12/12/2022

Serius: 10 Tips Menjadi Blogger Profesional

 Halo sobat yayuarundina.com – Jika ingin menjadi blogger professional, kalian harus mempersiapkannya secara serius. Inilah Serius: 10 Tips Menjadi Blogger Profesional.

Blogger

Jika kita menjadi blogger profesional, akan banyak keuntungan yang kita dapatkan. Di masa sekarang ini, banyak orang yang keluar atau resign kerja dan memilih fokus menjadi blogger profesional. Penghasilan atau cuan dari kerjaan blogger profesional bisa diandalkan.

Menjadi blogger professional juga banyak dilakukan oleh mereka yang menjadi ibu rumah tangga. Alasan utamanya adalah menjadi blogger bisa bekerja di rumah. Hanya butuh laptop dan wifi. Daripada kerja kantoran, profesi blogger lebih fleksibel dalam mengatur jam kerja.

10 Tips Menjadi Blogger Profesional

1.     Konsisten unggah atau posting tulisan di blog

Menjadi blogger artinya kita menulis di media online bernama blog. Apa pun bisa kita tuangkan menjadi tulisan. Oleh karena itu, niche blog pun sangat beragam. Parenthing, teknologi, kecantikan, kesehatan, review buku, film,  life style, dan lain sebagainya.

Menjadi blogger professional berarti kita harus punya waktu untuk menulis dan mengunggahnya di  blog. Semakin sering, semakin baik. Blog kita akan semakin hidup.

Blog yang hidup akan mendatangkan pembaca. Inilah modal utama seorang blogger profesional.

 

2.     Buat tulisan yang bermanfaat untuk pembaca

Tulisan atau postingan seorang blogger professional haruslah memiliki kualitas yang sangat baik. Salah satunya dengan membuat tulisan yang bermanfaat untuk pembaca.

Di era digital ini banyak informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Mereka biasanya akan mengandalkan Mbah Google. Mencari informasi di dunia maya atau internet. Nah, salah satu sumber informasi itu adalah blog. Lebih bagus, jika para netisen itu mendapatkan informasi dari blog kita.

Dengan membuat tulisan yang disesuaikan dengan kebutuhan pembaca, maka blog kita memiliki peluang yang sangat bagus. Peluang untuk mendapatkan job, iklan, dan kesempatan baik lainnya.

 

3.     Canva untuk mempercantik tampilan tulisan di blog

Menulis di blog juga harus menarik. Storytelling. Menulis senatural mungkin dengan memasukkan pengalaman pribadi. Tidak seperti iklan yang hard selling. Tulisan di blog lebih personal dan persuasif.

Selain tulisan, kita juga bisa memberikan penampilan yang cantik. Tulisan bisa dilengkapi dengan ilustrasi gambar, infografis dan lain sebagainya.

Salah satu aplikasi untuk mempercantik tampilan tulisan di blog itu adalah Canva. Para blogger profesional biasanya menggunakan Canva yang berbayar agar kontennya bisa lebih lengkap dan menarik.

 

4.     Kuasai skill foto, video dan menulis

Menjadi blogger professional berarti juga harus memiliki banyak keahlian atau skills. Selain menulis, seorang blogger juga harus menguasai kemampuan memotret atau foto, membuat video, membuat infografis.

Keahlian tersebut merupakan penunjang keberhasilan ngeblog. Postingan di blog bukan hanya tulisan saja, tapi ada pelengkap lain untuk mempercantiknya, yaitu foto dan infografis.

Membuat dan mengedit video juga diperlukan untuk mengembangkan profesi lain sebagai vlogger. Tulisan mungkin kurang diminati, tapi tayangan video seperti Youtube bisa lebih diminati. Jadi dari tulisan bisa beralih ke video. Dari blogger jadi vlogger. Komplit jadinya.

 

5.     Kuasai ilmu SEO

Nah, ini nih kejaran utama dan wajib bagi para blogger professional. Tulisan mereka harus bisa mendapatkan posisi teratas di Google. Ini artinya tulisan-tulisan mereka banyak dicari dan dibutuhkan oleh orang banyak. Tulisannya informatif dan bermanfaat. Seru kan?

Untuk bisa berada di halaman utama Google itu butuh ilmu SEO. Search Engine Optimation. Ini ilmu matematika yang cukup sulit di dunia perbloggingan (untuk saya loh).

Secara sederhana, kita bisa mulai memanfaatkan ilmu SEO dengan menggunakan kata kunci dalam judul dan tulisan kita, terutama di seratus kata pertama atau 3 paragraf awal. Hal itu yang selalu disampaikan oleh Kang Ilman, saat saya menjadi content creator di Alonesia.  

Selain itu, kita juga harus rajin membagikan tulisan kita di beragam media sosial atau komunitas agar blog kita semakin banyak dikenal orang.

 

6.     Jalin relasi sebaik dan seluas mungkin

Belajar dari Teh Ani Berta. Menjalin relasi sebaik dan seluas mungkin bisa membuka banyak peluang dan kesempatan.

Dengan cara ini, kita bisa memperbanyak jejaring untuk menjalani karier sebagai blogger professional.

 

7.     Jaga attitude atau sikap

Hal ini sering ditekankan oleh banyak orang, termasuk para blogger yang sudah berpengalaman seperti Teh Ani Berta, Teh Nchie Hani dan yang lainnya.

Seperti peribahasa Sunda, hade goreng ku basa. Bahasa menjadi kunci sikap kita yang baik. Lidah yang tajam akan banyak melukai orang lain. Tentu saja hal ini harus dihindari.

Begitu juga sikap arogan atau sombong, tidak bertanggung jawab, ingkar janji, tidak disiplin dan lain sebagainya.

Karakter-karakter buruk itu bisa jadi menutup jalan karier sebagai blogger professional.

 

8.     Lengkapi peralatan ngeblog

Untuk membuat sebuah tulisan yang berkualitas, dibutuhkan senjata perang yang lengkap. Seorang blogger professional butuh peralatan perang untuk melaksanakan tugas di lapangan. Riset. Wawancara untuk mendapatkan bahan tulisan.

Selain laptop, kita juga butuh kamera, alat rekam, pengecas hp, perlengkapan atau asesori foto, lighting atau lampu untuk mengambil gambar. Selain ini, mungkin ada peralatan ngeblog lainnya.

 

9.     Banyak membaca dan belajar

Tulisan yang berkualitas juga tak lepas dari kebiasaan membaca dan banyak belajar. Tulisan akan semakin terang dengan banyak membaca. Dengan banyak membaca dan belajar, kita bisa memberikan banyak informasi yang berkualitas. No hoaks. Bukan sekedar jadi. Namun, tulisan kita memiliki referensi sehingga hal itu menambah poin. Menambah kepercayaan pembaca. Ini tentu saja sangat bermanfaat bagi kita sebagai penulis, sebagai blogger.

 

10.  Rawat Blog dengan tampilan menarik

Hal terakhir yang perlu kita lakukan sebagai seorang blogger professional adalah ngoprek blog. Rajin merawat blog kita.

Mengganti template yang lebih ramah di mesin pencari. Ramah di mata pembaca. Rapi. Membuat orang betah berada di blog kita. Menarik.

Kenali juga beragam tools yang akan melengkapi dunia perbloggingan, seperti Google Analytics, Google Console. Kita perlu mempelajarinya untuk memberikan performa yang baik, khususnya di mata klien.

Sebagai blogger professional sering ada persyaratan tertentu untuk mendapatkan job. Contohnya DA, PA biasanya minimal 15. Page view dan lain-lain.

 

guru blogger
Guru Blogger

Membangun Karier Protean Sebagai Guru Blogger

Sejak terjun di dunia blogging, saya sudah jatuh cinta pada dunia ini. Banyak hal positif yang bisa saya dapatkan. Blogger dukung profesionalisme guru. Yup, saya adalah seorang guru Bahasa Indonesia. Menggeluti dunia blogger sangat menunjang saya sebagai guru bahasa Indonesia. Saya jadi bisa menulis.

BACA JUGA: https://www.yayuarundina.com/2022/11/dilema-blogger-sebagai-karier-protean.html

Sejak menjadi pembicara di TPN 9 untuk berbagi informasi tentang karier protean menjadi blogger, muncul keinginan untuk membangun karier protean sebagai guru blogger.

Blogger menjadi satu pekerjaan di luar tugas utama sebagai guru. Menulis di blog bisa dilakukan di luar jam mengajar. Walau tidak mudah, tapi saya akan mencoba lebih baik dari sebelumnya. Lebih konsisten. Lebih serius menekuni dunia perbloggingan. Lebih bisa mengatur waktu secara berimbang.

Saya berusaha untuk membuat postingan yang bermanfaat dan menarik. Belajar motret lagi agar lebih baik, belajar mengedit video. Bahkan juga, saya terjun untuk mewawancarai narasumber.

Guru blogger juga bisa jadi pengisi waktu saya saat nanti telah pensiun. Seperti yang dilakukan oleh bu Ina Tanaya dan Pak De. Mereka bisa lebih serius dan fokus ngeblog.

BACA JUGA: https://www.yayuarundina.com/2022/08/bangga-jadi-guru-blogger.html

Semoga dengan menjadi guru blogger, akan banyak lagi manfaat yang bisa ditebarkan kepada para siswa seperti yang sudah sering saya lakukan selama ini.

Itulah beberapa keseriusan saya dalam membangun karier protean sebagai guru blogger. Semoga bisa menginspirasi banyak orang untuk mencintai dunia tulis-menulis di blog.

Sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini

Semoga bermanfaat

Salam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Bubur Merdeka: Let’s Eat Porridge In Old Hotel

  Hai every one, I will bring you to eat porridge in old hotel. Do you want to join me? Let’s go. We walk to Gatot Subroto road in Cimahi....