan Yogya).
12.  Hoka hoka Bento
Jika ingin menikmati menu Jepang ini, Anda juga tinggal menyusuri jalan Amir Mahmud menuju Bandung ( sebelum jalan pesantren/ sebrang kantor dinas sosial/ setelah Superindo ).

Itulah beberapa tempat wisata kuliner di Cimahi. Semoga bermanfaat! Selamat menikmati makanan di kota hijau, Cimahi !
Aneka gorengan
Baso Jogja Mall

Martabak Mas Iwan
Mie Juara

Produk UMKM
Tahu Susu





           
            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar