1/18/2018

TIPS LIBURAN HEMAT

Liburan hemat
        Saat ini banyak orang baru saja usai menjalani libur natal dan tahun baru. Namun, masih ada sisa liburan sekolah beberapa hari lagi. Liburan merupakan dambaan banyak orang, apalagi mereka yang bekerja. Liburan merupakan salah satu cara untuk mengembalikan semangat dan gairah bekerja kembali. Namun, tak semua orang bisa menjalani liburan dengan gembira. Salah satu kendala adalah budget atau masalah keuangan. Inilah masalah yang sering kuhadapi. Tooos.
                Nah, berdasarkan pengalaman liburan kemarin, ada beberapa tips agar kita bisa menjalani liburan dengan budget terbatas. Liburan ini dilakukan bersama keluarga berjumlah enam orang. Mau tahu ? Ini dia tipsnya.
1.       Niat
Setelah sekian tahun hidup dengan berbagai macam beban anggaran yang menggunung, kali ini kami berniat untuk liburan bersama. Beban-beban anggaran seperti cicilan rumah, biaya sekolah dan sebagainya sudah sebagian besar terlunasi. Dengan demikian, kami ingin hidup bersenang-senang. Enjoy your life ! Yup, kami ingin menikmati liburan dengan anggaran yang masih terbatas.

Liburan bersama keluarga itu asyeek

2.       Menabung
Niat berlibur itu memotivasi kami untuk melakukan penghematan pengeluaran. Sebisa mungkin, pendapatan yang kami terima harus tersisa untuk kegiatan liburan. Kami mengurangi belanja yang tidak perlu dan menghindari kuliner atau jajan di luar. Sisa pengeluaran itu, kami tabungkan untuk kegiatan berlibur. Yup, sejak berniat liburan, kami jadi rajin menabung. Puasa mata, puasa perut dan puasa keinginan. Semuanya direm semaksimal mungkin.

3.       Perhitungan
Dari awal kami merencanakan liburan dengan segala tetek bengeknya. Memperhitungkan biayanya dari A sampai Z. Pun demikian dengan pelaksanaan liburannya.

4.       Minimalis
Anggaran yang terbatas membuat kita harus mau dan mampu untuk liburan minimalis. Artinya kita tidak akan menikmati berbagai macam kemewahan dan nilai plus dalam liburan ini. Tujuan kita untuk berlibur bukan menikmati kemewahan. Tujuannya adalah membuat hati senang. Pikiran rileks. Badan lebih segar dan semangat kerja kembali membara. Dengan niat ini, kita bisa mencari fasilitas liburan dengan harga yang terjangkau. Penginapan, makan, jajan, transportasi, juga yang utama adalah obyek wisatanya. Semua hal tersebut kita cari yang sesuai dengan anggaran kita.
Nah, dalam liburan kemarin, kami menggunakan fasilitas yang ada. Untuk masalah transportasi, kami menggunakan kendaraan yang ada tanpa supir pribadi. Yang bisa nyetir dalam rombongan siap membawa mobil ke tempat tujuan. Jadi, kami hanya perlu memperhitungkan biaya bensin dan cadangan kalau-kalau ada kerusakan mobil.
Untuk penginapan, kami mencari tempat yang nyaman dengan harga terjangkau. Berbagai macam aplikasi sangat membantu kami dalam hal ini. Sampai pada akhirnya, kami mendapatkan penginapan yang pas di hati dan di kantong.

Ingin tahu kami menginap dimana ? Ini dia review hotelnya.

Selama liburan, perut jangan diabaikan yah. Kami memilih makan dan jajan dengan harga kaki lima. Enak. Bersih. Harga terjangkau. Di liburan kali ini, aku ketularan menu angkringan dan bakmi godhok. Uenak tenan.

5.       Waktu liburan
Dengan anggaran yang terbatas, kita juga harus memperhitungkan waktu liburan. Semakin singkat, semakin baik. Pengeluaran dari berbagai aspek lebih terbatasi. Tidak mau kan kalau kita jebol ?
Nah, liburan kami saat kemarin dilakukan selama 3 hari. Mulai berangkat dari Jumat hampir tengah malam. Sabtu dan Minggu kita mengunjungi obyek wisata. Minggu malam kita kembali melakukan perjalanan pulang.
Obyek wisata pertama yang kami kunjungi adalah Candi Prambanan. Rasa penasaran terbayar lunas. Kami mengitari Prambanan yang maha luas. Bukan hanya candi utama tapi juga hampir ke candi Sewu dengan berjalan kaki. Ini yang namanya liburan sambil olah raga. Hahaha…. Untung cuaca mendukung. Sore hari yang sejuk. Jadi, kami bisa menikmati udara segar. Kami beristirahat sambil memberi makan rusa. Favorit keponakanku tuh. Gak sabar dia ingin lihat rusa. Setelah itu, kami menikmati kelapa muda.
Obyek kedua yang kami kunjungi adalah ikon kota Yogyakarta, Malioboro. Banyak cerita seru dalam perjalanan ke obyek wisata ini. Kesabaran kami mulai diuji dengan kemacetan lampu merah yang luar biasa. Baru dua mobil melaju, lampu sudah merah kembali. Perjalanan panjang ini memang harus menempuh lampu merah yang banyak pula. Setelah sampai di lokasi, ternyata kami harus berjuang mencari tempat parkir. Alhamdulillah ada. Setelah itu, seperti orang lain, kami berjalan di jalan ini sampai pusing karena semakin lama, semakin banyak orang. Niat berbelanjapun urung dengan kondisi yang padat itu. Tapi, ada kabar bahagia, aku berhasil memuaskan rasa penasaranku.

Apa itu ? Nanti, kita bahas di tulisanku tentang kuliner Yogyakarta, ya.

Esok paginya, kami sarapan di hotel, kemudian melanjutkan perjalanan ke obyek ketiga yaitu daerah Gunung Kidul yang sekarang sedang menjadi primadona wisata di Yogyakarta. Menurut informasi, perjalanan ke sana dari kota Yogyakarta lumayan cukup jauh sekitar 1,5 – 2 jam. Jadi, kami memutuskan membeli oleh-oleh kecil terlebih dahulu. Memperhitungkan kemacetan semalam, jadi kami memutuskan membeli oleh-oleh di sekitar hotel. Untungnya ada tempat yang menarik dan cukup lengkap.
Setengah jam kemudian, kami mulai perjalanan menuju Gunung Kidul. Di wilayah ini ternyata banyak obyek wisata yang menarik: Goa Pindul, Bukit Bintang, Berbagai macam pantai ( diantaranya pantai Krakal dan Sadranan ), hutan raya, dan mungkin masih banyak lagi. Setelah berembug, akhirnya kami sepakat menuju pantai Sadranan. Bersnorkling ria.

Pantai Sadranan

Pinggir Pantai

Snorkling yuuk

Perjalanan ke Gunung Kidul ini sangat menarik. Pemandangan alam yang indah membuat mata kami tak lelah memandangnya. Luar biasa. Subhanalloh.

6.       Jarak tempat liburan
Hal terakhir yang harus diperhitungkan dalam liburan hemat adalah jarak obyek wisata. Semakin jauh akan semakin banyak pengeluaran. Jadi, pilihlah tempat liburan yang sesuai dengan budget. Dekat. Sedang. Jauh. Sangat jauh. Yang mana pilihanmu ?
Kalau anggaran masih sangat terbatas, pilihlah tempat liburan dalam kota, seperti berbagai macam taman yang ada di Bandung, tempat renang, kebun binatang dan lain-lain.

Itulah tips hemat liburan ala saya. Untuk menambah referensi, saya sertakan budget liburan kami kemarin, yah. Selamat berlibur !