KELAS WEBEX: GURU SIAP HADAPI TANTANGAN ERA DIGITAL

Simbol Cisco Webex ( Webex Meeting )
Sumber: www.webex.com


Halo sobat yayuarundina.com , bagaimana lebarannya? Maaf lahir batin ya. Ini pertama kali kita bertemu lagi setelah libur lebaran. Kali ini, aku ingin menuangkan suka dukaku ikut Kelas Webex yang diprakarsai oleh SEAMEO bekerja sama dengan Disdik Jabar dan Tikomdik. Kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan kemampuan guru di bidang teknologi. Ya dong, dunia pendidikanpun harus mampu beradaptasi dengan era digital. Dengan kelas ini, diharapkan proses belajar mengajar akan lebih menarik, sesuai dengan minat siswa yang haus akan segala hal tentang dunia teknologi, internet.

            BERKENALAN DENGAN CISCO WEBEX
        Ada yang sudah kenal dengan istilah ini? Kalau kalian seorang penggemar film Transformer, pasti pernah mengenal Cisco Webex. Di Edisi Revenge of The Fallen, masih ingat dengan janji tokoh Sam Witwicky pada kekasihnya, Mikaela? Keduanya terpisah jarak, karena Sam akan kuliah. Mereka janjian akan bertemu di dunia maya. Cisco Webex inilah medianya. Yaaah, walau Si Sam-nya ingkar janji ya. Ingatkan? Nah, kali ini aku akan menggunakan Cisco Webex untuk proses belajar.
            Setelah kita mendaftar secara daring, maka kita akan mendapatkan informasi dan masuk dalam WAG. Lalu, mengikuti seremoni pembukaan kelas, boleh daring atau datang langsung ke Disdik Jabar. Mengikuti pembukaan ini satu pertemuan yang wajib diikuti sebagai salah satu syarat kelulusan. Selanjutnya apa?


            APLIKASI YANG HARUS DIUNDUH
            Setelah kelas dibuka, maka hari-hari kita berikutnya akan diisi dengan kegiatan proses belajar di kelas maya. Di pertemuan awal, kita akan menjadi peserta yang manis. Kita akan mendapatkan berbagai materi seperti: cara mengunduh aplikasi Cisco Webex, membuat flyer dan presesnsi. Setelah itu, kita akan melakukan latihan dan berikutnya siap bertugas sebagai pemateri, host dan moderator. Seruuu deh pokoknya. Awalnya pesimis, takut gagal tapi akhirnya jadi ketagihan. Ikut kelas ini sejuta rasa deh pokoknya. Asyek bikin waktu berpuasa terasa singkat. Tau-tau udah mau buka alias adzan maghrib aza.
            Kegiatan ini bisa menggunakan laptop dan ponsel. Pastikan punya fasilitas audio visual yah. Karena di komputerku gak ada fasilitas tersebut, maka aku mengandalkan ponsel. Awalnya sempat bingung juga. Namun setelah mengunduh beberapa aplikasi proses belajarpun  jadi mudah. Semuanya tinggal cari aza di Play store. Ini dia aplikasi yang kugunakan:
1.    Cisco Webex
      Ini aplikasi utama yang digunakan dalam proses belajar menggunakan kelas di dunia maya. Kita akan menerima dan memberikan materi di Room Webex yang akan dibuka oleh para instruktur. Oh ya, sebelumnya kita dikelompokkan dalam beberapa grup kecil dan didampingi oleh dua orang instrutur dengan peserta yang berbeda. Para instruktur inilah yang akan membantu kita dalam menghadapi kesulitan.
      Setelah room dibuka, kita tinggal klik link yang diberikan oleh para petugas atau membuka aplikasi webex dan menuliskan number room dan password. Biasanya ada di flyer atau diinformasikan oleh intruktur di WAG. Dan proses belajarpun dimulai.
      Selama proses pembelajaran, paling banyak kita menjadi peserta. Selain itu, kita akan menjadi host, moderator dan pemateri atau narasumber. Masing-masing tugas itu dilakukan sebanyak 2x.
     Sebagai pemateri, kita bisa menyampaikan materi yang dikuasai. Bebas, bisa terkait dengan pelajaran atau hal lainnya. Saya mah saat itu menyampaikan materi tentang Media Sosial untuk Pembelajaran dan Menulis di Blog. Jangan lupa juga kita rekam proses pembelajaran tersebut!
      Sebagai host atau pemandu acara, tugas kita adalah membuka dan menutup proses belajar. Lalu, membuat dan menyebarkan presensi di room.
      Sebagai moderator, tugas kita memandu jalannya proses belajar dan membuka forum tanya jawab. Jangan lupa bikin flyer juga untuk menyebarluaskan informasi, biar banyak peserta di room. Makin banyak, makin asyik kan?
     
2.    Canva
     Aplikasi ini dimanfaatkan untuk membuat flyer. Kita tinggal memilih template yang sudah ada. Tinggal diisi dengn beberapa informasi seperti: materi yang akan disampaikan, pengantar materi, nama narasumber, host dan moderator. Lengkapi juga dengan foto para petugas tersebut. Jangan lupa masukkan pula link room, password, waktu pelaksanaan ( Hari dan jam ) serta narahubung.


3.    Google Form
      Aplikasi ini membuat kita bisa dengan mudah membuat presensi atau daftar hadir. Para peserta yang hadir di room wajib mengisi presensi ini. Biasanya host akan menyebarkan link presensi 30 menit menjelang kelas bubar. INI DIA CONTOHNYA. Oh, ya setiap kelas berlangsung selama 1 jam.

4.    Spreadsheet
      Sebelum menjadi petugas upacara eh petugas di room webex, kita akan mengisi kesediaan bertugas sesuai dengan kesanggupan masing-masing. Setiap tugas diisi oleh 3 orang: Host, moderator dan narasumber. Aplikasi inilah yang digunakan untuk menuliskannya.

5.    WPS Office
      Semula, aplikasi ini, saya gunakan untuk membuat power poin untuk menyampaikan materi. Namun, saat menjadi narasumber, kesulitan untuk menyebarkan materi di room. Apalagi untuk diubah menjadi file PDF ada biaya sebesar hammpir 200 ratus ribu. Ya udah akhirnya ganti dengan SmartOfficce dan PowerPoint to PDF.

6.    SmartOffice
      Ini aplikasi andalan saya untuk membuat materi.

7.    PowerPoint ke PDF
      Aplikasi ini berfungsi mengubah file power poin menjadi PDF sehingga ukurannya lebih kecil dan mudah di-share sreen ke room Webex.

8.    Du Recorder
      Inilah aplikasi yang saya gunakan untuk merekam setiap kegiatan di room webex, khususnya saat kita menjadi narasumber. Sayangnya tidak ada suaranya. Jadi kalian bisa mencari aplikasi lain yang lebih lengkap. Ada saran ?

9.    VCI Indonesia
      Terakhir adalah kita wajib mengumpulkan portofolio tugas. Aplikasi inilah yang menampungnya. Kita wajib memasukkan flyer, link youtube, presensi dan ppt yang sudah kita buat sebelumnya. Kalau sudah? Rampung deh tugas kita di Virtual Coordinator Indonesia ( VCI Jabar Batch IV )
     
            KISAH GUPRES DI ROOM WEBEX
Mengikuti kegiatan di room webex ini seperti rasa saat remaja dulu. Senang, takut, gugup, sebel dan sebagainya. Campur rasa. Namun, setelah selesai, lega rasanya dan pengen lagi. Banyak manfaat yang kita dapatkan di room ini. Banyak hal yang saya dapatkan di sini. Banyak materi-materi bagus yang bisa memperkaya proses belajar di kelas. Ada aplikasi quizizz untuk ulangan misalnya. Google drive untuk proses belajar. Big Book. Kalendar Islami. Listrik statis. Bentuk mesjid unik, de es be lah.
Selain itu ada kisah seorang guru berprestasi yang mendapatkan manfaat positif yang mengantarkannya ke berbagai kesempatan hebat. Beliau ini adalah kordinataor VCT wilayah Jabar. Beliau bernama Dini Siti Anggraeni. Berkat ikut kegiatan Ini, beliau mendapatkan nilai 92,5. Dengan nilai tersebut, Bu Dini berhak mewakili provinsi Jawa Barat ke Tingkat Nasional untuk ajang Guru Berprestasi 2019.
Kisah insiratifnya akan kutulis di postingan berikutnya yaa.
Sampai jumpa


           

12 komentar

  1. Seru banget kayaknya teh. Ada banyak pelajaran tentang dunia gawainya ya, cocok buat yg telat2 belajar kayak akyu hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru abis teh. Anteng ngoprek gawai 😄 ikutan geura teh batch berikutnya. VCT Jabar Batch V kayaknya baru mulai deh

      Hapus
  2. Baru tahu soal Cisco Webex ini. Ternyata sangat bermanfaat buat para guru ya. Tantangan guru sekarang memang luar biasa. Mesti punya banyak pembekalan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul teh luar biasa tantangannya. Seru juga ikutan kelasnya. Deket bangets sama dunia blogger

      Hapus
  3. Baru tahu ini saya mah, Buk. Makasih informasiny. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip. Bisa woro-woro ke temen biar ramai dunia VCT Jabarnya 😄

      Hapus
  4. Wah harus dibookmark nih artikelnya
    Thanks ya

    BalasHapus
  5. Saya juga ikut gabung di kelas VCI 77 Jabar 12. Alhamdulillah Banyak ilmu yg didapat dan dapat diterapkan pd proses KBM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah segrup dong kita tp beda kelas. Pelatihan yang seru yah

      Hapus
  6. Seru banget yaa, teh Yayu.
    Banyak ilmu yang bisa diterapkan sehari-hari.
    Pelatihannya adalagi kapan yaa, teh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya teh seru dan asyek. Sekarang lagi ada VCT Batch V
      Sepertinya setiap habis batch langsung nyambung batch berikutnya

      Hapus