5 ALASAN KITA WAJIB BELAJAR BAHASA INDONESIA

Siswa Belajar Bahasa Indonesia


Hai Sob, pernah bosan belajar Bahasa Indonesia? Kalian pernah beranggapan,”Ah, Belajar Bahasa Indonesia itu gampang bangets.” Sebaliknya, pernahkah kalian berpendapat bahwa belajar Bahasa Indonesia itu bikin pusing? Apalagi kalau mengerjakan soal ujian, banyak bacaannya dan jawabannya mirip-mirip, benar kan? Ya, Belajar Bahasa Indonesia itu memang merupakan sebuah seni.
Tetap di blog ini ya. Kali ini aku ingin berbagi ilmu, bolehkan?
Yuk, kita belajar Bahasa Indonesia! Siapa tahu kamu lagi butuh buat ngerjain peer, mo ulangan biar bisa dapet nilai bagus, atau kamu ingin berkunjung ke Indonesia, negeri cantik di garis khatulistiwa, biar kamu bisa lancar ngobrol sama orang Indonesia.  Bebas-bebas sajalah alasan kamu belajar Bahasa Indonesia ini ya. Up to you deh hehehe…. Namun, menurutku ada 5  alasan paling oke sedunia nih yang wajib kamu ketahui tentang Belajar Bahasa Indonesia.

Indonesia kaya akan budaya dan bahasa

Mengapa kita wajib belajar Bahasa Indonesia? Ini dia 5 alasannya.

1.     Bahasa Indonesia Itu Penting
Negara cantik, Indonesia ini sudah mulai dilirik banyak orang. Kamu mungkin masih ingat pelajaran sekolah dulu. Guru kita mengatakan bahwa penduduk Indonesia yang banyak ini bagus untuk pemasaran. Menurutku sih ada benarnya, apalagi orang Indonesia LN minded. Produk dari luar negeri selalu punya daya tarik hebat. “Brandedlah pokona mah.”
Coba deh hitung, berapa banyak perusahaan asing dan produk dari luar negeri yang dijual di Indonesia. Banyaklah ya. Apalagi di Bandung nih, ada supermarket yang identik dengan produk-produk luar. Jadi, kalau kamu mau mencoba resep masakan asing, tinggal cari bahan-bahannya di sini. “Pasti ada, deh,” begitulah saran sahabat saya.
Nah, ini indikator tentang pentingnya negara Indonesia di mata dunia. Jadi, otomatis Bahasa Indonesiapun sangat penting dipelajari. Coba deh buka You Tube! Kamu akan banyak menemukan orang belajar bahasa Indonesia.
        
2.     Bahasa Indonesia Itu Mudah
Kata Oppa Bandung, Bahasa Indonesia itu mudah dipelajari. Sederhana. Menurutku juga begitu. Kalau belajar bahasa Inggris, kita harus belajar tentang berbagai macam waktu ( Tenses ). Masa lalu, kini dan masa datang. Demikian juga, kalau belajar bahasa Sunda, kita harus mengetahui Undak Usuk Basa. Bahasa untuk orang tua, sesama dan adik kecil.

3.     Bahasa Indonesia Itu Bahasa Kita
Ada yang tidak setuju dengan subjudul ini? Ayo, tunjukkan jarinya! 1000% kukatakan benar bahwa Bahasa Indonesia itu bahasa kita. Bahasa nasional, bahasa persatuan, bahasa pengantar di lembaga formal, juga yang paling penting adalah BAHASA INDONESIA ITU IDENTITAS KITA. Wong, kita orang Indonesia.
Negara Indonesia sejak lahir sudah memiliki bahasanya sendiri, Bahasa Indonesia.

4.     Bahasa Indonesia itu Banyak Disukai Orang Asing
Dari hasil pencarian kata kunci alias keyword, Belajar Bahasa Indonesia memiliki search volume 1900. Ini artinya banyak orang yang ingin belajar bahasa Indonesia, termasuk orang asing. Korea, Australia dan sebagainya. Selain itu, banyak juga orang asing yang betah tinggal di Indonesia.
Kini, di perguruan tinggi ada jurusan khusus Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing ( BIPA ). Jurusan ini dikhususkan untuk menularkan ilmu berbahasa Indonesia pada orang asing.
Di beberapa negara pun, banyak lembaga yang membuka kesempatan untuk mempelajari budaya dan bahasa Indonesia. Di You Tube ada 5 negara yang bangga dengan bahasa Indonesia. Di 5 negara ini pelajaran Bahasa Indonesia menjadi satu pelajaran penting, baik di perguruan tinggi ataupun sekolah dasar. “Aku suka pelajaran Bahasa Indonesia,” kata seorang siswa di Austrlia. 5 Negara itu adalah Ukraina, Jepang, Korea, Australia, dan Suriname.


Siswa Jepang Belajar Bahasa Indonesia


5.     Bahasa Indonesia Itu Mendunia
Asyik yah, kalau ini menjadi kenyataan. Semakin banyak yang bisa berbahasa Indonesia, maka akan semakin mendunia. Siapa tahu, Bahasa Indonesia bisa menyaingi Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Seperti di Arab Saudi, banyaknya jemaah orang Indonesia, maka banyak petunjuk berbahasa Indonesia. Demikian kata salah seorang teman saya yang pernah pergi haji.

Kapan dan Dimana Belajar Bahasa Indonesia?


Anytime and anywhere. Kalian bisa belajar Bahasa Indonesia kapan pun dan di mana pun. Pagi, siang, sore, atau malam. Di rumah, di sekolah, privat, di lembaga khusus atau ngobrol langsung dengan orang Indonesia. Selain itu, You Tube atau blogpun sudah banyak yang memfasilitasi ini.

Bagaimana Kalian Mempelajari Bahasa Indonesia?
Seribu satu jalan menuju Roma. Ada banyak pelajaran bahasa Indonesia. Mulai dari yang mudah hingga sulit. Dari sekedar ngobrol atau sampai mendalami ilmu bahasa Indonesia. Ada banyak ragam bahasa Indonesia dan materi kebahasaan.
Semuanya bisa dipelajari satu per satu. Boleh loh kalian memiliki dua buku pegangannya: Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia dan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kabar baiknya, KBBI V sudah ada di Playstore, bisa diunduh di ponsel masing-masing. Data terakhir, saya melihat yang mengunduh aplikasi ini sudah sekitar sejuta orang.
Oh ya, kalau kalian ingin tahu kemampuan berbahasa Indonesia, bisa loh mengikuti tes bahasa Indonesia (UKBI). Semacam Toefl. Tinggal datang langsung ke Balai Bahasa, di Jakarta dan di daerah, seperti Bandung.

Nah, itulah ilmu yang ingin kubagikan pada kalian semua. Masih banyak ilmu-ilmu lainnya. Tenang, nanti satu per satu akan kubagikan juga. Tetep pantengin blog ini aza yah. Stay Cun ( gitu kali kalo kata mas Bro, penyiar radio). Pokoknya kita harus semangat Belajar Bahasa Indonesia, ya!
Bagi yang ingin berkunjung ke badan atau balai bahasa, kukasih alamatnya ya. Apa sih bedanya? Badan Bahasa itu berada di pusat (Jakarta). Balai Bahasa ada di berbagai daerah, Bandung contohnya.

BADAN PENGEMBANGAN DAN PEMBINAAN BAHASA
KEMDIKBUD
Jalan Daksinapati Barat IV, Rawamangun Jakarta Timur 13220
Telepon (021) 4706287


BALAI BAHASA BANDUNG
Jalan Sumbawa no 11 Bandung, Jawa Barat


Sumber foto:
1. dokumen pribadi
2. https://www.hipwee.com/daripembaca/keseruan-hidup-macam-ini-cuma-mahasiswa-jurusan-bahasa-indonesia-yang-merasakan/

15 komentar

  1. hemmm.. iya lah mbak kita harus bangga dengan bahasa sendiri (indonesia)

    BalasHapus
  2. Dulu aku salah satu siswa yang nggak suka pelajaran Bahasa Indonesia. Apalagi kalau sudah diminta membuat Tajuk Rencana, Pokok Pikiran Pikiran Utama, beuuh ... Langsung manyun.

    Bagian lain dari pelajaran ini yang nggak suka adalah struktur kalimat. Kalau hanya sekadar menentukan Subyek, Predikat, Obyek dan Keterangan dalam satu kalimat utuh, nggak masalah. Tapi kalau kalimatnya sudah panjang, aku langsung sakit kepala, hahaha ...

    Tapi saat kuliah dan ada beberapa mahassiwa asing yang belajar Bahasa Indonesia di Fakultasku, rasanya malu banget kalau kitanya sendiri sebagai orang Indonesia nggak merasa bangga. Di kampusku sekarang ini malah sudah ada program khusus budaya bagi mahasiswa asing. Pesertanya jauh-jauh malah dan jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan dulu.

    BalasHapus
  3. Terkadang kita terlalu mementingkan belajar bhs asking daripada bhs sendiri mungkin terlihat mudah namun bahasa Indonesia ITU kalau udah belajar sastranya rumit

    BalasHapus
  4. Setuju teteh Guru, saya sedang belajar menulis sesuai ebi nih biar nulisnya bagus juga hihi tfs yah nanti mau download ah

    BalasHapus
  5. sungguh malu, sebagai warga negara Indonesia kalo gk bisa bahasa sendiri, apa kata dunia

    BalasHapus
  6. Teh.... kalo menurutku Bahasa Indonesia itu simple, tidak mengenal perubahan waktu, nggak usah ngapalin perubahan kata kerja. Cuman kalo ujian stamina harus okay karena teksnya panjang bikin ngantuk hehehehhhe....

    BalasHapus
  7. Iya belajar bhs ITU penting Karena byk skli org pada jaman skrg termasuk saya berbahasa Indonesia mencampur dgn bhs lain

    BalasHapus
  8. Setuju... kita harus miara Bahasa Nasional. Apa itu miara deuinya???

    BalasHapus
  9. Penting banget belajar Bahasa Indonesia, buat ngomong dan buat nulis beginian...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul. Biar lancar ngobrol sama orang Indonesia ya

      Hapus
  10. Setuju, harus belajar bahasa Indonesia biar tahu mana imbuhan -pun yang dipisah dan mana yang tidak, mana di- sebagai keterangan tempat mana yang tidak, atau mana bahasa gaul mana yang betulan bahasa Indonesia.

    Karena banyak orang Indonesia yang belum tahu betul. Sayang sekali...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, perlu dikaji ulang dan diaplikasikan ilmunya yah

      Hapus