12/12/2022

Laleilmanino: Lagu Inspirasi untuk Lebih Mencintai Alam

 

Halo sobat yayuarundina.com, apa yang kamu pikirkan tentang gempa Cianjur yang terjadi baru-baru ini? Atau gempa lainnya di Garut dan Sukabumi? Ah, begitu banyak hal yang melintas di pikiran. Kematian. Derita. Kelaparan. Kedinginan. Bencana.  Juga dosa. Begitulah, jika kita tak mendengarkan alam bernyanyi. Laleilmanino: Lagu Inspirasi untuk Lebih Mencintai Alam.


laleilmanino
Laleilmanino

 Masih ingat kan lagu Laleilmanino yang berjudul Dengar Alam Bernyanyi? Sebuah lagu yang memberikan banyak inspirasi untuk kita, lebih-lebih untukku. Inspirasi utama tentu saja kita akan lebih mencintai alam. Inilah tema tulisan kita kali ini. Laleilmanino: Lagu Inspirasi untuk Lebih Mencintai Alam.

BACA JUGA: https://www.yayuarundina.com/2022/08/laleilmanino-suara-alam-buat-manusia.html

Banyak memang fungsi lagu itu. Fungsi utama adalah untuk menghibur diri. Kala kita sedih, sedang bekerja, butuh istirahat. Lagu biasanya menjadi teman setia kita. Jika mempelajari syairnya, kita juga bisa menemukan banyak inspirasi. Seperti Laleilmanino melalui lagu Dengar Alam Bernyanyi, kita diajak untuk lebih mencintai alam. Atau lagu lainnya kita diajak untuk kuat menghadapi cobaan, semangat mengejar mimpi, dan lain sebagainya.

4 Inspirasi Penting dari Lalu Laleilmanino Dengar Alam Bernyanyi

Banyak inspirasi yang aku dapatkan dari lagu Laleilmanino Dengar Alam Bernyanyi. Lagu manis yang dibawakan bersama-sama oleh Chicko Jerico, Sheila Dara, Aisha, dan Hivi. Setelah mencermati syairnya, inilah 2 inspirasi penting dari lagu Laleilmanino Dengar Alam Bernyanyi.

1.      Peduli atau Lebih Mencintai Alam

Dengar Alam Bernyanyi merupakan sebuah lagu yang mendeskripsikan tentang kerusakan alam yang parah. Kita, manusia sungguh sangat tak peduli dengan segala sesuatu yang terjadi pada alam. Sebuah sindiran keras pada kita yang serakah, terlalu sibuk memikirkan kepentingan sendiri. Tidak peduli pada kehidupan yang harmonis antara alam dan kebutuhan manusia.

Tanpa kita sadari hutan sudah banyak yang hilang, sawah berubah menjadi beton-beton yang kokoh, polusi udara yang sudah mulai menyesakkan dada. Sampah menumpuk dimana-mana.  Ah, rasanya sangat sulit mendapatkan kesegaran udara pagi dengan segala keceriaannya. Terutama di kota besar.


polusi udara
Polusi udara karena asap pabrik

Kapankah kesadaran dan tanggung jawab manusia pada alam akan terjadi? Sudah begitu banyak aktivis lingkungan yang berkampanye. Severn Suzuki misalnya. Seorang anak SMP yang dulu pernah menegur keras para tokoh dan pemimpin dunia di Konferensi Lingkungan Hidup PBB. Namun, kerusakan alam semakin menjad-jadi.

Melalui lagu Dengar Alam Bernyanyi inilah kita kembali disadarkan untuk lebih mencintai alam. Betapa manusia dan alam saling membutuhkan. Simbiosis mutualisma.

 

2.     Berkarya untuk Indonesia

Banyak persoalan bangsa yang butuh solusi dan peran kita. Dari lagu Dengar Alam Bernyanyi, saya terinspirasi bahwa berbuat sesuatu itu bisa dengan karya. Tidak perlu demo, adu mulut dan hal kosong lainnya.

Dengan berkarya seperti Laleilmanino, mereka bisa menyumbangkan dana untuk memperbaiki kerusakan alam dari dana lagu tersebut.

Kita bisa juga berpartisipasi memberikan solusi untuk berbagai persoalan bangsa dengan berkarya sesuai bidang kita masing-masing. Love it!

 

3.     Kreatif dan Inovatif

Untuk bisa eksis di mana pun, kita butuh kreatifitas dan inovasi. Kita akan dikenal orang karena karya-karya kita. Itu semua butuh kreatifitas dan inovasi. Selalu ada hal-hal baru yang bisa kita buat. Kita perbaiki menjadi lebih baik.

Dunia seperti inilah yang membuat hidup kita bermakna dan juga bermanfaat untuk orang lain. Setuju kan, Sob? Its must be! Wajib, harus bin kudu!

 

4.     Kolaborasi

Kolaborasi sepertinya menjadi kebutuhan di abad ini. Semakin terspesialisasinya keahlian seseorang, maka kolaborasi menjadi sebuah cara ampuh untuk membentuk kekuatan baru.

Seperti para pencipta lagu ini. Laleilmanino. Mereka berkolaborasi untuk membentuk grup music selain grup music tempat mereka bernaung selama ini.

Lagu Dengar Alam Bernyanyi menjadi pembuka jalan baru menuju kehidupan yang lebih baik. Lebih eksis.

Seperti Laleilmanino yang berkolaborasi dengan para pelantun lagu ini. Chicko Jerico, Hivi, Sheila Dara  Aisha dan yang lainnya. Seru ya pastinya.

Masih adakah inspirasi-inspirasi lainnya? Kalian bisa menambahkannya di kolom komentar. Menurutku, lagu Dengar Alam Bernyanyi banyak memberikan inspirasi baru, semangat, juga mencerahkan.

Semoga semakin banyak karya-karya baru yang memberikan nilai positif untuk kita. Generasi muda Indonesia dan juga masyarakat Indonesia. Dengan karya-karya itulah, kita bisa banyak belajar dan berjalan kea rah yang lebih baik lagi. Masa depan yang lebih baik.

Yuk, sobat yayuarundina.com, kita berkarya lagi. Ramaikan dunia dengan karya-karya terbaik yang bisa memberikan banyak inspirasi bagi dunia.

Sampai jumpa lagi

Salam

 

 Sumber Gambar:

https://www.kompas.com/hype/read/2022/04/25/181831066/5-cerita-di-balik-lagu-laleilmanino-dengar-alam-bernyanyi


 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Seru, Gamifikasi Dalam Proses Pembelajaran

  Halo sobat yayuarundina.com – Kali ini, kita bahas tentang Seru, Gamifikasi Dalam Proses Pembelajaran. Yup, dunia pendidikan sekarang   ...