GEBYAR BULAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

 

Kami Putra dan Putri Indonesia

Menjunjung Bahasa Persatuan

Bahasa Indonesia

 Hai Sobat yayuarundina.com, Oktober identik dengan Sumpah Pemuda. Salah satu pengakuannya adalah Berbahasa Satu, Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, Oktober merupakan Bulan Bahasa. Tahun ini, MGMP Bahasa Indonesia kota Cimahi menyelenggarakan acara Gebyar Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia.

 

Bulan bahasa gree one

Para Pemenang Lomba Gree One

Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia Gree One

SMP Negeri 1 Cimahi menyelenggarakan acara Bulan Bahasa Gree One pada 13 - 26  September 2021. Acara ini bertujuan untuk:

1.     Mengembangkan minat dan bakat siswa

2.     Mengembangkan dan praktek pelajaran Bahasa Indonesia

3.     Menyeleksi peserta lomba untuk tingkat kota Cimahi.

 

Adapun mata lomba yang diadakan dalam acara Bulan Bahasa Gree One ini adalah:

1.     Lomba Cipta Puisi

2.     Lomba Membaca Puisi

3.     Lomba Cipta Cerpen

4.     Lomba Pidato.

 

Gebyar Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia Tingkat Kota Cimahi

Pada Oktober 2021 ini, MGMP Bahasa Indonesia kota Cimahi menyelenggarakan acara Gebyar Bahasa dan Sastra Indonesia. Tema acara dan lombanya adalah Cinta Berbahasa Indonesia.

 

Ada kejutan besar yang terjadi. Lomba Cipta Cerpen dan Lomba Cipta Puisi ditiadakan karena alasan protokol kesehatan. Sebelum pandemi, biasanya lomba diadakan langsung di SMP Negeri 2 Cimahi. Berlakunya pembatasan kegiatan masyarakat tidak memungkinkan untuk melaksanakan lomba ini.

 

Oleh karena itu, penyelenggaraan lomba dilakukan melalui pengiriman karya berupa video. Pengiriman karya dilakukan pada 4-16 Oktober 2021. Hampir seluruh smp di kota Cimahi mengikuti lomba ini.

 

Lomba ini diikuti oleh individu dan grup. Mereka adalah perwakilan dari sekolahnya masing-masing. Mata lomba untuk tingkat kota adalah:

1.     Lomba Membaca Puisi

2.     Lomba Pidato

3.     Lomba Musikalisasi Puisi.

 

Judul puisi yang digunakan untuk lomba adalah:

1.     Kerawang Bekasi

2.     Surat Dari Ibu

3.     Membaca Tanda-Tanda

4.     Derai-Derai Cemara karya Chairil Anwar menjadi judul puisi untuk musikalisasi puisi.

 


Puncak Acara Gebyar Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia Tingkat Kota Cimahi

Saat peringatan Sumpah Pemuda, Kamis, 28 Oktober 2021, MGMP Bahasa dan Sastra Indonesia menyelenggarakan Puncak Acara Gebyar Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia Tingkat Kota Cimahi.

 

Dalam puncak acara ini dilakukan pengumuman pemenang lomba, penyerahan piala dan hadiah serta beberapa mata acara menarik lainnya. ARI KPIN menjadi bintang tamu untuk musikalisasi puisi. Beliau memang pakar di bidang musikalisasi puisi ini.

 

Buku Karya Guru Bahasa Indonesia Kota Cimahi dan Pengawas

Yang membanggakan juga adalah penyerahan karya guru Bahasa Indonesia kota Cimahi dan pengawas kepada Bapak Kepala Dinas Pendidikan kota Cimahi, Hardjono, S.Pd, M.M. Mereka adalah:

1.     Sri Rahayu Setiawati, S.Pd

2.     Deni Ahmad, M.Pd

3.     Dr. Rina Heryani, S.Pd, M.Pd

Di   Dina Suciati, M.Pd

 

yayu arundina

Buku Solo Perdana Yayu Arundina

Saya menjadi salah satu guru yang bisa mempersembahkan karya buku untuk Pojok Baca di kantor Dinas Pendidikan Kota Cimahi. Judul bukunya adalah Transformasi Media Sosial ke dalam Bahasa Indonesia. Buku ini merupakan hasil penelitian tindakan kelas tentang pemanfaatan Facebook untuk proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Jadi, sebelum musim pandemi, PJJ sudah dilakukan sejak dulu.

 

Puncak Acara Gebyar Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia ini ditutup dengan persembahan lagu dari para panitia yang berbaju kebaya hitam.  Ari KPIN juga ikut menyanyi dan mengiringi  musik. Seru deh.

 

Semoga dengan Cinta Berbahasa Indonesia, kita bisa menyumbangkan peran untuk Indonesia Tangguh. Mari kita menjadi multibahasawan! Mampu berbahasa daerah, berbahasa Indonesia dan berbahasa asing!

 

Bahasa Daerah Itu Pasti

Bahasa Indonesia Itu Wajib

Bahasa Asing Itu Perlu

                            Duta Bahasa Jawa Barat 

 

 Salam Literasi

Cintai negerimu, Cintai bahasamu


Sumber Video:

Gunstea Channel  https://www.youtube.com/watch?v=V5iInENsKcE


 

Tidak ada komentar