Senin, 21 Agustus 2017

NGEBLOG BERKARAKTER NASIONALISME



TENGGELAMKAN KONTEN NEGATIF DENGAN TULISAN BERKARAKTER

Perkembangan dunia teknologi sangatlah cepat. Dampaknya positif dan negatif. Namun, konten negatif lebih banyak menjadi ratu di dunia maya. Nah, untuk meminimalisir atau bahkan membunuh konten negatif tersebut diperlukan Conten Creator yang mampu menghasilkan tulisan-tulisan original, inspiratif dan bermanfaat bagi dunia. Di era dunia blog sekarang, maka sudah saatnya kita terjun di dunia ngeblog yang berkarakter.

Seperti apa sih ngeblog yang berkarakter itu ? Sesuai dengan isu tentang penguatan pendidikan karakter, maka tulisan-tulisan kita di dalam blog pribadi atau media lain harus mampu menjadi media untuk memperkuat karakter positif. Nasionalisme. Cinta Tanah Air. Gemar membaca dan lain sebagainya. Jangan sampai tulisan kita itu menjadi penyumbang runtuhnya moral ! Ah, kagak deh yang ini mah. 

Terkait dengan 72 tahun Indonesia Merdeka, ada isu penting yang bisa menjadi kekuatan tulisan kita di bulan Agustus ini. Marilah kita memperkokoh Kebhinekaan dalam Membangun Negeri. Keren gak tuh temanya ? Di tengah berbagai macam peristiwa yang sangat mengguncang dunia nasionalisme dan kebhinekaan. Inilah saatnya kita kembali pada esensi kebhinekaan itu. Menurut Prof Dr. Karim Suryadi, kebhinekaan atau keragaman di Indonesia itu memang terlahir sejak zaman dulu kala. Bukan suatu hal yang dibentuk secara disengaja. Oleh karena itu, kita harus menyadari dan menerima ini sebagai sebuah kekuatan bangsa. Bukan sebagai alat pemecah persatuan. Bangsa Indonesia itu berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Inilah hal yang seharusnya menjadi kesadaran kita sebagai sebuah bangsa yang merdeka. 

Di sinilah peran kita sebagai blogger. Mari menyebarkan semangat nasionalisme di tengah kebhinekaan itu. Negara Indonesia memang satu, tetapi keberagaman budaya, adat, bahasa, karakter dan hal lain itu menjadi warna-warni indah yang menghiasi negeri di garis Khatulistiwa. Semangat nasionalisme takkan tumbuh begitu saja. Harus dikampanyekan. Harus ditumbuhkan. Harus dikembangkan. Harus disuburkan. Dengan tulisan-tulisan yang mengangkat berbagai macam hal terkait kebhinekaan di Indonesia, maka hal itu diharapkan bisa berkembang lebih baik di bumi pertiwi ini. 

Kebhinekaan itu menjadi kekayaan bangsa Indonesia. Bisa menjadi sebuah prestasi dan kebanggaan bagi tanah air kita. Keunikan yang patut disyukuri oleh bangsa Indonesia. Jika semua warga negara Indonesia ini menyadari itu, maka kebhinekaan atau keragaman itu akan menjadi sebuah semangat yang mendunia. Kita memang diciptakan berbeda-beda, bersuku-suku dan berbangsa-bangsa. Inilah esensi paling inti dari ngeblog berkarakter.. Duniakan Indonesia dengan keanekaragamannya. Makanan. Budaya. Bahasa. Obyek Wisata. Keanekaragaman hayati. dan juga keanekaragaman lain yang tersebar di bumi pertiwi, mulai dari Sabang sampai Merauke. Keberagaman itu sangat indah. Setuju, gak ?

Kebhinekaan atau keberagaman itu merupakan kekuatan dan kekayaan bangsa Indonesia. Dengan kebhinekaan, negeri kita menjadi semarak. Penuh warna. Tengok saja saat perayaan hari kemerdekaan, 17 Agustus lalu. Dengan berbagai macam pakaian adat yang dikenakan oleh para pejabat negara dan peserta betapa indahnya bangsa Indonesia. Upacara menjadi penuh warna dan menarik. Itulah salah satu contoh positif dari sebuah kebhinekaan. Hal itu juga bisa menjadi Proklamasi Kebhinekaan Indonesia pada dunia. 

Sebagai Conten Creator, inilah salah satu tugas penting para blogger. Memproklamasikan kebhinekaan itu menjadi lebih bermakna, lebih bermanfaat dan lebih membumi di tanah air Indonesia. Para blogger seharusnya menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia dan dunia. Ngeblog berkarakter menjadi landasan utama dalam setiap pekerjaan menulis. Ngeblog berkarakter menjadi warna positif bagi dunia maya. Memberikan sebuah pencerahan. TULISAN YANG MAMPU MENENGGELAMKAN KONTEN NEGATIF.






Kamis, 17 Agustus 2017

TIGA TEMPAT IBADAH UNIK DI CIMAHI-BANDUNG

        
Mesjid Kapal Baros
Aih, kalau sudah acara jalan-jalan itu pasti hati ini super senang. Di atas kepalaku pasti muncul bintang-bintang dan lope-lope hehehe…. Yah, setelah sekian lama terjebak pada rutinitas yang menyita waktu. Akhirnya, Minggu, 6 Agustus 2017, aku dan teman-teman bisa jalan bareng lagi. Acara kali ini bergabung dengan komunitas Lembang Heritage yang digawangi Teh Malia Alibina dan komunitas Tjimahi Herritage yang diketuai oleh Kang Makhmud Mubarok.
            Ada tiga tempat yang kami datangi. Pertama, Pameran filateli dunia di Hotel Trans Luxury Hotel ( TSM ). Dua lokasi lainnya terletak di Cimahi, yaitu mesjid Kapal dan gereja Ignatius. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampau.
            Saat di TSM, kami melihat berbagai macam jenis perangko koleksi beberapa filatelis. Konon kabarnya, perangko-perangko itu juga dilombakan. Ada aneka gambar dan bentuk. Yang paling menarik dan kaya warna adalah perangko-perangko dari Indonesia, lho. Bangga deh jadinya. Ehm. Bocoran dari panitia, acara ini digelar tiap tahun. 
            Hmmm, tapi yang ingin saya abadikan dalam tulisan kali ini adalah tiga buah tempat ibadah yang unik. Ini yang paling menarik dari acara hari itu.
1.      Mesjid Kapal
Pertama kali mesjid ini mulai di kenal masyarakat sekitar dua tahun lalu. Bentuknya sangat unik, berupa sebuah kapal raksasa. Yup, selama ini, saya belum pernah melihat bentuk kapal seperti itu. Awalnya, tak percaya. Masa sih mesjid berbentuk kapal ? Bagaimana kita shalat ? Memang bisa yah ? Itulah beberapa pikiran yang terlintas di benak saat pertama kali mendengar informasi tentang mesjid unik ini.
Ini adalah kali kedua saya menyambanginya. Pertama kali hanya selintas saja. Meyakinkan diri bentuk mesjid yang benar-benar seperti sebuah kapal. Bayangan saya mah Titanic ( halah ini mah ngefans sama Leonardo de Caprio ).
Nah, pada kesempatan kedua kemarin. Terkuaklah kapal yang diwujudkan menjadi mesjid tersebut. Ternyata kapal yang menjadi mesjid tersebut adalah kapal Kerinci. Karena pemilik mesjid tersebut adalah kapten kapalnya, Pak Budiono alm.
Miniatur kapal Kerinci

Jumat, 11 Agustus 2017

TIPS FOREXimf.com HINDARI INVESTASI BODONG

Jangan Percaya pada Keuntungan Besar.
Bukan Untung, Malah Buntung Nantinya

            Sore itu, saya kembali menyusuri kota Bandung untuk memenuhi sebuah undangan blogger. Kali ini, materi yang ditawarkan termasuk makhluk asing bagiku. Sebuah dunia baru, walau seringkali mendengar informasinya. Hmmm… ada yang bisa menebak materi yang akan dipaparkan dalam acara blogger ini ?
            Kali ini, FOREXimf.com menjadi penyelenggara acara sekaligus pemberi materi. Sekitar dua puluh orang menjadi peserta untuk Selasa yang cukup panas itu. Yah, kami dari komunitas blogger Bandung dan Kumpulan Emak-Emak blogger Bandung siap menyimak materi tersebut.


Sekilas FOREXimf.com
            Bagai Aqua itulah Forex. FOREXimf.com itu merek dagang untuk perusahaan PT International Mitra Future . Perusahaan ini merupakan pialang berjangka resmi di Indonesia. Untuk legalitasnya, perusahaan ini sudah mengantongi ijin dari Bappebti, anggota Jakarta Futures Exchange dan lembaga lainnya. Hal penting lainnya adalah adanya pemisahan rekening perusahaan dan rekening nasabah. 
            FOREXimf.com berada di bidang jual beli mata uang dan emas. Trading. Di FOREXimf.com kita juga bisa mendapatkan pelatihan-pelatihan seputar trading. bisa konsultasi juga, baik secara langsung ataupun melalui webinar. Buka webnya dan temukan bagian edukasinya. bisa juga lho, mencoba jadi trader melalui akun demonya. Cobain deh link demo ini 
Nah, sekarang tahu kan asal-usul kegelapan ( keasingan ) itu hehehe….

CARA MUDAH DAPAT PASSIVE INCOME DARI FOREXimf.com


Nah, teman-teman, setelah belajar sedikit tentang trading dari FOREXimf.com, saatnya kini kita terjun ke dunia nyata. Kita bisa menjadi trader. Sesuai namanya, Forex Exchange, maka yang kita jual itu adalah mata uang asing atau emas di dunia internasional. 24 jam. Keuntungan dari jual beli itulah yang akan menjadi tambahan income untuk kita.  Tidak mudah lho. Apalagi kalau ingin mendapat untung besar. Harus belajar dan belajar terus. Harus pandai menganalisis. Banyak seluk-beluk yang harus dipelajari. Situasi politik, situasi ekonomi, kecenderungan pasar dan masih banyak lagi. Kita bisa mulai dari trader pemula sampai trader profesional  yang sukses. MAU ?
Selain menjadi trader, ada cara lain untuk mendapatkan sumber penghasilan tambahan. Cara yang lebih sederhana, lebih mudah dan lebih ringan. Apa itu ? RGM. Refer Get Money.

Modal utama untuk usaha ini adalah pertemanan yang luas. Dari orang-orang yang kita temui, itulah peluang besar untuk kita. Untuk mendapatkan dolar, tugas kita hanya satu, yaitu menyebarkan link. Ini dia http://openlive.foreximf.com/?idmkt=ppr729  Bisa dengan media sosial ( medsos ), blog atau cara lainnya. Kita bisa menjadikan orang-orang yang kita kenal itu menjadi nasabah atau referal. Luasnya dunia maya, mudah-mudahan juga menjadi media untuk meluasnya rejeki kita. Aamiin !
Kemudahan dalam usaha ini adalah kita tidak perlu pusing untuk menganalisis pasar, memperhitungkan resiko dan lain-lain yang sering membuat kening kita berkerut. Setelah kita menyebarkan link. Selanjutnya, kita tinggal duduk manis. Biarkan alam dan waktu serta keberuntungan berpihak kepada kita. Urusan-urusan yang ribet itu akan ditangani oleh FOREXimf.com. FOREXimf.com memiliki para ahli yang mendukung usaha tersebut. Selain itu, kita juga tidak perlu ribet dengan aneka produk yang akan membanjiri rumah. Cukup mainkan jari Anda saja. Sebarkan link, sisanya biar FOREXimf.com yang urus.
Supaya lebih jelas, pelajari Hirarki Level RGM dan simulasinya berikut ini yah
Hirarki Level Refer Get Money ( RGM )
  


 SIMULASI RGM
Anda 10 nasabah
-          Per bulan 2 lot
-          Income 2 lot x 10 nasabah x $2 =$40
Referal Level 1 Anda 10 nasabah
-          Per bulan 2 lot
-          Income 2 lot x 10 nasabah x $1 = $20
Referal level 2 Anda 10 nasabah
-          Per bulan 2 lot
-          Income 2 lot x 10 nasabah x $ 0,5 = $10
Referal level 3 Anda 10 nasabah
-          Per bulan 2 lot
-          Income 2 lot x 10 nasabag x $ 0,25 = $ 5
TOTAL INCOME 1 BULAN :  $ 40 + $ 20 + $ 10 + $ 5 = $ 75
Apa itu lot ?
LOT adalah satuan hitung modal, sedangkan pip satuan hitung untung.
Nah itulah salah satu cara mudah mendapatkan passive income dari Forex. Tertarik ? Ayo, mainkan jarimu





Kamis, 06 Juli 2017

MAKNA MUDIK

             
Perjalanan Mudik
               Dulu, saya sempat terheran-heran dan juga mencibir atau iri mungkin. Whateverlah.
“Ngapain orang-orang itu susah-susah pulang kampung. Ngabisin duit. Bawa banyak barang. Membahayakan diri dan orang lain. De el el.”
Langgar

Jumat, 30 Juni 2017

WISATA BERLIAN DI INDO WISATA PERMATA BANDUNG

Tempat Wisata Baru di Bandung
Masih tertarik liburan di Bandung kan ? Ada satu tempat baru yang menarik nih di daerah Bandung Utara. Kalau ke Jogja, kita bisa jalan-jalan ke kota Gede untuk melihat pembuatan kerajinan perak. Nah, di Bandung, kita bisa menikmati proses pembuatan berlian. Asyik, kan ? Mau ? Mumpung masih gratis, belum bertiket. Datang aza ke IWP
INDO WISATA PERMATA
KOMPLEKS CITRA GREEN DAGO BLOK N 1 - 10
JALAN CITRA GREEN CIDADAP CIUMBULEUIT
BANDUNG
Asal mula batu berlian

Minggu, 11 Juni 2017

ROMANTIKA RAMADHAN: NGABUBURIT

BERKAH RAMADHAN
Percayakah kamu kalau amnesia itu membawa berkah ? Yup. Bayangkan, kalau saja kita selalu mengingat hal-hal buruk yang terjadi dalam hidup. Sangat mengerikan tentunya, ya! Apapun, sesuatu diciptakan oleh Allah SWT memang selalu ada hikmahnya. Ada manfaatnya. Termasuk barokah hidup.  Apalagi ini bulan Ramadhan. Bulan yang penuh ampunan dan keberkahan. Apapun yang kita lakukan pasti akan menjadi kebaikan (Ssssttt… jangan yang aneh-aneh tapi yah. Please )
Hari ini, karena amnesiaku kambuh parah kemarin, aku harus melakukan sesuatu. Ada makanan khas Bandung, Cilok yang harus kukirimkan untuk teman ke luar kota. Jadi sejak pagi, aku harus belajar packing barang. Ini untuk pertama kalinya sih hehehe… Setelah siap, aku segera meluncur ke kantor pos untuk mengirimkannya. Keinginanku, makanan itu harus diterima pada sore hari. Namun, akhir pekan gak bisa katanya. Pasrah. Semoga makanan itu baik-baik saja yah !
Dengan langkah gontai dan hati tak karuan, aku keluar dari kantor pos. Selamatkah makananku ? Walau galau, aku tetap melangkahkan kaki. Diiringi doa sepenuh hati agar makanan itu tetap selamat sampai tujuan. Bingung. Mo terus pulang atau lanjut kemana nih ?
Di depan kantor pos ada rame-rame. Iseng, aku mendekatinya. Oh ternyata ibu-ibu sedang menawar buah. Aku celingukan sejenak. Wah, ternyata pasar kaget. Banyak pedagang yang membuka lapaknya di sana. Ibu-ibu dan bapak-bapak sepuh rupanya menjadi target pasar para pedagang itu. Seru juga mengamati aktivitas mereka. Beberapa detik kemudian, akupun jadi terbawa suasana. Melihat-lihat. Eh, akhirnya belanja juga. Ada makanan kesukaanku. Sudah hampir seabad aku tak menemukan batang hidungnya. Jadilah, akupun tawar menawar dan yeeeaaayyy dapat harga yang murce. Asyeeek. Inilah berkah Ramadhan. Berkah untukku dan berkah untuk para pedagang kaki lima itu.
beli buah yuuuk
Hmmm… kalau gak inget puasa, pastinya setiap lapak aku beli. Untung kali ini amnesiaku gak kambuh hehehe…. Ingat. Ingat. Ingat. Ah, tapi memang menggoda sih. Ada buah-buahan yang keliatannya lebih enak daripada yang kubeli kemarin di supermarket. Jeruknya keliatan bagus-bagus. Segar lagi. Ah, habisin stok di rumah dulu deh.
Pindang Ikan Mas
Akhirnya, kurmalah yang kubeli. Seperlunya saja. Tidak berlebih. Makanan lainnya adalah kerupuk dan cemilan kesukaanku tadi eh sekeluarga deng. Kurang afdol rasanya kalau makan tanpa kerupuk. Selain itu, aku juga membeli pindang ikan mas untuk berbuka nanti. Hmmm… maknyus tenan. Maknyus di kantong dan maknyus di lidah.
Aneka cemilan kesukaan keluargaku
Setelah itu, aku masih menyisir jalan hingga ke dekat mesjid ABRI. Banyak juga barang-barang yang dijual. Ada kebutuhan barang sehari-hari. Perkakas gitu. Perangkap tikus. Baju dan sebagainya.
Asyek juga mengamati aktivitas pasar tradisional. Pasar kaget. Diantara hiruk pikuk dan kemacetan kendaraan, para pembeli itu memilih-milih barang. Sama sepertiku, menyusuri jalan. Menawar. Bercanda dengan para penjual. Ngobrol sambil menunggu barang selesai ditimbang dan dibungkus. Suasana yang mungkin termasuk langka di zaman teknologi canggih sekarang ini.
Pengalaman ini seolah-olah mengingatkanku pada kenangan masa kecil di bulan puasa. Sudah menjadi tradisi di Indonesia, kalau sore-sore sampai menjelang buka puasa, kami ngabuburit. NGabuburit adalah kegiatan yang dilakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa. Bagi anak-anak yang berpuasa sampai maghrib, menunggu jam buka itu adalah sebuah perjuangan berat. Banyak godaan. Perut lapar. Haus. Dan pikiran selalu terfokus pada makanan yang enak-enak. Kalau tidak kuat iman, pasti memilih batal daripada lanjut puasa. Nah untuk mencegah hal itu, orang tua kami mengalihkannya dengan ngabuburit.
 KEGIATAN NGABUBURIT
Banyak kegiatan yang dilakukan untuk ngabuburit. Ini diantaranya:
1.    Bermain. Kalau dulu, masih banyak lapangan. Kami bisa bermain sapintrong atau adu kelereng. Sapintrong itu adalah mainan lompat tali. Mulai dari lutut hingga di atas kepala. Kalau yang jago, pasti bisa melewati tali yang dipegang diatas kepala. Tali yang dilompati bersifat lentur karena terdiri dari karet gelang yang dipilin sampai panjang.
2.    Bermain di dalam rumah. Kalau tidak ingin menguras tenaga dan kehausan, kami biasa bermain di dalam rumah. Cangkulan. Beklen.     Monopoli. ( Ini sih serasa jadi Raisa sambil nyanyi Teka-teki). Rame-rame sekeluarga atau bersama para sepupu. Seruuu… hahaha… Cangkulan adalah mainan favorit kami. Menggunakan kartu dengan aneka gambar. Keriting. Tempe. Hati dan sebagainya. Tugas kami adalah menyamakan kartu. Kartu yang sama akan dibuang dari pegangan kita. Kalau tidak ada, maka pemain harus mencangkul kartu dari tumpukan kartu yang tidak dibagikan ke pemain. Ini yang seru. Semakin dalam semakin asyek dan seru. Semakin banyak yang dicangkul berarti harus siap kalah hahaha… Pemain yang pertama habis kartu dipegangannyalah yang menang.
3.    Jalan-jalan dan belanja. Ini yang sering jadi hiburan dan yang paling kusuka. Kalau pas punya uang, biasanya kami akan mencari makanan untuk berbuka puasa. Cemilan atau makanan berat. Kami akan mengitari kampung. Banyak tetangga yang berjualan. Surabi. Kolak pisang. Candil. Atau kue-kue basah. Asinan. Es buah. Seru deh rasanya.
Nah, pengalaman siang ini sama seperti dulu. Amnesia membawa berkah. Membawaku pada kenangan manis di masa kecil. Masa-masa menikmati masa ngabuburit yang menyenangkan. Rasanya ingin sekali romantika Ramadhan ngabuburit ini tetap abadi sepanjang masa. Kalau tidak amnesia, aku gak bakalan jalan-jalan dan menemukan keasyikan itu. Malas sekali keluar rumah tanpa alasan yang jelas.

Aha, udah dulu yah cerita seputar Ramadhannya. Nanti, kalau ada yang menarik lagi akan kutulis di blog. Sekarang aku pamit. Selamat menjalankan Ibadah Puasa. Semoga ibadah kita ini mendapatkan pahala yang luar biasa dari Allah SWT. Aamiin.