4/30/2022

Serunya Acara Bukber Online Bersama Komunitas Bloggercrony

 

Halo Sobat yayuarundina.com, bagaimana nih hari-hari terakhir bulan Ramadhannya? Pasti banyak begadang dan keseruan, ya kan?  Salah satu keseruan di bulan Ramadhan adalah Bukber atau buka bersama. Istilah lainnya adalah Ifthar. Nah, tahun ini, aku dapet acara bukber yang unik nih. Loh bukber kok unik sih? Simak aza di tulisanku ini ya: Serunya Acara Bukber Online Bersama Komunitas Bloggercrony.

Bukber online bloggercrony
Sesi Blogger Life


Budaya Bukber dalam Masyarakat Indonesia

Salah satu kegiatan yang menarik di bulan Ramadhan adalah bukber atau buka puasa bersama. Biasanya, mulai minggu kedua Ramadhan, kita sudah menyiapkan bahkan menerima undangan acara bukber ini. Bisa bersama keluarga besar, teman dan sahabat, komunitas, lembaga, tempat kita kerja dan sebagainya. Ah, rasanya sayang sekali kalau kita melewatkan kebersamaan ini.

Ya, salah satu hikmah Ramadhan adalah kebersamaan. Kumpul-kumpul dengan orang-orang terdekat. Mulai dari makan sahur bersama, shalat berjamaah, tadarus dan buka bersama. Ngobrol tentang banyak hal, belajar agama, saling mencicipi makanan, tertawa bersama, nyanyi bareng, bahkan mengenang momen-momen indah selama berpuasa.

Kebersamaan ini biasanya akan makin mempererat jalinan silaturahmi, bonding, lebih mengenal sahabat. Dan, yang paling penting nih, kita bisa happy-happy. Seru kan?

Ah, entah sejak kapan budaya ini mulai tumbuh dalam masyarakat Indonesia. Yang pasti, masyarakat Indonesia memang suka kumpul-kumpul, apalagi orang Sunda dan Jawa. Mangan gak mangan yang penting kumpul. Begitulah mungkin dasar filosofis acara buka bersama ini. Makan gak makan yang penting kumpul.

Hmmm…, aku mengenal budaya bukber atau buka puasa bersama ini sejak kapan ya? Mungkin sejak berada di bangku sekolah. SMP kali yah? Duh, aku lupa kapan pertama kali ikut acara bukber. Di luar keluarga loh ya. Jika bersama keluarga mah pastina ti orok bereum keneh hehehe…. Sejak lahir. Keluargaku selalu makan bersama saat buka puasa dan sahur. Menikmati lezatnya makanan mamah walau sederhana sekalipun.

Bukber Greeone
Bukber Sehabis Shalat  Tarawih


Apa Saja Sih Kegiatan Saat Bukber Ini?

Beragam acara yang orang lakukan untuk buka puasa bersama ini. Tergantung situasi dan kondisi. Bisa serius atau santai. Yang jelas, semua acara bukber pasti akan berujung pada makan bersama. Icip-icip aneka hidangan yang telah disajikan tuan rumah atau kita pesan terlebih dahulu.

Inilah beberapa acara yang sering dilakukan orang saat acara bukber atau buka puasa bersama.

1.      Silaturahmi

2.      Ngobrol Santai

3.      Mendengarkan ceramah/ tausiyah

4.      Baca Quran bersama atau Tadarus

5.      Tajil bareng

6.      Shalat Maghrib berjamaah

7.      Makan Bersama

8.      Shalat Isya berjamaah

9.      Shalat Tarawih bersama-sama

10.   Hiburan.

Terkadang, jika acara bukbernya hingga malam hari karena padatnya acara, kita biasanya jadi menginap dan akhirnya tambah acara sahur bersama. Ini biasanya terjadi pada keluarga dekat atau sahabat. Ssssttt… sekalian bantu beberes bekas acara: cuci piring de el el hahaha….

Menu Buka Puasa Bersama

Nah, ini pasti yang ditunggu-tunggu kalian, ya kan? Godaan puasa tuh semua makanan berasa enak bangets. Seringkali kita lapar mata. Ingin menikmati banyak makanan. Bahkan sampe begah, wareg pisan. Kekenyangan. Sering juga makanan menjadi mubazir tak termakan. Wah, kalau ini sih jangan sampai terjadi lagi ya! Sayang bangets. Makanan dibuang sia-sia. Bayangkan orang yang kelaparan!

Sangat beragam menu yang disajikan untuk acara buka puasa bersama. Yang pasti ada dua bagian yang akan disajikan, yaitu menu takjil atau makanan pembuka dan hidangan utama. Takjil akan dicicipi saat adzan Maghrib berkumandang. Hidangan utama akan dinikmati setelah takjil atau setelah melaksanakan shalat maghrib.

Ini dia beberapa menu yang sering ada untuk Takjil:

1.      Kolak pisang

2.      Candil

3.      Asinan

4.      Aneka gorengan

5.      Es bul-bul atau es buah

6.      Es cendol Elizabeth (Dulu sih favorit bangets dengan rasanya yang khas)

7.      Kurma

8.      Buah-buahan

9.      Kue basah

10.   Puding

Ini dia beberapa sajian hidangan utama pilihan untuk acara Buka Puasa Bersama:

1.      Timbel

2.      Liwet

3.      Nasi putih

4.      Ayam goreng

5.      Soto

6.      Sup

7.      Kerupuk

8.      Lalab

9.      Sambal

10.   Tumisan

11.   Rendang

12.   Gepuk

Auto ngiler ya, Sob? Wah terbayang kalau semua itu disajikan di meja makan. Bakal super kekenyangan nih kita hahaha…. Menu-menu tersebut biasanya sih pilihan ya, tidak disajikan semua sekaligus. Sesuai dengan selera masing-masing.

Nah, untuk kaum remaja, biasanya menu favorit mereka adalah KFC dan Pizza Hut. Hmmm… endorse nih.

Serunya Acara Bukber Online Bersama Komunitas Bloggercrony

Nah, setelah era pandemi yang serba online atau dalam jaringan, tahun ini, aku pun merasakan acara bukber online. Sangat unik, ya Sob?

Dulu-dulu sih acara bukber ini digelar secara offline atau luar jaringan. Kita datang bersama ke rumah teman, rumah saudara, sekolah, tempat kerja. Bisa juga janjian di KFC, Pizza Hut, rumah makan dan tempat favorit lainnya.

Namun, pada Jumat, 29 April 2022, aku menikmati acara bukber onine bersama BCC Skuad melalui zoom. Seru juga nih acara bareng komunitas Bloggercrony ini. Untuk pertama kalinya dalam hidup, ada acara bukber online. Acara berlangsung sekitar pukul 16.00 WIB hingga pukul 18.00

Acara dibuka oleh beauty blogger, Kak Zhea. Terus dilanjutkan dengan sambutan resmi eh santai dari pak ketu, Satoraji. Sebelumnya, mbak Wardah Fajry menunjukkan markas skuad BCC di daerah Jakarta Selatan, tempat berlangsungnya acara bukber ini.

Lalu, ada acara ngobrol santai tentang blogger Life. Nah, ini yang paling seru, mengenal dunia perbloggeran. Tanya jawab. Sharing-sharing pengalaman dari Mbak Yayat, Mas Bowo, Mbak Vicky Laurentina. Halaaah Aku pun kebagian sesi nih. Sebagai orang yang belom pernah ikutan acara komunitas Bloggercrony. Aku ingin menjadi guru blogger yang lebih serius dan lebih baik lagi nih, Sob. Semoga ya!

Banyak lika-liku seru dalam dunia blogger. Suka dukanya. Di acara ini, aku jadi punya gambaran lebih jelas. Menjadi blogger professional memang harus mempersiapkan diri dengan baik. Wajib ada kekuatan diri yang bisa kita tunjukkan. Apa sih keunggulan kita? Banyak usaha yang harus kita lakukan agar punya nilai plus di mata brand.

Ada tugas yang berbeda antara blogger dengan wartawan. Saat hadir bersama-sama di suatu acara, attitude atau sikap kita harus positif. Tidak mengganggu kerja wartawan yang harus mengejar hardnews. Atitude atau karakter ternyata sangat bernilai dalam kehidupan sehari-hari. Nyata benar buktinya. Hade goreng ku basa. Itulah ajaran nenek moyang. Bahasa menunjukkan bangsa. Perilaku kita menunjukkan citra diri yang sebenarnya. Kalian setuju, Sob?

Beragam daerah yang mewarnai acara bukber online ini. Jakarta, Bandung, Cimahi, Tasikmalaya, Sidoarjo, Banjarmasin…. Hmmm… mana lagi yah? Buka acaranya jadi tambah seru dengan perbedaan waktu berbuka  ini.

Eeehhh, gorengan tetap jadi primadona untuk acara bukber di Jakarta. Sayang tidak ada rarawuan dan surabi ramadhan dari tetanggaku nih. Surabi yang berbeda dari biasanya. Lebih lebar dan tipis. Mau pedas ato tidak? Bisa diatur.

Adzan Maghrib pun berkumandang. Kami menikmati hidangan di rumah masing-masing. Sepertinya hanya tim Jakarta yang kumpul di markas besar komunitas Bloggercrony. Aku pun menikmati buka puasa dengan Baso Tahu dan Siomay Gajah. Juga segelas coklat panas.

Setelah itu baru masak tumis buncis dan menanak nasi. Saking asyiknya acara bukber online, aku sampai lupa masak buat buka puasa. Mager kali ya, Hahaha… untung bisa masak praktis dan cepat.  

Ok Sob segitu dulu cerita unik bukber atau buka puasa bersama secara online.

Sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Salam

 

 

 

 

4/17/2022

Gigitan Semut Ajaib, Membuat Keluargaku Sehat dan Bahagia Kini dan Nanti

 

Halo Sobat yayuarundina.com, apakah kalian baik-baik saja? Banyak hal yang kita khawatirkan dalam hidup ini, ya Sob? Apalagi saat awal pandemi. Perubahan drastis yang terjadi dan tiba-tiba membuat kita stres. Apalagi jika harus menjalani vaksinasi. Banyak orang yang takut. Siapa yang sampai sekarang belum vaksinasi? Yuk, kali ini kita ngobrol tentang Gigitan Semut Ajaib, Membuat Keluargaku Sehat dan Bahagia Kini dan Nanti.


vaksinasi remaja
Pelaksanaan Vaksinasi Remaja di SMP Negeri 1 Cimahi

Apa Hubungannya Antara Vaksinasi dan Imunisasi?

Istilah imunisasi mungkin sudah kita kenal sejak dahulu kala. Kalau aku sih sejak zaman sekolah dasar. Nah, kalau istilah vaksinasi baru muncul belakangan ini, seiring merebaknya pandemi Covid 19. Betul kan, Sob? Selain pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM, vaksinasi juga dimaksudkan untuk mencegah perluasan munculnya Covid 19. Sebuah virus yang cukup berbahaya. Saat awal pandemi, begitu banyak korban yang berjatuhan, termasuk beberapa teman dekat dan kerabatku. Aduh…. Hatiku meringis dan menangis, Sob.

Vaksinasi merupakan pemberian vaksin dengan cara disuntikkan atau diteteskan ke dalam mulut. Vaksin tersebut biasanya mengandung bakteri atau virus  yang sudah dilemahkan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk merangsang munculnya antibodi dalam tubuh kita. Bila datang virus, tubuh kita bisa melawannya. Ibarat Batman, Superman, Spiderman dan super hero lainnya melawan para penjahat yang menghancurkan bumi.

Vaksinasi merupakan upaya untuk membentuk herd immunity, kekebalan komunal dalam masyarakat. Kita mengetahui bahwa virus itu tak akan pernah bisa dimusnahkan. Yang terjadi justru virus itu akan bermutasi menjadi lebih baik dari sebelumnya. Oleh karena itu, semakin banyak orang yang telah divaksin, maka ketahanan sebuah negara akan semakin baik dalam mencegah merajalelanya virus Covid 19. Kita bersatu padu melawannya.

Dalam laman alodokter, vaksinasi termasuk dalam jenis imunisasi aktif. Imunisasi merupakan proses dalam tubuh agar seseorang memiliki kekebalan terhadap suatu penyakit. Imunisasi aktif ini biasanya bersifat jangka panjang, bahkan bisa seumur hidup. Berbeda dengan imunisasi pasif yang bersifat sementara. Ibarat segelas air, jika airnya habis, maka habis pulalah kekebalan tubuhnya.

Berbagai Macam Imunisasi yang Berlaku di Indonesia

Untuk membangun kesehatan warganya, pemerintah sejak lama sudah menggulirkan program imunisasi. Ada berbagai macam imunisasi yang berlaku di Indonesia.

1.     Imunisasi Dasar Lengkap

Di Indonesia, ada 5 vaksinasi wajib yang harus diberikan melalui imunisasi. Kelimanya adalah vaksin hepatitis B, Campak, Polio, BCG, dan DTP. Inilah yang disebut sebagai imunisasi dasar lengkap. Keberhasilan program imunisasi lengkap ini, akhirnya negara kita, Indonesia dinyatakan bebas dari penyakit Polio dan Campak.

Selain kelima vaksin wajib tersebut, pemerintah juga menganjurkan untuk pemberian vaksin-vaksin berikut ini:

a.   Hepatitis A

b.   HPV

c.    Varisela

d.   MMR

e.   Rotavirus

f.     Influenza

g.    Tifoid

h.   Pneumokokus dan lain sebagainya.

 

2.     Imunisasi Lanjutan

Imunisasi ini dilakukan karena ada beberapa imunisasi dasar yang harus diberikan lagi pada usia tertentu. Contohnya adalah Campak Rubela.

 

3.     Imunisasi Kejar

Imunisasi ini dilakukan pada mereka-mereka yang tidak sempat mendapatkan imunisasi sesuai dengan waktu yang ditentukan. Agar tetap memiliki kekebalan tubuh yang baik, maka mereka harus mengejar imunisasi yang tertinggal tersebut atau belum sempat dilakukannya.

 

Manfaat Penting Imunisasi Lengkap Bagi Anak-Anak

Pemberian imunisasi dasar lengkap sangat bermanfaat untuk anak-anak Indonesia khususnya, ataupun remaja dan dewasa. Mereka akan menjadi manusia-manusia kuat dan sehat karena telah memiliki kekebalan tubuh yang baik. Antibodi di dalam tubuh-tubuh mungil tersebut akan mampu melawan penyakit yang datang.

Selain itu, imunisasi ini juga berfungsi untuk mencegah penularan penyakit dari seseorang kepada orang-orang di sekitarnya. Bayangkan, jika ini terjadi pada banyak orang, maka lingkungan kita, negara kita akan menjadi sehat. Bebas dari penyakit. Kalaupun sakit, tak akan parah. Tubuh kita masih memiliki kekuatan untuk melawan. Hebat kan, Sob?

Agar imunisasi pada anak-anak semakin baik, orang tua juga wajib memberikan nutrisi yang baik melalui makanan yang bergizi. Juga makanan-makanan pendamping lainnya.

Dulu, secara samar, petugas imunisasi di daerahku sempat datang langsung ke rumah orang yang tidak datang vaksin. Membujuk orang tuanya dan menjanjikan makanan enak untuk anaknya. Hmmm… baru terjawab sekarang deh, mengapa saat imunisasi disediakan makanan-makanan enak yang disukai anak kecil. Selesai disuntik, kita diberikan sebungkus makanan. Ada agar-agar, roti dan lain sebagainya. Seringkali, makanan tersebut dibuat oleh ibu-ibu PKK. Praktek memasak.

Pemberian makanan tersebut juga dimaksudkan untuk memaksimalkan manfaat imunisasi. Dengan nutrisi yang baik, vaksin akan bekerja lebih baik lagi.

 

Reaksi Masyarakat Terhadap Pelaksanaan Imunisasi

“Kamu aza deh yang ikut vaksin!” kata temanku.

“Loh, kamu gak akan divaksin?” tanyaku.

“Gak ah, takut,” jawabnya sambil mendorongku memasuki arena vaksinasi.

Temanku itu semakin takut dan kalut ketika mendengar jeritan orang yang sedang divaksin.

“Nanti, aku malah jadi sakit,” jawab yang lain.

“Oh tidak-tidak, vaksin bisa membunuh anakku,” kata seorang ibu.

“Eh, vaksin itu berbahaya loh, bisa membuat anak kita autis.”

Begitulah reaksi yang terjadi pada masyarakat di Indonesia. Berbagai alasan muncul saat harus melakukan imunisasi aktif tersebut. Takut disuntik, haram, kehabisan obat, sulit menjangkau tempat vaksinasi dan juga seribu alasan lainnya.

Banyak hoaks yang beredar dan memengaruhi pikiran masyarakat kita. Seperti vaksin penyebab autis dan bisa membunuh anak-anak. Itu adalah informasi palsu yang sudah diklarifikasi bahkan sudah dicabut penelitiannya karena tidak memiliki bukti kuat oleh orang yang bersangkutan.

Nah, begitu banyak permasalahan yang terjadi di lapangan hingga saat ini. Pelaksanaan imunisasi tak semudah membalikkan telapak tangan.

Lalu, bagaimana kita bisa hidup berdampingan dengan Covid 19 jika tidak mau diimunisasi?


imunisasi lengkap
Imunisasi lengkap

Sehat Kini dan Nanti, Bersama Kita Imunisasi

Sobat yayuarundina.com, berbicara tentang imunisasi, ingatanku kembali pada masa kecil. Duh, postinganku beberapa waktu belakangan ini banyak kembali ke masa lalu, ya hehehe…. Tak apalah, jika kenangan itu manis dan membahagiakan, ya kan Sob?

Ada kata-kata ajaib yang selalu didengungkan oleh mamah dan bapakku saat aku harus menjalani suntik imunisasi. Dulu tuh, seingatku sering sekali aku dan adik-adikku disuntik. Bisa jadi karena sakit atau menjalani imunisasi. Polio sih yang paling kuingat.

Bagiku saat itu, disuntik dengan jarum itu luar biasa membuatku stress, tegang, takut. Mungkin kedua orang tuaku melihat ekspresi ketakutan itu. Oleh karena itu, sebelum disuntik, mereka akan memberikan kata-kata ajaibnya padaku.

“Tenang saja, disuntik itu ibarat digigit semut. Cuma sakit sedikit. Gak apa-apalah. Teteh mah hebat atuh melawan semut!” ujar kedua orang tuaku meyakinkan.

Kata-kata itu memang ajaib loh, Sob. Mampu memberikan kekuatan super padaku saat menghadapi jarum suntik yang kecil itu. Karena sering diberikan kata-kata ajaib itu, lama kelamaan, aku jadi berani menghadapi suntikan apapun.

“Idiiih… keciiiiillll,” ujarku ketika harus disuntik untuk kesekian kalinya.

Yup, benar Sob, aku jadi memiliki keberanian hebat menghadapi suntikan. Tak ada lagi ketegangan dan ketakutan seperti sebelumnya. Aku bahkan berani melihat jarum suntik itu masuk ke tubuhku.

Begitu pula saat Disdik kota Cimahi dan para Alumni Gree One mengadakan vaksinasi rutin untuk memerangi Covid 19 di kotaku, Cimahi. Aku bisa santai menghadapinya. Tak ada takut atau panik. Kegiatan rutin yang dilakukan ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Cimahi, khususnya Puskesmas Kecamatan Cimahi Tengah. Kegiatan ini ditujukan untuk para guru, siswa, alumni, keluarga besar SMPN 1 Cimahi dan masyarakat sekitar. Sebuah upaya bersama untuk menurunkan kasus Covid 19. Sekaligus juga membuat banyak orang bisa punya penangkal virus.

Aku percaya bahwa imunisasi itu membuatku dan keluargaku sehat dan bahagia, baik untuk kehidupanku di masa kini maupun nanti. Apalagi dengan munculnya pandemi Covid 19 ini. Kalian tahu kan bahwa kejadian seperti ini pernah terjadi di masa lalu?

Saat awal pandemi, di grup Whatsapp Sejarah (Tjimahi Heritage dan Heritage Lover), aku melihat beberapa foto jadul yang memperlihatkan situasi yang sama persis dengan situasi sekarang. Virus merajalela hingga membuat suasana sepi. Banyak orang yang memakai masker berjalan menuju ke suatu tempat.

Di zaman Rasulullah SAW juga pernah terjadi hal seperti ini.

Ini adalah satu bukti bahwa virus memang tak bisa dilenyapkan begitu saja. Takkan pernah hilang. Dia akan selalu muncul dengan wajah baru entah di tahun berapa lagi.

Oleh karena itu, imunisasi merupakan upaya kita bersama untuk tetap memiliki kekebalan tubuh sehingga bisa menghadapi penyakit yang muncul saat ini ataupun di masa depan nanti. Tadi, kita telah menyinggungnya bahwa imunisasi aktif seperti vaksinasi itu berjangka panjang, karena merangsang tubuh memproduksi antibodi. Berbeda dengan imunisasi pasif yang hanya berlaku sebentar saja.

Jadi, mengapa kita menolak vaksinasi jika ini adalah sebuah kebaikan untuk diri kita sendiri, untuk keluarga, orang-orang tersayang, orang-orang di sekitar kita, untuk banyak orang? Vaksinasi atau imunisasi aktif ini merupakan upaya kita menangkal bahaya, khususnya wabah penyakit. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

Dengan imunisasi lengkap, kita bisa hidup berdampingan dengan Covid 19. Kita memiliki kekebalan tubuh untuk melawannya. Biarkan saja, virus-virus itu lewat di depan kita. Melewati kita. Biarkan mereka mencari mangsa yang lain lagi.

 Ayo, sehatkan keluarga, lewati pandemi dengan imunisasi lengkap. Booster mana booster? Sudahkah kalian mendapatkan vaksinasi tahap ketiga alias booster, Sob? Yuk, segera lakukan, demi kesehatan bersama! Don’t worry, be happy! Nah, iklan apa tuh?

Ok, Sob sampai di sini dulu obrolan kita kali ini. Semoga kalian bisa mendapatkan imunisasi lengkap untuk menghadapi virus Covid 19 ini. Stay safe, stay healthy ya.

Salam sehat

Sampai jumpa lagi

 

 

Sumber artikel:

https://www.alodokter.com/cari-tahu-perbedaan-vaksinasi-dan-imunisasi-di-sini

https://www.kominfo.go.id/content/detail/39142/disinformasi-kepala-who-memperingatkan-memberikan-vaksin-booster-covid-19-dapat-membunuh-anak-anak/0/laporan_isu_hoaks

https://www.kemkes.go.id/article/view/21081200002/studi-terbaru-vaksin-covid-19-efektif-mencegah-perawatan-dan-kematian.html

https://www.kemkes.go.id/article/view/22041200002/imunisasi-kejar-lengkapi-imunisasi-dasar-anak-yang-tertunda.html

http://p2p.kemkes.go.id/jawa-timur-menjadi-lokasi-pertama-pencanangan-introduksi-imunisasi-pcv-di-indonesia/

https://www.youtube.com/shorts/jX761jYmT18

 

 

 

 

4/15/2022

Cantik Jelang Lebaran, Cobain Photo Facial Glowing di ZAP Clinic PVJ Bandung

 

Halo Sobat yayuarundina.com, bagaimana puasanya, masih lancarkan? Apa sih kegiatan kalian selama bulan puasa ini? Ada acara ngabuburit yang khusus? Kemarin, aku ngabuburit asyik bareng dr Tiffani. Yes, aku memanfaatkan me time dengan janji khusus, yaitu Treatment kecantikan. Aku ingin Cantik Jelang Lebaran, dengan Cobain Photo Facial Glowing di ZAP Clinic PVJ Bandung. Asyek bangets deh. Bikin wajah segar.

Photo Facial Glowing
Hasil Akhir Photo Facial Glowing

Me Time Asyik di ZAP Clinic PVJ Bandung

Sejak foto-foto jadi kebutuhan hidup di hampir setiap moment, wajah glowing jadi andalan nih. Aku gak mau lagi punya wajah kusam dan kalah glowing dari teman-temanku. Masih ingat ceritaku di postingan sebelumnya, kan Sob?

Cantik jelang lebaran juga menjadi keharusan. Banyak orang sudah melakukannya sejak dulu kala. Kali ini, aku coba Photo Facial Glowing di ZAP Clinic PVJ Bandung. Surprise!

Oleh karena itu, aku janjian nih sama Mbak Nia. Aku ingin coba perawatan wajah di ZAP Clinic Bandung. Ada tiga tempat nih Sob. ZAP Clinic Bandung ada di TSM, Anggrek dan PVJ Bandung. Aku pilih yang terdekat dari rumah, yaitu di ZAP Clinic PVJ Bandung.

ZAP Clinic itu sangat konsen dalam menerapkan protokol kesehatan. Pihak manajemennya tak ingin ada kerumunan di klinik. Jadi, mereka menerapkan perjanjian khusus dengan para pelanggannya. Kita bisa datang sesuai dengan jadwal perawatan. Mereka ini sangat tepat waktu loh. Jadi, kita bisa efektif mengatur acara me time-nya. Aku suka deh. Gak cape antri berlama-lama. Karena kedisiplinan ini, aku makin ingin cantik jelang lebaran dengan mencoba Photo Facial Glowing di ZAP Clinic PVJ Bandung.

Aku mendapatkan jadwal pada Kamis pukul 14.00. Waktu ini kita yang menentukan lebih dulu, lalu nanti dikonfirmasi oleh pihak ZAP. Jika penuh, disarankan waktu lain yang kosong. Kita bisa bersepakat tentang hal ini.

Nah, setelah ada kesepakatan tersebut, aku datang satu jam sebelumnya. Bandung sedang musim hujan. Aku gak mau basah dan kehujanan. Jadi datang lebih awal. Ssssttt… Aku tambah waktu me timenya dengan cuci mata di PVJ Bandung. Makin asyik kan, dah lama gak nge-mall dan jalan-jalan. Sekitar pukul 14.30-an, aku tinggal nyebrang ke klinik Zap yang terletak persis di belakang parkiran belakang PVJ Bandung. Tepatnya di Gedung Soho lantai 3. Setelah lebaran, ada rencana pindah ke ruko Paskal 23 Bandung.

Zap clinic pvj bandung
Lokasi ZAP Clinic PVJ Bandung di gedung Soho


Begitu memasuki lobi, aku langsung menghampiri petugas untuk konfirmasi jadwal. Lalu, diminta bukti sertifikat vaksin. Setelah beres, diminta menunggu panggilan. Sejenak, aku menikmati ruangan ZAP yang tak begitu luas tapi nyaman. Aku suka sama bunga anggreknya.

Tak berapa lama, aku langsung dipanggil untuk datang ke ruangan dokter. Aku bertemu dengan salah satu dokter yang bertugas di ZAP, yaitu dokter Tiffani. Dokter cantik ini menggunakan masker dan face shield. Dengan keahlian dokter Tiffani, aku siap cantik jelang lebaran dengan treatment Photo Facial Glowing di ZAP Clinic PVJ Bandung.

Zap clinic pvj bandung
Treatment Photo Facial Glowing

Ngobrol Asyik Tentang Kecantikan Wajah dengan Dokter Tiffani

Sebelum melakukan perawatan, kita akan diperiksa dan konsultasi dulu dengan dokternya, Sob. Ini bikin aku tentram batin loh. Gak takut salah perawatan, obat dan malpraktek lainnya yang bisa jadi mengundang masalah. Bukannya cantik, malah ancur, ya kan? Amit-amit deh.

Dokter Tiffani meminta penjelasanku tentang data pribadi yang berkaitan dengan perawatan. Misalnya nih, kalau lagi hamil harus ekstra hati-hati jika ingin treatment. Takutnya gak nyaman aza buat para bumil ini. Juga kita bisa menjelaskan penyakit yang kita derita. Untuk treatment ini, ada beberapa penyakit yang dianjurkan tidak bisa melakukan treatment. Kanker salah satunya.

Kalau kita sehat, bisa lanjut treatment. Alhamdulillah, aku lulus ujian nih, kayak mahasiswa aza yah. Hahaha… Setelah itu, dokter Tiffani memeriksa permasalahan di wajahku. Kalian bisa nebak kan Sob? Yup, sebagai orang yang kakapeungan dalam hal perawatan wajah ini, sudah pasti banyak sekali permasalahan wajah yang terdeteksi dengan jelas. Komedo, flek dan sebagainya. Numpuk dah pokoknya. Jadi, beneran aku pengen cantik jelang lebaran nanti dengan treatment Photo Facial Glowing di ZAP Clinic PVJ Bandung.

Selanjutnya, dokter Tiffani akan menjelaskan tahapan treatment. Kita bisa tanya-tanya loh. Asyik pokoknya. Kekhawatiranku pun berguguran. Ini pengalaman pertamaku melakukan facial di klinik kecantikan.

Setelah ngobrol asyik dengan durasi sekitar sepuluh menit, saatnya menjalani perawatan alias treatment. Aku harus pindah ke ruangan khusus. Aku  diminta menunggu satu pasien yang belum selesai treatment. Namun, belum tamat aku membalas chat di ponselku, aku pun masuk ke ruang perawatan. Aku bertemu dengan Teh Rita yang akan membantu dokter Tiffani melakukan Photo Facial Glowing padaku.

Treatment Photo Facial Glowing di ZAP Clinic PVJ Bandung

Jujur Sob, ada rasa takut menderita melakukan facial ini. Dulu, aku dan teman-temanku suka facial di sebuah salon. Bagiku, facial ini merupakan siksaan terberat demi sebuah kecantikan maksimal. Komedo-komedo yang membandel sering bikin kami menangis. Dan, wajahku pun jadi kemerahan untuk beberapa saat lamanya.

Namun, di ZAP Clinic ini semua itu tak terjadi loh, Sob. Aku asyik-asyik aza melakukan treatment Photo Facial Glowing. Malahan betah dan pengen lagi hehehe… Facialnya nyaman bangets. Seger. Anyep.

Sesuai penjelasan sebelumnya, aku menjalani tiga tahapan treatment.

1.     Laser Toning

Sebelum melakukan tahap pertama ini, wajahku dibersihkan terlebih dahulu oleh Teh Rita. Ini kesegaran pertama yang kudapatkan. Setelah lelah bekerja, melakukan perjalanan yang cukup jauh juga, cuci wajah ini jadi me time yang asyik. Luruh semua pegal-pegal di badan.

Setelah bersih, barulah dokter Tiffani melakukan laser toning di wajahku dengan alat khusus. Nyes… nyes… nyes… rasanya seperti gerimis hujan singgah di wajahku melakukan pijatan ringan.

Secara bertahap, laser menjamah wajahku mulai dari dagu, pipi kiri kanan, hidung dan dahi. Enak bangets. Dokter Tiffani memang terampil menggunakan alat ini. Aku tak kesakitan atau kepanasan.

Laser toning ini bermanfaat untuk merangsang kolagen agar kulit wajahku terlihat lebih segar dan muda kembali. Laser toning mampu menjangkau lapisan kulit terdalam.

 

2.     Alma Beauty Rejuve

Tahapan yang kedua ini menyentuh lapisan kulit yang ada di tengah. Bermanfaat untuk mengencangkan, memperkecil pori-pori, mengangkat komedo dan sebagainya. Di sinilah, aku difoto kilat bagian demi bagian. Asyek juga menjalani tahapan Alma Beauty Rejuve ini.

 

3.     Oxy Infusion

Setelah wajah kita bersih, semprotan oksigen dan serum ke wajah kita makin menambah kesegaran diri. Rasanya seperti berada di hutan dengan limpahan udara bersih.  Makin asyek me time-nya.

Ini adalah rangkaian terakhir untuk treatment Photo Facial Glowing. Perawatan ini menyentuh perawatan paling luar dari wajah kita.

 

5 Pantangan yang Tak Boleh Kita Lakukan Setelah Treatment

Selama dua hari, ada 5 pantangan agar hasil treatmentnya bisa maksimal. Kita tak boleh melakukan hal-hal ini:

1.      Berada di bawah terik matahari

2.      Tidak boleh mencuci wajah dengan air panas

3.      Memakai pembersih yang ada scrub-nya

4.      Berolah raga yang memproduksi keringat, sauna dan sebagainya

5.      Menggunakan serum atau zat aktif lainnya.

 

Dokter Tiffani menyarankan untuk tetap menggunakan sunblock ber-spf 30.

 

Opiniku Tentang Treatment Photo Facial Glowing

Perawatan wajah ini sangat kusukai karena aku merasa nyaman sekali. Selama proses perawatan tak ada rasa sakit yang kualami. Sebaliknya, aku merasa senang dan rileks.

Yang paling asyik adalah wajahku yang biasanya teupayaan atau sensitif terhadap kosmetik, di perawatan kali ini aman-aman saja. Walau untuk pertama kalinya, aku menggunakan produk pembersih wajah dari ZAP dan gel untuk kepentingan treatment. I am fine. Baik-baik saja.

Tak ada kemerahan, perih, gatal, atau apapun seperti sering kualami saat mencoba kosmetik baru untuk pertama kalinya.

Setelah sehari perawatan pun, wajahku baik-baik saja. Tak ada reaksi atau efek samping seperti yang dijelaskan oleh dokter Tiffani. Tak ada gatal, bentol dan yang lainnya. Aku tak harus mengompres wajahku dengan air dingin.

Untuk menyempurnakan perawatan ini, di hari kedua, aku mulai memakai sunblock produk ZAP juga. Sunblok ini untuk mencegah sinar matahari dan lampu sekalipun yang bisa merusak kembali kulit wajahku.

Memakai sunblock ini juga tak ada keluhan sama sekali. Wajahku adem-adem saja. Peace ah! Bahagia rasanya. Ah, hidup itu sangat  indah!

Setelah melakukan treatment Photo Facial Glowing di ZAP Clinic PVJ Bandung, wajahku terlihat lebih bersih dan segar. Kinclong. Selain itu, putih-putih dan hitam di sekitar hidung dan dagu pun lenyap. Wajah terasa lebih ringan. Aku lebih percaya diri menatap dunia.

Hore, aku bisa cantik maksimal jelang lebaran nanti, karena telah melakukan treatment Photo Facial Glowing di ZAP Clinic PVJ Bandung. Aku siap bersilaturahmi dengan keluarga besarku. Hmmm… bagaimana komentar mereka ya nanti?

Nah Sobat yayuarundina.com, kalian bisa mencoba treatment ini agar kulit wajah kita lebih segar, kencang, dan kembali muda,  terutama untuk generasiku nih yang sudah setengah abad. Asyik kan kalau pancaran dan pesona wajah kita tak kalah dengan yang muda. Ini salah satu bentuk kebahagiaan kita, Sob.

Treatment ini juga cocok untuk remaja mulai dari usia 14 tahun.

Kalian ingin cantik? Yuk nge-ZAP aza secara rutin. Pasti asyik.

Nah Sob, itulah acara ngabuburitku di di hari kedua belas Ramadhan tahun ini. Semoga usaha ini ada pahalanya. Biar puasa kita berpengaruh pada kecantikan lahir dan batin. Aamiin!

Itulah pengalaman me time-ku. Ayo, kita happy-happy lagi!

Sampai jumpa lagi, Sob

Salam

 

 

 

 

4/10/2022

Keren, Hati-Hati Di Jalan Lagu Tulus yang Mendunia

 

Hai Sobat yayuarundina.com, secara tak sengaja buka Instagram sore ini baca postingannya Pak Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Beliau mengabarkan bahwa lagu Tulus, Hati-Hati di Jalan masuk pada Bilboard 200. Keren Banget ya Sob, Hati-Hati Di Jalan Lagu Tulus bisa Mendunia.


Tulus, hati-hati di jalan
Penyanyi Indonesia, Tulus

Prestasi Lagu Tulus, Hati-Hati Di Jalan

Lagu Tulus ini, Hati-Hati di Jalan  berhasil menduduki peringkat 123 dalam tangga lagu Bilboard Global 200 Minggu 20-26. Pencapaian ini didasarkan pada hasil penjualan digital dan streaming online. Lagu ini pun menjadi lagu berbahasa Indonesia pertama yang masuk dalam Top 50 Spotify Global. Luar Biasa ya prestasinya.

Sandiaga Uno berharap keberhasilan ini menjadi kebangkitan ekonomi kreatif setelah sempat terpuruk akibat pandemi Covid 19. Satu lagi hasil kreatifitas orang Indonesia yang bisa tembus kancah internasional. Hal ini memberikan satu optimisme bahwa kita bisa bersaing di dunia, dunia global. Ini artinya pemasaran hasil kreatifitas warga Indonesia memiliki jaringan yang sangat luas.

Tulus merupakan salah satu penyanyi Indonesia yang cukup populer. Banyak lagu ciptaannya yang digemari masyarakat. Lagunya tergolong ringan dan sangat dekat dengan kehidupan masyarakat. Termasuk juga lagu Hati-Hati Di Jalan yang berasal dari album Manusia.

Baca Juga: https://www.yayuarundina.com/2015/10/tulus-setulus-hatimu.html

Interpretasi Lagu Tulus, Hati-Hati Di Jalan

Saat pertama kali mendengarkan lagu Tulus ini, Hati-Hati Di Jalan, hatiku langsung dag dig dug. Teringat Si Dia yang nun  jauh di sana. Syair pada bait pertama lagu ini, langsung merekam memori tentangnya.

Perjalanan hidup manusia seringkali membawa kejutan-kejutan yang menyenangkan. Juga sebaliknya, menyedihkan. Begitu pun dengan perjalanan kisah cinta. Dua sejoli bisa dipertemukan dalam sebuah perjalanan. Seperti sepupuku yang bertemu jodohnya saat melakukan perjalanan di Pangandaran.

Entah perjalanan di mana atau yang ke berapa, hal itu bisa saja terjadi. Saat titik nadir berbicara, kita bisa bertemu dengan seseorang yang bisa klik dengan hati.

Kemudian, kita menjalani dan menikmati perjalanan-perjalanan berikutnya agar lebih saling mengenal. Menjalani suka dan duka bersama. Entah, berapa lama atau berapa tahun? Semua lika-liku hidup kita jalani bersama.

Aku dan kau menemukan banyak persamaan. Banyak kecocokan diantara kita. Kita bisa saling melengkapi. Klop bangets. Dunia terasa indah. Kita optimis merajut masa depan.

Namun, takdir dan nasib berbicara lain. Semesta tak merestui. Karena suatu sebab, kita tak bisa melanjutkan perjalanan hidup ini bersama-sama. Kita harus berpisah.

Sungguh, suatu hal yang terduga diantara begitu banyaknya persamaan diantara kita. Sungguh, suatu hal yang tak dapat dipercaya bahwa kita harus menjalani takdir masing-masing diantara menyatunya hati kita. Sungguh, sebuah kejutan yang tak disangka bahwa kita tak bisa berjodoh.

Kembali, kita menjalani lakon masing-masing. Aku melanjutkan perjalananku dan kau melanjutkan perjalananmu. Kita berjalan kea rah dan tujuan yang berbeda.

Namun, di kepalaku masih tersisa kenangan tentang dirimu. Di hatiku masih terasa jalinan cinta kita. Masih tersisa kebersamaan kita. Masih tersisa masgul dengan kecocokan kita. Masih tersisa pertanyaan mengapa kita tak bisa bersatu? Masih tersisa harapan bahwa suatu saat akan bertemu kembali dengan orang yang sama denganmu.

Begitulah pada akhirnya, kisa cinta ini ditutup dengan perpisahan. Cinta kita tak berlanjut ke pelaminan. Kita arungi samudra kehidupan dengan kapal yang berbeda.

Nah Sob, itulah salah satu lagu favoritku, lagu Tulus, Hati-Hati Di Jalan. Kalian menyukainya juga? Apakah interpretasi kalian tentang lagu ini sama denganku? Sebuah lagu yang mewakili perjalanan cinta kita, betulkah?

Siapa nih pecinta Tulus? Yuk, kita duniakan lagi lagu-lagu lainnya juga!

Terima kasih sudah bernyanyi bersama

Sampai jumpa di postingan berikutnya

Salam

 

 

 

Sumber:

https://celebrity.okezone.com/read/2022/04/08/205/2575647/bangga-lagu-tulus-masuk-chart-bilboard-global-200

https://id.wikipedia.org/wiki/Billboard_Global_200

https://www.brilio.net/selebritis/7-kisah-tak-terduga-di-balik-karier-tulus-sebagai-penyanyi-top-170517i.html


4/07/2022

Inilah 7 Manfaat Jurnaling Untuk Hidup Suksesmu

 

Halo Sobat yayuarundina.com, apakah kalian termasuk perencana hidup ataukah spontanitas saja atau dadakan? Ada ide di kepala, langsung eksekusi, begitukah? Di postingan kali ini kita ngobrol tentang jurnaling, yuk. Inilah 7 Manfaat Jurnaling Untuk Hidup Suksesmu.

Jurnaling
Yuk, kita mulai jurnaling pribadi

Apa Sih Jurnaling?

Kalau membuka Aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia V, ada lima definisi jurnal. Jurnal itu bisa berarti:

a.      Catatan harian

b.      Surat kabar harian

c.      Buku perantara antara buku besar dan buku harian

d.      Buku yang digunakan untuk mencatat transaksi berdasarkan urutan waktu

e.      Majalah yang khusus memuat artikel dalam bidang ilmu tertentu

f.       Catatan berbasis komputer yang terjadi dalam jaringan.

 

Sepertinya istilah jurnal yang akrab di telingaku adalah yang sering menjadi tuntutan untuk profesionalisme guru, untuk naik pangkat adalah definisi nomor lima (bagian e). Kita diwajibkan untuk menulis karya ilmiah dan dimuat dalam jurnal, baik nasional maupun internasional.

Kalau dari pemaparan penulis buku Empowered Me, Mbak Puty, jurnal itu adalah sebuah catatan tentang hal yang kita lakukan, deskripsi hal yang kita pikirkan, ditulis setiap hari, dalam kurun waktu tertentu atau suatu periode tertentu.

Apa yang Ditulis dalam Jurnal?

Mengapa kita harus membuat jurnal? Mungkin, seringkali kita bingung tentang hal yang akan ditulis dalam jurnal. Aku pun seperti itu, Sob. Namun penjelasan Mbak Puty memberikan warna baru dalam hal jurnaling ini.

Mbak Puty ini terbiasa membuat berbagai perencanaan hidupnya secara rutin. Beliau yang seorang penulis, illustrator dan konten kreator membuat jurnal yang menarik. Ada wheel of life, action plan, progress bar, dan evaluasi.

Kita bisa menuliskan banyak hal dalam jurnal tergantung kebutuhan dan prioritas hidup kita sendiri. Rencanakan kesuksesan hidupmu!

Inilah Manfaat Jurnaling untuk Hidup Suksesmu

Inilah beberapa manfaat membuat jurnal yang saya sarikan dari workshop Mini Jurnaling bersama Mbak Puty. Acara ini diselenggarakan oleh Gramedia Pustaka Utama dalam rangka peluncuran buku Empowering Me: Mother Empowers.

yayu arundina
Manfaat Jurnaling

1.     Tujuan Hidup Lebih Jelas dan Terarah

Rasakanlah bedanya hidup dengan tujuan yang jelas dan tidak! Setiap awal tahun biasanya kita akan membuat resolusi. Menurutku inilah awal sebuah kegiatan jurnaling. Apa yang akan kita lakukan selama satu tahun ke depan?

2.     Hal yang kita lakukan dalam Hidup Ini lebih Jelas dan Konkrit

Dengan memiliki resolusi atau tujuan hidup, kita akan menjalaninya dengan langkah-langkah nyata yang lebih jelas dan konkrit. Sebulan ini, kita harus membuat riset tentang sejarah Cimahi misalnya. Kita berencana membuat buku biografi tokoh.

Apa saja hal-hal yang harus kita lakukan? Kapan kita mewawancarai tokoh? Kapan kita membuat kerangka tulisan? Data-data apa saja yang kurang? Berapa lama buku itu kita tulis? Kapan launching bukunya?

Itulah beberapa contoh hal yang akan kita lakukan tahun ini misalnya. Lebih jelas dan konkrit bukan?

Sangat berbeda dengan saat kita tidak tahu untuk melakukan kegiatan khusus. Hidup berjalan apa adanya. Tanpa makna dan hasil yang berarti.

 

3.     Lebih Yakin dan Percaya Diri

Jurnaling juga membuat kita lebih yakin dan percaya diri. Apalagi, jika target atau tujuan hidupnya tercapai dengan sukses. Pasti bangga juga dong kita?

 

4.     Lebih Punya Power

Hidup dengan lebih terencana akan membuat kita punya power atau kekuatan khusus. Energi yang kita keluarkan akan maksimal. Kita punya keinginan besar untuk meraih tujuan-tujuan tersebut. Kita akan maksimal untuk mewujudkan mimpi itu. Pasti akan banyak hal yang kita lakukan.

 

5.     Terbiasa Disiplin dan Bertanggung Jawab

Jurnaling ini juga membuat hidup kita lebih disiplin, khususnya masalah waktu. Kita punya target khusus, berapa lama waktu yang kita gunakan untuk menulis buku? Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi, kita akan berusaha untuk memaksimalkan pemanfaatan waktu yang kita miliki.

Kita juga menjadi pribadi-pribadi yang lebih bertanggung jawab. Bertanggung jawab akan kesuksesan hidup kita pribadi. Lebih bertanggung jawab terhadap banyak hal yang kita lakukan.

 

6.     Hidup Lebih Produktif

Dengan tujuan hidup yang jelas, kita akan lebih produktif. Keberhasilan yang satu akan diikuti oleh keberhasilan-keberhasilan berikutnya. Apalagi jika, targetnya dilakukan dalam jangka pendek.

 

7.     Hidup Lebih Fokus

Dengan target pekerjaan yang sudah kita rencanakan, maka kita akan lebih fokus mengerjakannya. Setiap waktu akan lebih efektif untuk mencapai tujuan-tujuan pekerjaan sesuai dengan perencanaan atau jurnaling tersebut. Tak terasa, pada suatu waktu tertentu kita bisa menikmati hasilnya. Mungkin akan lebih dari satu kali.

Kita pun akan melakukan banyak evaluasi, jika hal tersebut belum tercapai.

 

 

Nah Sobat yayuarundina.com, itulah 7 manfaat jurnaling untuk hidup suksesmu. Yuk, kita mulai membuat jurnaling. Mencatat setiap hal yang akan kita lakukan. Kita rencanakan kesuksesan hidup kita setiap tahunnya.

Selamat membuat jurnal, Sob!

Sampai jumpa

Featured Post

Bubur Merdeka: Let’s Eat Porridge In Old Hotel

  Hai every one, I will bring you to eat porridge in old hotel. Do you want to join me? Let’s go. We walk to Gatot Subroto road in Cimahi....