Resep Masak Praktis Empal Tempe Tahu

 

Halo Sobat yayuarundina.com, masak-masak yuk! Kali ini kita bikin masakan yang praktis, cepat dan gampang-gampang aza. Ini dia Resep Masak Praktis Empal Tempe Tahu.


empal gentong H. Apud
Semangkok Empal Gentong H. Apud


Kalian pasti sudah tahu masakan terkenal dari Cirebon ini, ya kan?  Pernah icip-icip kuliner Cirebon Empal H. Apud? Wah, ini sih rasanya mantap banget deh.  Kok resepnya Empal Tahu Tempe? Bukan Empal Gentong?

Nah, pas kemarin jalan-jalan ke Cirebon, ternyata ketika beli oleh-oleh di daerah pasar Kanoman, ada bumbu jadi Empal Gentong dan Empal Asem. Udah kepikiran bikin resep Empal Tempe Tahu?


bumbu empal gentong dan empal asem
Oleh-oleh Cirebon Bumbu Empal Gentong dan Empal Asem

Aku langsung bahagia bangets deh dapet bumbu ini. Rasanya makan semangkok Empal Gentong H. Apud masih kurang banyak. Lidah rasanya masih bergoyang-goyang terus. Masih nagih makan Empal Gentong lagi. Sayang, kita semua harus pulang ke Bandung.


Empal gentong H. Apud
Empal Gentong H. Apud

Akhirnya, kemarin, aku bisa masak-masak lagi. Aku suka masak yang praktis-praktis. Gampang dan cepat selesai. Kalau kalian bagaimana?

Aduh, satu masalah datang nih saat mau masak. Gak ada bahan buat masak empal gentongnya. Malas ke pasar. Malas ke warung. Di warung, pasti gak ada daging sapi, ya kan. Untungnya ada mamang tahu lewat. Udah deh, aku beli tahu andalan dan tempenya yang enak. Jadilah, aku masak Resep Empal Tempe Tahu

Kalian mau nyoba resepnya? Ini dia Resep Masak Praktis Empal Tempe Tahu.

Bahan:

               3 potong tahu kuning

               ½ papan tempe

               2 sdm bumbu Empal Asem

               1 buah dada ayam matang (sudah dimasak)

                  Garam secukupnya

                   Merica bubuk sejumput saja

                  Air

                  Sayuran secukupnya ( saya menggunakan kol 3 lembar)

 

Cara Membuat:

1.      Tumis bumbu Empal Asem sebentar

2.      Tambahkan air

3.      Masukkan tempe yang telah dipotong-potong sesuai selera

4.      Masukkan kol

5.      Masukkan tahu yang telah dipotong dadu

6.      Aduk rata

7.      Masukkan suwiran dada ayam

8.      Biarkan mendidih

9.      Tambahkan garam

10.   Icip-icip

11.   Sajikan

12.   Lengkapi dengan sambal, mentimun, daun kemangi, dan emping

Nah, itu Sob, resep masak praktis Empal Asem Tempe Tahu  ala Yayu Arundina. Praktis kan? Resep ini cukup untuk 4 porsi. Cukup untuk sehari makan nih. Pagi dan sore hari. Setujukah Sobat yayuarundina.com? Boleh juga loh resep ini dilengkapi rempah-rempah. Sereh, daun salam, laos, daun bawang, jahe. Biar sehat.

Resep ini cocok juga untuk mereka yang vegetarian kali ya? Tinggal hilangkan daging ayamnya saja. Pernah dapet info juga sih dulu-dulu. Para vegetarian mengganti daging dengan tempe atau tahu ini. Betul gak sih? Ada cara khusus mengolah makanan yang mirip bangets dengan daging. Sobat, ada yang tahu nama dan caranya?

Sssst…, aku masukkan daging ayam di resep karena ada satu dada ayam yang semalem belum sempat dimakan xixixi…. Daripada mubazir, ya sudah aku jadikan Empal Tempe Tahu saja. Jadi, tetep resep Empal ini ada rasa gurih dagingnya, walau bukan daging sapi sebagai bahan utamanya.

Oh ya, apa sih bedanya antara Empal Gentong dan Empal Asem? Dari penjelasan pegawai di Empal H. Apud, bedanya  ada di kuah. Empal Gentong menggunakan santan, sedangkan Empal Asem tidak bersantan. “Empal Asem itu bening,” katanya.

Sobat yayuarundina.com,  betapa bahagianya jika jalan-jalan itu ada hasil atau manfaatnya. Bisa dapat pengetahuan baru atau tulisan sebagai konten blog. Paling asyik jika dapat resep baru seperti ini. Berkreasi dengan bumbu Empal Asem. Gak ada daging sapi, tahu tempe pun jadilah.

Betul ya, jalan-jalan itu menjadi sebuah keharusan untuk mengenal dan mengetahui banyak hal. Kalian setuju?

Ok, deh Sobat yayuarundina.com, sampai di sini ya perjumpaan kita kali ini. Selamat mencoba resep Empal Asem Tempe Tahunya. Semoga sesuai dengan selera kalian.

 

Sampai jumpa

 

16 komentar

  1. Kreatif banget emang tetehku yang satu ini. Aku jadi kangen ngebolang sama teteh lagi deh 🤗🤗🤗🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk ah ngebolang lagi, kita cari resep/ kuliner baru buat konten blog 😄😍

      Hapus
  2. aku suka empel,ngebayangin nih enaknya masak jadi satu empal tempe tahu dimakan bersama nasi hangat,jadi ngeces nih kak,ha...ha...ha.Praktis ya kak ada bumbu empal asem

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... Langsung masak dan makan aza biar gak ngeces lagi 😄😆

      Hapus
  3. duhhh sedep banget. membayangkan kuahnya yang seger dan dinikmati dengan nasi putih yang dipenuhi taburan bawang goreng. Tambahin kerupuk udang... sedaappp

    BalasHapus
  4. Gak pernah nolak deh aku kalo disuguhi empal, mau empal daging atau tahu, bumbunya tuh khas Indonesia banget, temennya tuh nasi panas, sambel kerupuk, wuuh mantap

    BalasHapus
  5. Malem2 baca artikel ginian bikin gagal diet sih kak wkwkwk . Kreatif banget kak dan itu hmmm bumbu empal gentong nya aku mauuu wkwkw

    BalasHapus
  6. Pernah ke Cirebon sekali dan makan empal gentong, ternyata mirip sama soto ya penampakannya. Kuahnya kuning ada dagingnya. Eh, ini malah ada bumbu instannya dijual, bisa nih dipake buat oleh-oleh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak kan yah. Ya, nih oleh-oleh baru selain batik Trusmi dan hasil laut

      Hapus
  7. Kuah empalnya menggoda banget, aku juga suka masak plung plung plung kak, hehe, masih ada sisa daging or tempe semalam pun ikut diolah biar nambah banyak isinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tooosh. Asyik yah kalau masak-masak praktis tinggal plung 😄😍

      Hapus
  8. Ahh, jadi teringat kunjungan saya hampir 5 tahun lalu ke H. Apud, buat makan empal gentong. Enakk memang. Tapi buat yg ngga terlalu suka daging2an kaya aku, empal diganti tempe dan tahu, ide bagus juga. Yang penting tuh kuah empalnya yang khas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mengapa gak suka daging? Tempe dan tahu juga enak yah

      Hapus