Zaman Now Ibu Rumah Tangga Jadi Blogger

 

Halo Sobat yayuarundina.com, pernahkah kalian merasa berkecil hati menjadi ibu rumah tangga? Dulu, teman-teman saya selalu begitu ketika kami kumpul-kumpul. Merasa menjadi wanita karir lebih bergengsi daripada mereka. Di sisi lain, para wanita karir seringkali iri pada ibu-ibu rumah tangga ini. Bagaimana kalau di Zaman Now, Ibu Rumah Tangga Menjadi Blogger?


emak zaman now
Emak Zaman Now 

Mengapa Ibu Rumah Tangga Menjadi Blogger?

 Mengapa ibu rumah tangga dan wanita karir bisa saling iri? Ibu rumah tangga merasa wanita karir itu enak: bisa punya uang sendiri, gaya, cantik. Sedangkan para wanita karir merasa menjadi ibu rumah tangga itu enak: tidak perlu repot berkejaran dengan waktu.

Begitulah sifat manusia yang selalu melihat keindahan di taman tetangga. Kedua hal itu memang ada benarnya juga sih, ya kan Sob? Begitu banyak wanita karir yang sudah berkorban untuk menjadi ibu rumah tangga sejati. Karir dan urusan domestic tak bisa dijalankan secara sempurna. Salah satu harus dikorbankan.

Tragisnya, ketika pasangan hidupnya meninggal dunia, mereka kelabakan juga untuk mencari biaya rumah tangga. Biaya makan sehari-hari, biara sekolah anak-anaknya, bayar tagihan listrik, air dan sebagainya. Pusing juga kan?

Ibu rumah tangga menjadi blogger merupakan sebuah solusi untuk menjembatani dua permasalahan tersebut. Jika professional, mereka bisa mendapatkan cuan. Namun, waktu kerjanya bisa lebih fleksibel. Pekerjaan blogger bisa dilakukan dari rumah. Waktu kerjanya bisa kita atur sendiri.

Apa Saja Syarat Menjadi Blogger?

 

Seorang blogger professional, Teh Shanty Dewi Arifin, mengajak para ibu, khususnya mereka yang tergabung dalam Komunitas Ibu Profesional, untuk mulai menulis dan membuat blog. Nah, jadi syarat menjadi blogger itu apa saja?

Blogger bandung
Salah Satu Kegiatan Blogger Bandung

1.     Buat Blog

Para ibu rumah tangga yang ingin menjadi blogger itu harus membuat blog terlebih dahulu. Sebagai langkah awal, mereka bisa membuat blog pribadi di Wordpres atau Blogspot. Bisa gratisan atau  berbayar.

Bahkan, bagi yang tidak ingin ribet mengurus blog sendiri, mereka bisa ngeblog di Kompasiana, Medium atau Kumparan.

Selain itu, mereka bisa memanfaatkan Wattpadd, Storial, FB, atau You Tube. Seru kan?

2.     Menetapkan Tujuan

Para ibu rumah tangga itu juga harus menetapkan tujuan mereka. Untuk apa?

a.     Belajar sesuatu, khususnya menulis

b.     Mengabadikan pengalaman hidup mereka, khususnya yang menarik dan bermanfaat untuk orang lain.

c.      Branding diri

d.     Membantu orang lain, misalnya mempromosikan usaha teman dengan membuat tulisan di blognya.

e.     Mencari cuan atau penghasilan.

 

3.     Mencari Ide tulisan

Beragam aspek kehidupan manusia. Seluas itu pulalah ide tulisan. Kita tinggal memilihnya sesuai dengan kesukaan sendiri. Parenthing, pendidikan, kecantikan, kuliner, teknologi, review buku, film dan sebagainya. Inilah yang disebut dengan niche blog.

Ide atau tema tulisan tersebut bisa dipersempit menjadi lebih spesifik, misalnya tutorial, tips and trik, review, opini, kisah, pengalaman pribadi dan sebagainya.

 

4.     Rajin Posting atau Unggah Tulisan

Jika sudah punya ide-ide tulisan, segera eksekusi menjadi tulisan utuh. Lebih banyak tulisan, lebih bagus. Semakin banyak tulisan artinya kita bisa semakin konsisten posting atau unggah tulisan di blog.

Konsistensi dalam mengunggah tulisan ini menjadi modal untuk dapat cuan. Apalagi jika kontennya banyak dicari orang. Cuan akan mengalir deras.

5.     Berkreasi

Selain tulisan, kita juga harus berkreasi agar unggahannya menarik. Tambahkan foto, gambar, infografis, video, podcast dan sebagainya. Siap berkreasi? Yuk, mari! Seru loh.

6.     Pelajari SEO

Selain rajin unggah tulisan, kita juga wajib mempelajari SEO agar tulisan kita berada di halaman pertama Google. Ini nambah poin lagi deh buat dapet cuan atau penghasilan dari ngeblog. Happy kan?

Nah, Teh Shanty memberikan 7 tips optimalisasi SEO Dasar. Yuk, kita pelajari bersama!

 

Begitulah ilmu menjadi blogger. Kalian, para ibu rumah tangga ingin menjadi blogger juga? Yuk cap cus. Tarik Neng. Gaskeun. Ayo, kita ngeblog bareng!

 

Salam Literasi Digital

Sampai jumpa

 

 

Sumber Gambar: 

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20180227183456-40-5657/ini-yang-paling-banyak-dicari-ibu-ibu-zaman-now-di-google


4 komentar

  1. Makasih Teh Yayu, sudah meneruskan ilmunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Misami Teh. Penting diketahui banyak orang nih, moga jadi solusi buat para wanita zaman now 😄

      Hapus
  2. Sepertinya saya bakalan sering ngintip rumahnya Mba Yayu hihihi

    Terima kasih ya Mba...

    BalasHapus