12/28/2022

Bandrek Bajigur Minuman Tradisional yang Bikin Kangen

 

Halo sobat yayuarundina.com – ada yang tahu bandrek bajigur? Ini nih Bandrek Bajigur Minuman Tradisional yang Bikin Kangen. Minuman tradisional khas Sunda yang biasanya digunakan untuk mengusir rasa dingin. Menghangatkan tubuh.

minuman tradisional khas sunda
Aneka jenis produk Bandrek Hanjuang


Bandrek Bajigur Minuman Tradisional Khas Sunda yang Bikin Kangen

Bandrek bajigur merupakan dua jenis minuman tradisional yang berasal dari Tanah Priangan, Jawa Barat. Khas Sunda. Bandrek berasa pedas karena ada jahe sebagai bahan utama pembuatan minuman ini. Sedangkan Bajigur berasa gurih manis, karena terbuat dari santan. Kedua minuman ini cocok dinikmati saat musim dingin atau hujan. Dengan minum ini, badan terasa lebih hangat. Kedua minuman tradisional khas Sunda ini dinikmati secara terpisah. Biasanya orang mengambil satu gelas bajigur dan satu gelas bandrek. Atau dibuat dan dinikmati berbeda waktu. Hari ini bajigur. Besok atau minggu depan bandrek.

Bandrek bajigur termasuk minuman tradisional khas Sunda yang mudah dibuat. Tinggal rebus air dan bahan-bahan utamanya sampai mendidih. Lalu, dihidangkan dengan kolang kaling atau cangkaleng untuk bandrek. Kelapa muda untuk bajigur. Teman minum bandrek bajigur ini adalah beragam jenis cemilan rebusan atau kukuluban  seperti kacang atau suuk rebus, hui atau ubi, ganyol, sampeu atau singkong, jagung. Bisa juga kue tradisional seperti katimus, dan rangesing atau ciu. Bisa juga beragam keripik dan gorengan. Comro, misro, rarauan, comring, dan keripik singkong.

Cemilan tradisional sunda
Aneka cemilan teman minum bandrek bajigur

Bandrek bajigur bisa dinikmati kapan pun. Pagi, siang, sore, atau malam hari. Biasanya kalau di daerahku, tukang bandrek bajigur ini lewat depan rumah sekitar jam dua-an, siang hari. Dengan roda khusus dan kecil. Di bagian depan adalah kudapan rebusan dan teman-temannya dan di belakangnya sebuah tempat khusus, sepertinya dari alumunium untuk tempat bandrek dan bajigurnya. Segelas masih sangat murah harganya, yaitu Rp 5.000,- saja. Kuluban atau cemilannya sekitar Rp 2.000,-. Mudah-mudahan ini harganya salah hehehe.

Tukang bandrek bajigur

Sambil santai, nonton televisi atau kegiatan lainnya, kami menikmati sajian bandrek dan bajigur ini. Aku paling sering minum bandrek dan kulub suuk atau kacang rebus. Beuh, nikmat tenan. Alhamdulillah. Apalagi saat batuk, bisa mengurangi batuknya. Enak di perut, dada dan kantong.

Berdasarkan pengamatanku, tukang bandrek bajigur ini sudah mulai langka. Dulu ada beberapa yang lewat dan di pinggir jalan juga ada yang jualan. Sekarang sih tinggal satu. Ini pun tak tiap hari. Rasanya sulit minum bandrek bajigur sekarang ini. Saat kita mau, tukang bajigurnya gak jualan. Haduh. Sebaliknya, tukang bajigur lewat, saat aku tak di rumah. Jadinya, kangen deh untuk minum bandrek bajigur ini. Minuman tradisional khas Sunda.

Baca Juga: https://www.yayuarundina.com/2021/08/memori-masa-kecil-hidup-di-kampung.html

Seperti halnya beragam kenangan manis lainnya, bandrek bajigur ini juga merupakan bagian dari masa kecilku. Bahan baku untuk membuat Bandrek Bajigur ini masih sangat banyak tersedia di kebun. Gula merah, pandan, jahe, kelapa. Tinggal ambil aza langsung dari pohonnya, kemudian diolah. Terbayang kan betapa fresh nutrisinya.

Dulu, mamah atau bibiku sering membuat minuman tradisional khas Sunda ini di rumah. Lezat tiada duanya. Kami membuatnya sering saat musim hujan tiba. Udara dingin yang menggigilkan tubuh perlu diusir oleh bandrek bajigur agar kami tak masuk angin. Anak kecil biasanya minum bajigur, orang dewasa bandrek. Atau bisa juga keduanya, hanya untuk anak kecil dikurangi jumlah takaran jahenya.

Bandrek Bajigur Masuk Hotel

Ada suatu masa yang bikin aku bahagia dan bangga. Ternyata minuman tradisional bandrek bajigur khas Sunda ini juga menjadi sajian coffee break saat aku berada di hotel untuk beragam acara. Ada pernikahan, pelatihan, dan workshop. Bandrek bajigur punya tempat khusus selain kopi dan pojok teh. Ada sebuah meja khusus tersedia untuk bandrek bajigur beserta kudapan lainnya, seperti kacang rebus, ubi rebus dan jagung rebus. Lengkap dengan gelas, dan alas untuk kudapannya. Ditata cantik mirip sebuah gubug. Selain itu di sebelahnya, ada juga beragam kue tradisional yang disajikan dalam nampan cantik. Kuliner Indonesia memang keren.

Baca Juga: https://www.yayuarundina.com/2022/03/jajanan-pasar-kue-tradisional-enak-yang.html

Bandrek Bajigur Menjadi Oleh-oleh Khas Cimahi

Sejak 2004 atau 2005, Cimahi punya oleh-oleh khas, yaitu Bandrek Hanjuang. Namun, pemasaran produk minuman tradisional khas Sunda ini sudah tersebar luas. Di beberapa toko oleh-oleh yang ada di kota lain, aku pernah melihat Bandrek Hanjuang terpajang manis di rak. Bangga rasanya.

Bandrek Hanjuang Oleh-oleh khas Cimahi


Bandrek Hanjuang ini merupakan nama merk minuman tradisional khas Sunda. Dikemas secara praktis tinggal seduh saja. 1 pak kecil Bandrek Hanjuang berisi 5 kemasan kecil. Satu kemasan untuk 1 gelas. Minuman tradisional ini sudah mengikuti perkembangan zaman. Sesuai dengan gaya hidup modern yang serba ingin lebih praktis.

Bandrek Hanjuang sekarang ini memiliki 9 rasa atau jenis minuman tradisional. Kesembilan jenis rasa itu adalah: sekoteng, bandrek, bajigur, jahe sereh, kopi bandrek, coklat bandrek, beas cikur, teh. Kalian suka rasa apa, Sob?


Minuman
Bandrek Hanjuang


Jika kalian berada di Cimahi, tinggal datang langsung saja ke jalan Cihanjuang no 204 Cimahi. Dekat dengan SMP Negeri 10 Cimahi. Menurut Teh Fitri, para tamu pemkot juga sering dibawa ke sini. Mereka membeli aneka produk Bandrek Cimahi untuk dibawa ke kotanya masing-masing. Selain itu, ada juga produk UMKM Cimahi, seperti comring, sumpia, rengginang, cuanki laksana dan lain sebagainya. Lokasi Bandrek Hanjuang ini bisa dicapai dengan mudah. Tinggal ke atas sedikit dari kantor Pemkot Cimahi.

Minuman
Salah satu produk umkm di Bandrek Hanjuang


Selain wisata kuliner, Bandrek Hanjuang ini juga bisa menjadi bagian dari sebuah perjalanan wisata. Kita bisa melakukan kunjungan ke pabrik Bandrek Hanjuang. Melihat proses produksi. Mo foto-foto? Ada juga studio khususnya.  Wisata edukatif ini harus dilakukan dengan perjanjian terlebih dahulu ke bagian humas, yaitu Pak Sanusi.

Bandrek Hanjuang ini dirintis oleh Pak Edi. Beliau mengolah hasil kebun jahe dan gula menjadi minuman tradisional. Alhamdulillah, sekarang usaha ini dilanjutkan oleh para putranya. Kini, di lokasi Bandrek Hanjuang ada juga tempat cukur, dan studio foto. Ke depan, ingin juga punya sebuah café.

Kalian kangen juga dengan minuman tradisional bandrek bajigur ini, Sob? Yuk, hangatkan badan kita dengan sajian enak, olahan nenek moyang. Mari kita cintai, kembangkan, dan lestarikan minuman tradisional khas Sunda yang lezat dan menyehatkan ini.

 

Sampai jumpa

Salam


Kontak Bandrek Hanjuang:

Humas Pak Sanusi: 081910305190


 

 

 

 

 

12/26/2022

Komunitas ISB: Inspirasi Semangat Ngeblog dan Pengembangan Diri

 

Sharing – Networking - Opportunities

Halo sobat yayuarundina.com – Kita berkenalan dengan sebuah komunitas blogger nih. Komunitas ISB: Inspirasi Semangat Ngeblog dan Pengembangan Diri. Komunitas ISB merupakan salah satu komunitas yang diikuti oleh para blogger. Yuk, kita gali lebih dalam tentang Komunitas ISB.


Ani berta


Komunitas ISB: Inspirasi Semangat Ngeblog dan Pengembangan Diri

Teh Ani Berta tak bisa dipisahkan dari Komunitas ISB. Beliaulah founder atau pendiri Komunitas ISB. Komunitas ISB banyak memberikan inspirasi semangat ngeblog dan pengembangan diri. Teh Anilah yang menjadi sumber utamanya. Aku sempat menjulukinya sebagai guru galak tapi jujur dan baik hati.

Pertama kali bertemu dengan founder Komunitas ISB itu saat acara mobil 123 di Trans Mart Bandung. Sebelumnya, aku sering mendengar nama Teh Ani Berta dari para blogger Bandung lainnya. Alhamdulillah, hari itu, aku bisa bertatap muka dan berkenalan dengan Teh Ani Berta. Kesan pertama yang menggoda. Sayang, Teteh Sunda Batak ini tinggal di Jakarta sehingga kami jarang bisa berkumpul dalam suatu acara blogger.

Belakangan, para blogger Bandung sering bercerita tentang acara rutin yang diadakan oleh Komunitas ISB. Sebuah kelas gratis untuk menimba ilmu blogging. Aku ingin sekali ikut dalam acara ini. Beberapa orang teman bloggerku sering noel aku di medsos. Sayang semuanya luput dari perhatian. Sampai akhirnya, waktu itu datang juga. Saat pandemi menjadi berkah untukku mengikuti acara tersebut.

Kelas blogging dari Komunitas ISB itulah yang menjadi inspirasi untukku. Bukan hanya materi blogging yang diberikan. Namun, cerita, pengalaman dan semangat Teh Ani dalam bekerja menjadi poin plus. Jujur itulah saat pertama kebangkitanku kembali. Setelah aku mengalami kekecewaan hebat dan down dalam bekerja, aku bisa menata ulang pikiranku, mind set-ku. Semangatku kembali datang. Tumbuh niatku untuk bisa menjadi blogger profesional. Lebih serius ngeblog.

   BACA JUGA: https://www.komunitasisb.com/2022/02/2-alat-penunjang-seorang-blogpreneur.html

Lalu, kami berada dalam satu grup Whatsapp. Suntikan-suntikan semangat itu terus mengalir. Teh Ani termasuk guru yang galak dan tegas. Namun, semua itu menjadi kebaikan untukku. Seperti hukum Newton I: Sebuah benda akan tetap terus diam (mager) atau terus bergerak. Kemageran bisa berubah tatkala ada gaya luar. Ketegasan dan disiplin yang ditekankan Teh Ani dalam memenuhi tugas blogging menjadi gaya luar. Mengubah sikapku yang masih suka lelet menjadi wajib memenuhi target. Nanti azalah berubah menjadi tugas harus masuk sebelum deadline.

Cerita-cerita hidup Teh Ani dalam banyak hal menjadi semangat dan inspirasi bagiku. Saat aku mendapatkan tugas pekerjaan yang menumpuk, aku ingat Teh Ani. Semangatku yang loyo, cape, frustasi berubah jadi semangat baru. Teh Ani aza bisa, masa aku nggak. Kesibukan Teh Ani yang luar biasa menjadi gaya luarku. Aku selalu berusaha untuk menyelesaikan tugas satu demi satu. Semangat. Kecuali sakit yang mengharuskanku istirahat. Inilah dunia baruku. Guru blogger.

Komunitas ISB dan Pengembangan Diri

Setelah mengikuti kelas blogging, aku pun mengikuti kelas-kelas lainnya yang diadakan oleh komunitas ISB. Langsung di bawah asuhan Teh Ani Berta.  Ada kelas tentang kemampuan berbicara yang disampaikan langsung oleh Erwin Parengkuan, Mrs Renata dan Tony Syahputra. Jelas sekali ini materi daging bangets bagiku sebagai seorang guru. Berbicara menjadi skill penting. Sebuah seni yang memiliki ilmu tersendiri untuk meraih kesuksesan di bidang ini.

Dengan bekal singkat ini, aku lebih berani untuk berbicara di depan orang banyak. Kesempatan pertama praktek public speaking ini datang saat Temu Pendidik Nusantara 9. Aku disarankan untuk mengikuti Kelas Karier dan Kelas Kemerdekaan. Di Kelas Karier aku berbagi pengalaman sebagai guru blogger dan di Kelas Kemerdekaan aku berbagi praktik baik tentang pembelajaran Bahasa Indonesia di Kampung Adat Cireundeu Cimahi. Inilah dunia baru yang menyenangkan sekaligus tantangan baru.

  Baca Juga: https://www.yayuarundina.com/2022/08/keren-tpn-9-daerah-bandung-cimahi.html

Kesempatan lainnya berasal dari teman lamaku yang kembali menggiatkan sebuah radio di Cimahi, radio Unasco. Kembali, di sini, aku ngobrol santai tentang dunia guru blogger dan pendidikan. Setelah itu, aku pun mengajak teman guru lainnya untuk ngobrol santai tentang komik Dira. Sebuah buku antologi komik karya 15 orang guru SMP Negeri 1 Cimahi. Tim guru Gree One ini berhasil membuat sebuah karya hanya dalam hitungan menit saja. Sekitar 5-10 menit untuk membuat sebuah komik 4 halaman.


Blogger
Ngobrol Santai Komik Dira di Radio Unasco

Selain komik Dira, para siswa SMPN 1 Cimahi juga tampil berbicara tentang Gubuk Dira. Sebuah karya dalam proses pembelajaran IPA yang dibimbing oleh bu Titin. Mereka pun membuat komik yang berhubungan dengan pembelajaran IPA. Salah satunya tentang zat adiktif. Kegiatan ini berlangsung sejak 2021.

Kegiatan blogger ini merupakan pengembangan diriku. Teh Ani selalu menyemangati kami untuk bisa dan berani mengambil kesempatan lain selain membuat review di blog. Masih banyak hal lain yang bisa kita raih, kita kembangkan. Kini, aku lebih mantaf untuk mengembangkan karier protean guru. Aku ingin menjadi guru blogger. Guru yang tetap berkecimpung di dunia pendidikan sekaligus juga menulis di blog.

Melalui salah satu program rutinnya, ODOP, One Day One Post, aku bisa kembali rutin mengisi blogku dengan beragam tema yang telah ditetapkan. Ada café favorit, diari, serius ngeblog, buku yang dibaca, makanan tradisional, lagu yang menginspirasi, dan masih banyak tema lainnya. Aku sudah dua kali  mengikuti acara rutin ini.

       Baca Juga:  https://www.yayuarundina.com/2022/12/serius-10-tips-menjadi-blogger.html

Selain itu, kelas lain yang diadakan oleh Komunitas ISB adalah kelas psikologi di bawah asuhan Kang Dandi dan Teh Diah Mahmoed. Pasangan psikolog, alumni Unpad yang membuka konsultasi masalah psikologi di Dandiah Care. Ini kelas yang menyehatkan jiwaku. Melepas semua aura negatif yang tersembunyi di dalam diriku. Rasa sakit, marah, kecewa dan emosi negatif lainnya. Setelah selesai mengikuti kelas ini, jiwaku terasa lebih plong. Enak bangets. Terasa sangat ringan, lebih optimis, dan lebih bahagia. Alhamdulillah.

Inilah manfaat berkomunitas. Rejeki luar biasa yang kudapatkan karena berkiprah di dunia blogging. Hatur nuhun pisan  Teh Ani Berta dan Komunitas ISB. Terima kasih banyak. I love you full.

Apa Itu Komunitas ISB?

Komunitas ISB merupakan salah satu komunitas blogger yang ada di Indonesia. Komunitas ISB ini kepanjangannya adalah Komunitas Indonesian Social Blogpreneur. Sebuah komunitas yang mewadahi para blogger Indonesia. Anggotanya tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Jakarta, Bandung, Solo, dan sebagainya.

Para blogger di Komunitas ISB ini harus fokus untuk menciptakan konten berkualitas sesuai dengan minat masing-masing serta mampu memoptimalisasinya untuk memperoleh benefit secara moral maupun materil.

Visi dan Misi ISB adalah mengedukasi Blogger melalui artikel, event online dan event offline. Dan diharapkan Blogger menjadi Agent of Changes bagi lingkungan sekitarnya.

Sejalan dengan visi misi tersebut, Komunitas ISB memiliki program di bidang pelatihan, menggali peluang dan networking. Keren deh.

Para ponggawa yang ada di Komunitas ISB ini adalah Teh Ani Berta sebagai founder, Teh Liswanti Pertiwi, Mas Ardan, dan Mas Adhe.

Kami berharap Komunitas ISB bisa terus eksis dan mampu mengantarkan para anggotanya menuju kesuksesan dalam beragam bidang sesuai minat masing-masing.  Semoga dengan peran Komunitas ISB, eksistensi blogger bisa tetap lestari, tak tergoyahkan. Semoga juga di masa mendatang akan semakin banyak kelas cantik lainnya.

 Thanks a lot

Sampai jumpa

Salam

 

 

 

 

 

 

12/25/2022

Perlukah Kita Punya Tokoh Idola dalam Hidup?

 

Halo sobat yayuarundina.com, Perlukah kita punya tokoh idola dalam hidup? Pernahkah mempertanyakan itu? Idola sepertinya menjadi wajib saat remaja. Nah, sekarang bagaimana, adakah pengaruhnya jika kita punya atau tak punya tokoh idola?


kla project
Kla Project

Tokoh idola itu identik dengan dunia remaja yang penuh euphoria. Sepertinya saat itu kita wajib punya tokoh idola untuk bahan obrolan atau pergaulan dengan teman. Artis-artis favorit biasanya menjadi tokoh idola kita. Bisa perempuan atau laki-laki. Hmmm, rasanya siswa laki-laki jarang yang punya tokoh idola, ya? Mereka sepertinya lebih senang ngobrol tentang pemain bola.

Perlukah kita punya tokoh idola dalam hidup? Ini sepertinya sebuah pertanyaan menarik. Dulu, saat remaja, seringkali punya tokoh idola karena terbawa arus. Teman punya idola, kita juga ikut-ikutan (aku sih ini hehehe…). Takut gak masuk dalam circle gaul atau dianggap gak seru saat ngobrol pas jam istirahat.

Perlukah Kita Punya Tokoh Idola dalam Hidup?

Berdasarkan kepemilikan tokoh idola, manusia akan terbagi dua. Pro dan kontra. Wajib punya tokoh idola dan tidak harus punya tokoh idola. Menurutku, memiliki tokoh idola hanya bersifat sementara saja. Ya itu tadi, hanya menjadi bagian pada masa remaja. Setelah itu, biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Saat remaja itu, tokoh idola identik dengan para artis, penyanyi atau aktor. Dulu, Katon Bagaskara, Erwin Libels, New Kids On The Block, Ryan Hidayat alm sering menjadi tokoh idola. Kalau sekarang sepertinya beralih ke artis Korea, seperti: So Jong Ki.

Kita akan terobsesi memiliki semua hal yang terkait dengan tokoh idola tersebut. Kaset, baju, foto, poster dan lainnya. Kamar jadi penuh dengan segala pernak-pernik yang berhubungan dengan tokoh idola. Berulang kali lagu favorit dari New Kids On The Block atau Kla Project diputar berulang kali sampai ngageol atau pita kasetnya rusak. Saat mentas, kita wajib beli tiket konsernya. Datang. Berharap bisa salaman, foto bareng, atau minimal dapet tanda tangan di kaset, baju dan tempat lainnya. Apes bagi yang gak berduit.

Satu keuntungan positif saat memiliki tokoh idola adalah kita baca biografinya. Dengan membaca itu, kita jadi tahu perjuangan mereka mencapai puncak karir. Tak mudah memang. Alhasil, kita juga jadi lebih bersemangat mengejar cita-cita. Masa kalah sama tokoh idola kita. Kita jadi lebih bersemangat untuk bersekolah. Ngobrol asyik tentang kegiatan terbaru mereka saat jam kosong atau jam istirahat. Kalau perlu, pulang sekolah, kita lanjutkan obrolannya di rumah teman. Ah, hidup jadi lebih berwarna deh!

Namun, jangan sampai deh kita buta mengidolakan seseorang! Semua hal dari tokoh idola kita jadikan sesuatu yang berharga . Semuanya positif. Semua hal kita telan bulat-bulat. Semua orang pasti punya kelebihan dan kekurangan. Setiap orang punya sisi baik dan buruk. Seperti itulah manusia. Tak ada yang sempurna. Jangan sampai kita sangat fanatik mengidolakan mereka! “Allah memang menutupi aib-aib kita,” ujar Aa Gym selalu untuk mereka-mereka yang sedang menjadi tokoh idola masyarakat.

Belajar Tentang Hidup Manusia dari Tokoh Idola Kita

Apakah aku punya tokoh idola, Sob? Memiliki tokoh idola itu berarti kita bisa belajar tentang hidup manusia. Dalam aplikasi  Kamus Besar Bahasa Indonesia V, idola adalah orang, gambar, patung dan lain sebagainya yang menjadi pujaan. Sedangkan, pujaan adalah orang atau sesuatu yang dipuja-puja. Dipuja-puja artinya dicintai.

Bagiku menentukan seseorang atau sesuatu itu adalah tokoh idola merupakan suatu hal yang sangat sulit. Entahlah, sangat sulit bagiku memuja-muja orang atau sesuatu. Aku sih biasanya cukup suka atau kagum aza sih. Hal seperti ini bisakah tergolong menjadi tokoh idola? Kalau seperti itu, ada artis yang kukagumi dan kusuka karena aktingnya, wajah kasepnya alias ganteng.

Bisa susah move on nih kalau ingat mereka. So Ji Sub yang berperan sebagai penolong dibalik layar sampai akhirnya jatuh cinta sama wanita yang ditolongnya. So Ji Sub sebenarnya orang kaya, tapi ia punya kekurangan, sakit-sakitan hingga kakinya kurang berfungsi dengan baik. Apa ya judul drakornya nih? Ada juga Lee Min Ho, So Jong Ki. Aku ikut-ikutan baper karena drakor yang sempat trending ini Descendant of The Sun.

Selain aktor, ada juga penyanyi  ganteng yang aku suka. Zaman SMA, kami sangat suka sama Katon Bagaskara seiring dengan kepopuleran lagu-lagu Kla Project. Yogyakarta, Terpuruk Ku Di Sini dan lain sebagainya. Lagu-lagu dengan syair yang hebat menurutku itu masuk bangets ke hati. Saat Kla Project manggung lagi di Bandung setelah lama vakum, aku dan temanku sampai rela pulang malam, nonton penampilannya lagi di sebuah mall. Kembali menikmati lagu-lagu favorit Kla Project. Ditambah lagi Katon adalah mantan pramugara. Wuih, saat itu pilot dan pramugara adalah profesi kece bangets deh. Tulus juga.

     Baca Juga: https://www.yayuarundina.com/2022/04/keren-hati-hati-di-jalan-lagu-tulus.html

Bagiku memiliki tokoh idola itu berarti kita bisa belajar tentang hidup manusia. Mengamati perjalanan hidup mereka sampai mencapai puncak ternyata banyak lika-likunya. Butuh waktu, perjuangan, kerja keras, sabar, dan tak kenal putus asa. Lee Min Ho misalnya. Awalnya dia ingin menjadi pemain sepak bola. Pernah terjun di dunia kulit bundar ini. Namun, karena cedera, dia tak bisa lagi menjadi pemain bola. Akhirnya, terjun menjadi artis dan sukses berkiprah di drama korea (drakor). The King ini pada akhirnya menemukan kesuksesannya di dunia yang tak pernah diimpikan sebelumnya, drama korea. Begitulah hidup, selalu banyak hal datang tanpa diduga. Kesuksesan memang harus dibangun dengan kesungguhan.

Tokoh idola bisa jadi motivator bagi kita untuk menjadi lebih baik. Kalau dalam ilmu IPA, kemageran bisa berubah karena ada gaya luar. Kita selalu butuh penyemangat di luar diri kita. Faktor eksternal.

           Baca Juga: https://www.yayuarundina.com/2016/03/belajar-kanker-dari-mamah.html

Mamah Tokoh Idola Sejatiku

Inilah tokoh idola sejatiku, mamah. Aku banyak belajar dari mamahku sendiri. Belajar tentang sebuah kesabaran. Belajar hidup bersahaja. Belajar mendidik dengan penuh cinta. Belajar tentang menerima. Belajar tentang pengabdian sejati pada orang tua dan suami.

Ada satu hal penting lagi yang kupelajari, kukagumi dan mungkin kulakukan juga sekarang. Percaya dan yakin dengan diri sendiri. “Kita jangan sampai ikut-ikutan orang lain. Kamu harus punya prinsip! Jangan terbawa arus dan harus yakin pada dirimu sendiri! Didoakeun ku mamah, kamu juga nanti bisa seperti itu. Hidup enak seperti yang lain.”  Aamin!

Begitulah jawaban jitu saat aku kecewa dengan keadaan. Aku merasa hidupku tak seberuntung orang lain. Bisa ini. Bisa itu. Bisa pergi ke sini. Bisa pergi ke sana. Beli baju baru. Jajan di kfc dan banyak lagi hal menyenangkan lainnya.  . Aku sempat iri dengan keberuntungan teman-temanku. Dunia remaja yang galau dan penuh kamuflase. Namun, berhasil kulewati dengan selamat karena keteguhan, kesabaran dan doa-doa mamah yang melangit. I love you, Mom. Mamahku tercinta. The best. Terima kasih untuk semuanya. Doa untuk mamah sekarang. “Semoga dilapangkan kuburnya. Dijauhkan dari siksa kubur. Dan juga akan mendapatkan surga di sisi Allah SWT. Aamiin!”

 

 

 

 

 

Sumber Gambar:

https://www.republika.co.id/berita/medx60/kejutan-kla-project-di-ulang-tahun-ke-25

 

 

 

12/16/2022

Review Buku Sate: Keberagaman Di Atas Arang

 

Keberagaman sate Indonesia lebih kaya daripada negara Asia lainnya

Halo sobat yayuarundina.com – mendapatkan buku yang menarik, membuat kita senang membacanya. Seperti kata Najwa Shihab,”Temukanlah satu buku yang membuatmu jatuh cinta pada membaca.” Inilah satu buku yang saya sukai. Oleh karena itu, saya ingin membahas isinya yang menarik dan informatif di postingan kali ini. Review Buku,  Sate: Keberagaman Di Atas Arang.


kuliner indonesia
Hidangan Sate Digemari Banyak Orang

Sudah menjadi isu nasional bahwa kita memiliki literasi yang rendah. Hasil tes Pisa menunjukkan bahwa kita berada di peringkat akhir. Namun, isu ini sepertinya membuat banyak orang menjadi lebih melek literasi. Banyak usaha dilakukan untuk meningkatkan literasi. Salah satunya adalah pembiasaan membaca di sekolah-sekolah pada hari-hari tertentu. Buku ini bisa menjadi salah satu media peningkatan literasi baca tulis. Yuk, kita simak Review Buku, Sate: Keberagaman Di Atas Arang.

Berbicara tentang literasi baca tulis. Berbicara tentang buku Sate: Keberagaman di Atas Arang. Menunjukkan bahwa membaca bukan sekedar membaca. Bukan sekedar melihat deretan huruf, kalimat dan paragraf yang disajikan. Membaca itu memiliki target 70% ada pemahaman. Inilah satu standar yang sering diterapkan untuk mengukur KEM. Kecepatan efektif membaca. Jika mengukur pemahaman, buku ini termasuk bacaan yang mudah dipahami. Informasi yang disajikan cukup sederhana tapi memiliki banyak pengetahuan kuliner Indonesia.

Serunya Membaca Buku Dengan Aplikasi Ipusnas

Bacaan kali ini saya dapatkan secara tak sengaja. Saat memiliki waktu luang, saya membuka aplikasi Ipusnas. Sebuah aplikasi yang menyediakan banyak buku digital atau e book yang bisa kita baca di mana pun, kapan pun. Aplikasi ini disediakan oleh Perpustakaan NasionalRepublik Indonesia. Kita bisa mengunduhnya di Playstore. Dengan memiliki akun, kita sudah bisa menjadi pembaca setianya.

Aplikasi Ipusnas ini menurut saya merupakan sebuah terobosan dalam menyambut era digital. Zaman sekarang, semua hal serba digital. Buku pun demikian. Keterbatasan waktu berkunjung ke perpustakaan bisa jadi merupakan masalah bersama. Kita ingin pinjam dan baca buku tapi terkendala banyak hal. Aplikasi Ipusnas menjadi solusi cerdas untuk itu. Kita bisa pinjam buku kapan pun. Kita juga bisa membacanya sesuai dengan waktu senggang.

Kita bisa melihat-lihat dan memilih banyak judul buku. Jika ada yang menarik tinggal klik saja. Beragam genre dan tema ada di aplikasi tersebut. Mau membaca novel, agama, kuliner, biografi tokoh, fotografi dan seabreg tema lainnya ada di sini. Sangat mudah.

Seru juga meminjam buku di aplikasi Ipusnas ini. Ada buku yang bisa kita pinjam secara langsung, mudah. Ada juga buku-buku yang harus kita pinjam dengan antri terlebih dahulu. Buku-buku ini biasanya banyak penggemarnya. Ika sudah ada yang kosong, biasanya aka nada pemberitahuan pada kita di aplikasi tersebut. Kita bisa meminjamnya. Sayang, seringkali informasi itu ada saat saya tak bisa membaca.

Review Buku Sate: Keberagaman Di Atas Arang

Kembali ke tema postingan kali ini. Saya ingin mengulas atau mereview buku Sate: Keberagaman Di Atas Arang.

Saat berselancar di aplikasi Ipusnas, saya tertarik dengan judulnya. Penasaran. Apa yang dimaksud dengan keberagaman di atas arang? Kata sate luput dari pandangan. Saat membaca ulang. Rasa penasaran dan rasa ingin tahu itu semakin menjadi. Mengapa ada keberagaman di atas arang ya? Kok sate beragam? Akhirnya, meluncurlah lembar demi lembar e book itu say abaca. Alhasil, bertambahlah informasi dan pengetahuan kuliner saya.

Rasa bangga pada kekayaan kuliner Indonesia pun tumbuh. Pesona Indonesia semakin beragam. Wonderfull Indonesia. Aku makin jatuh cinta pada negeri kepulauan ini, ibu pertiwi. Dari Sabang sampai Merauke. Angkat sepuluh jempol untuk pakar kuliner kita, William Wongso. Juga Pusat Data Tempo yang sudah mendokumentasikan kebaragaman sate di Indonesia.

Menggeluti dunia kuliner tak hanya sekedar makan, botram dan mukbang. Banyak informasi kuliner yang bisa kita gali. Harus kita sebar luaskan. Buku ini lahir dari sebuah kepedulian akan khasanah kuliner Indonesia, khususnya sate. William Wongso mengadakan acara di kantornya dan setiap peserta harus membawa sate dari rumahnya masing-masing. Setelah terkumpul beragam sate dari segala penjuru nusantara. Ada sekitar 19 jenis sate terhidang di sebuah meja berukuran 4 meter. Informasi tentang kuliner sate pun terkuak.

Melalui buku ini, kita bisa tahu sejarah kuliner sate, walau belum ada kepastian 100%. Dari manakah sate itu berasal? Ada juga sejarah sate Maranggi yang sudah menjadi ikon Purwakarta. Sebuah kota di Jawa Barat. Nama Maranggi ternyata sebuah pelesetan dari nama penjualnya, Mak Anggi.

E book ini juga menyajikan keberagaman jenis sate dari berbagai daerah di Indonesia. Yang saya tahu ada sate maranggi, sate klatak yang booming dengan suksesnya film Ada Apa dengan Cinta, sate dari Bali. Ternyata ada juga sate kalong dari Cirebon, sate lembut dari Betawi, dan lain sebagainya. Apakah kalian tahu dan pernah mencicipinya, Sob?

Selain itu juga bahan membuat sate pun beragam pula. Tak hanya ayam, kambing dan sapi. Daging kerbau dan kuda pun bisa diolah menjadi sate. Bahkan ada yang mencampurkan beberapa bahan sekaligus.

Sate yang kita kenal biasanya berupa potongan daging kotak yang ditusuk menggunakan alat khusus, baik dari bambu atau alumunium. Tusukan sate.  Kalian mendapatkan berapa potongan daging, tiga atau lima? Nah, ternyata ada juga pengolahan daging yang dihaluskan. Dicampur dengan bahan lain seperti kelapa dan aneka bumbu. Sate lembut salah satunya.

Jadi, setelah membaca buku digital ini, kita benar-benar jadi paham tentang keberagaman di atas arang ini. Menarik ya? Rasanya, saya jadi ingin keliling Indonesia untuk mencicipi beragam jenis sate yang tersebar di seluruh penjuru nusantara. Bersama Barack Obama mungkin ya, mantan presiden Amerika Serikat. Biarkan beliau bernostalgia dengan masa kecilnya. Sate… sate… sate… Kemon Om, kita kuliner sate lagi!

Nah, sobat yayuarundina.com, itu adalah secuil informasi tentang kekayaan kuliner sate. Masih banyak informasi lainnya. Jangan sungkan untuk membaca buku ini! Kita takkan menyesal membaca buku digital yang tipis ini. Takkan memakan waktu lama.

Selamat membaca

Selamat berburu buku-buku menarik lainnya di aplikasi Ipusnas

Semoga literasi kita semakin baik

Sampai jumpa

salam

 

 

Sumber Gambar: 

https://sajiansedap.grid.id/read/101970936/UC8SG5VUjjRMrZctC

https://sajiansedap.grid.id/read/101970936/UC8SG5VUjjRMrZctC_mDutug?page=all


12/14/2022

Rekomendasi 3 Café Favorit Di Cimahi

 

Halo sobat yayuarundina.com – Sering makan di luar kan? Ini dia Rekomendasi 3 Café Favorit di Cimahi. Siapa tahu ada yang mau jalan-jalan atau tugas ke Cimahi. Boleh juga ikut wisata militer bersama Komunitas Tjimahi Heritage. Asyik dan seru! Have fun!

Cimahi merupakan perkembangan dari sebuah kota administrative. Kini, sudah banyak mengalami perubahan. Salah satunya adalah soal wisata yang bisa diandalkan, yaitu kuliner dan wisata militer. Karena itu pula, banyak café yang tumbuh bak jamur di musim penghujan. Inilah 3 rekomendasi café favorit, yang mungkin bisa juga kalian sukai.

Rekomendasi 3 café favorit ini berada di wilayah Cimahi tengah dan wilayah Cimahi utara. Tinggal pilih tempat dan menu favorit kalian. Jika ingin transportasi mudah ya café di Cimahi Tengah, Kopi Paste Pojok Cimahi.


Kopi
Cafe favoritku, Kopi Paste Cimahi

Rekomendasi 3 Café Favorit Di Cimahi

Jajan di luar atau makan di luar menjadi sebuah budaya baru seiring dengan perkembangan zaman. Mungkin ada kontribusi dari semakin banyaknya wanita karier. Kegiatan memasak yang lumayan ribet dan keterbatasan waktu para wanita karier tersebut menjadikan makan di luar atau jajan di luar sebagai sebuah kebutuhan juga. Praktis.

Inilah rekomendasi 3 café favorit di Cimahi yang bisa menjadi tujuan kuliner bersama keluarga, pasangan, sahabat, rekan kerja dan handai taulan.

1.     Kopi Paste Cimahi

Café ini berlokasi di jalan Pojok Utara 222 Cimahi Tengah kota Cimahi. Kamu bisa langsung turun dari angkot Cimahi Bandung tepat di depan café, sebelum jalan raya Bandung Cimahi atau jalan Amir Machmud.

Café Kopi Paste Cimahi memiliki ruang dalam dan halaman. Dalam waktu tertentu, biasanya malam minggu sering ada sajian musik secara live. Kita bisa duduk di luar di bawah tenda atau pohon besar.

Kopi Paste Cimahi ini dulunya adalah radio terkenal di Cimahi, yaitu Unasco. Julius Sitanggang pernah datang ke radio ini. Setelah lama vakum, kini geliat radio Unasco bisa disimak secara streaming. Selain itu, kita juga bisa podcast untuk beragam informasi. Bisa bekerja sama dengan pemiliknya, Seno.

Café ini menjadi favorit saya karena lokasinya mudah dijangkau, dekat dari rumah dan sajian menunya pas di lidah.

Chicken steak
Chicken steak

Ketika awal datang ke kafe ini, kami mencicipi steak yang pas di lidah dan kantong. Sempat menghilang dari daftar menu, kini ada lagi sajian beef dan chicken steak. Kemudian, ada mie ayam, sosis kentang, dimsum, dan nasi. Tak lupa sajian minuman kopi dan nonkopinya. Saya lebih sering pesan cappucino dengan gula sedikit. Hmmm… jadi ingin jajan lagi deh di sini setelah lama tak mampir di Kopi Paste Cimahi.

Kopi paste
Wagyu Steak melted

Cafe
Cantik menggoda ya minumannya

Kami sering ada di café ini, khususnya sebelum pandemi untuk temu kangen dengan teman lama atau ngobrolin sebuah proyek. Pernah juga sengaja hang out bersama blogger, Nchie Hanie. Asyik buat foto-foto di spotnya yang unik.

 

2.     Ayam Asap Ceu Noa

Café kedua yang baru saya kunjungi adalah Ayam Asap Ceu Noa. Berlokasi di jalan Cihanjuang km 4 no 49 Parongpong Kab. Bandung Barat. Walau beralamat di Parongpong tapi sebenarnya masih jauh dari Parongpong. Lokasi Ceu Noa ini lebih dekat ke kota Cimahi. Kami sering menyebutnya Cihanjuang Atas.

Menu utama yang banyak diburu orang adalah nasi honje lengkap dengan sambal, ayam asap bakar, tempe bacem, jengkol kriuk, dan lalab. Cemilan favoritnya adalah bakwan bakar dan es cendol nangka. Yummy pisan.

Tempat makan hidden gems ini menjadi naik daun setelah dikunjungi oleh food vlogger, Nex Carlos. Tayangan awal yang bikin serem karena judulnya rumah hantu. Namun, setelah icip-icip menu ayam panggangnya, enak bangets. Ayam panggang original dan pedes. Lengkap dengan jengkol goreng dan ikan asin.

Ayam asap ceu noa
Menu Nasi Honje dan Ayam Asap Ceu Noa


Saat kami berkunjung minggu lalu, suasana hantu berubah jadi hommy bangets. Bikin betah sampai gak mau bubar. Menikmati kuliner dengan suguhan view sawah yang sudah mulai langka di kota ini. Kumpul-kumpul terasa lengkap dengan sajian ayam panggang asap Ceu noa, bakwan bakar, pisang keju, es cendol dan tentu saja karokean. Bikin hati gembira dan perut kenyang. Mau lagi dong Ceu Tenni, bu Noor.

Kuliner
Bakwan bakar


3.    
Café Kalaras Backyard

Café ketiga beralamat di Bukit Mas Cipageran No A3 Jalan Kolonel Masturi, kelurahan Cipageran, Cimahi Utara. Kalau dari Alun-alun Cimahi tinggal lurus menyusuri jalan Kolonel Masturi. Tempatnya bersebelahan dengan Kabuyutan, tempat ngopi di kebon kopi dan dekat dengan café Kupu-kupu.

Di sini tempatnya sangat leluasa. Bisa parkir mobil dengan leluasa. Penataan taman dan bunga anggrek yang apik langsung memanjakan mata. Ruang dalam bagian bawah dihiasi dengan eragam mobil dan motor antic. Spot kece buat foto-foto. Di sebrangnya bisa duduk-duduk asyik dengan aneka bantal warna-warni.

Kami waktu itu memilih tempat duduk di lantai dua agar bisa menikmati view cantik sambil uji nyali jalan di atas kaca. Kalian berani?

Menu di café ini sangat beragam dan enak-enak. Ada sop iga, nasi liwet, pizza, aneka cemilan hingga perut terasa kenyang. Demikian juga dengan minumannya. Ada kopi dan non kopi. Cobain deh.

Nah, kalau café favorit kalian apa, Sob? Lokasinya dimana? Sharing yuk atau kita berbagi informasi. Siapa tahu bisa makan bareng lagi, ya kan? Selalu asyik bisa kumpul-kumpul dengan sahabat dan keluarga. Kuliner adalah salah satu bonding yang menyenangkan. Kenyang perut, nyaman dan bikin kita semua bergembira.  Seperti slogannya Ceu Noa, meresap sampai ke hati.

Nah, sobat yayuarundina.com, itulah 3 café favorit yang saya rekomendasikan untuk kalian. Silakan coba menu-menu favoritnya. Semoga kita punya lidah yang sama hingga juga bisa menikmati kuliner yang enak, tempat asyik tapi tak sampai menguras kantong.

Sampai di sini dulu postingan kulinernya.

Sampai jumpa

Salam

 

 

 

12/12/2022

Serius: 10 Tips Menjadi Blogger Profesional

 Halo sobat yayuarundina.com – Jika ingin menjadi blogger professional, kalian harus mempersiapkannya secara serius. Inilah Serius: 10 Tips Menjadi Blogger Profesional.

Blogger

Jika kita menjadi blogger profesional, akan banyak keuntungan yang kita dapatkan. Di masa sekarang ini, banyak orang yang keluar atau resign kerja dan memilih fokus menjadi blogger profesional. Penghasilan atau cuan dari kerjaan blogger profesional bisa diandalkan.

Menjadi blogger professional juga banyak dilakukan oleh mereka yang menjadi ibu rumah tangga. Alasan utamanya adalah menjadi blogger bisa bekerja di rumah. Hanya butuh laptop dan wifi. Daripada kerja kantoran, profesi blogger lebih fleksibel dalam mengatur jam kerja.

10 Tips Menjadi Blogger Profesional

1.     Konsisten unggah atau posting tulisan di blog

Menjadi blogger artinya kita menulis di media online bernama blog. Apa pun bisa kita tuangkan menjadi tulisan. Oleh karena itu, niche blog pun sangat beragam. Parenthing, teknologi, kecantikan, kesehatan, review buku, film,  life style, dan lain sebagainya.

Menjadi blogger professional berarti kita harus punya waktu untuk menulis dan mengunggahnya di  blog. Semakin sering, semakin baik. Blog kita akan semakin hidup.

Blog yang hidup akan mendatangkan pembaca. Inilah modal utama seorang blogger profesional.

 

2.     Buat tulisan yang bermanfaat untuk pembaca

Tulisan atau postingan seorang blogger professional haruslah memiliki kualitas yang sangat baik. Salah satunya dengan membuat tulisan yang bermanfaat untuk pembaca.

Di era digital ini banyak informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Mereka biasanya akan mengandalkan Mbah Google. Mencari informasi di dunia maya atau internet. Nah, salah satu sumber informasi itu adalah blog. Lebih bagus, jika para netisen itu mendapatkan informasi dari blog kita.

Dengan membuat tulisan yang disesuaikan dengan kebutuhan pembaca, maka blog kita memiliki peluang yang sangat bagus. Peluang untuk mendapatkan job, iklan, dan kesempatan baik lainnya.

 

3.     Canva untuk mempercantik tampilan tulisan di blog

Menulis di blog juga harus menarik. Storytelling. Menulis senatural mungkin dengan memasukkan pengalaman pribadi. Tidak seperti iklan yang hard selling. Tulisan di blog lebih personal dan persuasif.

Selain tulisan, kita juga bisa memberikan penampilan yang cantik. Tulisan bisa dilengkapi dengan ilustrasi gambar, infografis dan lain sebagainya.

Salah satu aplikasi untuk mempercantik tampilan tulisan di blog itu adalah Canva. Para blogger profesional biasanya menggunakan Canva yang berbayar agar kontennya bisa lebih lengkap dan menarik.

 

4.     Kuasai skill foto, video dan menulis

Menjadi blogger professional berarti juga harus memiliki banyak keahlian atau skills. Selain menulis, seorang blogger juga harus menguasai kemampuan memotret atau foto, membuat video, membuat infografis.

Keahlian tersebut merupakan penunjang keberhasilan ngeblog. Postingan di blog bukan hanya tulisan saja, tapi ada pelengkap lain untuk mempercantiknya, yaitu foto dan infografis.

Membuat dan mengedit video juga diperlukan untuk mengembangkan profesi lain sebagai vlogger. Tulisan mungkin kurang diminati, tapi tayangan video seperti Youtube bisa lebih diminati. Jadi dari tulisan bisa beralih ke video. Dari blogger jadi vlogger. Komplit jadinya.

 

5.     Kuasai ilmu SEO

Nah, ini nih kejaran utama dan wajib bagi para blogger professional. Tulisan mereka harus bisa mendapatkan posisi teratas di Google. Ini artinya tulisan-tulisan mereka banyak dicari dan dibutuhkan oleh orang banyak. Tulisannya informatif dan bermanfaat. Seru kan?

Untuk bisa berada di halaman utama Google itu butuh ilmu SEO. Search Engine Optimation. Ini ilmu matematika yang cukup sulit di dunia perbloggingan (untuk saya loh).

Secara sederhana, kita bisa mulai memanfaatkan ilmu SEO dengan menggunakan kata kunci dalam judul dan tulisan kita, terutama di seratus kata pertama atau 3 paragraf awal. Hal itu yang selalu disampaikan oleh Kang Ilman, saat saya menjadi content creator di Alonesia.  

Selain itu, kita juga harus rajin membagikan tulisan kita di beragam media sosial atau komunitas agar blog kita semakin banyak dikenal orang.

 

6.     Jalin relasi sebaik dan seluas mungkin

Belajar dari Teh Ani Berta. Menjalin relasi sebaik dan seluas mungkin bisa membuka banyak peluang dan kesempatan.

Dengan cara ini, kita bisa memperbanyak jejaring untuk menjalani karier sebagai blogger professional.

 

7.     Jaga attitude atau sikap

Hal ini sering ditekankan oleh banyak orang, termasuk para blogger yang sudah berpengalaman seperti Teh Ani Berta, Teh Nchie Hani dan yang lainnya.

Seperti peribahasa Sunda, hade goreng ku basa. Bahasa menjadi kunci sikap kita yang baik. Lidah yang tajam akan banyak melukai orang lain. Tentu saja hal ini harus dihindari.

Begitu juga sikap arogan atau sombong, tidak bertanggung jawab, ingkar janji, tidak disiplin dan lain sebagainya.

Karakter-karakter buruk itu bisa jadi menutup jalan karier sebagai blogger professional.

 

8.     Lengkapi peralatan ngeblog

Untuk membuat sebuah tulisan yang berkualitas, dibutuhkan senjata perang yang lengkap. Seorang blogger professional butuh peralatan perang untuk melaksanakan tugas di lapangan. Riset. Wawancara untuk mendapatkan bahan tulisan.

Selain laptop, kita juga butuh kamera, alat rekam, pengecas hp, perlengkapan atau asesori foto, lighting atau lampu untuk mengambil gambar. Selain ini, mungkin ada peralatan ngeblog lainnya.

 

9.     Banyak membaca dan belajar

Tulisan yang berkualitas juga tak lepas dari kebiasaan membaca dan banyak belajar. Tulisan akan semakin terang dengan banyak membaca. Dengan banyak membaca dan belajar, kita bisa memberikan banyak informasi yang berkualitas. No hoaks. Bukan sekedar jadi. Namun, tulisan kita memiliki referensi sehingga hal itu menambah poin. Menambah kepercayaan pembaca. Ini tentu saja sangat bermanfaat bagi kita sebagai penulis, sebagai blogger.

 

10.  Rawat Blog dengan tampilan menarik

Hal terakhir yang perlu kita lakukan sebagai seorang blogger professional adalah ngoprek blog. Rajin merawat blog kita.

Mengganti template yang lebih ramah di mesin pencari. Ramah di mata pembaca. Rapi. Membuat orang betah berada di blog kita. Menarik.

Kenali juga beragam tools yang akan melengkapi dunia perbloggingan, seperti Google Analytics, Google Console. Kita perlu mempelajarinya untuk memberikan performa yang baik, khususnya di mata klien.

Sebagai blogger professional sering ada persyaratan tertentu untuk mendapatkan job. Contohnya DA, PA biasanya minimal 15. Page view dan lain-lain.

 

guru blogger
Guru Blogger

Membangun Karier Protean Sebagai Guru Blogger

Sejak terjun di dunia blogging, saya sudah jatuh cinta pada dunia ini. Banyak hal positif yang bisa saya dapatkan. Blogger dukung profesionalisme guru. Yup, saya adalah seorang guru Bahasa Indonesia. Menggeluti dunia blogger sangat menunjang saya sebagai guru bahasa Indonesia. Saya jadi bisa menulis.

BACA JUGA: https://www.yayuarundina.com/2022/11/dilema-blogger-sebagai-karier-protean.html

Sejak menjadi pembicara di TPN 9 untuk berbagi informasi tentang karier protean menjadi blogger, muncul keinginan untuk membangun karier protean sebagai guru blogger.

Blogger menjadi satu pekerjaan di luar tugas utama sebagai guru. Menulis di blog bisa dilakukan di luar jam mengajar. Walau tidak mudah, tapi saya akan mencoba lebih baik dari sebelumnya. Lebih konsisten. Lebih serius menekuni dunia perbloggingan. Lebih bisa mengatur waktu secara berimbang.

Saya berusaha untuk membuat postingan yang bermanfaat dan menarik. Belajar motret lagi agar lebih baik, belajar mengedit video. Bahkan juga, saya terjun untuk mewawancarai narasumber.

Guru blogger juga bisa jadi pengisi waktu saya saat nanti telah pensiun. Seperti yang dilakukan oleh bu Ina Tanaya dan Pak De. Mereka bisa lebih serius dan fokus ngeblog.

BACA JUGA: https://www.yayuarundina.com/2022/08/bangga-jadi-guru-blogger.html

Semoga dengan menjadi guru blogger, akan banyak lagi manfaat yang bisa ditebarkan kepada para siswa seperti yang sudah sering saya lakukan selama ini.

Itulah beberapa keseriusan saya dalam membangun karier protean sebagai guru blogger. Semoga bisa menginspirasi banyak orang untuk mencintai dunia tulis-menulis di blog.

Sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini

Semoga bermanfaat

Salam


Laleilmanino: Lagu Inspirasi untuk Lebih Mencintai Alam

 

Halo sobat yayuarundina.com, apa yang kamu pikirkan tentang gempa Cianjur yang terjadi baru-baru ini? Atau gempa lainnya di Garut dan Sukabumi? Ah, begitu banyak hal yang melintas di pikiran. Kematian. Derita. Kelaparan. Kedinginan. Bencana.  Juga dosa. Begitulah, jika kita tak mendengarkan alam bernyanyi. Laleilmanino: Lagu Inspirasi untuk Lebih Mencintai Alam.


laleilmanino
Laleilmanino

 Masih ingat kan lagu Laleilmanino yang berjudul Dengar Alam Bernyanyi? Sebuah lagu yang memberikan banyak inspirasi untuk kita, lebih-lebih untukku. Inspirasi utama tentu saja kita akan lebih mencintai alam. Inilah tema tulisan kita kali ini. Laleilmanino: Lagu Inspirasi untuk Lebih Mencintai Alam.

BACA JUGA: https://www.yayuarundina.com/2022/08/laleilmanino-suara-alam-buat-manusia.html

Banyak memang fungsi lagu itu. Fungsi utama adalah untuk menghibur diri. Kala kita sedih, sedang bekerja, butuh istirahat. Lagu biasanya menjadi teman setia kita. Jika mempelajari syairnya, kita juga bisa menemukan banyak inspirasi. Seperti Laleilmanino melalui lagu Dengar Alam Bernyanyi, kita diajak untuk lebih mencintai alam. Atau lagu lainnya kita diajak untuk kuat menghadapi cobaan, semangat mengejar mimpi, dan lain sebagainya.

4 Inspirasi Penting dari Lalu Laleilmanino Dengar Alam Bernyanyi

Banyak inspirasi yang aku dapatkan dari lagu Laleilmanino Dengar Alam Bernyanyi. Lagu manis yang dibawakan bersama-sama oleh Chicko Jerico, Sheila Dara, Aisha, dan Hivi. Setelah mencermati syairnya, inilah 2 inspirasi penting dari lagu Laleilmanino Dengar Alam Bernyanyi.

1.      Peduli atau Lebih Mencintai Alam

Dengar Alam Bernyanyi merupakan sebuah lagu yang mendeskripsikan tentang kerusakan alam yang parah. Kita, manusia sungguh sangat tak peduli dengan segala sesuatu yang terjadi pada alam. Sebuah sindiran keras pada kita yang serakah, terlalu sibuk memikirkan kepentingan sendiri. Tidak peduli pada kehidupan yang harmonis antara alam dan kebutuhan manusia.

Tanpa kita sadari hutan sudah banyak yang hilang, sawah berubah menjadi beton-beton yang kokoh, polusi udara yang sudah mulai menyesakkan dada. Sampah menumpuk dimana-mana.  Ah, rasanya sangat sulit mendapatkan kesegaran udara pagi dengan segala keceriaannya. Terutama di kota besar.


polusi udara
Polusi udara karena asap pabrik

Kapankah kesadaran dan tanggung jawab manusia pada alam akan terjadi? Sudah begitu banyak aktivis lingkungan yang berkampanye. Severn Suzuki misalnya. Seorang anak SMP yang dulu pernah menegur keras para tokoh dan pemimpin dunia di Konferensi Lingkungan Hidup PBB. Namun, kerusakan alam semakin menjad-jadi.

Melalui lagu Dengar Alam Bernyanyi inilah kita kembali disadarkan untuk lebih mencintai alam. Betapa manusia dan alam saling membutuhkan. Simbiosis mutualisma.

 

2.     Berkarya untuk Indonesia

Banyak persoalan bangsa yang butuh solusi dan peran kita. Dari lagu Dengar Alam Bernyanyi, saya terinspirasi bahwa berbuat sesuatu itu bisa dengan karya. Tidak perlu demo, adu mulut dan hal kosong lainnya.

Dengan berkarya seperti Laleilmanino, mereka bisa menyumbangkan dana untuk memperbaiki kerusakan alam dari dana lagu tersebut.

Kita bisa juga berpartisipasi memberikan solusi untuk berbagai persoalan bangsa dengan berkarya sesuai bidang kita masing-masing. Love it!

 

3.     Kreatif dan Inovatif

Untuk bisa eksis di mana pun, kita butuh kreatifitas dan inovasi. Kita akan dikenal orang karena karya-karya kita. Itu semua butuh kreatifitas dan inovasi. Selalu ada hal-hal baru yang bisa kita buat. Kita perbaiki menjadi lebih baik.

Dunia seperti inilah yang membuat hidup kita bermakna dan juga bermanfaat untuk orang lain. Setuju kan, Sob? Its must be! Wajib, harus bin kudu!

 

4.     Kolaborasi

Kolaborasi sepertinya menjadi kebutuhan di abad ini. Semakin terspesialisasinya keahlian seseorang, maka kolaborasi menjadi sebuah cara ampuh untuk membentuk kekuatan baru.

Seperti para pencipta lagu ini. Laleilmanino. Mereka berkolaborasi untuk membentuk grup music selain grup music tempat mereka bernaung selama ini.

Lagu Dengar Alam Bernyanyi menjadi pembuka jalan baru menuju kehidupan yang lebih baik. Lebih eksis.

Seperti Laleilmanino yang berkolaborasi dengan para pelantun lagu ini. Chicko Jerico, Hivi, Sheila Dara  Aisha dan yang lainnya. Seru ya pastinya.

Masih adakah inspirasi-inspirasi lainnya? Kalian bisa menambahkannya di kolom komentar. Menurutku, lagu Dengar Alam Bernyanyi banyak memberikan inspirasi baru, semangat, juga mencerahkan.

Semoga semakin banyak karya-karya baru yang memberikan nilai positif untuk kita. Generasi muda Indonesia dan juga masyarakat Indonesia. Dengan karya-karya itulah, kita bisa banyak belajar dan berjalan kea rah yang lebih baik lagi. Masa depan yang lebih baik.

Yuk, sobat yayuarundina.com, kita berkarya lagi. Ramaikan dunia dengan karya-karya terbaik yang bisa memberikan banyak inspirasi bagi dunia.

Sampai jumpa lagi

Salam

 

 Sumber Gambar:

https://www.kompas.com/hype/read/2022/04/25/181831066/5-cerita-di-balik-lagu-laleilmanino-dengar-alam-bernyanyi


 

 

Featured Post

7 Tips Berlapang Dada Dalam Menghadapi Masalah Hidup

  Halo sobat yayuarundina.com – Kita membutuhkan   7 tips berlapang dada dalam menghadapi masalah hidup. Tanpa tips-tips ini, kita akan terj...