5/17/2013

UJI KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA ( UKBI )



                 Adakah yang sudah mengenal UKBI ? UKBI adalah Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia. Boleh dibilang UKBI ini mirip seperti tes TOEFL dalam bahasa Inggris. Siapapun yang ingin mengetahui kemampuannya atau kemahirannya dalam berbahasa Indonesia, baik lisan maupun tertulis, boleh diuji dengan UKBI ini. Anda merasa tertantang ?
            UKBI ini dilaksanakan oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat, Jalan Sumbawa no 11 Bandung. Telepon (022) 4205468. Jadi, jika Anda berminat mengikutinya, silakan datang ke Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat untuk mendaftar menjadi peserta tes UKBI ! Selanjutnya, Anda bisa mengikuti tes tersebut di sana atau di tempat yang telah ditentukan bersama.
            Materi UKBI berupa penggunaan bahasa Indonesia dalam berbagai macam ranah komunikasi dan laras bahasa. Materi tersebut bersumber dari wacana lisan sehari-hari di masyarakat serta wacana tulis di tempat umum, media massa, buku acuan, dan sebagainya. Soal-soal UKBI ini terdiri atas  5 ( lima ) seksi. Susunannya seperti pada table berikut ini :
SEKSI
JUMLAH SOAL
ALOKASI WAKTU
Seksi    I   Mendengarkan
40 soal
25 menit
Seksi  II   Merespons Kaidah
25 soal
20 menit
Seksi III   Membaca
40 soal
45 menit
Seksi IV   Menulis
1 soal
30 menit
Seksi  V   Berbicara
1 soal
15 menit

            Setelah mengikuti tes, peserta akan memperoleh laporan hasil uji yang berupa sertifikat dari Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Berdasarkan informasi pada sosialisasi UKBI di Hotel Endah Parahyangan pada Kamis, 16 Mei 2013, hasil UKBI ini akan diumumkan sekitar dua minggu kemudian.
             Ada beberapa peringkat hasil UKBI ini, yaitu :
1.      Istimewa ( 750 – 900 )
      Peringkat ini menggambarkan bahwa peserta memiliki kemahiran yang sempurna dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis. Bahkan, dalam berkomunikasi untuk keperluan keilmiahan yang kompleks pun, yang bersangkutan tidak mengalami kendala.

2.      Sangat Unggul ( 675 – 749 )
      Peringkat ini menunjukkan bahwa peserta memiliki kemahiran yang sangat tinggi dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia, baik lisan maupun tertulis. Dalam berkomunikasi yang bersifat keilmiahan dan keprofesian yang kompleks, yang bersangkutan tidak mengalami kendali. Namun, untuk kepentingan yang lain, peserta dianggap mampu.

3.      Unggul ( 525 – 674 )
      Peringkat ini mengungkapkan bahwa peserta memiliki kemahiran yang tinggi  dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis. Dalam berkomunikasi untuk keilmiahan dan keprofesian yang kompleks, ia masih mengalami kendala.

4.      Madya ( 375 – 524 )
      Peringkat ini menunjukkan bahwa peserta uji memiliki kemahiran yang memadai dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahsa Indonesia, baik lisan maupun tulis. Dalam berkomunikasi untuk keperluan keprofesian yang kompleks, dia masih mengalami kendala dan akan semakin besar saat berkomunikasi untuk kepentingan keilmiahan.

5.      Semenjana ( 225 – 374 )
      Tingkat Semenjana berarti peserta memiliki kemahiran yang cukup dalam berbahasa Indonesia, baik lisan atau tulis. Peserta akan terkendala untuk forum keilmiahan, keperluan keprofesian, dan kemasyarakatan yang kompleks. Namun, peserta bisa berkomunikasi untuk kepentingan keprofesian dan kemasyarakatan yang tidak kompleks.

6.      Marginal ( 150 – 224 )
      Peringkat ini berarti peserta tidak memadai dalam berkomunikasi dengan bahasa Indonesia, lisan dan tulis. Namun, peserta masih mampu menggunakannya untuk hal-hal yang tidak kompleks, termasuk keperluan kesintasan. Semenjana juga menggambarkan bahwa peserta tidak siap untuk berkomunikasi untuk kepentingan keprofesian bahkan keilmiahan.

7.      Terbatas ( 0 – 149 )
      Tingkat ini bermakna peserta tidak sangat tidak memadai dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia, baik lisan dan tulis. Peserta hanya siap untuk kepentingan kesintasan. Namun, peserta memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan kemampuannya tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Bubur Merdeka: Let’s Eat Porridge In Old Hotel

  Hai every one, I will bring you to eat porridge in old hotel. Do you want to join me? Let’s go. We walk to Gatot Subroto road in Cimahi....