1/05/2024

Dilema Camilan Sehat dan Favorit

 

Halo sobat yayuarundina.com – Pernahkah kalian merasa dilema antara menikmati camilan sehat dan favorit? Aku sih sampai sekarang masih merasakan dilema camilan sehat dan favorit. Belum bisa move on 100% dari gorengan.


Camilan
Comro, salah satu jenis gorengan


Dilema Camilan Sehat dan Favorit

Sampai saat ini, aku masih terombang-ambing antara ngemil sehat dan menikmati camilan favorit. Kadang, aku suka sekali menikmati beragam buah-buahan. Namun, di hari yang berbeda, aku masih kalap dengan aneka gorengan yang menggoyang lidah. Apalagi saat pulang kerja, aku melewati tukang gorengan. Aromanya, membuat langkahku berbelok arah. Beli rarawuan, bakwan atau bala-bala, comro, pisang goreng, cireng, ubi goreng, pisang aroma dan masih banyak lagi jenis lainnya.

Ketika berpuasa, berbuka dengan gorengan itu adalah kenikmatan yang paling hakiki. Siapa nih yang sefrekuensi denganku? Menikmati bala-bala dan cengek saat berbuka puasa itu nikmat sekali. Ampun deh, makan bala-balanya suka kalap juga. Ditambah air teh hangat.

Selain gorengan, masih banyak camilan favorit lainnya. Camilan favorit tersebut adalah keripik, kacang bawang, kue, kacang rebus, pisang rebus, dimsum, permen, bajigur, bandrek, jagung rebus, ubi rebus, ubi goreng, edamame, roti, granola, rujak, asinan, kolak pisang, candil, bubur kacang hijau, kerupuk, telur dadar atau ceplok. Hmmm… apalagi ya?

Jujur, terkadang saat bekerja, aku bisa fokus bekerja tanpa camilan. Di lain waktu, camilan wajib ada untuk menemaniku saat ngeblog atau saat mengerjakan nilai rapot. Ngemil membuatku bisa bekerja lebih baik. Camilan itu seolah energi terbarukan yang menambah booster.

Selain kedua waktu tersebut, di sekolah pun saat menunggu jam masuk kelas, kami sering menikmati camilan bersama-sama. Dalam beberapa menit saja, sajian di piring akan ludes. Gorengan, kwaci, ketan serundeng, serabi, atau beragam jajanan yang ada di sekolah. Kebahagiaan sederhana sambal ngobrol dan tertawa-tawa.

Ngemil seperti itu membuatku bahagia sekaligus was-was. Was-was akan mengganggu kesehatan. Apalagi di usia sekarang ini, sudah mulai banyak yang dirasakan. Kalau ingat betapa tidak enaknya sakit, aku bisa berhenti ngemil. Atau memilih camilan sehat. Namun, ada kalanya, aku kayak orang ngidam, pengen ngemil sesuatu, khususnya camilan favorit.

 Please, help me! Bantu aku agar bisa ngemil sehat.

Manfaat Camilan Bagi Kesehatan Tubuh

Ternyata ngemil itu ada manfaatnya loh, Sob. Berdasarkan informasi dari laman Halodoc, ngemil itu bermanfaat untuk menjaga keseimbangan gula darah. Menjaga metabolisme tubuh. Membuat kita tidak kalap saat makan. Menjaga tubuh tetap langsing. Kinerja otak lebih aktif, terutama saat menikmati camilan yang berprotein.

Ya, aku pernah merasakan kalap makan saat menikmati makan siang. Karena tidak sarapan pagi, semua hidangan yang tersedia aku lalap habis sampai benar-benar kekenyangan. Ternyata, kondisi seperti ini membuat badanku sangat tersiksa. Sama sekali tidak nyaman.

Zaman muda dulu, memang semua makanan itu terasa enak di lidah. Penasaran kalau tidak dimakan. Namun, semakin bertambah umur, kenikmatan itu berkurang sedikit demi sedikit. Porsi dan jenis makanan yang disantap semakin sedikit. Sudah saatnya kita menerapkan pola hidup sehat. Setuju?

Ngemil atau makan camilan diantara dua waktu makan itu ternyata lebih baik daripada membiarkan perut kelaparan. Sebuah anggapan yang salah kalau ngemil menjadi penyebab kegemukan. Namun, ada syaratnya loh.

Camilan Sehat yang Bermanfaat untuk Tubuh

Nah, ini cara ngemil yang baik. Pilihlah camilan yang sehat! Pertama, tidak mengandung kalori yang berlebihan. Kedua, tidak mengandung gula, garam yang banyak. Ketiga, makanlah camilan yang mengandung protein. Keempat, camilan yang berserat sangat baik untuk tubuh. Kelima, mengandung nutrisi.


Camilan sehat
Aneka camilan sehat

Kita juga perlu memperhatikan kondisi kesehatan secara khusus. Bagi mereka yang menderita penyakit tertentu, wajib memperhatikan asupan cemilan. Tidak boleh sembarangan. Contohnya, penderita diabetes lebih sehat jika camilannya adalah buah berry. Stroberi, blueberi dan sejenisnya. Demikian juga mereka yang menderita Gerd. Sereal cocok bagi mereka.

Camilan sehat sangat baik juga bagi mereka yang sedang tidak nafsu makan atau menjalani kemoterapi. Keterbatasan makanan berat yang mereka konsumsi bisa dibantu dengan cemilan sehat ini. Nutrisinya bisa tetap terjaga walau porsi makannya sedikit.

12 Jenis Camilan Sehat yang Baik untuk Tubuh

Inilah 12 Jenis Camilan Sehat. Camilan ini mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Ada protein, serat, vitamin, air, karbohidrat kompleks, dan mineral.


Camilan sehat
Susu kacang mede

Inilah 12 jenis camilan sehat yang bisa menjadi pilihan kalian untuk ngemil.

1.       Buah dan sayuran

2.       Oats

3.       Produk olahan susu rendah lemak, seperti keju, yoghurt.

4.       Kacang-kacangan

5.       Jagung rebus

6.       Rujak

7.       Puding

8.       Biskuit rendah gula dan lemak

9.       Pisang kukus

10.   Bubur kacang hijau

11.   Granola

12.   Kuaci

Nah, sobat yayuarundina.com, rasanya dengan menikmati camilan sehat tersebut, kita tak perlu khawatir gemuk atau obesitas. Kendali tetap ditangan kita. Jangan berlebihan! Jangan sampai kalap! Imbangi juga dengan pola hidup sehat, seperti olah raga teratur.

Jika kita komitmen untuk hidup sehat, saya yakin camilan sehat ini akan menjadi pilihan kita. Boleh cheating dikit, ya Dok! Angger!

Ingatlah prinsip makan sehat ala Rasulullah. “Berhentilah makan sebelum kenyang!”

Pengorbanan kita di masa sekarang dalam menjaga pola makan menjadi investasi sehat di masa depan, khususnya masa tua nanti. Jangan sampai deh kita sakit-sakitan di saat uzur nanti. Keluar masuk rumah sakit. Naudzubillahhimindzalik! Amit-amit jabang bayi! No no no. Jangan sampai seperti itu!

 

Salam sehat

Sampai jumpa

 

 

Sumber Tulisan

https://www.halodoc.com/kesehatan/camilan

https://www.alodokter.com/tetap-langsing-dengan-siasat-camilan-sehat

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

BloggerDay 2024: Berbagi Ilmu dan Pengalaman Melalui Blog

  Halo sobat yayuarundina.com – Akhir Februari ini, aku bahagia bisa hadir di acara BloggerDay 2024. Berkumpul dengan para blogger dari ber...