Kelas Gratis BRT Network: Jungkir Balik Belajar SEO

Halo Sobat yayuarundina.com, kali ini aku ingin berbagi pengalaman pertamaku ngoprek blog. Mengutak-atik blog. Hancur dan berantakan gak ya hasilnya? Ini dia Kelas Gratis BRT Network: Jungkir Balik Belajar SEO Bersama Mbak Monica dan Mas Punto.

belajar-meta-seo-inspector
Kelas Gratis BRT Network

Apa itu SEO?

SEO adalah Search Engine Optimation. Pengoptimalan tulisan kita di halaman pertama Google. Para blogger profesional biasanya akan memperhatikan masalah ini.

Mereka akan berusaha maksimal agar tulisan-tulisan di blognya selalu berada di halaman pertama atau halaman-halaman awal Google. Mengapa? Agar tulisan tersebut banyak dicari orang. Banyak dicari berarti tulisan tersebut banyak dibutuhkan masyarakat.

Banyak jalan menuju Roma. Banyak cara pula untuk mendapatkan SEO ini. Mulai dari keyword, meta deskripsi, ALT image dan sebagainya.

Nah, di kelas gratis BRT Network ini, saya juga mempelajari hal baru tentang SEO. Materi yang bikin kepala ane pusing jadinya. Main kode-kodean kayak minta sesuatu sama si dia.

Suka Duka Belajar SEO di Kelas Gratis BRT Network

Di kelas gratis BRT ini banyak hal baru yang kupelajari. Benar-benar Gelap. Begitu banyak ilmu SEO dan blogging yang belum pernah kupelajari.

Di kelas gratis BRT ini, aku harus jungkir balik belajar SEO untuk mencerna ilmu dari para mastah. Mas Punto atau Mas Pewe, Mas Zen, Mas Priyo, Mbak Marita, Mbak Monica, dan Mbak Gilang

Ini dunia yang benar-benar asing bagiku. Belajar HTML yang mungkin selama ini kuhindari saking gak ngerti. Ada ketakutan tersendiri untuk otak-atik blog. Takut jadi kacau balau.

Namun, akhirnya, aku terjun juga ke dunia yang kacau balau ini. Tertatih-tatih. Mengerutkan kening. Membaca intensif. Bolak-balik ke sana kemari. Bahkan, sampai japri Teh Gita Sarah yang mengajakku untuk masuk ke kelas ini.

Barulah ada pencerahan yang terjadi. Kebingunganku menemukan gerbang edit HTML, terjawab sudah. Luar biasa kan perjuanganku, Sob?

Orang lain mungkin berhasil hanya dalam waktu beberapa jam saja di Google Meet. Aku baru berhasil sehari kemudian. Begitu pula di materi lainnya. Site Map.

Aku kembali tenggelam dalam kegelapan. Namun, akhirnya teman di satu grup C membimbingku dengan sabar. Step by step. Makasih teh Lita, Mbak Novia, Mbak Sakinah de el el.

Menjelang magrib, barulah aku bisa melihat wujud Site Map di blogku ini. Benar-benar asing dengan tulisanku sendiri. “Kok beda ya? Apakah ini benar tulisanku atau tulisan Mbak Lita?” bisikku takut.

Namun, setelah membuka salah satu tulisannya, barulah yakin, itu semua adalah tulisanku sendiri. Hanya penampilannya yang berbeda.

Oh ya, kini ada banyak perubahan dalam blogku. Termasuk penambahan nama blog agar sesuai dengan standar Meta SEO. Nama blogku menjadi Gerbang Matahari Arundina.


blog-yayuarundina
Penampilan Baru Blog Gerbang Matahari


Apa sih yang Dipelajari dalam Kelas Gratis BRT Network?

Materi yang dipelajari dalam kelas gratis BRT Network adalah lampu Aladin. Eh bukan. Hanya lambangnya saja yang menggunakan dua lampu pijar.

Materi yang dipelajari dalam kelas gratis BRT Network ini adalah Meta SEO Inspector. Meta SEO Inspector merupakan tools yang bisa memeriksa meta data dalam halaman web dengan mudah, menemukan masalah dan memberikan saran untuk memperbaikinya.

Berikut Langkah-langkah memanfaatkan Meta SEO Inspector

 

meta-seo-inspector

 Banyak hal yang harus kuperbaiki dalam blogku. Ini dia beberapa hasil ngoprek blogku:

1.      Jumlah header blog yang kurang. Jadi aku harus menambahkannya.

2.     Bahasa yang tidak spesifik. Jadi aku ketikkan lang=id secara manual di kode html khusus.

3.     Site map yang belum ada. Jadi kutambahkan.

4.     Cek dan ricek Google Analityc dan Google Search Console. Ini peer bangets untuk memahaminya.

d     Dan masih banyak hal lain yang kulakukan untuk ngoprek blog ini.Walau pusing, tapi seru dan asyik.

 Apa Pendapat Temanku Tentang Kelas Gratis BRT Network ini?

Bukan hanya aku yang belajar tentang Meta SEO Inspector ini. Banyak orang. Di hari kedua, kami dibagi dalam kelompok-kelompok kecil.

Aku berada di kelompok C bersama enam orang lainnya. Iseng kutanya dua orang temanku ikut kelas gratis BRT Network ini.

Suka Duka Mbak Sukma Ikut Kelas Gratis BRT Network

 

suka-duka-sukma
Cerita Mbak Sukma

 Suka Duka Mbak Bening Ikut Kelas Gratis BRT Network

 

suka-duka-bening
Cerita Mbak Bening

8 komentar

  1. Aku seneng banget Mbak, bisa ikut kelas ini. Sangat-sangat senang. Semoga kita bisa sampai akhir kelas dan bisa praktikin semuanya ya. semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. betol walau pusing tujuh keliling dan peer belom kelar hehehe

      Hapus
  2. wah di atas sendiri sudah langsung disuguhi SEO, saya kalau baca ini, ngerasa nggak ngerti apapun, mbak. mesti belajar lebih banyak lagi

    BalasHapus
  3. walau pusing aku pun seneng bisa ikut brt ini, byk ilmu yg didapat dan dipraktekan lgsg di blog

    BalasHapus
  4. Tetap semangat mbaaakk.. nanti ikutan lagii kalo ada kelasnyaa

    BalasHapus