12/26/2022

Komunitas ISB: Inspirasi Semangat Ngeblog dan Pengembangan Diri

 

Sharing – Networking - Opportunities

Halo sobat yayuarundina.com – Kita berkenalan dengan sebuah komunitas blogger nih. Komunitas ISB: Inspirasi Semangat Ngeblog dan Pengembangan Diri. Komunitas ISB merupakan salah satu komunitas yang diikuti oleh para blogger. Yuk, kita gali lebih dalam tentang Komunitas ISB.


Ani berta


Komunitas ISB: Inspirasi Semangat Ngeblog dan Pengembangan Diri

Teh Ani Berta tak bisa dipisahkan dari Komunitas ISB. Beliaulah founder atau pendiri Komunitas ISB. Komunitas ISB banyak memberikan inspirasi semangat ngeblog dan pengembangan diri. Teh Anilah yang menjadi sumber utamanya. Aku sempat menjulukinya sebagai guru galak tapi jujur dan baik hati.

Pertama kali bertemu dengan founder Komunitas ISB itu saat acara mobil 123 di Trans Mart Bandung. Sebelumnya, aku sering mendengar nama Teh Ani Berta dari para blogger Bandung lainnya. Alhamdulillah, hari itu, aku bisa bertatap muka dan berkenalan dengan Teh Ani Berta. Kesan pertama yang menggoda. Sayang, Teteh Sunda Batak ini tinggal di Jakarta sehingga kami jarang bisa berkumpul dalam suatu acara blogger.

Belakangan, para blogger Bandung sering bercerita tentang acara rutin yang diadakan oleh Komunitas ISB. Sebuah kelas gratis untuk menimba ilmu blogging. Aku ingin sekali ikut dalam acara ini. Beberapa orang teman bloggerku sering noel aku di medsos. Sayang semuanya luput dari perhatian. Sampai akhirnya, waktu itu datang juga. Saat pandemi menjadi berkah untukku mengikuti acara tersebut.

Kelas blogging dari Komunitas ISB itulah yang menjadi inspirasi untukku. Bukan hanya materi blogging yang diberikan. Namun, cerita, pengalaman dan semangat Teh Ani dalam bekerja menjadi poin plus. Jujur itulah saat pertama kebangkitanku kembali. Setelah aku mengalami kekecewaan hebat dan down dalam bekerja, aku bisa menata ulang pikiranku, mind set-ku. Semangatku kembali datang. Tumbuh niatku untuk bisa menjadi blogger profesional. Lebih serius ngeblog.

   BACA JUGA: https://www.komunitasisb.com/2022/02/2-alat-penunjang-seorang-blogpreneur.html

Lalu, kami berada dalam satu grup Whatsapp. Suntikan-suntikan semangat itu terus mengalir. Teh Ani termasuk guru yang galak dan tegas. Namun, semua itu menjadi kebaikan untukku. Seperti hukum Newton I: Sebuah benda akan tetap terus diam (mager) atau terus bergerak. Kemageran bisa berubah tatkala ada gaya luar. Ketegasan dan disiplin yang ditekankan Teh Ani dalam memenuhi tugas blogging menjadi gaya luar. Mengubah sikapku yang masih suka lelet menjadi wajib memenuhi target. Nanti azalah berubah menjadi tugas harus masuk sebelum deadline.

Cerita-cerita hidup Teh Ani dalam banyak hal menjadi semangat dan inspirasi bagiku. Saat aku mendapatkan tugas pekerjaan yang menumpuk, aku ingat Teh Ani. Semangatku yang loyo, cape, frustasi berubah jadi semangat baru. Teh Ani aza bisa, masa aku nggak. Kesibukan Teh Ani yang luar biasa menjadi gaya luarku. Aku selalu berusaha untuk menyelesaikan tugas satu demi satu. Semangat. Kecuali sakit yang mengharuskanku istirahat. Inilah dunia baruku. Guru blogger.

Komunitas ISB dan Pengembangan Diri

Setelah mengikuti kelas blogging, aku pun mengikuti kelas-kelas lainnya yang diadakan oleh komunitas ISB. Langsung di bawah asuhan Teh Ani Berta.  Ada kelas tentang kemampuan berbicara yang disampaikan langsung oleh Erwin Parengkuan, Mrs Renata dan Tony Syahputra. Jelas sekali ini materi daging bangets bagiku sebagai seorang guru. Berbicara menjadi skill penting. Sebuah seni yang memiliki ilmu tersendiri untuk meraih kesuksesan di bidang ini.

Dengan bekal singkat ini, aku lebih berani untuk berbicara di depan orang banyak. Kesempatan pertama praktek public speaking ini datang saat Temu Pendidik Nusantara 9. Aku disarankan untuk mengikuti Kelas Karier dan Kelas Kemerdekaan. Di Kelas Karier aku berbagi pengalaman sebagai guru blogger dan di Kelas Kemerdekaan aku berbagi praktik baik tentang pembelajaran Bahasa Indonesia di Kampung Adat Cireundeu Cimahi. Inilah dunia baru yang menyenangkan sekaligus tantangan baru.

  Baca Juga: https://www.yayuarundina.com/2022/08/keren-tpn-9-daerah-bandung-cimahi.html

Kesempatan lainnya berasal dari teman lamaku yang kembali menggiatkan sebuah radio di Cimahi, radio Unasco. Kembali, di sini, aku ngobrol santai tentang dunia guru blogger dan pendidikan. Setelah itu, aku pun mengajak teman guru lainnya untuk ngobrol santai tentang komik Dira. Sebuah buku antologi komik karya 15 orang guru SMP Negeri 1 Cimahi. Tim guru Gree One ini berhasil membuat sebuah karya hanya dalam hitungan menit saja. Sekitar 5-10 menit untuk membuat sebuah komik 4 halaman.


Blogger
Ngobrol Santai Komik Dira di Radio Unasco

Selain komik Dira, para siswa SMPN 1 Cimahi juga tampil berbicara tentang Gubuk Dira. Sebuah karya dalam proses pembelajaran IPA yang dibimbing oleh bu Titin. Mereka pun membuat komik yang berhubungan dengan pembelajaran IPA. Salah satunya tentang zat adiktif. Kegiatan ini berlangsung sejak 2021.

Kegiatan blogger ini merupakan pengembangan diriku. Teh Ani selalu menyemangati kami untuk bisa dan berani mengambil kesempatan lain selain membuat review di blog. Masih banyak hal lain yang bisa kita raih, kita kembangkan. Kini, aku lebih mantaf untuk mengembangkan karier protean guru. Aku ingin menjadi guru blogger. Guru yang tetap berkecimpung di dunia pendidikan sekaligus juga menulis di blog.

Melalui salah satu program rutinnya, ODOP, One Day One Post, aku bisa kembali rutin mengisi blogku dengan beragam tema yang telah ditetapkan. Ada café favorit, diari, serius ngeblog, buku yang dibaca, makanan tradisional, lagu yang menginspirasi, dan masih banyak tema lainnya. Aku sudah dua kali  mengikuti acara rutin ini.

       Baca Juga:  https://www.yayuarundina.com/2022/12/serius-10-tips-menjadi-blogger.html

Selain itu, kelas lain yang diadakan oleh Komunitas ISB adalah kelas psikologi di bawah asuhan Kang Dandi dan Teh Diah Mahmoed. Pasangan psikolog, alumni Unpad yang membuka konsultasi masalah psikologi di Dandiah Care. Ini kelas yang menyehatkan jiwaku. Melepas semua aura negatif yang tersembunyi di dalam diriku. Rasa sakit, marah, kecewa dan emosi negatif lainnya. Setelah selesai mengikuti kelas ini, jiwaku terasa lebih plong. Enak bangets. Terasa sangat ringan, lebih optimis, dan lebih bahagia. Alhamdulillah.

Inilah manfaat berkomunitas. Rejeki luar biasa yang kudapatkan karena berkiprah di dunia blogging. Hatur nuhun pisan  Teh Ani Berta dan Komunitas ISB. Terima kasih banyak. I love you full.

Apa Itu Komunitas ISB?

Komunitas ISB merupakan salah satu komunitas blogger yang ada di Indonesia. Komunitas ISB ini kepanjangannya adalah Komunitas Indonesian Social Blogpreneur. Sebuah komunitas yang mewadahi para blogger Indonesia. Anggotanya tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Jakarta, Bandung, Solo, dan sebagainya.

Para blogger di Komunitas ISB ini harus fokus untuk menciptakan konten berkualitas sesuai dengan minat masing-masing serta mampu memoptimalisasinya untuk memperoleh benefit secara moral maupun materil.

Visi dan Misi ISB adalah mengedukasi Blogger melalui artikel, event online dan event offline. Dan diharapkan Blogger menjadi Agent of Changes bagi lingkungan sekitarnya.

Sejalan dengan visi misi tersebut, Komunitas ISB memiliki program di bidang pelatihan, menggali peluang dan networking. Keren deh.

Para ponggawa yang ada di Komunitas ISB ini adalah Teh Ani Berta sebagai founder, Teh Liswanti Pertiwi, Mas Ardan, dan Mas Adhe.

Kami berharap Komunitas ISB bisa terus eksis dan mampu mengantarkan para anggotanya menuju kesuksesan dalam beragam bidang sesuai minat masing-masing.  Semoga dengan peran Komunitas ISB, eksistensi blogger bisa tetap lestari, tak tergoyahkan. Semoga juga di masa mendatang akan semakin banyak kelas cantik lainnya.

 Thanks a lot

Sampai jumpa

Salam

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Seru, Gamifikasi Dalam Proses Pembelajaran

  Halo sobat yayuarundina.com – Kali ini, kita bahas tentang Seru, Gamifikasi Dalam Proses Pembelajaran. Yup, dunia pendidikan sekarang   ...