Arisan Ilmu KEB Bandung: Belajar Membuat Mikroblogging dengan Canva

 

Arisan Ilmu KEB Bandung


Hai Sobat yayuarundina.com,  jumpa lagi nih kita melalui postingan terbaru ini. Kali ini, kita belajar menggunakan Canva, yuk! Siapa yang belum tahu Canva? Ini adalah satu aplikasi dengan banyak manfaat. Bisa untuk mempercantik postingan medsos kita. Atau mempercantik presentasi. Nah, kali ini, kita ikuti Arisan Ilmu KEB Bandung: Membuat Mikroblogging dengan Canva.

Arisan Ilmu Komunitas Emak-Emak Blogger ( KEB ) Bandung

Komunitas yang beranggotakan para emak ini ( wanita ), baik yang sudah menikah atau belum, secara rutin melaksanakan arisan ilmu. Biasanya satu tahun sekali. Tujuan utamanya tentu saja menambah pengetahuan dan skill  para anggotanya, khususnya dunia blogging. Beragam ilmu yang disampaikan. Kali ini, para emak bertemu dengan seorang DR Canva dari Bekasi. Namanya Kak Syammas ( @syammasfitria ). Di minggu pagi yang cerah itu, kami betah mengotak-ngatik aplikasi Canva Pro. Asyik. Seru. Bikin greget.

Membuat Mikroblogging dengan Canva


Ada dua jenis aplikasi Canva. Yang gratisan dan berbayar ( pro ). Menurut DR Canva, ada dua cara berbayar. Dari aplikasinya langsung dengan biaya yang lumayan harganya menurut kantongku atau menerima tawaran orang dengan harga murah. Jauh dari harga aslinya. Kamu pilih yang mana, Sob? Menurut DR Canva, kita lebih baik memilih bayar sesuai aplikasinya, agar hasil karya kita tetap eksis selamanya. Yang murah-murah itu, biasanya akan menggunakan karya-karya kita. Rugi dong kita, ya Sob.


Membuat mikroblogging itu susah-susah gampang ternyata, Sobat yayuarundina.com. Aku yang jarang menggunakan Canva banyak keteteran. Beberapa kali, harus private nih 😁 Untungnya sang DR, Kang Syammas  punya kesabaran luar biasa. 🤩👍 Hatur nuhun pisan, Coach 🙏

Belajar Canva bersama Kang Syammas


Kalian ingin tahu caranya? Ini nih, aku kasih tahu langkah-langkahnya.

✅  Tentukan tema mikrobloggingnya. Bebas sesuai keinginan dan kebutuhanmu

✅  Siapkan aplikasi Canvamu. Buat desain baru

✅  Pilih elemen, kemarin kita menggunakan kotak. 

✅  Buat tulisan sesuai tema

✅  Hiasi dengan gambar-gambar yang sesuai

✅  Pecahkan/ pisahkan mikrobloggingmu dengan aplikasi khusus. 

✅  Unggah ke media sosial kalian

Nah, jadi deh hasil karyamu. Selamat mengotak-atik Canva ya 😄🤩👍


Aquamarine Crowne Plaza Bandung

Minggu pagi itu, kami belajar di salah satu ruangan meeting di hotel Crowne Plaza Bandung, Jalan Lembong no 19 Bandung. Lokasinya ternyata bersebrangan dengan Museum Mandala Wangsit Siliwangi. Tempat aku dan Onnie sering kumpul dengan komunitas HVB Bandung. Kalau kalian tertarik merekonstruksi adegan sejarah Indonesia, bisa gabung dengan komunitas ini. Buat main drama sejarah. Lengkap dengan seragam KNIL, PMI dan yang lainnya. Keren loh 😄

Nah, kembali ke laptop, belajar Canva di akhir pekan itu, bikin betah dan tambah asyik. Aku suka berada di ruangan Aquamarine yang ada di lantai dua. Lokasinya tak jauh dari lift. Mudah dijangkau dan suasananya tenang, jauh dari keriuhan. Cocok untuk meeting, apalagi belajar seperti para emak sehari itu. 

Ruangan Aquamarine ini cukup luas. Di saat pandemi ini, bisa menampung sekitar 20 - 30 para emak yang ingin belajar Canva. Dengan protokol kesehatan, duduk kebanyakan sendiri-sendiri. Jarak yang gak bisa ngobrol asyik nih. Hikmah dari pandemi adalah khusyu belajar 😄😍

Pencahayaan di ruangan ini juga sangat ideal untuk belajar. Terang tapi tidak bikin sakit mata. Pencahayaan ini bisa berasal dari lampu atau cahaya matahari. Karena ada slide, maka kemarin lampu lebih pas untuk memberi cahaya. 

Selain cahaya, tata suara juga bagus. Tidak ada gangguan-gangguan suara yang menyakitkan telinga. Aku yang duduk paling belakang, bisa mendengarkan penjelasan Kang Syammas dengan baik. Tidak ada gaung. Saya bisa mendengarkan setiap instruksi yang harus dilakukan. Good 💯% 😄😍 Kalian mau mencobanya?

Hidangan Makan Siang yang Menggugah Selera

Satu lagi nih kebahagian di minggu ceria itu. Makan siang yang maknyus. Satu hal yang bikin rindu datang ke hotel Crowne Plaza Bandung adalah makanannya. Selalu menggugah selera. Mampu menuntaskan rasa 🤩😄😋

Sebelum pandemi, aku menikmati bebek bakar di sini. Kemarin, aku menikmati menu makan siang yang berbeda. Olahan ayam. Haduh Sob, aku lupa namanya 😁 Menu yang sederhana tapi tetap enak. Untuk hidangan utama, aku memilih nasi goreng, bihun, capcay dan ayam. Lezatos.

Karena waktu makan siang yang cukup panjang, aku dan teman-temanku bisa menikmati hidangan penutup sambil ngobrol asyik. Ada aneka kue tradisional. Kue mangkok dan nagasari. Aneka cake yang cantik-cantik dan imut. Aneka dimsum. Salad sayuran dan salad buah. Wuuah, kalau perutnya belum kenyang, rasanya ingin mencoba semuanya. Betul kan, teman-teman?


Ngobrol asyik Bareng Temen


Untuk mengakhiri sesi makan siangku, aku memilih minuman sari jeruk di gelas mungil dan buah jeruknya. Sari jeruknya segar sekali. Ingin lagi da aku mah 🤣. Susah diterjemahin dengan kata-kata. Kalian coba sendiri aza, ya.

Sari Jeruk Favoritku


Nah, itulah ceritaku belajar tentang Canva. Membuat mikroblogging. Selesai makan dan shalat dhuhur, kami kembali ke kelas. Tak terasa waktu Ashar pun tiba. Belum puas rasanya belajar mikroblogging ini dengan Canva. Yuk Sob, kita otak-atik Canva bareng. Kerkom alias kerja kelompok lagi 😄🤩


Selamat belajar Canva

Sampai jumpa

2 komentar

  1. Daku menggunakan Canva masih yang gratisannya kak. Senang memang otak-atiknya walau belum bagus banget, tapi bisa per cantik blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama. Yah seru ngotak ngatik canva serasa punya mainan baru 😂

      Hapus