Sabtu, 25 Maret 2017

HIDUP HEMAT

                  
Belanja
                   Hidup hemat susah-susah gampang untuk dilakukan. Saat kita memiliki uang, seringkali kita  tergoda untuk menghabiskan uang itu tanpa tujuan yang jelas. Lapar mata. Jajan. Makan-makan di café. Traktir teman.  Jalan-jalan sepuas hati. Ah, pokoknya kita habiskan uang itu tanpa sisa dan sia-sia. Setelah uang habis, hati menjadi masgul. Galau mellow. Awal bulan bahagia, tapi di tanggal tua merana. Lebih parah lagi, kita berhutang kesana-kemari. Hutang menumpuk, pendapatan berkurang. Gali lubang tutup lubang. Kacau yah hidup seperti itu ? Akhirnya, kita terjebak pada penderitaan yang tak ada habisnya.
                Menurut para pakar keuangan, kita harus membagi pendapatan (uang) untuk 60% biaya hidup, 30% menabung dan 10% utang. Pengeluaran itu harus terarah dengan jelas. Untuk apa ? Harus kita rencanakan semaksimal mungkin. Lebih baik,  lagi jika kita bisa berinvestasi. Itulah prinsip mengelola keuangan jika cita-cita kita adalah menjadi orang kaya. Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.
belanja asyik
                Bagaimana dengan belanja ? Belanja itu harus juga dilakukan. Mengapa ? Kita tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup sendiri. Di dunia ini, ada produsen, ada konsumen. Jadi, untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari kita perlu berbelanja. Makanan atau bahan makanan. Baju. Peralatan rumah tangga. Peralatan elektronik dan lain sebagainya. Hanya perlu diingat, belanjalah dengan pengendalian diri. Itu sangat penting. Tak mungkin kita hidup tanpa belanja.
                Bagaimana dengan diskon yang sering ditawarkan para produsen ? Apakah menguntungkan atau merugikan ? Kita harus pandai-pandai menyikapinya. Jangan sampai lapar mata ! Adanya diskon tentu sangat membantu kita untuk menghemat pengeluaran. Bahagia rasanya, jika kita berhasil mendapatkan barang-barang diskon. Berburulah informasi diskon seakurat mungkin. Salah satunya di Mataharimall.com. Dengan informasi itu, kita bisa berbelanja secara bijak.
                Belanja diskon ini juga bisa kita jadikan sebagai salah satu cara berinvestasi. Kita berbelanja banyak untuk dijual kembali. Dengan demikian, kita bisa menyalurkan hobi berbelanja, tapi juga sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan. Reseller. Lapar mata yang menguntungkan, bukan ?

                Nah, dengan ilmu yang tepat, kita bisa tetap berbelanja. Hidup hemat. Sekaligus juga mendapatkan tambahan penghasilan. Dengan demikian, kita bisa happy for ever. Bye bye hutang. Bye bye boke ! Tanggal tua takkan jadi masalah lagi. 

Solusi belanja 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar