Recook Resep Chef Vindex Tengker: Roti Jadoel

 

Halo Sobat yayuarundina.com, kamu punya chef favorit? Suka nonton Master Chef? Suka kepoin media sosialnya para chef? Nah, kalau aku suka kepoin Instagramnya Chef Vindex Tengker. Setelah melihat beberapa aksi dan resepnya, aku jadi tertarik untuk ikut masak. Ada beberapa menu yang menurutku mudah diikuti. Salah satunya adalah roti. Jadilah Recook Resep Chef Vindex Tengker: Roti Jadoel.

Chef Vindex
Chef Vindex


Aku Membuat Roti Jadoel

Nah Sob, aku ingin sekali makan roti sama kopi. Hmmm… terbayang enak sampai ngacay. Namun, gak bisa langsung praktek ternyata. Butuh beberapa waktu untuk praktek. Kondisi PPKM gak membuatku untuk bisa bebas mencari bahannya.

Sambil nunggu PPKM agak reda, aku pun nonton resep-resep roti di You Tube. Kalau tidak salah resep Roti Turkey yang gak perlu pake oven. Ini juga mudah diikuti. Makin menggebulah aku untuk bikin roti sendiri.

Nah, begitu ada kesempatan, aku segera datang ke toko terdekat untuk membeli bahan roti. Wah, pastinya aku semangat dong ya. Melihat beberapa bahan roti mejeng cantik di rak-rak toko.

Hanya satu bahan yang tidak ada, yaitu pengembang atau ragi. Merasa ingin segera membuat roti, maka aku beberapa kali mengelilingi rak mencari ragi. Tak ada jua. Akhirnya, aku bertanya pada petugasnya. Dan, memang ragi tidak tersedia di sana.

Parahnya lagi, aku tuh gak tahu bentuk ragi seperti apa xixixi…. (kalian boleh ngakak). “Gak ada satu, gak masalahlah,” ujarku dalam hati. Setelah itu, akupun segera pulang membawa bahan yang ada.

Di rumah, aku langsung mencoba membuat roti dengan bahan yang ada. Aku membuat roti tanpa oven. Adonan roti yang sudah kubuat dipanggang hanya menggunakan Teflon. Tanpa makan waktu banyak, roti pun matang. Setelah hangat, aku menikmati membuat roti pertamaku ini. Hasilnya? Tanpa pengembang atau ragi, rotinya agak keras Saudara-saudara. Tapi masih bisa dimakan enak.

 Beberapa kali, aku membuat roti seperti itu dengan beberapa percobaan sendiri. Mengurangi air. Tambah mentega. Tambah susu. Bahkan, dalam satu percobaan, sampai lupa menambahkan garam. Terbayang dong rasanya seperti apa, ya Sob? Jadi inget, salah satu peserta Master Chef yang suka masak dengan percobaannya sendiri. Sayang, lupa namanya.

Roti Jadoel Gagal
Roti Jadoel ala Hotteok

 

Hotteok Ala Yayu Arundina

Entah percobaan ke berapa ya, aku merasa percaya diri dengan hasilnya. Maka, kuunggah ke instagram yu_nedaraos. Tidak lupa kumention Chef Vindex. Asyeknya Chef Vindex langsung respon loh. Waaah bahagianya.



Roti hasil percobaanku belum sempurna. Rasanya pas. Empuk. Hanya belum berkembang seperti roti dalam resep aslinya. Rotiku lebih mirip dengan Hotteok. Sobat yayuarundina.com, tahu kan dengan hotteok? Yup, jajanan dari Korea dong ya.

Dari Wikipedia, hotteok merupakan panekuk yang biasanya berisi pasta kacang. Kalau di Littlenona, ada yang asin. Ada juga yang manis. Diolah dengan cara digoreng. Dimakan ketika masih hangat, sehingga sering dijadikan kudapan musim dingin. Bahannya mirip dengan bahan untuk membuat roti. Ada juga yang menggunakan tepung ketan, bukan terigu.

Nah, karena hasilnya belum seperti roti sungguhan, maka aku bertanya pada Chef Vindex.

Woow, ternyata aku yang salah saudara-saudara. Maafkan, ya Chef! Semoga tidak merusak reputasi Chef, karena aku mencampur resepnya dengan yang lain. Terlebih lagi, bingung dengan bahan bernama ragi. Kirain sama dengan soda. Keduanya bisa digantikan atau subtitusi. Oh, no.

Asyiknya lagi, pengetahuanku tentang pembuatan roti ini menjadi bertambah karena ada penjelasan juga di Instagramku dari Food Blogger Dyah Prameswari. Asyeeek. Makasih ya,

Dyah prameswarie

Tips Sukses Masak  😄💖

Nah, Sobat yayuarundina.com, kalian ingin bisa masak dengan hasil maksimal atau sukses? Ini dia tips yang bisa kuberikan berdasarkan pengalaman coba-coba resep!

1.        😄💖 Cermati resepnya, baca teliti!

2.        😄💖 Siapkan bahan-bahan sesuai resep

3.     😄💖 Ikuti jumlah bahan masakan sesuai dengan resep. Kalau harus menambahkan air hangat 1 sendok makan, ya wajib 100%. Jangan menggantinya dengan air es!  Jangan pula menambah atau  mengungangi takarannya.

4.     😄💖 Ikuti tahapan-tahapan proses pembuatannya secermat mungkin.

5.   😄💖 Perhatikan petunjuk atau tips-tips penting. Hal-hal sepele atau kecil ini sering kita abaikan, sehingga hasil resep tidak bagus. Bahkan, gagal.

6.      😄💖 Perhatikan juga peralatan masak. Wajib higienis!

7.   😄💖  Lakukan kegiatan ini dengan senang hati! Gembira. Kalau aku masak dalam kondisi bete, hasil masakannya biasanya gak enak rasanya. Memang ada hubungannya, ya Chef? Atau sekedar mitos belaka?

Nah, Sobat yayuarundina.com, itulah pengalamanku mencoba untuk mempraktekkan sebuah resep dari chef favoritku. Recook Resep Chef Vindex. Tunggu aku melakukan percobaan eh mempraktekkan resep Roti Jadoel ini sesuai aslinya. Butuh mood bagus, waktu, modal, dan belanja bahan lagi.

Kalian mau mencoba juga? Aku sertakan resep aslinya dari Chef Vindex ya. Cara membuatnya intip di Instagramnya Chef Vindex aza ya.

Resep Roti Jadoel
Roti Jadoel ala Chef Vindex


Selamat masak-masak ya!

Selamat coba-coba resep untuk nambah skill!

Sampai jumpa di postingan berikutnya

 

 

Bahan:

110 ml air

3 gr       ragi

100 ml susu

40 gr gula

300 gr tepung protein tinggi

3 gr garam

30 gr butter

Tidak ada komentar