Drama Korea Punya Literasi yang Tinggi dan Lengkap

 Halo sobat yayuarundina.com, senang deh kita berjumpa kembali melalui postingan terbaru ini. Siapa nih para penggemar drakor? Kalian tahu gak, kalau drama korea itu memiliki literasi yang tinggi dan lengkap. Mengapa?


drama korea
Salah satu adegan dalam Descendant of The Sun


Pengertian Literasi

Literasi bermakna kemampuan seseorang dalam memahami dan mengolah informasi untuk diaplikasikan dalam mengatasi persoalan hidupnya. Literasi tidak hanya ada di dunia baca tulis saja. Namun, perkembangannya sekarang menjadi lebih luas. Ada 6 jenis literasi.

1. Literasi Baca Tulis

Literasi ini berkaitan dengan kegiatan baca tulis. Boleh dibilang inilah dasar dari semua literasi. Kemampuan dalam memahami gagasan sangat penting dalam kehidupan manusia. Lebih hebat lagi, bila manusia itu bisa juga menuliskannya menjadi berbagai macam karya.

Nah, di dalam berbagai judul drama korea, kita bisa menemukan keragaman tema yang berbeda dan menarik. Inilah kekuatan utama dalam drama korea. Literasi yang sangat tinggi. Berbagai macam persoalan hidup diangkat ke permukaan. Keragaman ini tak mungkin ada tanpa kemampuan baca tulis yang baik. 

 Cinta seperti dalam drakor Descendant of The Sun, Memories of Al Hambra, dan masih banyak lagi. Tema dan drama korea ini pasti menjadi favorit kalian kan? 

Kehidupan keluarga, seperti dalam drama koea Penthouse, Sky Castle. Kehidupan para keluarga kaya raya dengan beragam masalah masing-masing. 

Kematian, seperti dalam drakor Hotel De Luna. Sungguh suatu cerita yang tak biasa dan mungkin tak banyak dibahas dalam film-film atau drama lainnya. 

Selain tema, kita juga bisa mendapatkan berbagai macam informasi yang menarik. Tentang beragam penyakit yang diderita pemainnya, misalnya: dalam drama It’s Ok but Not To Be Ok. Juga banyak informasi lain yang tentu saja hasil dari membaca. 

2. Literasi Budaya dan Kewargaan

Kalau kalian memperhatikan kondisi sekarang, khususnya di Indonesia, beragam budaya korea telah menembus batas negara. Mulai dari makanan atau kuliner, kpop dan sebagainya.

Inilah salah satu keberhasilan drama korea. Beragam informasi tentang kuliner, gaya hidup, juga Dinasti Joseon yang sering mewarnai drama korea, baju Hanbok dan lain-lain merupakan keberhasilan dalam literasi budaya dan kewargaan. 

hanbok
Budaya Korea: Hanbok

Melalui drama korea mereka secara tidak langsung telah berhasil menduniakan budayanya. Inilah salah satu bentuk rasa cinta tanah air. Cinta akan kekayaan budayanya. Inilah bentuk kepedulian warga korea, khususnya para sineas terhadap keanekaragaman budayanya.

  1. Literasi Finansial

Literasi finansial terkait dengan kemampuan dalam pengelolaan keuangan. Kemampuan merencanakan keuangan dan pemakaian keuangan yang seimbang. Jangan sampai besar pasak daripada tiang. Idealnya keuangan yang sehat itu terdiri dari beberapa aspek berikut ini:

  1. 10% beramal/ bersedekah

  2. 20% menabung/ investasi

  3. 30% utang

  4. 40% konsumsi.

Keberhasilan literasi finansial dalam drama-drama korea adalah tentang lokasi syutingnya yang luar biasa. Bisa memakan budget atau anggaran yang lumayan besar. Mengapa mereka bisa seperti itu?

Beberapa lokasi syutingnya berada di luar negeri. Crash Landing On You melakukan syuting di Swiss. Keindahan alamnya menambah keunggulan drakor yang dibintangi oleh Hyun Bin dan So Yen Jin ini. 


hyun bin
Hyun Bin dan So Yen Jin dalam Crash Landing On You


Inilah beberapa tempat di Swiss yang bikin saya makin kepincut untuk pergi ke sana. Lake Brienz Cruise. Iseltwat yang merupakan Swiss Heritage Sites.

Keindahan panorama ini tentu saja wajib ditebus dengan perencanaan keuangan yang baik. Literasi finansial.

4. Literasi Sains

Literasi Sains tergambar dalam drama korea The King: Eternal Monarch yang diperankan oleh Lee Min Ho. Yang menarik dalam drakor ini adalah lorong waktu yang menghubungkan masa kini dan masa lalu. Bagaimana orang-orang yang bersalah kabur ke masa kini, lalu merusak atau berusaha menghancurkan kehidupan masa lalu. 

Jika melihat kualitas karyanya, cerita-cerita dalam drama korea pasti berdasarkan pada riset yang mendalam. Apalagi terkait dengan dinasti Joseon. Selain mempelajari literatur, tentu harus melakukan riset tentang jiwa zaman pada saat itu. Bagaimana kehidupan saat itu? Bagaimana situasi istana dan kehidupan di dalamnya? Bagaimana busana yang dikenakan lengkap dengan segala detilnya. 

Keberhasilan riset ini akan menambah daya tarik cerita, pendeskripsian tokoh, juga latar yang sesuai. Kesalahan atau kekeliruan tentang baju misalnya, pasti bisa diminimalisir.  

Jadi, dua indikator utama dalam literasi sains ini adalah penelusuran literatur atau bahan bacaan yang efektif dan merancang desain penelitian sejarah atau penelitian lainnya sesuai kebutuhan cerita.

5. Literasi Digital

Mendunianya drama korea ke seantero jagat tentu didukung oleh publikasi yang baik pula. Pemanfaatan media digital atau media komunikasi untuk menyebarkan informasi ini.

6. Literasi Numerasi

Selain keberhasilan publikasi, kesuksesan drama korea tentu juga didukung kekuatan analisis numeric. Target penonton dengan segala pernak-perniknya tentu perlu dipelajari juga. Berbagai analisis dilakukan untuk mengambil sebuah keputusan yang tepat.

Nah sobat yayuarundina.com, itulah opini saya tentang literasi yang tinggi dan lengkap dalam drama korea. Keberhasilan beragam jenis literasi ini, tentu saja berpengaruh positif terhadap keberhasilan hidup. Mau maju, ayo berliterasi!

Salam!

Sampai jumpa lagi!


Sumber Gambar:

https://www.liputan6.com/showbiz/read/2487568/6-adegan-descendants-of-the-sun-paling-menegangkan

https://www.merdeka.com/jatim/20-drama-korea-dengan-rating-tertinggi-yang-wajib-ditonton-jangan-sampai-ketinggalan-kln.html



Tidak ada komentar