12/20/2019

KUCARI TEMAN SEJATI: LAPTOP TERBARU DAN CANGGIH HP SPECTRE X 360


                 Hai sobat yayuarundina.com, kamu lagi mencari laptop gak nih? Di zaman serba digital ini sudah pasti, laptop adalah kebutuhan utama kita. Apalagi laptop canggih seperti HP SPECTRE X 360. Wah bisa jadi pasangan ideal eh teman sejati kita dimanapun kamu berada.

Laptop Idaman: HP Spectre x360

            Siapa orang yang tak butuh laptop? Rasanya mustahil. Anak muda. Orang tua. Pelajar. Pegawai. Pengusaha. Semua orang butuh laptop untuk berbagai aktivitas. Dari yang serius sampai santai. Main games. Belajar. Bekerja. Mengolah data. Bikin konten creator. Menulis. Bahkan, ujianpun tak lepas dari laptop.
            Kalian sering kebingungan pilih-pilih laptop? Kalau ya, samaan dong kita. Hayoook jujur, lebih sulit mana antara memilih laptop dan memilih jodoh? Aku paling nyerah kalau harus milih laptop. Super bingung loh, Sob. Biasanya, aku dan teman-teman di sekolahku akan minta saran pada ahli IT kita, Pak Iyus. Dari saran beliau ini, baru deh kita bergerak mencari laptop sesuai dengan kebutuhan kita. Tapiii, tetep aza pas di toko bingung kita gak hilang. Malah tambah bingung, karena banyak pilihan laptop yang cantik dari berbagai merek. Mati kutu deh kita.

We and Laptop HP Spectre x360


LAPTOP HP SPECTRE X360
            Nah, biar kalian tidak bingung dan tidak mati kutu saat memilih laptop sepertiku kemarin-kemarin tuh. Aku mau kasih bocoran soal laptop terbaru dari HP. Namanya Laptop HP Spectre X360. Rabu, 18 Desember yang lalu, perusahaan ini meluncurkan produk terbarunya. Bertempat di Saka Bistro, jalan Karangsari no 2 Sukajadi Bandung.
            Dari acara itu, aku lumayan punya ilmu baru tentang seluk-beluk sebuah laptop. Pak Hendry Wijaya dan Pak Catur banyak memberikan informasi tentang produk baru ini, Laptop HP Spectre x360. Plus aku minta tambahan informasi juga dari ahli IT di sekolah, Pak Asfir. Komplit deh pemahamanku.

Pak Hendry Widjaja, Indonesia Chief Operating Officer HP inc

            Jujur, setelah melihat langsung dan mendapatkan informasinya, aku berharap laptop ini bisa jadi jodoh dan teman sejatiku. Kalau ibarat manusia nih, HP Spectre x360 ini adalah cowok paripurna yang selalu jadi idaman semua wanita. Bibit, bebet, dan bobotnya baik bener. Perfect luar dalam. Fisik dan psikis.
            Banyak hal yang kusuka dari laptop terbaru ini. Kamu mau tahu? Ini dia aspek-aspek positifnya:
1. Mungil dan Ringan
            Ini nih salah satu hal yang menjadi pertimbanganku dalam memiliki laptop. Karena laptop itu harus kubawa kemana-mana untuk berbagai acara. Blogger. MGMP. Sekolah dll. Maka, laptop itu harus ringan dan kecil agar pundakku tak sakit saat harus menggendongnya. Laptop mungil dan ringan adalah teman sejatiku. Beratnya hanya sekitar 1 kg saja.

HP Spectre x360 mungil dan ringan


2. Baterai Awet
            Hal kedua yang harus dimiliki sebuah laptop idamanku adalah baterainya awet nian. Cape hate kalau baru kerja dikit, baterai abis. Harus dicas. Kesel. Aku tuh paling gak suka nulis saat laptop dicas. Bikin cepet rusak katanya. Bener, gak? Nah, Laptop HP Spectre x360 ini baterainya bisa bertahan sekitar 22 jam. Mantul yah.
,
3. Ngecas Cepet
            Daya tahan baterai memang ada batasnya, kan. Nah, satu hal yang membuatku gembira, kalau laptop ini habis baterai adalah tak perlu berlama-lama untuk menunggu isi baterai. Dalam waktu sekitar 30 menit saja, baterai laptop ini akan terisi full. Hemat listrik deh.

4. Window 10 dan Window Hello
            Laptop ini menggunakan program terbaru. Salah satunya adalah Window hello. Dengan fitur terbaru dari  Microsoft ini, keamanan dan personality akan lebih terjamin, karena laptop akan mengidentifikasi wajah kita. Kalau bukan kita, lu lebih baik ngacir aza deh. Gakkan dikenali sama laptop canggih ini. Keamanannya juga dilengkapi dengan fingerprint.

5. Processor 10th Gen Intel Core
            Inilah otak cerdas yang digunakan dalam laptop ini. Kinerja laptop ini menjadi dua kali lipat. Laptop ini akan memberikan kebebasan dan fleksibilitas kepada pengguna untuk menciptakan apa dan kapan pun sesuai keinginan.

6. Wifi Kenceng
            Kecepatan dalam pengiriman file juga semakin mendukung kinerja laptop ini. Kita biasanya akan sangat puas kalau pengiriman file sangat cepat. Anti lelet. Apalagi untuk kebutuhan yang sangat penting dan mendesak, seperti memenuhi deadline.

7. Layar Kece
            Layar pada sebuah laptop itu ibarat mata. Mata yang cantik mencerminkan hati yang cantik pula. Dengan dukungan dual 4K, tampilan gambar di layar menjadi jernih, tajam dan sangat menarik. Gambar makanan menjadi semakin menggoda dan bikin lapar. Selain itu, layar juga dapat disentuh karena laptop ini menggunakan system Amoled.
            Laptop ini juga memngkinkan untuk diputar balik sampai 360 derajat.




8. Memori Besar
            Memori yang bisa menampung banyak data adalah surga bagi para pengguna laptop. Kita tak perlu khawatir untuk menyimpan video, foto dan data lain yang kapasitas memorinya besar. Laptop konvertibel  Hp ini memiliki daya tampung memori sebesar 16 GB LPDDR4. Hal ini juga mendukung laptop bisa mereduksi panas, apalagi dengan sentuhan logam khusus di bawah keyboard.

9. Harga
            Laptop dengan kualitas bagus juga biasanya memiliki harga yang bagus pula. Inilah hal yang bikin nyesek di dada. Laptop HP Spectre X360 ini dibandrol dengan harga sekitar Rp 19.999.000,-.
Ah, tapi kalau rejeki gakkan kemana yah. Hayooo nabung dulu dan hidup hemat demi memiliki laptop kece ini.
 Kalau aku mah mau berdoa,”Moga aza ada pangeran tampan yang akan memberikan kado ulang tahun berupa laptop HP Spectre x360 ini.”
Aamiin.

Ok deh, Sobat yayuarundina, segitu dulu yah ilmu yang kubagikan tentang sebuah laptop terbaru dari HP. Semoga bermanfaat dan kita tak kebingungan lagi kalau milih-milih laptop idaman. Lumayan nih nambah skill literasi digitalnya.
Sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Salam Literasi



12/09/2019

Makan Siang di Hotel Tjimahi


      Minggu kemarin, bersama dengan komunitas Tjimahi Herritage, kami mendapatkan kesempatan jelajah hotel pertama di Cimahi. Banyak cerita sejarah di sana. Salah satunya adalah dua buah kamar di hotel itu. Dulunya, merupakan losmen untuk keluarga Ibu Ani Yudoyono saat ayahnya bertugas menjadi komandan RPKAD di Batujajar. Ternyata Bu Ani pernah menjalani masa kecil yang menyenangkan di Cimahi.
      Di akhir perjalanan, aku dan beberapa temanku ingin bernostalgia di Kantin Hotel Tjimahi. Mencicipi kuliner masa lalu, cerita dan suasana kantin. Akhirnya, kami makan siang bersama di hotel Tjimahi. Asyik juga menjajal kuliner jadoel.
 
Sebagian menu yang tersaji saat itu

11/23/2019

RPP BEST PRACTISE BAHASA INDONESIA: CERDAS BERINTERNET UNTUK MENULIS TEKS EKSPOSISI


Nama: Sri Rahayu Setiawati, S.Pd
         Sekolah: SMPN 1 Cimahi

RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

KELAS                                   : VIII ( Kurtilas )
MATA PELAJARAN           : Bahasa Indonesia
TOPIK                                   : Teks Eksposisi
SEMESTER                          :  GANJIL

DESKRIPSI KEGIATAN    : Pembelajaran ini berupa persiapan menulis teks eksposisi. Di pertemuan sebelumnya, siswa diharuskan membuat rancangan atau kerangka karangan teks eksposisi. Siswa harus sudah memiliki isu atau masalah dan rangkaian argumentasi. Jadi, untuk proses pembelajaran ini, siswa sudah memiliki pengetahuan siap.

Gree one
Khusyu menelaah wacana

Untuk melengkapi dan memperkuat kerangka karangan, khususnya rangkaian argumentasi, siswa diwajibkan untuk mencari informasi yang sesuai dengan masalahnya. Fokus pencariannya dengan menggunakan internet dan perpustakaan sekolah. Proses pencarian informasi dalam RPP ini hanya terbatas pada media internet saja. Hal ini merupakan wujud dari langkah kedua dalam menyusun teks eksposisi, yaitu membaca berbagai bahan bacaan/ informasi.
Oleh karena itu, perlu kiranya siswa dibekali dengan pengetahuan menemukan informasi yang valid. Tujuannya agar mereka menjadi siswa yang cerdas berinternet, dan tidak tersesat di dunia informasi yang salah/ hoaks.

BACA JUGA:  https://www.yayuarundina.com/2019/11/best-practise-belajar-cerdas.html


METODE PEMBELAJARAN: Inkuiri, demonstrasi, ceramah, tanya jawab
TUJUAN                                :
     1. Siswa dapat menemukan informasi yang memperkuat masalah
     2. Siswa dapat menemukan informasi yang benar
     3. Siswa dapat menghindari hoaks
     4. Siswa dapat menemukan informasi untuk membuat rangkaian argument
     5. Siswa dapat membuat rangkaian argument
     6. Siswa dapat membuat sebuah teks eksposisi secara lengkap dan sistematis (pertemuan terakhir)

ALOKASI WAKTU             : 6 jam pelajaran
BAHAN AJAR                      : rancangan teks eksposisi, masalah, menemukan informasi yang valid
MEDIA YANG DIGUNAKAN: Buku Bahasa Indonesia karangan E. Kosasih, internet/ komputer, kartu gagasan

PROSEDUR
KEGIATAN
WAKTU
ISI
KETERANGAN
Pertemuan Pertama
Pendahuluan


5
10


Presensi
Persiapan Lab Komputer

Inti
60
*Membaca kembali kerangka karangan, khususnya isu atau masalah
*Mencari Informasi di internet

10 menit



50  menit

 Penutup
5
Pemberitahuan pembelajaran berikutnya

Pertemuan Kedua
Pendahuluan


5


Presensi

Inti
70
*Materi Cerdas berinternet
*Mencari informasi valid
15 menit

55 menit
Penutup
5
Post tes:
1. Sebutkan ciri-ciri informasi yang valid!

Pertemuan Ketiga
Pendahuluan


5


Apersepsi

Inti
70
*Mengecek kebenaran informasi
*Memilih dan menulis 2 informasi terbaik di kartu gagasan
30 menit

40 menit
Penutup
5
*Pengumpulan kartu


NB: MODEL RPP ALA RUANG GURU

11/11/2019

BIS DIENG: DAYA DUKUNG WISATA KE NEGERI DI ATAS AWAN

Negeri di Atas Awan

Hai Sobat Yayuarundina, kita jalan-jalan lagi, yuk! Kali ini, kita jelajahi Dataran Tinggi Dieng. Konon, kabarnya Negeri Di Atas Awan ini dulu tempat bertapanya para Dewa. Itulah sebabnya wilayah ini disebut Dieng Plateu. Ada beberapa tempat wisata yang bisa kita kunjungi dengan sebuah bis kecil. Betul Sobat, Bis Dieng ini menjadi Daya Dukung Wisata Ke Negeri Di Atas Awan.

Bis Kecil Dieng - Sumber Gambar: tsabitatourdieng.com

11/07/2019

Best Practise: Belajar Cerdas Berinternet untuk Menulis Teks Eksposisi

 
Keseruan Cerdas Berinternet

     
      Hai Sobat Yayuarundina, kali ini kita belajar bareng yuk! Ok. Minggu ini saatnya menemukan informasi untuk bahan penulisan teks eksposisi. Cari fakta, data, pendapat, hasil penelitian, kasus dan sebagainya untuk mengisi rangkaian argumen. Inilah saatnya Belajar Cerdas Berinternet dalam Menemukan Informasi Valid untuk Menulis Teks Eksposisi.

Mejeng dulu dong


11/03/2019

Sensasi Ngopi di Cafe Lava Goa Lawa

   
Cafe Lava di Goa Lawa
      Hai, sobatyayuarundina, kita ngopi cantik yuk! Kali ini tempatnya unik. Di sebuah goa yang terbentuk dari magma. Namanya Goa Lawa.Di sini, ada sebuah cafe untuk ngopi cantik. Yuk, rasakan sensasi ngopi di Cafe Lava Goa Lawa. Bagaimana rasanya?
   
Foto-foto dulu sebelum pesan kopi

Menunggu pesanan datang
      Dalam kabut yang turun sejak pagi, kami melakukan perjalanan. Dari kejauhan sudah terlihat awan hitam. Ketika sampai di lokasi obyek Wisata Goa Lawa di Purbalingga, Jawa Tengah, hujan cukup deraspun menyambut kedatangan kami. Sempat kami terdiam sambil menikmati makan siang. Menunggu hujan reda dan kabut menyingkir. Namun, pesona alam itu ternyata nempel kayak perangko dengan acara kami. Akhirnya, dengan berjas hujan dan payung, kami berjalan berombongan menuju Gua Lawa.
Perjalanan dalam kabut
      Tak seperti di Bandung, kami harus menuruni tangga untuk masuk ke gua. Pemandangan eksotis yang kami rasakan. Tak sabar ingin segera menikmati Sensasi Ngopi di Cave Lava Goa Lawa. Cafe inilah yang langsung terlihat saat menuruni tangga.
      Setelah memasuki gua, kami segera mencari lokasi Cave Lava ini, dengan bantuan pemandu, akhirnya kami tiba di sana. Tak terlalu sulit dan jauh. Hanya memutar sedikit, kami bisa sampai di lokasi.
      Suasananya cukup terang dan nyaman. Beberapa kursi dan meja disusun seperti cafe pada umumnya. Langsung kami acak-acak untuk acara foto. Bergaya itu jadi kebutuhan bukan?
      Udara segar terasa di dalam gua. Konon kabarnya, dinding goa ini mengandung oksigen tingkat tinggi. Suasana segar ini tentu sangat berbeda dengan goa pada umumnya yang selalu pengap dan gelap. Dihiasi lampu warna-warni membuat kami betah berada di sini.

      Setelah menikmati suasana sejenak, kami segera memesan menu cafe. Coklat panas, susu jahe, kopi, dan  mendoan. Ini adalah sebuah surga dunia, setelah kami berdingin-dingin ria dalam hujan dan kabut.
      Aliran  coklat cukup panas menyegarkan badanku. Membasahi tenggorokanku. Ah, rasanya nikmat sekali.
Horeee pesanan coklat panas dan jahe siap dinikmati
      Kenikmatan itu semakin bertambah dengan harga yang cukup murmer. Temanku membeli kopi dan mendoan hanya membayar sekitar Rp 45.000,- saja.
      Harga yang murah untuk acara cantik. Cara terbaik menghangatkan tubuh.
Kalian mau juga?
Ayo, buruan ke sini! Seruuu loh 😄😍😋

Harga:
Coklat Panas = Rp 30. 000,-
Kopi.               = Rp 10.000,-
Susu Jahe.      = Rp 10.000,-

10/20/2019

WAKE UP WAKAF DOMPET DHUAFA

Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain

Hai Sobat Yayu Arundina, ayooo banguuun. Wake up… Wake up. Wake Up Wakaf Dompet Dhuafa, pernah mendengar istilah ini? Kali ini, aku ingin ngajak kalian jalan-jalan ke Subang. Tepatnya ke Desa Cirangkong, Kecamatan Cijambe, Subang, Jawa Barat. Yuk, melihat Kebun Indonesia Berdaya sebagai bukti nyata pemanfaatan wakaf produktif.
 
Kebun Indonesia Berdaya Subang Jawa Barat

10/06/2019

Review Film Bebas, Yuk Reuni di Bioskop

      Hai Sobat Yayu Arundina, ada film terbaru dari Kang Riri Reza dan Mira Lesmana nih. Ada yang tahu? Bebas judul filmnya. Hayoook, apa maknanya menurut kalian?

      Baru kali ini nih, aku nonton film Indonesia yang menggunakan alur campuran. Maju mundur. Masa lalu dan masa kini.  Biasanya kan alur maju menjadi andalan film Indonesia.
      Walaupun demikian, jalan cerita film ini tetep asyik dan utuh. Kita bisa menikmatinya secara jelas. Bolak-balik waktu remaja dan dewasa terasa pas dengan kebutuhan cetita. Gak bikin bingung. Malah, kita dibikin enak ketawa karenanya.


      Di film ini, banyak bintang film dan artis papan atas. Marsya Timothy, Baim Wong, Widi AB3, Indri Barend, Susan Bachtiar, dan lain-lain. Mereka terlihat kompak dan sehati sebagai sahabat.
      Hidup memang butuh teman sejati sampai akhir. Sepertinya itulah pesan tersirat yang ada di film ini. Apapun yang terjadi, kekompakan dan kebersamaan menjadi utama.

Geng Blogger Bebas


      "Bebas nama genk kalian tapi bukan berarti kita bisa bertindak seenaknya dan kalian bisa bebas berbuat sesuka hati"
      Film ini menjadi ajang kembali ke masa-masa ceria, kembali reunian atau kumpul-kumpul, seru deh pokoknya. So, kamu yang ingin tetap awet muda, bahagia dan jalan-jalan sangat layak untuk menonton film ini.

Salam
#FilmBebas
#ReunidiBioskop
#milesfilm

9/28/2019

INSPIRASI RUMAH IDAMANKU: SI MUNGIL YANG MANIS


Hai Sobat yayuarundina, kalian punya impian rumah idaman gak? Asyek yah punya harapan seperti itu, apalagi jika bisa menjadi kenyataan. Sepertinya semua orang pasti punya mimpi seperti itu. Akupun sama. Ingin punya rumah mungil dua tingkat dengan halaman di sekelilingnya. Namun, jangan terlalu luas, cape beberesnya. Adakah Inspirasi rumah mungil yang kalian punya? Inspirasi rumah idamanku adalah Si Mungil yang Manis.

Si Mungil yang Manis - Photo by Irma

9/23/2019

PERAN HAYU MACA DALAM MENUMBUHKAN LITERASI DI KOTA CIMAHI

Lapak Buku Hayu Maca di Taman Kartini



         Gaung Literasi sudah lama berkumandang. Banyak kegiatan literasi yang dilakukan oleh banyak pihak. Seminar literasi, pelatihan menulis, peluncuran program literasi dan lain sebagainya. Semua bersinergi untuk memperbaiki kemampuan literasi anak bangsa. Keluarga. Pemerintah. Sekolah. Masyarakat.
              Salah satu peran masyarakat dalam menumbuhkan literasi ini adalah Hayu Maca. Pertama kali, saya mengenal komunitas ini saat acara bedah buku Jelajah Kampung Bersama komunitas Tjimahi Heritage. Komunitas ini mengadakan acara di Taman Kartini. Bekerja sama dengan Komunitas Hayu Maca. Sempat muncul pertanyaan di benak saya,”Apa itu Hayu Maca?” Hayu maca merupakan kosakata Bahasa Sunda yang bermakna Ayo Membaca. 

Profil Hayu Maca
              Berawal dari keprihatinan tentang rendahnya literasi di Indonesia, Hayu Maca merasa tergerak untuk berbuat sesuatu. Tak cukup hanya kritikan dan kutukan. Butuh aksi nyata! Oleh karena itu, Pendiri Hayu Maca, Teh Asri, Kang Idon dan istrinya mulai membuka lapak baca sederhana. Kegiatan ini sekaligus juga menjadi media untuk meramaikan ruang terbuka hijau. Sungguh asyik membaca di sebuah taman terbuka. Udara segar. Bacaanpun ikut menyegarkan hati dan pikiran kita.  Ruang terbuka hijau jadi semarak dengan kegiatan literasi baca tulis.

Salah Satu Founder Hayu Maca
 
Akhirnya, secara rutin dan konsisten Hayu Maca membuka lapak baca atau lapak buku, sekaligus ruang bermain, dan ruang belajar bersama di Cimahi. Kegiatan ini juga sekaligus menggerakkan masyarakat untuk mendonasikan buku dan perlengkapan lainnya yang bermanfaat untuk berbagai kegiatan.
Konsistensi itu pula yang membawa banyak rejeki. Salah satunya adalah pada 2018, Hayu Maca memiliki badan hukum secara sah. Hayu Maca menjadi sebuah Yayasan. Seorang notaris secara sukarela membantu komunitas yang bergerak di bidang literasi dan pendidikan ini.

Ikutan Mejeng Ah

9/22/2019

Semarak Hari Kunjung Perpustakaan Jabar 2019

   
     Halo Sobat yayuarundina.com, kita bersua lagi nih. Kali ini, aku ingin menulis tentang hari kunjung perpustakaan. Kamu tau gak sih? Jujur ini yang pertama kalinya kudengar 😄😊 Sempat heran sih, kenapa harus ada acara ini. Ternyata, memang biar perpustakaan itu jadi semarak, ramai dan yang penting makin banyak orang yang gemar baca.

      Semarak hari kunjung perpustakaan ini punya nilai strategis. Bisa saja menjadi ajang sosialisasi perpustakaan, apalagi Dispusipda Jabar ini letaknya jauh dari jalan besar 😊
      Bukan hanya sekedar itu, perpustakaan punya manfaat lain juga. Kita bisa menyalurkan hobi, belajar dan juga membaca buku-buku. Sssttt... Ada bocoran nih, di daerah Gedebage akan dibangun perpustakaan yang bisa mengakomodasi bermacam hobi. Lebih menarik lagi nih, kawasan ini juga bakal aman untuk para disabilitas. Keren yah😄😍👍
      Dalam rangka hari Kunjung Perpustakaan yang jatuh pada tanggal 14 September, Dispusipda Jabar mengadakan berbagai macam kegiatan dan lomba. Diantaranya adalah repostase buku dengan menggunakan Bahasa Sunda, review buku, menulis essay, mewarnai, dan lain-lain. Lomba-lomba ini bisa diikuti oleh para siswa SMA, SMP, TK. Kegiatan lainnya adalah Workshop Mendongeng.




      Dengan acara ini, suasana Dispusipda menjadi semarak. Banyak pengunjung yang datang dengan berbagai usia. Semoga selanjutnya, perpustakaan akan selalu menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Kalau bisa sih melebihi kecintaan masyarakat pada pusat perbelanjaan.
      Seiring dengan perubahan zaman, era konsumtif berganti menjadi era literasi. Masyarakat menjadi butuh untuk membaca, seperti halnya kita butuh makan dan berpakaian.
Ayo, ke perpustakaan!
Ayo, membaca!






Dispusipda Jabar:
Jalan Kawaluyaan II No 4, Jatisari, Buah Batu, Sukarno Hatta Bandung

9/04/2019

Kuliner Crowne Plaza Bandung: Sajian yang Menggugah Selera

   
     
Makanan lezat dan bergizi, bikin belajar jadi asyik

      Minggu siang yang cerah itu, kami berkesempatan menikmati makan siang di Crowne Plaza Bandung hotel bintang 5 di pusat Kota Bandung. Jalan Lembong no 19 Bandung.  Sederet hidangan tersaji di barisan depan. View kolam renang yang membiru menambah selera. Ingin tahu menunya? Ini dia videonya.





8/06/2019

DAIKIN ORIGAMI DAY: PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI ORIGAMI

Daikin Origami Day
      
Pentingnya Menanamkan Nilai Budaya Positif dan Menumbuhkan Kreativitas Anak dalam Era Modernisasi melalui Seni Melipat Kertas Tradisi Jepang

      Halo Sobat Yayu Arundina, pernah mendengar kata origami, kan? Yup, origami itu identik dengan seni melipat kertas. Masyarakat Jepanglah yang berhubungan erat dengan origami ini. Di sana, semua usia senang dengan origami. Kalau di Indonesia, origami itu termasuk dunia anak-anak. Hmmm... bakalan berubah gak yah imej seperti itu? Nah, apa hubungan origami dengan pendidikan karakter?
      Bercermin dari masyarakat Jepang, dalam menghadapi era modernisasi, sangat penting bagi kita untuk menanamkan nilai budaya positif, khususnya di kalangan anak-anak. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan media origami sebagai sebuah seni melipat kertas tradisi Jepang.  Origami ternyata juga sangat berperan dalam pembentukan karakter dan kecerdasan. Sabar, kreatif dan teliti menjadi karakter yang akan terbentuk jika menggeluti seni origami.
      Apa hubungan antara origami dan kecerdasan? Melalui seni melipat kertas ini, anak akan mampu mendapatkan perbendaharaan kata, mengembangkan pengetahuan dan melatih motorik kasar.

Peserta Daikin Origami Day

Featured Post

7 Tips Berlapang Dada Dalam Menghadapi Masalah Hidup

  Halo sobat yayuarundina.com – Kita membutuhkan   7 tips berlapang dada dalam menghadapi masalah hidup. Tanpa tips-tips ini, kita akan terj...