Minggu, 28 Mei 2017

GOMBAL ASAP: MAKAN IKAN ENAK

Obrolan Bu Gombal dan Makmin KEB di Gombal Asap (dok.pribadi)

GOMBAL ASAP
Menu Gombal Asap( dok pribadi)
            Bagi yang suka kuliner, ada tempat baru untuk dijajagi nih. Namanya Gombal Asap. Nah lho, kamu sering digombalin pacar ? Ah, tapi yang ini beda. Bukan rayuan gombal. Tapi, Gombal ini merupakan akronim. Sego Sambal. Bagi yang suka makan ikan dan sambal, ini tempat yang sangat cocok untuk kamu. Letaknya di halaman Gudeg Banda, jalan Taman Cibeunying Selatan no 33 Bandung. Dekat dengan terminalnya bis Bandros. Atau di belakang Gedung Sate.
Ini seperti makan ala pecinta alam. Biasa di atas daun pisang, ini di atas meja (dok.pribadi)

            Ciri khas Gombal Asap ini adalah mengolah menu ikan asap. Ikannya berasal dari pesisir Jawa Timur. Ikan asap itu bisa digoreng atau dibakar. Kemudian dinikmati dengan berbagai macam pilihan sambal. Ada sambal mata. Sambal terasi. Sambal mangga. Juga sambal belimbing.  Sederhana tapi maknyus tenan. Kalau ingin berkuah, bisa memilih menu Mangut Iwak Pe. Menu ini merupakan olahan ikan pari asap yang diberi kuah santan berempah. Seger rasanya.
Mangut Iwak Pe
            Selain pilihan sambal, kamu juga bisa memilih aneka ikan yang disediakan Gombal Asap. Pari. Kakap. Kuwe. Tongkol. Walaupun semuanya ikan laut, dijamin gak bikin mual. Gak ada bau amisnya. Semuanya cocok dan enak di lidah. Saya yang tidak bersahabat dengan menu ikan laut, karena bau anyir (amis) yang luar biasa, takluk digombalin di sini. Pengen lagi makan ikan asap buatan Gombal Asap ini.
Aneka menu ikan ala Gombal Asap (dok.pribadi)

MANFAAT MAKAN IKAN
            Oh ya, selain itu, makan ikan ternyata banyak manfaatnya nih. Konon kabarnya, kata Mamah saya, makan ikan itu bikin kita pintar. Ikan adalah makanan yang sangat baik untuk kecerdasan otak. Oleh karena itu, kita harus mulai membiasakan diri makan ikan, seperti orang Jepang. Biar orang Indonesia cerdas-cerdas dan sukses di berbagai sektor. Tak ada salahnya kita memanfaatkan kekayaan laut yang berlimpah. Setuju, kan ? Kurangi ayam, mari kita makan ikan ! Ikan itu enak.
Manfaat lainnya adalah ikan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Contohnya ikan pari sangat berkhasiat untuk menyembuhkan kekurangan darah dan asma.
 
Menu komplit ikan Pari
KANDUNGAN GIZI DALAM IKAN ASAP
            Yuk, kita tengok kandungan gizi yang terdapat dalam ikan !
1.    Protein
Protein dalam ikan memiliki kelebihan yaitu mudah dicerna, sehingga sangat baik bagi balita yang pencernaannya belum sempurna. Di samping itu juga, ada asam amino yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan sel-sel otak.

2.    Lemak
Ikan memiliki lemak yang bersahabat dengan tubuh. Lemak tak jenuh. Jadi cocok untuk mereka yang sedang diet.

3.    Vitamin
Vitamin yang ada pada ikan adalah A, D, B6, dan B12. Vitamin-vitamin tersebut berfungsi untuk mencegah kebutaan. Membentuk sel-sel darah merah. Memperkuat tulang dan melindungi jantung dan kerusakan syaraf.

4.    Mineral
Kandungan mineral pada ikan adalah zat besi, fluor, selenium, yodium, dan seng.
Contoh kandungan gizi ikan per 100 gr
a.     Ikan Tongkol
   • Kalori                 : 111
   • Protein (gr)        : 24
   • Lemak (gr)         : 1
   • Kolesterol (mg)  : 46
   • Zat besi (mg)     : 0.7

b.     Ikan Kakap
   • Kalori                 : 111
   • Protein (gr)        : 24
   • Lemak (gr)        : 1
   • Kolesterol (mg) : 46
   • Zat besi (mg)    : 0.7

Kandungan gizi ikan asap berdasarkan Wikipedia :

Kalori              : 117 Kkal
Lemak            : 4,3 g
Kolesterol      : 23 mg
Natrium          : 784 mg
Kalium           : 18 g
Protein           :  18 g
Vitamin A       : 87IU
Kalsium         : 11 mg
Vitamin D      : 685 IU
Vitamin B12  : 3,34 g
Zat besi          : 0,9 mg
Vitamin B6    : 0,3 mg
Magnesium   : 18 mg

Nah, lengkap sudah informasinya. Semoga kamu gak ragu lagi untuk makan ikan, khususnya ikan asap. Makan ikan itu enak. Bener, lho ! Yuk, kuliner lagi !
#marimakanikan #ikanitu enak #kampanyemakanikan #gombal asap



            

12 komentar:

  1. Mari makan ikaaan lagi teh Yayu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuukkk. Sukses yah gombalnya hahaha....

      Hapus
  2. Balasan
    1. Yuuukkk. Ketularan wong suroboyo nih. Enak tenaan

      Hapus
  3. belum pernah dong teh cobain ikan asap 🤣😂🤣 yuk ah makan lagi ikan asapnya barengan aku 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuukkk janjian. Suer enak bingits. Fresh

      Hapus
  4. Waduh... maknyos nih. Aku suka yang bakar-bakar. Pake sambel dan nasi panas, udah deh, ngalimed. Dua piring abis. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... Emang satu piring ge kamari kutap ketap keneh teh nia.

      Hapus
  5. Beberapa kali denger tentang Gombal Asap dan baca ulasannya di sini jadi pengen ke sana. Maasih info lengkapnya ya teh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Misami. Gak nyesel makan di sanah mah

      Hapus
  6. Waaahhh kesukaan ku ya ikan! Anak-anakku juga dotan tuh kecuali papanya hehehe. Di Bandung ya tempatnya... ikan laut yang sering diolah sih tongjol. Enak dipedesin. Banyak vitaminnya ya makan ikan laut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup. Hayu maen ke bandung. Di sini, yg baru ikan parinya. Uenak tenan

      Hapus