Postingan

Menampilkan postingan dari Desember, 2017

CINTA IBU SEPANJANG ZAMAN

Gambar
Hai sob, Aku mo nostalgia nih.                 Masih di bulan Desember. Kalau di awal Desember, kita pernah mengenang jasa dan perjuangan tokoh emansipasi wanita dari Jawa Barat, Ibu Dewi Sartika. Nah, di akhir Desember ini, kitapun masih tetap memperingati hari penting terkait dengan wanita, yaitu hari Ibu.                 Apa sih yang terpikirkan di benak kita jika ingat pada hari Ibu ini ? Bunga dan coklat ? Kalau yang ini bukan kesukaan mamaku, lebih baik aku memberikan kue sus untuknya. Pelukan ? Yup, ini yang paling kusuka. Seringkali aku memeluk mamaku, rasanya damai banget di hati. Perasaan yang sedang galau melowpun jadi hilang seketika. Inilah salah satu anugrah terindah dalam hidup, memiliki Ibu yang selalu menyayangiku sepanjang zaman. Kalian juga, kan ?                 Yah, cinta itulah mungkin kata yang paling tepat untuk ibu kita. Selalu ada cinta di hati bunda. Sebandel apapun kita, beliau tetap cinta nomor satu. Eh, beliau selalu mencintai kita lebih dari apap

RESOLUSI 2018 : Fokus Jadi Guru Profesional

Gambar
Tak terasa 2017 telah berada di penghujung tahun. Dalam beberapa hari, kita akan tiba di tahun 2018. Biasanya, banyak orang akan membuat resolusi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, resolusi berarti : putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan dalam rapat ( musyawarah, sidang ); pernyataan tertulis, biasanya berupa  tuntutan tentang suatu hal.  Sebenarnya, ada tiga arti kata resolusi itu, tapi menurutku makna itulah yang cocok untuk pergantian tahun. Dalam tahun-tahun kemarin, temanku bilang aku tuh labil banget, tak terkendali. Semua berjalan dengan emosi. Sundana mah Siga kuda lepas tina gedogan cenah. Bener gak sih ? Hayoh ngaku. Mmmh… ya juga sih. Aku memang demikian. Segala dilakonan. Segala pengen. Sagala kabitaan. Sagala dicoba. Pengen terus, susah berhenti. Kalau gambar mungkin abstrak yang ada yah. Gak jelas bentuk dan wajahnya tapi ada. Corat-coret teu puguh tapi berwarna-warni. Sampai suatu saat, guru menulisku, Dyah Prameswarie b

MADINAH CAKE KULINER CANTIK DARI BANDUNG

Gambar
Aneka Rasa Madinah Cake Wisata Kuliner Baru di Bandung             Salah satu tujuan wisata kuliner di Jawa Barat ya pastinya Bandung dong. Entah mengapa orang - termasuk saya sendiri - selalu merasa enak kalau makan-makan di Bandung. Bawaannya selalu pengen makan terus, apalagi saat musim hujan. Ngemil mungkin menjadi salah satu kewajiban hehehe … ( lupakan diet ). Lidah orang Bandung itu juara. Bisa menentukan makanan yang enak dan tidak enak.                 Nah, karena hal itulah mungkin yang menjadi faktor pendorong tumbuh suburnya kuliner di kota Kembang ini. Hampir setiap saat, selalu ada makanan-makanan baru yang bermunculan, baik tradisional maupun makanan kekinian. Makanan dengan variasi baru atau inovasi-inovasi kreatif. Yang sedang ngetren di bulan-bulan ini adalah para artis yang membuka gerai kue. Pastinya kalian sudah hapal benar siapa mereka dan apa kuenya, betul  kan ? Rasa Blueberry Cheese

PERAN ASTRA DALAM MENCERDASKAN ANAK BANGSA

Gambar
Apa hubungan Astra sebagai sebuah dunia otomotif dengan dunia pendidikan ? Apakah Astra berubah menjadi sebuah sekolah baru ? Mengapa Astra bisa terlibat dalam mencerdaskan anak bangsa ? Guru barukah ia ? Program Astra Cerdas

MINGGU BERSAMA BAPAK T. BACHTIAR

Gambar
Jelajahilah alam selama bumi masih berputar Cinderamata dari Komunitas Herritage Lover                    Judulnya mirip-mirip sebuah film yah ? Tapi dari sekian judul yang sudah dirumuskan, nama ini yang paling pas untuk tulisan santai kami bersama tokoh Bandung ini.                 Siapa yang tak kenal dengan tokoh geografi ini ? Namanya sudah menyebar ke seantero jagat, apalagi kalau berbicara tentang Bandung Purba . Salah satu buku tentang catatan perjalanan beliau dengan sang istri tercinta.  Selain menulis,  beliau juga aktif di bidang pendidikan, lingkungan dan budaya. Sekitar tahun 2015, Pak Bachtiar ini mendapatkan Anugrah Budaya Kota Bandung.

ALBIS : INSPIRASI WANITA

Gambar
Talkshow Albis Grup Bulan ini sering diperingati sebagai hari Ibu Dewi Sartika, pada 4 Desember. Beliau ini merupakan tokoh emansipasi wanita dari Jawa Barat, sekaligus juga sebagai tokoh pendidikan. Dengan mendirikan Sakola Kautamaan Istri, beliau ingin wanita-wanita Indonesia itu bisa berilmu, mendidik putra-putrinya menjadi generasi yang berkualitas, sekaligus juga bisa bermanfaat untuk orang lain. Tampaknya harapan dan perjuangan Ibu Dewi Sartika telah berwujud secara nyata di zaman milenial ini. Hal tersebut terlihat pada acara Womens Sharing Day yang diadakan oleh Womenplusmagazine dan Albis Grup . Sebuah acara yang memadukan berbagai keahlian wanita di berbagai bidang. Peragaan busana muslimah, kecantikan, memasak, menyanyi dan kesehatan. Menarik. Acara berlangsung di FOX Haris Hotel, jalan Jawa no 3 Bandung pada Jumat, 8 Desember 2017. Blogger KEB Bandung

SUKSES MENULIS PTK

Gambar
Buku Pengayaan bahasa Indonesia dari PTK Tantangan guru zaman now adalah melakukan dan menulis Penelitian Tindakan Kelas atau PTK . Namun, menulis karya tulis ilmiah tersebut ternyata tak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak aral merintang yang menghadang. Halangan yang membuat kita mandeg atau bahkan tak bisa menghasilkan PTK satupun. Padahal, PTK ini menjadi salah satu syarat untuk kenaikan pangkat. Setiap golongan memiliki jumlah PTK yang berbeda sebagai syarat kelulusannya. Sebagai guru professional, kita memang harus bisa menaklukkan halangan-halangan tersebut. Guru harus mampu menulis PTK, minimal satu selama masa karirnya. Ini mengikuti petuah Asma Nadia, agar kita bisa menulis minimal satu buku selama hidup sebagai kenang-kenangan. Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang Maka Guru wafat meninggalkan karya, berupa ( PTK ). PTK yang pernah kebuat