Selasa, 22 Desember 2015

TIPS MENULIS REVIEW DI BLOG



Review bisa jadi tulisan utama di blog. Ini yang biasanya menjadi incaran para blogger. Macam-macam review bisa kamu tulis. Review produk. Review buku. Atau Review Film. Mana yang kamu suka ?
            Tentang karya di blog ini, Jokowi, Presiden RI mengatakan bahwa tulisan blogger harus memberikan optimisme. Nah lho ! Jangan lupa, wajib kamu pikirkan, yah! Penting tuh. Inilah salah satu tugas blogger. Bisa juga itu  menjadi view atau style kamu dalam menulis di blog.
            Selain itu, tulisan di blog berbeda dengan tulisan jurnalistik. Apa, ya ? Kata Kang Syaifudin, tulisan blog itu harus personal. Siapa sih kamu itu ? Tunjukkanlah dalam tulisan-tulisan blogmu. Aku ini binatang jalang. Pasti pikiranmu akan teringat pada Chairil Anwar. Cas Cis Cus. Kalau yang ini, identik dengan Putu Wijaya. Nah seperti itulah tulisan di blog. Buatlah pembaca mengingatmu dengan keunikan atau kekhasan dirimu ! Juara deh kalau sudah begitu.
Kang Arul
             Ada beberapa tips yang bisa jadi panduanmu.
1.      Singkat
Orang membaca blog itu hanya 3 menit saja. Diantara sekian kerumitan hidup dan kesibukannya. Jadi, buat tulisanmu sesingkat mungkin. To the point ! Kalau menurut Kang Arul, cukuplah sekitar 1000 kata saja. Cukup 3 – 4 baris per paragraf
2.      Jelas, Berurutan dan Memiliki Data
Tulisan di blogmu wajib didukung oleh data-data yang akurat. Mengapa ? Ini salah satu kiat menjaga kejujuran dan kepercayaan brand.
3.      Fokus dan Konsisten
4.      Personal dan unik
Tulisan dan blogmu harus berbeda dengan yang lain. Tunjukkan kekhasanmu itu semenarik mungkin. Buat orang lain nyaman baca blogmu. Blogmu adalah sahabat mereka bukan pencari sensasi atau kebohongan.
5.      Olah Tema
Tema itu sudah tersebar luas. Di sinilah tantangannya. Olah kembali tema itu dengan kekhasan dirimu, bahasamu, sudut pandan dan data yang berbeda.
6.      Masukkan link
7.      Spesifik
Fokuskan tulisanmu pada satu hal khusus, maksimal tiga hal. Misalnya kuliner, fashion dan teknologi.
8.      Perhatikan karakter sosial media
Apakah brand bermaksud untuk memperkenalkan produk (public relation), beriklan (advertising) atau menjual produk (marketing) ?
9.      Wajib branding diri
Ini penting. Semakin dirimu dikenal orang, maka kamu akan eksis narsis di dunia maya. Brand akan percaya sama kamu. Untuk itu kamu perlu berteman dengan Aleksa dan Clout.

2 komentar:

  1. Tulisannya ringkas dan padat (y)
    Samapi ketemu lagi diacara blogger bandung lainnya ya mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. teori kang arul, cuma 3 menit aza hehehe...
      sip teh Amy Zet

      Hapus