Dukung Sundance Film Festival: Go International-kan Industri Film Indonesia Secara Virtual

 

yayuarundina.com
Sundance Film Festival Asia 2021

Halo Sobat yayuarundina.com, masih ingat aksi Joe Taslim dan Iko Uwais dalam film-film Amerika? Bangga ya kita. Artis Indonesia bisa go international. Bagaimana kalau makin banyak artis Indonesia, sineas indonesia, film, komunitas film, dan pelaku industri film Indonesia lainnya yang berkibar di dunia internasional? Melalui Sundance Film Festival hal itu bisa menjadi kenyataan. Dukung Sundance Film Festival: Go International-kan Industri Film Indonesia Secara Virtual.

Apa Itu Sundance Film Festival?

Di kepalaku berputar kembali tayangan televisi beberapa tahun lalu.  Tawa dan kebanggaan terselip saat menonton acara Piala Citra dan Festival Film Bandung. Seperti itulah aku membayangkan acara Sundance Film Festival: Asia 2021 yang akan diselenggarakan tahun depan, tepatnya pada Januari 2022.

Dalam web resminya, festival ini merupakan ajang pertemuan para pelaku industri film untuk saling bersinergi, berkolaborasi, bertemu penonton dalam wadah yang lebih luas, mendunia. Festival ini akan melibatkan banyak pihak dan acara. Artis, pembuat film lokal, komunitas, diskusi, penayangan film, kompetisi film pendek dan sebagainya. Acara ini diselenggarakan oleh lembaga nirlaba Sundance Institute yang berlokasi di Amerika. Lembaga ini didirikan oleh Robert Redford sekitar tahun 1981.

Sundance Institute merupakan kurator film independen yang menyediakan ruang untuk berkreasi dan berkembangnya para seniman di bidang film, teater dan media digital.


Sundance Film Festival: Asia 2021

Untuk membuka kegiatan, pada 23-26 September 2021 akan ada acara Sundance Film Festival Asia 2021. Hal tersebut sudah diumumkan oleh Sundance Institute, XRM Media dan didukung oleh IDN Media. Untuk pertama kalinya acara ini diadakan di Indonesia, khususnya Jakarta. Asyekkan, ya?

Kegiatan ini dilakukan secara virtual. Melalui tayangan Tik Tok (@SundanceFFAsia) dan Sundance Collab.

Ayo buruan, beli tiketnya mulai Rabu, 15 September 2021 di http://sundancefilmfestivalasia.org/  Jangan sampai kehabisan tiket digitalnya ya!

 

Boleh dibilang ini adalah apresiasi dunia internasional atas perkembangan film di Indonesia.

 

Sundance Film Festival Asia 2021
Pernyataan Kim Yutani dan William Utomo

Jadwal Acara Sundance Film Festival: Asia 2021

Sundance Film Festival: Asia 2021 memiliki beberapa kegiatan yang sangat menarik. Diskusi, short film competition, penayangan film, workshop untuk para pemilik bakat-bakat muda di Asia Tenggara, juga yang bisa bikin H2C, harap-harap cemas adalah  pengumuman best short film jury award.

Inilah jadwal acara selengkapnya. Ayo, pilih kursi kalian!

1.      Diskusi Panel

Banyak topik menarik terkait industri perfilman. Banyak pula pembicara yang sudah pakar di bidangnya, baik lokal maupun internasional. IDN Media menghadirkannya untuk kita semua. Tak salah kalau kita bergabung dalam acara ini.

 

a.      Film Outlook: Industri Film Indonesia dari 2016, era pandemic, pasca pandemic. Mira Lesmana, Chand Parwez Servia, Anggi Sasongko akan tampil di Tic Tok @SundanceFFAsia  pada Kamis,  23 September 2021, Pukul 11.00

 

b.      Women in Film

Bagaimana kiprah para perempuan di industri perfilman yang banyak didominasi kaum adam? Nia Dinata, Gina S. Noer, Susanti Dewi akan menjawabnya di acara diskusi virtual pada Kamis, 23 September 2021 pukul 15.00

 

c.       The Director: Festival and The Pathway to Succes

Bagaimana seseorang mengawali karirnya di industri perfilman? Bagaimana suatu festival mampu membawa kesuksesan karir? Joko Anwar, Edwin, Yoseph Anggi Noen akan berbagi pengalamannya tentang hal ini. Pantengin Tik Tok @SundanceFFAsia pada Jumat, 24 September 2021 pukul 15.00. Fajar Nugros dari Head of IDN Picture akan menggawangi acara ini.

 

d.      Percakapan dengan Sundance Film Festival: Asia Documentary Filmmakers, Tanya Jawab dengan Programmer Sundance Festival  Kim Yutani dan Heidi Zwicker

Kalian wajib tahu nih. Simak obrolannya di Sundance Collab pada Sabtu, 25 Sepetember 2015 pukul 11.00

 

e.      Indonesian Short Filmmaking

Sudah seharusnya karya-karya terbaik kita dikenal dunia. Bagaimana cara kita menginternasionalkan karya? Para alumni Sundance Film Festival akan berbagi pengalamannya. Simak berbagai tips dari Wregas Bhanutedja, Aditya Ahmad, dan produser Meiske Tauriska.

 Erneste Foronda akan bertindak sebagai moderatornya. Acara akan berlangsung secara virtual di Sundance Collab pada Jumat, 17 September 2021 pukul 10.00

 

2.      Penayangan Film

Saksikan juga penayangan film dokumenter dan naratif dengan beragam tema yang menarik.  Adapun kedelapan film yang bisa dinikmati adalah:


Sundance Film Festival Asia 2021
Film Luzzu

a.      Amy Tan: Uninended Memoar (USA) disutradarai oleh James Redford

b.      The Dog Who Wouldn’t be Quiet (Argentina), sutradara Ana Katz

c.       Try Harder (USA), sutradara Debbie Lum

d.      John and The Hole (USA), sutradara Pascual Sisto

e.      Luzzu (Malta), sutradara dan penulis naskah Alex Cammilerri

f.        Passing (USA), sutradara dan penulis skenario Rebecca Hall

g.       Users (USA, Mexico), sutradara Natalia Almada

h.      Writing With Fire (India), sutradara Rintu Thomas

 

3.      Short Film Competition

Kompetisi yang ditujukan bagi para pembuat film di Indonesia. Ada sekitar 160 film pendek yang telah berpartisipasi dalam kompetisi dunia ini. Siapakah diantara 10 para finalis yang akan memenangkan kompetisi ini? Simak acara livenya di Tik Tok pada 25 September 2021.

 

4.      Sundance Film Festival: Asia Intensive Programme

Inilah kesempatan emas bagi kalian untuk menimba ilmu, memperkenalkan segala bakat kalian di bidang perfilman. Sentuhan personal dan khusus diterapkan dalam program ini. Tujuannya adalah menemukan bakat-bakat baru di Asia Tenggara dan menghubungkan mereka pada para  pakar di industri perfilman.  Pelatihan intensif selama dua hari secara virtual ini diselenggarakan oleh Feature Film Program dari Sundance Institute.

 

Peserta yang telah terpilih adalah Lucky Kuswandi, Sabrina Rochele Kalangie, dan Khozy Rizal ( dari Indonesia), Sonny Calvento (Filipina), Kris Ong (Singapura), Lommorpich Rhity (Kamboja)

 

 

 

Informasi Tiket 

 

v  Tanggal penjualan tiket: 

            Rabu 15 September, 09.00: Sundance Film Festival: Asia 2001 Screening Passes tersedia di SundanceFilmFestivalAsia.org. 

 

v  Harga tiket: 

      Rp 30.000 - Tiket Single Screening 

      Rp 85.000 - Tiket Explorer untuk akses ke semua screening 

v  Informasi lebih lanjut, klik https://www.instagram.com/sundanceffasia/ dan SundanceFilmFestivalAsia.org.

v  Ikut ramaikan Sundance Film Festival: Asia 2021 di media sosial dengan menggunakan tagar #SundanceAsia. 

 

Tidak ada komentar