Serunya Acara Bukber Online Bersama Komunitas Bloggercrony

 

Halo Sobat yayuarundina.com, bagaimana nih hari-hari terakhir bulan Ramadhannya? Pasti banyak begadang dan keseruan, ya kan?  Salah satu keseruan di bulan Ramadhan adalah Bukber atau buka bersama. Istilah lainnya adalah Ifthar. Nah, tahun ini, aku dapet acara bukber yang unik nih. Loh bukber kok unik sih? Simak aza di tulisanku ini ya: Serunya Acara Bukber Online Bersama Komunitas Bloggercrony.

Bukber online bloggercrony
Sesi Blogger Life


Budaya Bukber dalam Masyarakat Indonesia

Salah satu kegiatan yang menarik di bulan Ramadhan adalah bukber atau buka puasa bersama. Biasanya, mulai minggu kedua Ramadhan, kita sudah menyiapkan bahkan menerima undangan acara bukber ini. Bisa bersama keluarga besar, teman dan sahabat, komunitas, lembaga, tempat kita kerja dan sebagainya. Ah, rasanya sayang sekali kalau kita melewatkan kebersamaan ini.

Ya, salah satu hikmah Ramadhan adalah kebersamaan. Kumpul-kumpul dengan orang-orang terdekat. Mulai dari makan sahur bersama, shalat berjamaah, tadarus dan buka bersama. Ngobrol tentang banyak hal, belajar agama, saling mencicipi makanan, tertawa bersama, nyanyi bareng, bahkan mengenang momen-momen indah selama berpuasa.

Kebersamaan ini biasanya akan makin mempererat jalinan silaturahmi, bonding, lebih mengenal sahabat. Dan, yang paling penting nih, kita bisa happy-happy. Seru kan?

Ah, entah sejak kapan budaya ini mulai tumbuh dalam masyarakat Indonesia. Yang pasti, masyarakat Indonesia memang suka kumpul-kumpul, apalagi orang Sunda dan Jawa. Mangan gak mangan yang penting kumpul. Begitulah mungkin dasar filosofis acara buka bersama ini. Makan gak makan yang penting kumpul.

Hmmm…, aku mengenal budaya bukber atau buka puasa bersama ini sejak kapan ya? Mungkin sejak berada di bangku sekolah. SMP kali yah? Duh, aku lupa kapan pertama kali ikut acara bukber. Di luar keluarga loh ya. Jika bersama keluarga mah pastina ti orok bereum keneh hehehe…. Sejak lahir. Keluargaku selalu makan bersama saat buka puasa dan sahur. Menikmati lezatnya makanan mamah walau sederhana sekalipun.

Bukber Greeone
Bukber Sehabis Shalat  Tarawih


Apa Saja Sih Kegiatan Saat Bukber Ini?

Beragam acara yang orang lakukan untuk buka puasa bersama ini. Tergantung situasi dan kondisi. Bisa serius atau santai. Yang jelas, semua acara bukber pasti akan berujung pada makan bersama. Icip-icip aneka hidangan yang telah disajikan tuan rumah atau kita pesan terlebih dahulu.

Inilah beberapa acara yang sering dilakukan orang saat acara bukber atau buka puasa bersama.

1.      Silaturahmi

2.      Ngobrol Santai

3.      Mendengarkan ceramah/ tausiyah

4.      Baca Quran bersama atau Tadarus

5.      Tajil bareng

6.      Shalat Maghrib berjamaah

7.      Makan Bersama

8.      Shalat Isya berjamaah

9.      Shalat Tarawih bersama-sama

10.   Hiburan.

Terkadang, jika acara bukbernya hingga malam hari karena padatnya acara, kita biasanya jadi menginap dan akhirnya tambah acara sahur bersama. Ini biasanya terjadi pada keluarga dekat atau sahabat. Ssssttt… sekalian bantu beberes bekas acara: cuci piring de el el hahaha….

Menu Buka Puasa Bersama

Nah, ini pasti yang ditunggu-tunggu kalian, ya kan? Godaan puasa tuh semua makanan berasa enak bangets. Seringkali kita lapar mata. Ingin menikmati banyak makanan. Bahkan sampe begah, wareg pisan. Kekenyangan. Sering juga makanan menjadi mubazir tak termakan. Wah, kalau ini sih jangan sampai terjadi lagi ya! Sayang bangets. Makanan dibuang sia-sia. Bayangkan orang yang kelaparan!

Sangat beragam menu yang disajikan untuk acara buka puasa bersama. Yang pasti ada dua bagian yang akan disajikan, yaitu menu takjil atau makanan pembuka dan hidangan utama. Takjil akan dicicipi saat adzan Maghrib berkumandang. Hidangan utama akan dinikmati setelah takjil atau setelah melaksanakan shalat maghrib.

Ini dia beberapa menu yang sering ada untuk Takjil:

1.      Kolak pisang

2.      Candil

3.      Asinan

4.      Aneka gorengan

5.      Es bul-bul atau es buah

6.      Es cendol Elizabeth (Dulu sih favorit bangets dengan rasanya yang khas)

7.      Kurma

8.      Buah-buahan

9.      Kue basah

10.   Puding

Ini dia beberapa sajian hidangan utama pilihan untuk acara Buka Puasa Bersama:

1.      Timbel

2.      Liwet

3.      Nasi putih

4.      Ayam goreng

5.      Soto

6.      Sup

7.      Kerupuk

8.      Lalab

9.      Sambal

10.   Tumisan

11.   Rendang

12.   Gepuk

Auto ngiler ya, Sob? Wah terbayang kalau semua itu disajikan di meja makan. Bakal super kekenyangan nih kita hahaha…. Menu-menu tersebut biasanya sih pilihan ya, tidak disajikan semua sekaligus. Sesuai dengan selera masing-masing.

Nah, untuk kaum remaja, biasanya menu favorit mereka adalah KFC dan Pizza Hut. Hmmm… endorse nih.

Serunya Acara Bukber Online Bersama Komunitas Bloggercrony

Nah, setelah era pandemi yang serba online atau dalam jaringan, tahun ini, aku pun merasakan acara bukber online. Sangat unik, ya Sob?

Dulu-dulu sih acara bukber ini digelar secara offline atau luar jaringan. Kita datang bersama ke rumah teman, rumah saudara, sekolah, tempat kerja. Bisa juga janjian di KFC, Pizza Hut, rumah makan dan tempat favorit lainnya.

Namun, pada Jumat, 29 April 2022, aku menikmati acara bukber onine bersama BCC Skuad melalui zoom. Seru juga nih acara bareng komunitas Bloggercrony ini. Untuk pertama kalinya dalam hidup, ada acara bukber online. Acara berlangsung sekitar pukul 16.00 WIB hingga pukul 18.00

Acara dibuka oleh beauty blogger, Kak Zhea. Terus dilanjutkan dengan sambutan resmi eh santai dari pak ketu, Satoraji. Sebelumnya, mbak Wardah Fajry menunjukkan markas skuad BCC di daerah Jakarta Selatan, tempat berlangsungnya acara bukber ini.

Lalu, ada acara ngobrol santai tentang blogger Life. Nah, ini yang paling seru, mengenal dunia perbloggeran. Tanya jawab. Sharing-sharing pengalaman dari Mbak Yayat, Mas Bowo, Mbak Vicky Laurentina. Halaaah Aku pun kebagian sesi nih. Sebagai orang yang belom pernah ikutan acara komunitas Bloggercrony. Aku ingin menjadi guru blogger yang lebih serius dan lebih baik lagi nih, Sob. Semoga ya!

Banyak lika-liku seru dalam dunia blogger. Suka dukanya. Di acara ini, aku jadi punya gambaran lebih jelas. Menjadi blogger professional memang harus mempersiapkan diri dengan baik. Wajib ada kekuatan diri yang bisa kita tunjukkan. Apa sih keunggulan kita? Banyak usaha yang harus kita lakukan agar punya nilai plus di mata brand.

Ada tugas yang berbeda antara blogger dengan wartawan. Saat hadir bersama-sama di suatu acara, attitude atau sikap kita harus positif. Tidak mengganggu kerja wartawan yang harus mengejar hardnews. Atitude atau karakter ternyata sangat bernilai dalam kehidupan sehari-hari. Nyata benar buktinya. Hade goreng ku basa. Itulah ajaran nenek moyang. Bahasa menunjukkan bangsa. Perilaku kita menunjukkan citra diri yang sebenarnya. Kalian setuju, Sob?

Beragam daerah yang mewarnai acara bukber online ini. Jakarta, Bandung, Cimahi, Tasikmalaya, Sidoarjo, Banjarmasin…. Hmmm… mana lagi yah? Buka acaranya jadi tambah seru dengan perbedaan waktu berbuka  ini.

Eeehhh, gorengan tetap jadi primadona untuk acara bukber di Jakarta. Sayang tidak ada rarawuan dan surabi ramadhan dari tetanggaku nih. Surabi yang berbeda dari biasanya. Lebih lebar dan tipis. Mau pedas ato tidak? Bisa diatur.

Adzan Maghrib pun berkumandang. Kami menikmati hidangan di rumah masing-masing. Sepertinya hanya tim Jakarta yang kumpul di markas besar komunitas Bloggercrony. Aku pun menikmati buka puasa dengan Baso Tahu dan Siomay Gajah. Juga segelas coklat panas.

Setelah itu baru masak tumis buncis dan menanak nasi. Saking asyiknya acara bukber online, aku sampai lupa masak buat buka puasa. Mager kali ya, Hahaha… untung bisa masak praktis dan cepat.  

Ok Sob segitu dulu cerita unik bukber atau buka puasa bersama secara online.

Sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Salam

 

 

 

 

2 komentar

  1. Uwuuuuu.....ada aku. Makasih banyak teh udah diulas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip masama. Acaranya unik nih. Coba tambah makan bareng online yah 😂😂😂

      Hapus