3/29/2024

UKBI Adaptif Merdeka, Seberapa Hebat Kemampuan Berbahasa Indonesiamu?

 

Halo sobat yayuarundina.com – Ada yang sudah pernah ikut tes UKBI? UKBI Adaptif Merdeka, Seberapa Hebat Kemampuan Berbahasa Indonesiamu? UKBI itu Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia. UKBI sama dengan Toefl dalam bahasa Inggris. Sebuah alat ukur kemahiran berbahasa Indonesia.


guru bahasa indonesia
Uji UKBI Adaptif Merdeka

UKBI, menjadi salah satu syarat bahasa Indonesia bisa go internasional. Akhir tahun lalu, tepatnya November 2023, bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi kesepuluh yang dipakai dalam sidang umum Unesco. Tentu saja, ini satu kemajuan besar untuk bahasa Indonesia. Kita sangat bangga dengan hal tersebut.

Selain bangga, hal tersebut juga menjadi tantangan besar bagi bangsa Indonesia. Sudah saatnya, bangsa Indonesia harus meningkatkan kualitas dirinya. Sudah saatnya bangsa Indonesia bisa lebih mencintai bahasa Indonesia daripada bahasa asing. Sudah saatnya menerjemahkan dokumen berbahasa asing dalam bahasa Indonesia. Sudah saatnya kita menjadi dwibahasawan. Orang yang mampu menguasai bahasa lebih dari satu, sesuai dengan jargon Balai Bahasa.  Utamakan bahasa Indonesia. Lestarikan bahasa daerah. Kuasai bahasa asing.

Utamakan Bahasa Indonesia. Lestarikan Bahasa daerah. Kuasai Bahasa asing. Inilah yang menjadi tujuan kita belajar bahasa. Ketiga bahasa tersebut sudah saatnya menjadi bagian dari skill kita. Kita jadi fasih berbahasa Indonesia, bahasa daerah, sekaligus juga bahasa asing. Bahasa Inggris khususnya.

Semua Orang Berhak Ikut Tes UKBI

UKBI atau uji kemahiran berbahasa Indonesia bisa diikuti oleh siapa saja. Guru, dosen, editor, dokter, pengusaha, karyawan, ASN, mahasiswa, pelajar, bahkan orang asing. Kompetensi atau kemampuan berbahasa menjadi kebutuhan banyak orang.

Semua bidang pekerjaan pasti membutuhkan kemampuan berbahasa. Minimal untuk berkomunikasi dengan orang lain. Meyakinkan pelanggan atau klien. Mempromosikan produk dan lain sebagainya. Betapa penting kedudukan bahasa dalam kehidupan manusia. Bayangkan hidup tanpa bahasa!

Bahkan, beberapa perguruan tinggi sudah mensyaratkan mahasiswanya memiliki sertifikat UKBI selain ijazah. Hal ini menjadi poin plus untuk penguasaan bahasa sebagai keterampilan hidup.

Prosedur Mengikuti Tes UKBI

Untuk mengikuti tes UKBI prosedurnya sangat mudah. Tinggal datang atau kontak Balai Bahasa. Balai Bahasa ada di beberapa daerah. Balai Bahasa merupakan UPT pusat pembinaan Bahasa. Di Bandung, ada Balai Bahasa Jawa Barat. Beralamat di jalan Sumbawa no 11 kecamatan Sumur Bandung. Berdekatan dengan SMAN 3 dan SMAN 5 Bandung.

Lakukan pendaftaran terlebih dahulu, minimal dua hari sebelum pelaksanaan tes UKBI. Untuk umum dikenakan biaya sekitar tiga ratus ribu rupiah. Orang asing satu juta. Pelajar gratis. Kemudian, kita membuat akun terlebih dahulu di laman tersebut. Siapkan foto diri dan KTP.

Tes UKBI ini dilakukan secara online atau daring. Tempatnya bisa di Balai Bahasa, kantor, sekolah atau tempat lainnya yang memiliki fasilitas internet lancar. Siapkan juga headphone atau earphone untuk mendengarkan percakapan atau tes menyimak. Jangan lupa juga laptop atau komputermu harus memiliki kamera!

Waktu pelaksanaan UKBI dalam sehari ada 5 kesempatan. Uji UKBI dapat dilakukan pagi hari, siang dan malam. Bisa memilih pukul 08.00, 10.00, 13.00, 16.00 atau 19.00. Kamu enaknya ujian di jam berapa, Sob? 

5 Aspek Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia

UKBI ini mengukur kemampuan reseptif, kaidah bahasa Indonesia, dan keterampilan produktif, baik lisan maupun tulisan.

UKBI atau uji kemahiran berbahasa Indonesia ini memiliki 5 aspek kompetensi atau mata uji. Peserta akan diukur kemampuan menyimaknya, berbicara, membaca, menulis dan kebahasaan. Program terbaru adalah UKBI Adaptif Merdeka.

ukbi adaptif merdeka
Sosialisasi UKBI Adaptif Merdeka

Seru juga mengikuti kegiatan sosialisasi tes UKBI Adaptif Merdeka di Valore Hotel Baros Cimahi pada Kamis, 14 Maret 2023. Sekitar 40 orang guru Bahasa Indonesia SMP dan SMA di kota Cimahi mengikuti uji coba tes UKBI ini. Rasanya seperti roller coster. Dalam kondisi berpuasa, kami lahap soal-soal tes UKBI itu setelah shalat dhuhur.

Manfaat Mengikuti Uji UKBI

        1. Validasi Kemampuan bahasa Indonesia

    2. Meningkatkan kredibilitas, khususnya terkait profesi, seperti editor, penerjemah, guru dan sebagainya

        3. Membuka peluang pendidikan

        4. Meningkatkan peluang karir

        5. Meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia

UKBI juga merupakan seuah instrumen asesmen kompetensi minimum (AKM)

Manfaat UKBI Bagi Siswa: 

        1. Tolok ukur tingkat literasi

        2. Tafsiran kemahiran berbahasa

        3. Peningkatan skor UTBK

Manfaat UKBI untuk Lembaga:

        1. meningkatkan kualitas pendidikan

        2. meningkatkan reputasi lembaga

        3. Menyediakan sumber daya manusia berkualitas

        4. Memenuhi standar internasional seperti Toefl

        5. Jadi data yang berguna

7 Level Tes UKBI

Nantinya, setiap peserta UKBI akan mendapatkan sertifikat. Berapa pencapaian skornya dan ada di level apa? Ada 7 level tes UKBI. Ini dia tingkatannya.

Ini dia tingkatan atau peringkat hasil tes UKBI Adaptif Merdeka:

                     I.            Level tertinggi adalah Istimewa dengan skor 725 – 800.

                   II.            Sangat unggul dengan skor 641 - 724

                 III.            Unggul dengan skor 578 - 640

                IV.            Madya dengan skor 482 - 577

                  V.            Semenjana dengan skor 405 -  481

                VI.            Marginal dengan skor 326 - 404

               VII.            Terbatas dengan skor 251 - 325

Nah, sobat yayuarundina.com - Sudah saatnya kalian mengikuti juga tes UKBI ini. Dengan demikian, kita akan mengetahui kemampuan berbahasa Indonesia. Bagian atau aspek apa yang menjadi kelemahan dan keunggulanmu. Aspek apakah yang harus ditingkatkan dalam kemahiran berbahasa Indonesia kita? Bangga rasanya mengetahui peringkat kemahiran berbahasa Indonesia kita.

Selamat menguji diri dengan kemahiran berbahasa Indonesia. Tanpa UKBI kemahiran berbahasa kita belum apa-apa. Yuk, tantang kemahiran berbahasa Indonesia kalian!

 

Sampai jumpa

Salam literasi


Kontak/ Narahubung:

Dindin Samsudin: 081360202643

Zaenal Arifin: 085720577327


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Bubur Merdeka: Let’s Eat Porridge In Old Hotel

  Hai every one, I will bring you to eat porridge in old hotel. Do you want to join me? Let’s go. We walk to Gatot Subroto road in Cimahi....