NYABU BERJAMAAH DI ROYAL KASHIMURA JAPANESE SHABU DAN BBQ BANDUNG


“Oe kasih murahlah buat ente mah.”“Ka tatangga kudu bageur atuh.”
Itulah dialog kecil yang terngiang kembali saat dulu sering berbelanja ke Kacung, grosir sembako yang ada di dekat rumahku. Aku jadi teringat pada pemiliknya. Pada Engko yang bertubuh mungil tapi energik. Istrinya dan juga anak-anaknya yang ramah. Setiap berbelanja mereka senantiasa ngobrol dan menanggapi keluhan-keluhan kami, bahkan juga sering memberikan tips kesehatan ala negeri tirai bambu.
Bagian depan resto Kashimura Shabu

Dialog itu kembali menjadi kenangan saat kemarin, pak Yanto Riyanto, GM  Kashimura menjelaskan tentang asal usul nama restoran baru di Bandung ini. Melengkapi restoran sajian masakan Jepang yang sudah ada di Bandung. Namanya Royal Kashimura Japanese Shabu and BBQ. Berlokasi di jalan Lombok no 45 Bandung. Kashimura itu berarti cantik. Juga plesetan dalam bahasa Indonesia yang sering digunakan secara umum: Kasih murahlah.


Ya, para blogger cantik dari bandung ( duh jadi inget Hamis Kurniawan nih hehehe… ) dan tiga blogger gantengnya juga, kemarin berkumpul di restoran baru Kashimura Shabu ini. Bandung yang diguyur hujan sejak pagi menjadi hangat dengan sajian Shabu dari Kashimura Shabu. Selain itu, candaan, obrolan dan kumpul-kumpul seru ini juga membuat kami semakin asyik dan betah menikmati ruangan dan hidangan di Kashimura Shabu. Alhamdulillah rejeki.

tangga menuju lantai 2

Bagi kalian yang juga senang kumpul-kumpul bersama keluarga, handai taulan, sahabat, rekan kerja, rekan bisnis dan lainnya, tempat ini layak dimasukkan untuk pertemuan esok hari. Kashimura Shabu memiliki ruangan yang instagramable banget. Pas untuk foto-foto. Tempatnya juga luas, bisa menampung 400 orang. Bisa di lantai 1 atau 2. Bisa indoor atau outdoor. Ada tempat lesehan ala Jepang. Ada gazebo-gazebo cantik yang bisa digunakan untuk bersantap sambil menikmati geboynya ikan-ikan berwarna-warni yang ada di kolam. Suasananya bikin betah berlama-lama di sini. Apalagi ada fasilitas wi fi juga. Jadi, sambil makan, eh sebelum atau sesudah makan, kita bisa berinternetan ria secara bebas. Kirim surel dan tugas juga jadi lebih mudah. Perut kenyang, hati dan pikiranpun tenang.

satu sudut gazebo

Restoran ini juga cocok untuk keluarga. Kedekatan keluarga bisa dijalin dengan memasak shabu bersama-sama. Kerja sama. Seru rasanya. Untuk keluarga yang membawa anak-anak, Kasimura Shabu juga akan menyediakan fasilitas tempat bermain untuk anak-anak. Bagi ayah yang suka merokok juga ada ruangan khusus, sehingga tidak perlu khawatir keluarganya terpapar asap rokok. Kashimura berusaha memberikan yang terbaik untuk para pelanggannya, termasuk juga tempat parkir yang luas dan valet parking. Cantik yah ?
Bagaimana dengan makanannya ? Dari hasil icip-icip kemarin, makanannyapun tidak mengecewakan. Rasa shabu yang ditawarkan mirip-mirip dengan di tempat lain. Namun, harganya lebih murah. Apalagi minggu ini masih dalam masa promosi. Kalian bisa makan kenyang hanya seharga Rp 109.000,-/orang. All You Can Eat. Jangan sampai lewat dari tanggal 1 April yah. Duh siapa nih yang berulang tahun?  Traktir akulah di Kashimura Shabu. Aku masih kangen sama shabu, sushi, puding dan aneka minuman yang ada di sana. Saus kacangnya apalagi. Sedap banget. Sampai jadi cemilan khusus. Hmmm… rasanya masih menempel di lidah. Apalagi, aku memang suka sama menu jepang seperti ini. Tak perlu khawatir, karena makanan di sini dijamin halal.

aneka pilihan shabu

Kalau seandainya, aku dapat rejeki jalan-jalan ke Jepang, aku bisa makan menu ini. Cocok di lidah dan perut hehehe…. Dengan menu Shabu kemarin, aku bisa lepas dari nasi lho. Juara deh hahaha…. Kemarin kami menikmati shabu yang terdiri atas filet ikan, irisan-irisan tipis beef atau daging sapi, bola-bola bakso kepiting, salmon,  daging ayam, udon, nasi dan lain-lain. Dilengkapi dengan aneka sayuran seperti: jamur, daun ginseng, selada, jagung muda, jagung manis, caisin. Apalagi yah. Banyak pilihan deh. Termasuk juga kuah dan sausnya. Ada lebih dari lima. Ada yang pedas ada yang tidak. Yang kedua pasti pilihan utamaku.

Aneka saus

Aneka sayuran

Saking banyak menu yang ditawarkan, kami sampai bolak-balik ke meja makan. Semuanya tak cukup dalam satu kali pengambilan. Pertama, pastinya foto-foto dulu yah, gaya khas blogger. Lalu, mengambil beberapa sushi yang berbeda. Ada yang menggunakan nori, telur ikan salmon dan taburan wijen. Untuk sausnya aku pilih thousand island dan bumbu kacang tadi berwarna putih. Kedua, dalam piring yang cukup lebar, aku menata aneka sayuran dan isian shabu secukupnya. Ketiga, aku mengambil pudding, buah-buahan dan minuman. Cukup banyak pilihan juga. Untuk minumannya, aku lebih tertarik dengan infuse water lemon daripada thai tea atau yang lainnya. Seger rasanya.
main tablet yuk

meja makan

Saat di meja makan, kami mendapatkan peralatan untuk shabu tersebut. Semua bahannya harus dimasak terlebih dahulu. Baso dan yang lainnya masih mentah lho. Di sini nih serunya. Sambil menunggu semuanya datang, aku menikmati sushi yang langsung licin tandas dalam hitungan menit. Setelah itu, aku mengamati mesin elektrik atau kompor listrik yang mirip tablet. Saat pramusaji datang, mereka meletakkan beberapa panci yang berisi kuah yang berbeda-beda di atasnya. Kami mendapatkan penjelasan cara menggunakannya. Setelah itu, keseruanpun dimulai. Kerja sama memasak. Bahan shabu pun dituangkan dalam panci sesuai selera. Ada yang orisinal seperti kecap inggris gituh, gurih, tom yam dan kuah pedas yang masih bersahabat dengan lidahku. Sambil menunggu makanan matang, kamipun ngobrol-ngobrol. Setelah matang, obrolan menghilang, berganti kesibukan mengunyah. Saking enaknya, aku lupa mengabadikan makanan untuk posting di blog. Hujan yang turun cukup deras juga menambah selera makan kami menjadi naik. Santapan itupun ludes lagi. Karena masih hujan, kami masih tetap berada di ruangan sambil bercanda. Cukup lama juga, sampai aku melirik goreng kentang dan ayam krispy yang diboyong temanku. Berdua dengan teman, kedua makanan itupun jadi cemilan kami. Ayamnya enak, empuk, bumbunya terasa pas, tepungnya krispi. Dicocol sama saus sambal, lengkaplah maknyusnya. Terakhir sebelum pulang, pudding menjadi santapan penutup.

yuk nyabu berjamaah

sushi wijen

Kashimura Shabu memang tempat asyik untuk kumpul-kumpul, ngobrol, bercanda, bersantai-santai ataupun bikin acara dan membicarakan bisnis. Tempatnya nyaman dengan fasilitas yang lengkap. Rasanya tak cukup sekali berada di sana. Suatu saat, ingin kujemput lagi kelezatan shabu dan sushinya. Maknyus deh. Kalau yang enak begini, pastinya bakalan panjang antriannya. Kalau tidak mau antri, kalian bisa unduh aplikasi Kashimura Shabu di playstore atau ios. Dengan aplikasi ini, kalian bisa booking tempat secara mudah dan praktis.  Cantik, kan ?


Kashimura Shabu
Jalan Lombok no 45 Bandung
Telpon: 022-4261669, 022-4261623
Jam buka: 10 pagi – 10 malam
IG : Kashimura Shabu
Twitter: Kashimura Shabu