Inilah 7 Manfaat Jurnaling Untuk Hidup Suksesmu

 

Halo Sobat yayuarundina.com, apakah kalian termasuk perencana hidup ataukah spontanitas saja atau dadakan? Ada ide di kepala, langsung eksekusi, begitukah? Di postingan kali ini kita ngobrol tentang jurnaling, yuk. Inilah 7 Manfaat Jurnaling Untuk Hidup Suksesmu.

Jurnaling
Yuk, kita mulai jurnaling pribadi

Apa Sih Jurnaling?

Kalau membuka Aplikasi Kamus Besar Bahasa Indonesia V, ada lima definisi jurnal. Jurnal itu bisa berarti:

a.      Catatan harian

b.      Surat kabar harian

c.      Buku perantara antara buku besar dan buku harian

d.      Buku yang digunakan untuk mencatat transaksi berdasarkan urutan waktu

e.      Majalah yang khusus memuat artikel dalam bidang ilmu tertentu

f.       Catatan berbasis komputer yang terjadi dalam jaringan.

 

Sepertinya istilah jurnal yang akrab di telingaku adalah yang sering menjadi tuntutan untuk profesionalisme guru, untuk naik pangkat adalah definisi nomor lima (bagian e). Kita diwajibkan untuk menulis karya ilmiah dan dimuat dalam jurnal, baik nasional maupun internasional.

Kalau dari pemaparan penulis buku Empowered Me, Mbak Puty, jurnal itu adalah sebuah catatan tentang hal yang kita lakukan, deskripsi hal yang kita pikirkan, ditulis setiap hari, dalam kurun waktu tertentu atau suatu periode tertentu.

Apa yang Ditulis dalam Jurnal?

Mengapa kita harus membuat jurnal? Mungkin, seringkali kita bingung tentang hal yang akan ditulis dalam jurnal. Aku pun seperti itu, Sob. Namun penjelasan Mbak Puty memberikan warna baru dalam hal jurnaling ini.

Mbak Puty ini terbiasa membuat berbagai perencanaan hidupnya secara rutin. Beliau yang seorang penulis, illustrator dan konten kreator membuat jurnal yang menarik. Ada wheel of life, action plan, progress bar, dan evaluasi.

Kita bisa menuliskan banyak hal dalam jurnal tergantung kebutuhan dan prioritas hidup kita sendiri. Rencanakan kesuksesan hidupmu!

Inilah Manfaat Jurnaling untuk Hidup Suksesmu

Inilah beberapa manfaat membuat jurnal yang saya sarikan dari workshop Mini Jurnaling bersama Mbak Puty. Acara ini diselenggarakan oleh Gramedia Pustaka Utama dalam rangka peluncuran buku Empowering Me: Mother Empowers.

yayu arundina
Manfaat Jurnaling

1.     Tujuan Hidup Lebih Jelas dan Terarah

Rasakanlah bedanya hidup dengan tujuan yang jelas dan tidak! Setiap awal tahun biasanya kita akan membuat resolusi. Menurutku inilah awal sebuah kegiatan jurnaling. Apa yang akan kita lakukan selama satu tahun ke depan?

2.     Hal yang kita lakukan dalam Hidup Ini lebih Jelas dan Konkrit

Dengan memiliki resolusi atau tujuan hidup, kita akan menjalaninya dengan langkah-langkah nyata yang lebih jelas dan konkrit. Sebulan ini, kita harus membuat riset tentang sejarah Cimahi misalnya. Kita berencana membuat buku biografi tokoh.

Apa saja hal-hal yang harus kita lakukan? Kapan kita mewawancarai tokoh? Kapan kita membuat kerangka tulisan? Data-data apa saja yang kurang? Berapa lama buku itu kita tulis? Kapan launching bukunya?

Itulah beberapa contoh hal yang akan kita lakukan tahun ini misalnya. Lebih jelas dan konkrit bukan?

Sangat berbeda dengan saat kita tidak tahu untuk melakukan kegiatan khusus. Hidup berjalan apa adanya. Tanpa makna dan hasil yang berarti.

 

3.     Lebih Yakin dan Percaya Diri

Jurnaling juga membuat kita lebih yakin dan percaya diri. Apalagi, jika target atau tujuan hidupnya tercapai dengan sukses. Pasti bangga juga dong kita?

 

4.     Lebih Punya Power

Hidup dengan lebih terencana akan membuat kita punya power atau kekuatan khusus. Energi yang kita keluarkan akan maksimal. Kita punya keinginan besar untuk meraih tujuan-tujuan tersebut. Kita akan maksimal untuk mewujudkan mimpi itu. Pasti akan banyak hal yang kita lakukan.

 

5.     Terbiasa Disiplin dan Bertanggung Jawab

Jurnaling ini juga membuat hidup kita lebih disiplin, khususnya masalah waktu. Kita punya target khusus, berapa lama waktu yang kita gunakan untuk menulis buku? Mulai dari bangun tidur hingga tidur lagi, kita akan berusaha untuk memaksimalkan pemanfaatan waktu yang kita miliki.

Kita juga menjadi pribadi-pribadi yang lebih bertanggung jawab. Bertanggung jawab akan kesuksesan hidup kita pribadi. Lebih bertanggung jawab terhadap banyak hal yang kita lakukan.

 

6.     Hidup Lebih Produktif

Dengan tujuan hidup yang jelas, kita akan lebih produktif. Keberhasilan yang satu akan diikuti oleh keberhasilan-keberhasilan berikutnya. Apalagi jika, targetnya dilakukan dalam jangka pendek.

 

7.     Hidup Lebih Fokus

Dengan target pekerjaan yang sudah kita rencanakan, maka kita akan lebih fokus mengerjakannya. Setiap waktu akan lebih efektif untuk mencapai tujuan-tujuan pekerjaan sesuai dengan perencanaan atau jurnaling tersebut. Tak terasa, pada suatu waktu tertentu kita bisa menikmati hasilnya. Mungkin akan lebih dari satu kali.

Kita pun akan melakukan banyak evaluasi, jika hal tersebut belum tercapai.

 

 

Nah Sobat yayuarundina.com, itulah 7 manfaat jurnaling untuk hidup suksesmu. Yuk, kita mulai membuat jurnaling. Mencatat setiap hal yang akan kita lakukan. Kita rencanakan kesuksesan hidup kita setiap tahunnya.

Selamat membuat jurnal, Sob!

Sampai jumpa

Tidak ada komentar