Senin, 21 Agustus 2017

NGEBLOG BERKARAKTER NASIONALISME


Narasumber Karim Suryadi

TENGGELAMKAN KONTEN NEGATIF DENGAN TULISAN BERKARAKTER

Perkembangan dunia teknologi sangatlah cepat. Dampaknya positif dan negatif. Namun, konten negatif lebih banyak menjadi ratu di dunia maya. Nah, untuk meminimalisir atau bahkan membunuh konten negatif tersebut diperlukan Conten Creator yang mampu menghasilkan tulisan-tulisan original, inspiratif dan bermanfaat bagi dunia. Di era dunia blog sekarang, maka sudah saatnya kita terjun di dunia ngeblog yang berkarakter.

Seperti apa sih ngeblog yang berkarakter itu ? Sesuai dengan isu tentang penguatan pendidikan karakter, maka tulisan-tulisan kita di dalam blog pribadi atau media lain harus mampu menjadi media untuk memperkuat karakter positif. Nasionalisme. Cinta Tanah Air. Gemar membaca dan lain sebagainya. Jangan sampai tulisan kita itu menjadi penyumbang runtuhnya moral ! Ah, kagak deh yang ini mah. 

Terkait dengan 72 tahun Indonesia Merdeka, ada isu penting yang bisa menjadi kekuatan tulisan kita di bulan Agustus ini. Marilah kita memperkokoh Kebhinekaan dalam Membangun Negeri. Keren gak tuh temanya ? Di tengah berbagai macam peristiwa yang sangat mengguncang dunia nasionalisme dan kebhinekaan. Inilah saatnya kita kembali pada esensi kebhinekaan itu. Menurut Prof Dr. Karim Suryadi, kebhinekaan atau keragaman di Indonesia itu memang terlahir sejak zaman dulu kala. Bukan suatu hal yang dibentuk secara disengaja. Oleh karena itu, kita harus menyadari dan menerima ini sebagai sebuah kekuatan bangsa. Bukan sebagai alat pemecah persatuan. Bangsa Indonesia itu berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Inilah hal yang seharusnya menjadi kesadaran kita sebagai sebuah bangsa yang merdeka. 

Di sinilah peran kita sebagai blogger. Mari menyebarkan semangat nasionalisme di tengah kebhinekaan itu. Negara Indonesia memang satu, tetapi keberagaman budaya, adat, bahasa, karakter dan hal lain itu menjadi warna-warni indah yang menghiasi negeri di garis Khatulistiwa. Semangat nasionalisme takkan tumbuh begitu saja. Harus dikampanyekan. Harus ditumbuhkan. Harus dikembangkan. Harus disuburkan. Dengan tulisan-tulisan yang mengangkat berbagai macam hal terkait kebhinekaan di Indonesia, maka hal itu diharapkan bisa berkembang lebih baik di bumi pertiwi ini. 

Blogger, Peserta acara Kominfo: Flash Blogging
Kebhinekaan itu menjadi kekayaan bangsa Indonesia. Bisa menjadi sebuah prestasi dan kebanggaan bagi tanah air kita. Keunikan yang patut disyukuri oleh bangsa Indonesia. Jika semua warga negara Indonesia ini menyadari itu, maka kebhinekaan atau keragaman itu akan menjadi sebuah semangat yang mendunia. Kita memang diciptakan berbeda-beda, bersuku-suku dan berbangsa-bangsa. Inilah esensi paling inti dari ngeblog berkarakter.. Duniakan Indonesia dengan keanekaragamannya. Makanan. Budaya. Bahasa. Obyek Wisata. Keanekaragaman hayati. dan juga keanekaragaman lain yang tersebar di bumi pertiwi, mulai dari Sabang sampai Merauke. Keberagaman itu sangat indah. Setuju, gak ?


Kebhinekaan atau keberagaman itu merupakan kekuatan dan kekayaan bangsa Indonesia. Dengan kebhinekaan, negeri kita menjadi semarak. Penuh warna. Tengok saja saat perayaan hari kemerdekaan, 17 Agustus lalu. Dengan berbagai macam pakaian adat yang dikenakan oleh para pejabat negara dan peserta betapa indahnya bangsa Indonesia. Upacara menjadi penuh warna dan menarik. Itulah salah satu contoh positif dari sebuah kebhinekaan. Hal itu juga bisa menjadi Proklamasi Kebhinekaan Indonesia pada dunia. 

Sebagai Conten Creator, inilah salah satu tugas penting para blogger. Memproklamasikan kebhinekaan itu menjadi lebih bermakna, lebih bermanfaat dan lebih membumi di tanah air Indonesia. Para blogger seharusnya menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia dan dunia. Ngeblog berkarakter menjadi landasan utama dalam setiap pekerjaan menulis. Ngeblog berkarakter menjadi warna positif bagi dunia maya. Memberikan sebuah pencerahan. TULISAN YANG MAMPU MENENGGELAMKAN KONTEN NEGATIF.

Narasumber Enda Nasution

anggota komunitas KEB Bandung dan Blogger Bandung






2 komentar:

  1. iya lah blogger nulisnya yang bikin semangat positif aja bukan yang provokativ. Itung-itung bela negara & ambil peran sebagai warna RI. Hehehe.

    BalasHapus