6/20/2013

WISATA KULINER DI RM RIUNG PANYAUNGAN



Wisata kuliner mulai populer sejak acara ini dipandu oleh Pak Bondan. Berbagai macam tempat dan makanan telah banyak disajikan dalam acara tersebut. Nah, sekarang, saya ingin juga menyampaikan info wisata kuliner yang terletak di daerah Soreang, Kabupaten Bandung. Nama tempatnya adalah rumah makan Riung Panyaungan.
               
Jika diterjemahkan secara bebas, Riung Panyaungan berarti kumpulan saung. Kata saung merupakan kata dasar dari panyaungan.  Hal ini saya lihat dari beberapa saung sebagai tempat makan yang tersebar mulai dari depan hingga ke belakang. Saung ini dapat dimanfaatkan oleh keluarga atau rombongan untuk menikmati makanan. Makna lainnya adalah tempat yang teduh. Memang di sekitar tempat makan ini berjejer pohon-pohon besar yang cukup menyejukkan, terutama di pinggir jalan.
                Lokasi tempat makan ini berada di jalan raya Banjaran-Soreang km 2,2. Jika dari Bandung, Anda bisa ke lokasi ini dengan menyusuri jalan Kopo ke arah Banjaran. Jika dari Cimahi, Anda bisa berkendaraan melalui jalan Nanjung ke arah Soreang. Tempat ini bisa di jangkau sekitar 20 – 30 menit dari pusat pemerintahan Kabupaten Bandung. Lokasinya mudah ditemukan karena berada di pinggir jalan. Jika Anda akan berwisata ke Ciwidey, sebelumnya atau sesudahnya bisa mengisi perut di lokasi ini. Lokasinya cocok untuk tempat beristirahat sambil mencuci mata. Pemandangan alam khas priangan dapat anda nikmati sambil menunggu pesanan datang. Rasanya segar dan nyaman. Anda juga dapat melihat kolam-kolam ikan yang berwarna-warni. Bagi yang suka narsis, tempat ini cocok juga untuk berfoto-foto dengan latar alam yang indah.



                Makanan dan minuman yang bisa dinikmati juga sangat beragam. Pada umumnya menu khas Sunda. Ada nasi timbel dengan berbagai macam variasinya. Menu ikan dengan berbagai ukuran dan rasa. Ikan bakar, sop gurame, asam manis, pepes dan sebagainya.  Ada pula karedok, aneka tumis atau cah. Kangkung, jamur, brokoli dan masih banyak lagi. Bagi anda yang suka seafood, tersedia pula cumi bumbu singapur yang pedas. Teman saya menyarankan untuk memilih ikan gurame dengan berbagai variasinya, sup, bakar, asam manis dan lain-lain. “Gurame di sini enak !” sarannya. Jika memilih sop gurame, satu porsi cukup untuk banyak orang. Tinggal pilih ukuran : kecil, sedang, special hingga seharga Rp 85.000,-. Dijamin puas dan kenyang.
                Selain makanan, banyak pula jenis minuman yang dapat dinikmati. Bandrek, capucino, aneka juice, lemon squash, alpukat float, es cocktail, es kelapa muda atau yoghurt. Anda bisa memesan minuman tersebut sesuai dengan selera masing-masing. Di samping itu, kitapun diberi minum air teh hangat.   
                Kabar gembira lainnya adalah harga makanan dan minuman di sini cukup terjangkau, kurang dari seratus ribu. Kalau tidak salah, harga termahal  adalah ikan gurame seharga Rp 85.000,-. Harga yang lainnya bahkan kurang dari lima puluh ribu rupiah per porsinya. Walaupun rame-rame datang ke tempat ini, Anda tidak akan menguras kantong terlalu dalam. Selamat berwisata kuliner dan menikmati makanan khas Sunda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Finding Comfort and Style in Womenis Activewear

  To many women, the battle of feeling comfortable and purposeful in a gym, not just in everyday life, is that of dressing. Beyond all these...