Kamis, 21 Juni 2018

RESEP MASAKAN KARE SOUN BASO SOSIS SO GOOD


Memasak Membawa Rinduku Padamu
 
Menu andalanku saat sahur dan buka puasa: Kare Soun Baso Sosis So Good


Kisahku tentang Memasak
                Aha, ada yang berbeda tahun ini dalam perjalanan hidupku, khususnya dalam dunia kuliner. Selama dua tahun setengah, untuk urusan perut, aku lebih suka beli jadi. Jelajah kuliner ke berbagai tempat makan. Pedagang kaki lima, warteg, rumah makan hingga ke berbagai restoran cepat saji. Praktis, tidak ribet, tidak cape, tidak perlu cuci piring. Tinggal am atau ngahuap saja ( bahasa Sunda: tinggal makan saja ). Enak bangets yah hehehe… Inilah enaknya dan untungnya hidup sendiri. Para emaks jangan sirik yah, tetaplah di jalur yang benar! Hahaha…. Oooo. Namun, sesuatu mengubah segalanya.


                Yup, ada yang berbeda dalam diri ini. Satu perasaan asing yang membuatku ingin kembali ke dapur, khususnya di bulan Ramadhan dan Idul Fitri kemarin. Melihat berseliwerannya foto-foto bareng keluarga, hatiku membiru. Betapa rindunya diriku pada sosok mamah yang selalu menyediakan berbagai masakan untukku dan saudara-saudaraku yang lainnya. Mamah memang koki paling hebat untuk keluarga kami. Hidupnya secara total dibaktikan untuk membuat kakek, ayah, aku dan adik-adikku bisa makan enak. Berbagai macam masakan sederhana hadir dari olahan tangannya.
                Ramadhan apalagi menjelang lebaran atau Idul Fitri adalah momen special untukku bersama mamah. Aku, mamah dan adik-adikku akan tertawa dan bekerja sama di dapur. Kami biasanya akan membuat berbagai macam kue untuk menjamu tamu keluarga yang datang ke rumah. Buku resep mamah menjadi andalan. Buku resep itu ditulis tangan oleh mamah. Tulisan tangan dengan huruf miring khas orang tua zaman dulu. Sambil melihat buku resep itu aku mempersiapkan bahan-bahan kue, lalu kami membuat berbagai macam kue. Kastengel, nastar, lidah kucing, kue bawang, kue coklat, dan cake marmer. Itulah keu-kue favorit kami. Menurutku kue-kue itu adalah kue paling enak sedunia. Begitupun dengan masakan khas Idul Fitri. Opor ayam, sambal goreng kentang, ace cabe hijau, ketupat, acar mentimun. Dua hari sebelum lebaran, aku dan mamah akan berburu bahan-bahan masakan itu  di pasar Antri. Seru deh.  Setelah shalat Ied, badan kami pegel-pegel semua dan ngantuk berat xixixi….
                Kerinduanku pada mamah membuat Ramadhan kali ini, aku lebih sering memasak di dapur, terutama saat libur. Masakan-masakan yang dulu sering disajikan oleh mamah untuk kami, aku buat lagi. Sayur sop, sup kacang hijau, sup jagung sosis, sayur asem, sayur lodeh, tumis labu, ayam goreng, perkedel jagung. Hmmm… apalagi yah? Sambil memasak, aku membayangkan mamah berada bersamaku, memasak bersama lagi. Ahay. Rasanya bahagia sekali. Berbagai rasa berkecamuk di hatiku.
                Tahun ini, aku membuat sesuatu yang berbeda. Yup dari kebersamaanku dulu memasak bersama mamah, aku mencoba berkreasi. Membuat masakan ala Yayu Arundina, tapi ilmu dasarnya dari mamahku. Aku dan mamahku senang memasak makanan yang praktis. Tak perlu ribet habis, apalagi selera di rumahku berbeda-beda. Bisa dibayangkan kan kalau membuat masakan yang bangga ( istilah mamahku untuk masakan yang ribet, sulit, perlu banyak tenaga ekstra ).
                Tadinya saat sahur, aku ingin memasak sup jagung sosis lagi. Entah menu sup keberapa yang kubuat di Ramadhan tahun ini hehehe…. Namun, pasti bosan kan yah. Jadi, aku membuat KARE SOUN BASO SOSIS SO GOOD. Kebetulan, aku masih memiliki beberapa bahan yang belum dimasak. Soun, kol dan wortel. Daaan, saat jalan-jalan ke Ciwalk, aku melihat berbagai macam bahan masakan So Good yang menggoda hati. Tring. Tring. Tring. Ide itupun berkelebat di kepala. Keesokan harinya, aku langsung terjun lagi ke dapur untuk mengeksekusinya. Mau mencoba masakanku yang praktis ini? Nih, kuberikan resep rahasiaku.

So Good membuatku berkreasi lagi untuk memasak


Resep Kare Soun Baso Sosis SO GOOD
               
BAHAN:
1 bks baso kuah So Good
1 bks baso kuah keju So Good
1 bks premium sausage garlic So Good
1 bks shrimp Wonton So Good
1bks soun
1 buah wortel
¼  kg kol

BUMBU:
3 siung bawang putih
1 buah bawang Bombay kecil
1 bks bumbu kare instan
2 gelas air
  Garam
  Gula putih
3 sdm ebi goreng

Cara Membuat:
1.        Rebus sebentar soun agar bisa diolah. Rendam beberapa menit sampai lunak, lalu tiriskan
2.        Iris kol, wortel, bawang Bombay dan bawang putih
3.        Tumis bawang Bombay, lalu bawang putih sampai harum dan bumbu kare
4.        Masukkan wortel
5.        Setelah agak layu, masukkan sosis SO GOOD yang sudah dipotong-potong
6.        Berturut-turut masukkan juga, baso dan shrimp Wonton SO GOOD
7.        Tambahkan air
8.        Diamkan beberapa saat sampai air mendidih dan semua bahan matang
9.        Masukkan irisan kol
10.     Setelah layu, matikan kompor. Tambahkan gula dan garam secukupnya
11.     Aduk-aduk sampai tercampur rata
12.     Tata kol dan irisan baso di dalam mangkok. Tambahkan soun. Beri kuah kare. Tambahkan wortel, baso dan sosis untuk hiasan.
13.     Beri taburan ebi goreng
14.     Kare Soun Baso Sosis SO GOOD siap disajikan dan disantap.

Akhir Kata
Menurutku, masakan ini cocok disajikan untuk sarapan atau makan malam. Oleh karena itu, menu ini menjadi andalanku untuk sahur dan berbuka puasa. Praktis dan enak. Inilah Resep Masakan Rumah Khas Ramadhan teristimewa. Lebih istimewa lagi karena bersama So Good. Namun, kalau ingin dijadikan teman makan siang juga tak masalah sih.
Akhirnya, kerinduanku pada mamah sedikit terobati dengan Resep Masakan Rumah Khas Ramadhan bersama So Good. So Good memang sangat pas untuk masak praktis tapi tetap bergizi dan rasapun sangat bisa diandalkan.  Aku yang seringkali males masuk dapurpun menjadi sangat terbantu dengan adanya produk siap masak dari So Good ini.
Makasih ya So Good, karenamu aku bisa mengenang mamah yang sudah pergi hampir tiga tahun lalu. Karenamu juga, aku bisa berkreasi dalam membuat masakan. SO GOOD memang ok bangets! Lup yu pull!
Teman-teman yuk masak-masak lagi bareng SO GOOD

10 komentar:

  1. Aduh ini menggoda banget, Teh. Aku penggemar soun dan bihun. Boleh juga resepnya. Makasih udah share ya, Teh.

    BalasHapus
  2. Menikmati masakan sendiri sambil mengenang mamah. Terharu...

    BalasHapus
  3. Yami banget Teh, saya pengen coba baso keju nya pasti gurih ya hmmm lapar hhaha

    BalasHapus
  4. huaaa aku ngiler sama baksonya kabayang enaaaaak

    BalasHapus
  5. Bikin ngiler baksonya. Terima kasih untuk resepnya, teh :)

    BalasHapus
  6. Udah lama pengen rasain bakso so good ini deh bu, jadi terinspirasi apalagi Bandung lagi dingin gini huhu endess

    BalasHapus
  7. Kapan atuh cobain masakannya teh yayu, aku pun sekarang masak terus setelah resign hehehhee

    BalasHapus
  8. Wah mamahnya teteh jago masak, ya. Al fatihah buat mamanya, ya. Ayo teh, lanjutin masak enaknya hehehe

    BalasHapus
  9. Mesti dicoba nih resepnya, Teh Yayu. Tampak enaaak 😍

    BalasHapus