3/03/2024

BloggerDay 2024: Berbagi Ilmu dan Pengalaman Melalui Blog

 

Halo sobat yayuarundina.com – Akhir Februari ini, aku bahagia bisa hadir di acara BloggerDay 2024. Berkumpul dengan para blogger dari beragam tempat. Bandung, Bekasi, Tangerang, Jakarta, Semarang, Malang, Dieng. Biasanya, aku hanya bertemu blogger lokal saja, Blogger Bandung di Bandung. Ini kesempatan baik untuk bertemu Blogger Indonesia. Senangnya bisa mengenal Komunitas Blogger Indonesia.


blogger bandung
Blogger Bandung di Acara BloggerDay 2024

Pagi itu, Minggu (24 Maret 2024), bersama dengan delapan orang Blogger Bandung, kami melakukan perjalanan ke Carro Square di daerah Jakarta Selatan. Karena berombongan, kami menggunakan Big Bird. Setelah kenyang diguyur hujan semalaman, sekitar pukul 6.30, mobil biru ini meluncur menuju ibukota. Big Bird ini merupakan salah satu armada Blue Bird. Bersama Big Bird, kami siap menghadiri acara BloggerDay 2024 dari Komunitas Blogger Indonesia.


blogger bandung
Bersama Big Bird, Blogger Bandung meluncur ke ibukota

Perjalanan selama dua jam ini sangat menyenangkan. Kami bisa bercerita, ngopi, tertawa-tawa, juga foto-foto di dalam layanan bus Blue Bird ini. Sungguh, Big Bird sebuah pengalaman mobilitas yang menyenangkan dan dapat diandalkan. Tak diragukan lagi, pengemudinya dapat diandalkan. Kita takkan stress karena supir yang ugal-ugalan. Pengemudi Big Bird sangat profesional, bisa diandalkan. Keahlian mengemudinya profesional. Smooth, penuh perhitungan sehingga perjalanan menjadi aman dan nyaman. Sebuah perjalanan asyik untuk BloggerDay 2024.

Serunya Acara Blogger Day 2024 di Carro Square

Tanpa terasa, kami sudah tiba saja di Carro Square sekitar pukul 8.30 WIB. Kami disambut oleh mbak Wardah Fajri, sebagai founder komunitas Bloggercrony (Bloggercrony Community) dan panitia di pintu masuk. Selain itu, mobil-mobil cakep berwarna hitam putih  juga menjadi pagar bagus.

Carro Square menjadi tempat berlangsungnya acara BloggerDay 2024. Sebuah acara perayaan ulang tahun ke-9  untuk Bloggercrony, komunitas Blogger Indonesia. Tempat ini merupakan sarana untuk jual beli mobil bekas. Namun, mobil-mobil di Carro ini bagus layaknya baru. Memancing kami untuk berselfi ria sambil menunggu acara dimulai. Sambil menunggu datangnya blogger Indonesia lain yang masih di perjalanan, kami berpose secantik mungkin layaknya model profesional. Kami bergantian saling foto dan bergaya.


yayu arundina
Swafoto di Carro


Kami menikmati pameran mobil-mobil bekas yang cantik ini. Kami juga bisa mendapatkan informasi tentang mobil ini dengan scan barcode di setiap mobil. Juga informasi yang ada di samping mobil. Informasi itu salah satunya adalah jarak tempuh. Semua mobil di Carro 100% bebas manipulasi jarak tempuh. Angka yang kamu lihat, itu yang kamu dapat. Semua sudah dicek dan lulus inspeksi ketat 160 titik. Dijamin, Carro Certified! Buruan! Sebelum kehabisan. Beli mobil berkualitas layaknya baru hanya di Carro.

Setelah puas berfoto-foto di area mobil Carro, kami memasuki area acara yang berdekatan dengan tempat pameran mobil. Kursi-kursi yang beroda sudah berbaris rapi. Kami memilih tempat kosong di tengah. Blogger dari wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah yang menggunakan Big Bird untuk sampai di acara BloggerDay 2024 ini, sudah duduk manis di depan. Juga blogger Indonesia lainnya dari daerah Jabodetabek.

Tak lama, mbak Febria Silaen pun membuka acara. Rangkaian acara demi acara berlangsung sampai sore, sekitar pukul 16. Banyak insight, ilmu, dan pengalaman  baru yang kudapatkan dari acara BloggerDay 2024 ini. Selain perayaan ulang tahun, acara ini juga menjadi ajang untuk berbagi ilmu dan pengalaman.

Aku jadi tahu  banyak hal. Salah satu yang menarik adalah Grafologi. Memahami karakter manusia dari tulisan. Dengan sangat jelas, mbak Diana menjelaskan tentang fungsi grafologi dalam kehidupan manusia. Salah satunya adalah untuk forensik.

Dengan grafologi, mbak Diana bisa mengarahkan kita untuk menjalani profesi yang sesuai. Bahkan, bisa juga untuk memperbaiki kualitas pribadi kita. Ada hal-hal negatif dari diri kita yang bisa diperbaiki untuk meraih kualitas hidup yang lebih baik. Mbak Diana juga memberikan saran untuk mencapai hal tersebut. Juga kebahagiaan. Ah, benar-benar ilmu yang sangat bermanfaat. Sayang, saya tidak mendapatkan kesempatan untuk konsultasi pribadi.

Selain grafologi, ada juga peluncuran buku baru yang digagas oleh Bloggercrony Community. Beberapa blogger membuat tulisan seputar dunia blogger. Berbagi pengalaman. Lalu, dijadikan antologi di bawah pimpinan mbak Novarty sebagai PJ-nya. Judul bukunya adalah Skena Blogger. Skena ini merupakan kata yang viral di media sosial, khususnya Tik Tok. Ada yang penasaran dengan bukunya?

Ilmu dan pengalaman lainnya adalah tentang dunia bisnis jual beli mobil bekas. Tim Carrolah yang memberikan penjelasannya. Bahkan, dalam Bahasa Inggris loh. Juga beragam produk UMKM yang mensponsori acara BloggerDay 2024 ini. Kolaborasi yang keren. Hanya satu kekurangan acara Blogger Day ini, yaitu kurangnya games, sehingga rangkaian acara terkesan monoton.

BloggerDay 2024 didukung oleh Carro Indonesia dan co-partners Genie Indonesia, Asuransi MSIG Indonesia, Igloo Insurance, Mega Central Finance/ MCF-MAF serta Bluebird Grup, Alfa Kreasi Decoration, Ngafe.in Teras juga produk lokal BloggerPreneur Ummi Doodle, Kamiya Project, Nyi Pede Souvenir, Ayee Deo dan UMKM  Malang Demadols, Venzfood, Aira Cake &Cookies dan Kayis Craft.

Caraku Berbagi Ilmu dan Pengalaman di Blog

Oleh-oleh spesial yang kudapatkan dari acara BloggerDay 2024 ini adalah aku ingin menjadi blogger yang bisa berbagi ilmu dan pengalaman melalui blog. Nasihat dari para penulis dan blogger handal sebelumnya adalah buatlah tulisan yang bermanfaat. Acara Blogger Day semakin memperkuat nasihat itu. Semoga kalian mendapatkan manfaat, ilmu dan pengalaman baru dari blogku ini, yayuarundina, ya Sob!


guru blogger
Guru Blogger

Mulai dari ketidaktahuanku tentang blog hingga sekarang, banyak ilmu dan pengalaman yang telah kudapatkan dari dunia blogger. Inilah manfaat yang kurasakan dari dunia blogger.

1.      Kaya pengalaman

Dengan mengikuti beragam acara blogger, banyak pengalaman yang kudapatkan. Beragam pengalaman dari orang-orang hebat, seperti Ibu Oday Kodariah.

 

2.      Bertambah ilmu dan wawasan

Salah satu yang membuatku betah di dunia blogger adalah bertambahnya ilmu dan wawasan. Baik dari obrolan sesame blogger. Dari narasumber. Dari brief tugas dan lain sebagainya. Dunia blogger membuatku untuk senantiasa terus belajar.

 

3.      Jadi guru profesional

Keuntungan lainnya adalah aku bisa menjadi guru professional . Teori Bahasa Indonesia bisa diperkaya dengan aplikasinya di lapangan. Cara membuat cerpen, iklan, menulis dan lain sebagainya. Ah, ilmu di dunia blogger sungguh tak terbatas hingga aku bisa memberikan ilmu-ilmu itu kepada murid-muridku. Ilmu Bahasa Indonesia, ilmu tentang hidup, maupun kreatifitas dan inovasi dari dunia konten kreator.

 

4.      Semakin terampil menulis

Dengan beragam acara blogger yang kuikuti, semakin membuat diri ini terampil menulis. Apalah artinya blogger kalau tidak menulis di blog? Setiap menghadiri acara blogger, kami diharuskan untuk membuat tulisan di blog sesuai dengan sudut pandang masing-masing. Tantangan inilah yang semakin mengasah kemampuan menulisku dari hari ke hari.

 

5.      Kreatif

Dunia blogger identik dengan dunia kreatif. Bagaimana mengkreasikan ide yang sama tapi hasil yang berbeda? Bagaimana menghias blog dengan beragam unsur pemanis? Foto, gambar, video, infografis dan sebagainya. Semua itu butuh kratifitas.

Dengan beragam manfaat tersebut, rasanya kurang afdol kalau kita tidak berbagi ilmu dan pengalaman juga. Inilah caraku berbagi ilmu dan pengalaman dengan blog.

1.      Membuat tulisan yang bermanfaat

Inilah yang menjadi tujuan utama menulis di blog. Aku ingin membuat banyak tulisan yang bermanfaat. Memberikan tambahan ilmu pengetahuan, memperkuat mental, memperkaya pengalaman hidup, memberikan beragam tips dan sebagainya.

 

2.      Berbagi ilmu Bahasa Indonesia

Inilah tugas utamaku sebagai guru blogger. Aku adalah guru Bahasa Indonesia. Melalui tulisan di blog ini, aku sering memberikan beragam ilmu pengetahuan tentang Bahasa Indonesia. Teori-teori Bahasa Indonesia, seperti konjungsi, kata ulang, unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen dan sebagainya.

Juga beberapa tulisan berbagi praktik baik. Tulisan tersebut merupakan pengalamanku dalam menyampaikan materi Bahasa Indonesia di kelas. Pengalaman yang unik dengan tema atau cara yang tidak biasa. 

Setelah ini, aku harus memperbaharui tulisan-tulisan lama tersebut dan menambah tulisan baru. Banyak ilmu kebahasaan yang belum kutuliskan.

 

3.      Memberikan pelatihan menulis di blog untuk siswa

Pelajaran Bahasa Indonesia identik dengan menulis. Setelah mempelajari beragam teks, siswa diharuskan membuat tulisan tentang teks yang dipelajari tersebut. Membuat teks deskripsi, menulis cerpen, teks tanggapan, dan lain sebagainya. Tugas ini seringkali membuat siswa malas menulis.

Akhirnya, sejak beberapa tahun lalu, aku mengajak mereka menulis di blog pembelajaran Bahasa Indonesia. 9 Journey Sewu Blogspot Com. Sebuah blog yang dibuat oleh alumni, Yoshua. Warisan ini dimanfaatkan untuk mempublikasikan karya-karya siswa, khususnya tulisan.

 

4.      Memberikan pelatihan menulis di blog untuk guru

Tak adil rasanya, kalau hanya muridku saja yang bisa menulis di blog. Maka minggu lalu, melalui kegiatan komunitas belajar di sekolahku, kombel atau mgmp Bahasa Indonesia, aku juga memberikan cara menulis di blog kepada rekan-rekan guru Bahasa Indonesia.

Semoga dengan itu, siswa lain juga bisa menulis di blog. Blog 9 Journey Sewu ini juga bisa dimanfaatkan oleh seluruh siswa SMP Negeri 1 Cimahi untuk berkarya, khususnya menulis.

Nah, sobat yayuarundina.com, itulah oleh-oleh spesial dari acara BloggerDay 2024. Berbagi ilmu dan pengalaman menjadi hal yang penting untuk selalu menulis di blog. Semoga aku bisa semakin konsisten menulis di blog.

Selamat ulang tahun untuk Bloggercrony Community. Semoga di usianya yang kesembilan tahun ini semakin eksis mewarnai dunia perbloggeran Indonesia. Membuat blogger Indonesia semakin berkembang. Semakin maju dengan program-programnya.

 

Salam literasi

Sampai jumpa

4 komentar:

  1. Sayang ya mbak Yayu, kita tidak sempat ketemu dan ngobrol. Saking banyaknya, jadi bingung 🤭. Ternyata mbak rombongan dari Bandung ya. Berarti kemarin izin dong ya Bu Guru 😊. Salam kenal ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mbak Titi. Moga nanti ada kesempatan ngobrol ya. Seru ya Bandung hehehe

      Hapus
  2. Oalaaah mba Yayu ini guru bahasa Indonesia toh 😍. Pantesan tulisannya runut dan enak dibaca 👍.

    Sayang bangetttt aku kemarin ga bisa datang ke acara BCC mba, padahal pengen, tapi memang berhalangan banget. Makanya berharap THN depan bisa ikutan acara ini 😍. Pasti seneng ketemuan dengan banyak teman bloggers. Selama ini hanya tahu dr dunia Maya, pengen juga ketemu aslinya 😁👍

    BalasHapus
  3. alhamdulillah. Moga next time bisa ketemuan yah

    BalasHapus

Featured Post

Bubur Merdeka: Let’s Eat Porridge In Old Hotel

  Hai every one, I will bring you to eat porridge in old hotel. Do you want to join me? Let’s go. We walk to Gatot Subroto road in Cimahi....