1/21/2024

ODOP, Legacy Untuk Konsisten Menulis Di Blog

 

Halo sobat yayuarundina.com – Pernahkah kalian menentukan langkah agar hidupmu bermanfaat? Dengan menulis, saya ingin menjadi bermanfaat untuk orang lain. Inilah postingan terbaruku. ODOP, legacy untuk konsisten menulis di blog!


guru blogger
Guru Blogger

ODOP, Legacy untuk Konsisten Menulis Di Blog

ODOP merupakan sebuah program yang diluncurkan oleh Komunitas ISB. ODOP itu merupakan singkatan dari One Day One Post. Konsisten menulis dan unggah tulisan di blog satu hari satu tulisan.

Karena banyak kendala untuk mencapai tujuan mulia tersebut, ODOP kini berubah menjadi TRIDOP. Three Day One Post. 3 hari sekali kita wajib mengunggah tulisan di blog. Mbak Ani Berta sebagai founder ISB dan pencetus program ini akan memberikan panduan menulis untuk peserta. Selama periode tertentu, misal sekarang Desember – Januari, ada tema-tema khusus yang harus kita kembangkan menjadi tulisan di blog.

Tema-temanya sungguh menarik dan menantang untuk dijadikan sebagai postingan di blog. Tulisannya akan sangat bermanfaat untuk pembaca. Karena, Tridop juga, beberapa kompasianer menjadi dapat peringkat khusus di Kompasiana. Tulisannya highlight.

Tridop inilah yang memotivasi saya untuk bisa lebih konsisten menulis di blog. Secara teratur, saya bisa mengunggah tulisan sesuai tema. Diawali dengan mempelajari tema. Riset. Mencari dan mengumpulkan bahan tulisan. Akhirnya, diolah jadi tulisan yang punya nilai manfaat untuk pembaca blog.

Jadilah ODOP sebagai legacy untuk konsisten menulis di blog. Harta pusaka yang sangat berharga. Sayang kalau dilewatkan begitu saja. Walau ada juga kendala untuk memenuhi jadwal Tridop, tapi saya berusaha keras untuk menebusnya. Walau kadang telat mengunggah tulisan, itu lebih baik daripada tidak sama sekali.

Tridop sampai saat ini menjadi satu kegiatan blogger yang harus saya ikuti agar blognya terisi terus secara teratur. Tridop selain sebagai motivasi, juga jadi sebuah tujuan menulis. Banyak manfaat yang saya rasakan. Salah satunya adalah ide tulisan.

Blogger Sejati: Konsisten Menulis Di Blog

Konsisten menulis di blog merupakan ciri seorang blogger sejati. Apa jadinya kalau blogger tidak menulis di blog? Blog yang dimilikinya kosong terus tanpa tulisan satu pun. Bulukan.

Di sisi lain, konsistensi menulis di blog sangat sulit dilakukan. Banyak kendalanya. Pertama, waktu. Dengan beragam kesibukan yang harus dijalani, waktu menulis di blog jadi taka da. Semua menit lebur dalam beragam kegiatan yang sering menyita waktu. Apalagi guru sekarang tak semerdeka dulu. Banyak tuntutan dan kewajiban yang harus dilakukan.

Kedua, tema. Mencari tema atau ide untuk menulis di blog juga menjadi tantangan tersendiri. Mendapatkan tema tulisan seringkali menjadi jalan buntu. Bingung, apa yang harus kita tulis? Kita jarang mengeksplorasi kata kunci. Semakin kompleklah masalah tema ini. Tridop menjadi solusi cerdas untuk ini.

Ketiga, niat. Langkah pertama dan utama untuk menjadi blogger sejati adalah niat. Apapun yang terjadi, jika niat kita bulat menjadi blogger, pasti akan dilakoni. Jujur, niat saya menjadi blogger masih belum utuh. Saya lebih mengharapkan blogger menjadi karir protean, sampingan. Profesi guru, terutama berada di kelas, melaksanakan proses pembelajaran untuk para siswa, masih tetap menjadi cinta pertama saya. Oleh karena itu, konsistensi menulis di blog sering kalah oleh kegiatan mempersiapkan pembelajaran di kelas. Tridop menjadi obat untuk kelalaian menulis ini. Kita dipaksa untuk konsisten menulis. Tridop menjadi faktor eksternal untuk bisa konsisten menulis di blog.

Mempersiapkan pembelajaran di kelas juga bukan hal yang mudah. Kegiatan ini juga butuh pemikiran dan pencarian ide. Bukan hanya sebagai gugur kewajiban atau mengikuti materi di buku paket. Pembelajaran di kelas juga harus bermanfaat untuk kehidupan para siswa. Ada pencerahan dan life skills, keterampilan hidup yang harus diberikan. Menjadi blogger sangat banyak memberikan inspirasi.

Mengembangkan Karir Protean Sebagai Guru Blogger

Begitu banyak ilmu, insight, dan penguatan yang luar biasa untuk profesi guru dari beragam kegiatan blogger. Oleh karena itu, saya ingin profesi guru dan blogger ini seiring sejalan. Saya bisa mengembangkan karir protean sebagai guru blogger. Semoga bisa menghasilkan.

Konsisten menulis di blog tentu harus menjadi kebiasaan dan dilakukan secara kontinyu. Tidak boleh tidak. Untuk memuluskan jalan ini, Tridop menjadi sebuah rutinitas yang wajib diikuti. Mengikuti Tridop bisa memutus kebingungan ide tulisan. Jadi, kita tinggal mengembangkan tema-tema tersebut menjadi tulisan. Lalu, posting atau unggah di blog secara konsisten. Teratur, dalam jangka waktu tertentu. Tiga hari sekali. Semoga, nanti bisa jadi satu hari, satu tulisan. Luar biasa kan?

Selain itu juga, saya berharap di tengah kepadatan waktu menjalankan tugas guru, bisa tetap mengikuti beragam kegiatan blogger di luar jam mengajar. Ini mah wajib tidak mengganggu tugas pokok sebagai guru. Semoga makin banyak acara blogger bandung yang bermanfaat.

Menjadi guru blogger menjadi kebahagiaan tersendiri. Memiliki dua dunia yang berbeda. Satu dunia menulis dengan segala tantangan yang nyata. Satu lagi dunia kelas, memberikan ilmu dan pendidikan untuk siswa. Saya sering memberikan contoh konkrit materi dari acara blogger.

Satu harapan terakhir tentu saja, akan semakin banyak job guru blogger yang datang. Biar makin semangat bekerja, berbelanja, kulineran, dan rajin menabung. Semoga berwujud nyata. “Sok atuhlah Brand-brand, please send me email!”

Semoga bisa jadi guru blogger yang profesional. Bermanfaat. Banyak menebarkan kebaikan melalui tulisan di blog. Bisa mewarnai dunia. Bisa menduniakan UMKM. Bisa menduniakan Indonesia. Betapa bangga dan bahagianya aku sebagai warga negara Indonesia.

 

Sekian perjumpaan kali ini

Salam

Sampai jumpa

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

BloggerDay 2024: Berbagi Ilmu dan Pengalaman Melalui Blog

  Halo sobat yayuarundina.com – Akhir Februari ini, aku bahagia bisa hadir di acara BloggerDay 2024. Berkumpul dengan para blogger dari ber...