Postingan

Menampilkan postingan dari 2018

FUNGSI PUISI UNTUK MENGENANG PAHLAWAN DEWI SARTIKA

Gambar
Hai sob…. Baru kali ini, di penghujung akhir tahun 2018, saya menemukan cara unik untuk mengenang dan menghormati   pahlawan. Ya, kemarin, di   SMAN 24 Bandung, saya menyaksikan fungsi puisi untuk mengenang pahlawan perintis pendidikan, Ibu Dewi Sartika.   Pahlawan penddikan dari Jawa Barat . Beliaulah yang mampu mendirikan sekolah pertama untuk kaum perempuan. Namanya Sakola Kautamaan Istri.   Sejak dulu, kita akan selalu memperingati hari lahirnya Ibu Dewi Sartika, setiap tanggal 4 Desember. Zaman sekolah dulu, biasanya melalui upacara khusus.   Simak Acaranya

SARAPAN ENAK DI HOTEL NEO AWANA YOGYAKARTA

Gambar
Sarapan Enak yuk di Hotel Neo Awana Suka jalan-jalan ke Yogyakarta ? Kali ini, aku ingin share tempat menginap di sana. Namanya hotel Neo Awana. Minggu lalu, aku baru saja menginap di hotel ini. Rekomended deh buat kalian. Salah satu Bagian Hotel Neo Awana Kamar yang Nyaman                 Tujuan utama kita ke hotel adalah untuk menginap. Beristirahat di sela-sela perjalanan ke Yogyakarta. Oleh karena itu, aku paling suka dengan kamar yang bersih, aman dan nyaman. Di hotel Neo Awana, aku mendapatkannya. Kamarku ada di lantai delapan. Tenang sodara-sodara, ada lift untuk mencapainya.                 Kebetulan kamarku tidak terlalu jauh dari pintu lift. Begitu sampai di depan pintu, kami sempat kebingungan membuka pintu. Tak ada tempat untuk menyelipkan kartu. Eh, ternyata sistem tempel rupanya hehehe…. Begitu tempelannya sempurna, pintupun terbuka lebar.                 Pandangan pertama langsung suka. Kamarnya terang. Di sebrang pintu ada jendela yang cukup be

SERU-SERUAN DI WISATA MERAPI YOGYAKARTA

Gambar
Wisata Merapi, seru loh Wedhus Gembel dan Mbah Marijan itulah dua kata yang sangat erat kaitannya dengan peristiwa meletusnya gunung Merapi. Masih lekat dalam ingatan kita betapa dahsyatnya musibah tersebut. Kini, setelah delapan tahun berlalu, musibah itu ternyata bisa memberikan kemakmuran. Mengapa ? Salah satunya adalah kawasan ini menjadi tujuan wisata baru di daerah Yogyakarta. Wisata Merapi. Bikin asyek, senang, kagum, deg-degan pula. Menyusuri pagi di Yogyakarta itu sebuah perjalanan manis yang berbaur dengan rasa was-was. Hati lumayan rusuh karena kami akan mendatangi raksasa alam yang rakus kalau sudah marah-marah. Terlintas dalam pikiran tentang meletusnya gunung Merapi yang sempat menghebohkan dunia sekitar tahun 2010. Satu per satu bermunculan kembali. Cuaca mendung pagi itu menambah suasana menjadi makin kelam dan sedih. “Ya Allah, jangan turunkan hujan saat kami berwisata di Merapi!” Sekitar satu-dua jam perjalanan   dari Ambar Ketawang, sampailah kami

BOTRAM ASYIK DI PUCUK COOLINARY FESTIVAL BANDUNG

Gambar
Hai para pecinta kuliner, Selama dua hari, Sabtu – Minggu, 27-28 Oktober 2018, wargi Bandung dimanjakan oleh Mayora, khususnya Teh Pucuk Harum. Perusahaan ini mengadakan acara khusus berupa sebuah festival kuliner terbesar di Jawa Barat. Mengapa ? Karena di sini, ada lebih dari 100 tenan yang ikut memeriahkannya. 108 tepatnya. Ada berbagai jenis makanan enak dan favorit hadir dalam acara ini. Semuanya di bagi dalam tiga zona. Gurih. Manis. Dan pedas. Jadi, kita bisa bebas memilih makanan sesuai dengan selera kita masing-masing. Oleh karena itu, tema yang diangkat adalah Temukan Rasa Favoritmu. Di sini, kita bisa makan-makan ditempat sambil botram di area yang disediakan.   Acara dengan tema yang menarik ini semakin mengukuhkan Bandung sebagai kota tujuan wisata kuliner. Asyek yah. Tempat makan yang asyek sambil kumpul-kumpul dengan keluarga, sahabat atau pacar

MELEPAS RINDU PADA KULINER LEMBANG

Gambar
Pasar Buah Lembang Lembang, entah berapa tahun kutinggalkan kota wisata di Bandung Utara ini. Dulu, kami sering datang dan menginap di rumah teman. Selain itu, sering juga datang ke beberapa tempat wisata yang ada di sini . Floating Market, Air Terjun Maribaya, D’Ranch . Dan yang paling kusuka adalah berburu kuliner.

TEKNOLOGI BAGI DUNIA PENDIDIKAN

Gambar
          Saat ini, semua lembaga tampaknya sudah mengakui bahwa kita berada pada era digital. Semua serba terkomputerisasi. Kita hidup di zaman serba internet. Mungkin, semua kebutuhan manusia sudah berada dalam genggaman Mbah Google. Apa-apa klik Google. Tring… muncul informasi dalam sekejap. Demikian juga dengan dunia pendidikan.             Sudah seharusnya, dunia pendidikanpun wajib memanfaatkan teknologi. Hal ini sudah terjawab. Berbagai kegiatan di dunia pendidikan juga tak lepas dari jasa laptop, komputer dan internet. Administrasi, penilaian, ujian, PPDB dan sebagainya. Nah, kini saatnya teknologi dimanfaatkan untuk proses pembelajaran. SOSIALISASI LITERASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN                 Selasa-Kamis, 18-20 September 2018, Dinas Provinsi Jawa Barat melalui Balai Teknologi Informasi           dan Komunikasi Pendidikan ( Balai Tikomdik ) mengadakan acara Sosialisasi Literasi Teknologi Pendidikan. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan guru SD, SMP, SMA, SMK se

TIPS MENINGKATKAN RASA BAHAGIA DENGAN JULIE’S BISKUIT

Gambar
Bahagiaku, Bahagia Kita          Salah satu pencarian manusia dalam hidupnya adalah mencari kebahagiaan. Banyak cara yang mereka lakukan. Ada yang hakiki ataupun menemukan rasa bahagia yang palsu. Wah, ada ya biskuit eh bahagia kw sekian ? Hehehe…..              Ya, bahagia yang palsu itu sifatnya hanya sementara. Seringkali hanya memberikan kebahagiaan sesaat, lalu membawanya pada kesulitan yang dalam. Banyak orang yang terjebak pada rasa bahagia sesaat seperti itu. Lihat saja orang yang mabuk atau terlibat narkoba. Saat mengkonsumsi obat haram ini, dia terlihat bahagia. Seringkali diluar pengendaliannya. Namun, setelah habis, dia akan sakau mencari-cari sumber kebahagiaannya itu dengan berbagai cara. Bahkan bisa sampai mengorbankan diri dan hartanya. Adakah yang mau memiliki kebahagiaan seperti itu ? Kalau aku sih, ogah habis. 1000% gak mau ! Aku ingin mendapatkan rasa bahagia yang asli dan hakiki. Sekali bahagia, tetap bahagia selamanya. TIPS MENDAPATKAN KEBAHAGIAAN

TIPS MERAWAT KECANTIKAN RAMBUT ALA NATUR

Gambar
Rambut itu mahkota wanita.   Alangkah bahagianya kita, jika memiliki rambut tebal, hitam, berkilau, mudah ditata, sehat dan tak bermasalah. Pastilah kita akan merasa bangga karenanya. Sebaliknya, jika kita memiliki masalah rambut, tentunya kita akan merasa minder. Baju akan ditaburi bercak-bercak putih ketombe atau rambut rontok. Selain itu, kita juga akan merasa malu jika rambut kita kemerahan, pecah-pecah, tipis, bahkan mungkin sebagian kepala kita dilanda kebotakan. Duh, mau disembunyikan dimana nih wajah kita ?   Natur dengan Tampilan Baru KEARIFAN LOKAL                 Karena memahami masalah tersebut, orang tua kita, khususnya mamahku sering mengajak saya untuk merawat rambut dengan berbagai macam cara. Yang paling sering menggunakan lidah buaya atau merang. Bahkan, dulu, saat aku kecil, mamahku bercerita bahwa kepala botakku dulu sering dipakaikan daun seledri yang sudah ditumbuk. Kata beliau sih agar rambut yang tumbuh nantinya akan lebat dan hitam. KISAH   BER