Soal Pisa Bahasa: Mengenal Soal Pisa Bahasa

 

Contoh Bacaan dan Soal Pisa Bahasa
Sumber: Pusmenjar


Halo Sobat yayuarundina.com, kali ini saya ingin berbagi tulisan berseri tentang   Soal Pisa Bahasa. Awal tulisan tentang Mengenal Soal Pisa Bahasa. Tulisan berikutnya tentang contoh soal Pisa Bahasa yang akan diunggah per bacaan agar tidak kepanjangan. Contoh soal -soal ini berasal dari Pusmenjar dalam kegiatan Sosialisasi Soal Pisa Bahasa di Hotel De Java Bandung.

BACA JUGA INI: https://www.yayuarundina.com/2020/09/staycation-di-de-java-hotel-bandung.html

Alasan Mengunggah Contoh-Contoh Soal Pisa Bahasa

Mengapa? Ada beberapa alasannya.

1. Ada kegiatan sosialisasi soal PISA Bahasa yang dilaksanakan oleh Pusmenjar. Jadi, sayang kalau hanya segelintir orang saja yang mengetahuinya.

2. Contoh soal ini diharapkan mampu memberikan gambaran untuk mengembangkan kemampuan literasi, khususnya untuk literasi baca tulis.

3. Pemberlakuan AKM yang segera akan dilakukan di setiap sekolah.

4. Pengembangan pembuatan soal secara lebih variatif lagi

5. Bahan pembelajaran Bahasa Indonesia

 

Beberapa Pemikiran Tentang Soal Pisa Bahasa

              Sebelum memberikan contoh-contoh soal Pisa Bahasa, terlebih dahulu, saya ingin menyampaikan beberapa pemikiran pribadi terkait soal-soal ini.

1. Soal PISA Bahasa dan Ujian Bahasa Indonesia

Soal Pisa Bahasa ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan soal-soal ujian Bahasa Indonesia, baik pada saat Ujian Nasional, ulangan harian ataupun tes setiap tengah dan akhir semester (PAT). Hanya bacaannya lebih utuh dan soalnya lebih kompleks.

2. Pemilihan Bahan Bacaan Lebih Kompleks dan Variatif

              Perbedaan utama antara soal Pisa Bahasa dan Ujian Bahasa Indonesia terletak pada pemilihan bahan bacaan yang lebih variatif, lebih kompleks, dan lebih utuh. Bahkan untuk tingkat SMP sudah diperkenalkan bacaan yang berasal dari jurnal. Satu bacaan utuh bisa untuk beberapa soal. Sama seperti tes membaca pemahaman dalam ujian Bahasa Indonesia.

              Perbedaan lainnya adalah tidak ada cuplikan bahan bacaan untuk soal. Dalam Ujian Bahasa Indonesia, biasanya satu paragraph saja, diikuti satu atau dua pertanyaan. Dalam Soal Pisa Bahasa kita seringkali harus memahami bacaan secara utuh untuk menemukan jawaban. Bagi yang tidak suka membaca tentu saja ini menjadi tantangan tersendiri. Bisa KO sebelum menjawab soal.

3. Tantangan untuk Suka Membaca

              Melihat soal yang sangat panjang-panjang, tentunya kita harus bisa menumbuhkan suka bahkan cinta membaca. Minat membaca ini penting agar siswa tidak merasa frustasi saat menghadapi bacaan yang kompleks sebagai Langkah awal untuk menjawab soal.

4. Ajarkan Teknik Membaca

              Ini hal penting yang perlu dilakukan juga untuk menghadapi soal Pisa Bahasa. Siswa perlu dibekali berbagai macam teknik membaca. Membaca ide, membaca kritis, membaca cepat, membaca sekilas dan lain sebagainya. Dengan penguasaan teknik-teknik membaca yang bervariatif ini, mereka diharapkan bisa menguasai dan menjawab soal.

5. Bentuk Soal Lebih Bervariatif

              Soal Pisa Bahasa tidak hanya berupa pilihan ganda ( PG ). Namun, dalam satu bacaan bentuk soal bisa bervariatif. Pilihan ganda, jawaban singkat, esai, drop and drag, benar salah dan sebagainya.

              Sepertinya bentuk soal yang bervariasi ini merupakan tantangan dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi atau HOTS.

              Nah, Sobat yayuarundina, itulah pengenalan tentang Soal Pisa Bahasa. Punya pemikiran atau opini lainnya? Silakan simak contoh soalnya di postingan-postingan berikutnya ya.

 

Salam

Sampai Jumpa

 

Tidak ada komentar