Rabu, 08 November 2017

CBN DUKUNG LITERASI DIGITAL

Sabtu, 28 Oktober 2017, CBN atau PT Cyberindo Aditama  meluncurkan program bertajuk CBN DIGITAL NATION 2017. Acara tersebut berlangsung di Pusat Perbelanjaan 23 Paskal, jalan Pasirkaliki Bandung.  Intinya acara ini menjadi gong pertama bagi warga Bandung khususnya dan warga Negara Indonesia pada umumnya untuk memasuki dunia digital lebih intens lagi. Kemeriahan acara terlihat sejak awal. Para gamers, bloggers, vlogger, dan unsur media memenuhi atrium 23 Paskal. Semakin sore, acara semakin heboh dengan adanya pengumuman pemenang dan lomba games.  Mencari cap wajib dari berbagai stand pendukung seperti JB.ID, NVIDIA, Lenovo, Seagate dan lain sebagainya. Antri untuk mencoba berbagai macam games. Foto-foto bareng para pemakai costplay. Wah, pokoknya acara ini benar-benar penuh warna.

CBN Resmi Mewarnai Jagat Digital Indonesia

Rampak Gendang menambah kemeriahan acara

Apa itu CBN Digital Nation ?
Sejalan dengan kehidupan di era teknologi ini, CBN hadir untuk lebih mempermudah masyarakat dalam berinternet ria. Yup, zaman sekarang ini, dalam hal apapun, kita akan selalu mengandalkan internet. Untuk pekerjaan, tugas sekolah, berdagang atau bisnis, hiburan, bergaul, memasak, membaca, belajar, mencari berita, dan lain sebagainya. Semua tinggal memainkan jari. Betul, kan ? Rasanya tanpa internet hidup kita seperti mati, banyak ketinggalan informasi alias kudet. Internet benar-benar nyawa di zaman ini.
Action

Nah, bagaimana seandainya dalam menggunakan internet itu kita hanya butuh satu detik saja untuk mendapatkan informasi, mengunduh dan lain sebagainya ? Tak kesal dengan lola lagi. Semuanya lancar tanpa hambatan. Tak khawatir dikejar deadline. Asyek bukan ? Untuk itulah CBN hadir. Dengan kekuatan hingga 1 Gbps hal itu bisa terjadi.
“Penggunaan teknologi digital di Indonesia meningkat pesat dan akan semakin berkembang ke depannya. CBN sebagai salah satu pelopor perusahaan Internet Service Provider telah meningkatkan kapasitas menjadi Digital Service Provider agar bisa memberikan layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ujar Dani Sumarsono, Presiden Director CBN.
Sambutan dari Pak Dani Sumarsono

Para pupuhu

CBN bekerjasama dengan Fiberstar menargetkan penyediaan 500 ribu homepass atau jaringan internet dengan teknologi fiber optic. Sejalan dengan program Bandung sebagai smart city, CBN menyediakan infrastruktur seperti akses internet super cepat, cloud services, dan berbagai solusi lain untuk mendukung kemajuan kota Bandung dalam mengaplikasikan smart city. Inilah alasannya mengapa peluncuran CBN Digital Nation diadakan di kota Kembang ini.
Beberapa layanan unggulan yang ditampilkan pada CBN Digital Nation itu adalah:
1.      CBN Fiber, koneksi internet super cepat hingga 1Gbps dengan teknologi fiber optic. Ini 300x lebih cepat dari rata-rata penggunaan internet di Indonesia selama 2015.

Ini kebahagiaan utama saya saat berada di acara ini. Dengan mencobanya, berinternet menjadi super lancar, tak lelet dan cepat dalam mengakses informasi. Hanya dalam sekejap mata saja.

2.      Dens.TV, digital entertainment IPTV interaktif yang meghadirkan konten High Definition TV premium, e-education, blockbustervideo on demand dan fitur e-commerce. Dens.TV dapat diakses melalui website: www.dens.tv, mobile aplikasi IOS dan android serta interactive smartbox terbaru.

Iseng-iseng saya coba buka Dens.TV di rumah. Kalau ada ini, gak bakalan deh rebutan saluran tv dengan saudara. Yang lain nonton tv local, aku bisa menjelajah ke berbagai Negara. Ada saluran tv NHK Jepang, Euronews, Jazeera. Bisa juga nonton berbagai macam film (jadul) dan kartun. Kalau ingin belajar bisa buka classroom. Sayang baru tersedia untuk anak SD kelas 1 – 6 saja.

3.      diCBN apps, virtual customer service yang dapat diakses melalui aplikasi IOS dan android untuk mempermudah pelanggan mendapatkan informasi, seperti: jangkauan area, pendaftaran berlangganan, CBNWIFI dan promosi-promosi terbaru.

Seru nih Belajar IPA dengan Dens.Tv

Apa Hubungan CBN dengan Literasi Digital ?
Sudah sejak lama, tepatnya 2014, pemerintah melalui Kemdikbud bekerja sama dengan Kominfo menggaungkan Literasi Digital. Pada intinya, literasi digital adalah kemampuan untuk menggunakan media digital (seperti medsos) secara positif. Tak ada caci maki. Tak ada pengiriman gambar yang melanggar norma. No cyberbully (perundungan) dan hal-hal yang tidak bertanggung jawab lainnya. Teknologi harus digunakan secara bertanggung jawab dengan penuh kesadaran. Seperti dua sisi mata uang, teknologi memiliki dampak positif dan negatif. Manusia (kita/ diri sendirilah) yang menentukan dampak mana yang akan kita pilih ?
Hal pertama yang terpikir saat mencoba internet dengan 1Gbps adalah UNBK. Lha keluar deh profesinya hehehe…. Yup, seandainya CBN berkolaborasi dengan pemerintah, tahun depan dan seterusnya, para siswa yang menjalani ujian dengan komputer akan lancar melaksanakannya. Tak ada lagi hambatan karena masalah sambungan, provider dan sebagainya. UNBK bisa berjalan tanpa hambatan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Beban psikologis siswapun menjadi lebih ringan. 

Internet super cepat dari CBN

Hal kedua adalah memenuhi gaya belajar kids zaman now. Sesuai dengan karakteristik generasi milenial yang sangat berteknologi banget, maka CBN bisa menjadi salah satu solusinya. Anak zaman sekarang ada kecenderungan lebih tertarik belajar dengan media teknologi dibandingkan dengan cara klasik. Takkan ada rasa malas belajar karena harus baca buku berulang-ulang dan tebal. Tak ada rasa bosan untuk belajar, karena media digital memiliki variasi yang sesuai dengan minat para siswa. Belajar menjadi lebih menarik dan berwarna.
Dengan berbagai macam saluran internasional yang ada di Dens.TV, para siswa diharapkan memiliki wawasan global. Mengetahui banyak hal positif dari negara lain. Pun bisa belajar berbagai macam bahasa sebagai bekal hidupnya. Dunia tak sesempit daun kelor.
Hal terakhir terkait dengan literasi digital ini adalah penggunaan media sosial yang sangat erat kaitannya dengan dunia remaja. Sekitar tahun 2016, saya pernah menggunakan Facebook untuk proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Nah, banyak hambatan yang terjadi karena dukungan internet yang kurang lancar. Akibatnya, proses pembelajaran menjadi terhambat. Saya yang harus memberikan penilaian terpaksa seringkali harus menundanya. Tunggu internet lancar dan bersahabat, lalu lanjut memberikan penilaian. Seandainya, saya sudah kenal dengan CBN saat itu dengan super cepatnya, tentu hal tersebut takkan terjadi. Jadi, di masa depan CBN bisa mendukung proses pembelajaran dengan media sosial ini lebih baik lagi tentunya.
Nah, itulah dunia CBN digital yang saya ketahui dari acara di hari Sumpah Pemuda itu. Hari bersejarah. Tonggak bangkitnya semangat para pemuda Indonesia untuk membangun bangsanya. Semoga momen ini juga menjadi tonggak bersejarah untuk membangun, mendukung dan membangunkan para pemuda Indonesia untuk berdigital secara positif. Hari itu, Paskal 23 memang riuh oleh hadirnya para pemuda yang antusias dengan dunia digital.

Antusiasme pengunjung yang sebagian besar adalah kawula muda

Tak sabar rasanya, kehidupan berdigital akan sampai ke tingkat kelurahan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Semoga di masa depan, internetan lebih mudah dijangkau semua kalangan, lebih murah dan lebih bernilai positif. Saatnya, kita menciptakan kehidupan berinternet (digital) untuk kesejahteraan dan kemajuan diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Semoga CBN bisa tetap berkarya, bersinergi,  dan mengabdi untuk Indonesia !

We are the bloggers
Bagi para blogger, CBN menyediakan program khusus lho. Mau ? Ini dia. Yuk selasar ke dunia maya. Cek di medsos #CBNDigitalNation atau @di-cbn. Hadiahnya keren-keren, lho ! Aku ngincer lenovonya nih buat lappyku yang sudah mulai mati suri. Doain yah teman-teman ๐Ÿ’™๐Ÿ’™




Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Competition CBN Digital Nation yang berlangsung hingga tanggal 28 November 2017

10 komentar:

  1. Ramai banget Teh yg datang. Seruuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup. Sampe malem. Kayaknya para gamers pesta ๐Ÿ˜…

      Hapus
  2. Keren banget kecepatan internetnya ya Teh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup. Bikin tambah betah internetan ๐Ÿ˜„

      Hapus
  3. CBN ini provider internet ya? Kalo saya simpulin setelah baca tulisan teh yayu. Cara daftarnya gimana, teh? Menarik juga layanannya

    BalasHapus
  4. yOI. CBN menawarkan layanan internet andal, data center, cloud computing dan tv interaktif.
    untuk internetnya ada CBN Fiber. teh ulu bisa pilih paketFiber 15 hingga 1G. Buka aza www.cbn.id yah

    BalasHapus
  5. Kalau internet masuk ke kelurahan, pakai jaringannya apa? Katanya di Bandung belum semua fiber optik ya.

    BalasHapus
  6. CBN ceu Meta. Mudah-mudahan segera terwujud

    BalasHapus
  7. wah kebetulan anakku ada yg kelas 1 dan 6, perlu cek ke Dens TV nih, soalnya tivi dirumah salurannya udah mulai membosankan. Thanks infonya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pas bangets. Bakalan betah belajar nih

      Hapus